Tuesday, May 12, 2009

buat yg bakal punya bayi kedua

mau share sedikit pengalaman parenting. mudah2an bermanfaat. khususnya buat yang bakal punya anak kedua dan seterusnya.

posting ini berlatar dari cerita2 menyeramkan waktu aku masih di jambi saat melahirkan putri kedua (Angie). dari cerita mamaku dan adik iparku. 

* ada anak yang mau gendong adik bayinya, alas tidur adiknya ditarik. akibatnya adik bayinya jatuh dari tempat tidur dan patah tulang lehernya, gak lama kemudian meninggal.
* ipar saya adalah keluarga dengan banyak anak. waktu kecil, dia dan kakaknya loncat2 di tempat tidur. sementara adik bayi mereka juga berbaring di tempat tidur. tau2 tempat tidurnya patah, dan adiknya yang bayi meninggal karena kaget (empedunya pecah)
* adik kedua papa saya waktu kecil memberikan cincin plastik ke adik bungsu papa saya yg masih bayi. cincin itu ketelan. ditemukan oleh nenekku di dalam pup paman bungsuku. untung tidak tersedak, yg bisa membahayakan nyawa si bayi. 

begitu aku membawa Angie balik ke china, ada beberapa hal yang aku selalu ingatkan Crystal (waktu itu 2.5 tahun) dan ponakanku, Smarty (waktu itu sekitar 3 thn 4 bulan):
* adik masih bayi, belom ngerti, belom punya gigi, masih ompong. jadi belum bisa makan makanan yang keras dan kecil seperti permen, kacang, apel, dll. jadi Crystal gak usah ngasih makan apapun ke adik. adik cuman bisa minum susu dan minum air. jadi ingat2. kalo adik lapar, nanti mama saja yang nyusuin. 

* kalo kalian lihat tangan adik pegang barang2 yang kecil-kecil, cepat2 ambil dari tangannya. kalo nggak nanti adik masukkan ke mulut, bisa tersedak dan gak bisa bernapas. bahaya sekali. atau laporkan ke mama, nenek, kakek. jadi bisa cepat2 diambil dari tangan atau mulutnya kalo sudah masuk ke mulut.  

* kalian masih anak kecil, belum kuat. jadi gak usah gendong adik. yang ada nanti kalian jatuh, adik juga jatuh. nanti kalian benjol2, adik juga benjol2 ... bahkan adik bisa patah tulang. karena adik masih bayi, tulang-tulangnya belum kuat. kalo kakak mau gendong, nanti mama dudukan di pangkuan saat kalian di tempat tidur. 

* sebelum adiknya lahir, suka ajarin Crystal kalo selimutin boneka dan diri sendiri, cukup sampai batas leher. kalo gak, nanti gak bisa bernapas. suka ingatin Crystal untuk perhatikan adik, kalo ada sesuatu yang nutupin muka adik, misal selimut atau bantal, harus cepat2 disingkirkan. kalo nggak nanti adik gak bisa bernapas. 

* kalo adik lagi di tempat tidur, kalian boleh naik ke tempat tidur, lihatin adik. tapi jangan lompat-lompat atau main2 di tempat tidur. kalo mau main2 atau lompat2 di tempat tidur, kasih tau mama dulu, biar mama gendong dulu adik, jadi kalian bisa main2 dan lompat2. 

* waktu Angie sudah mulai bisa jalan, suka wanti2 Crystal dan Smarty jangan sampai membiarkan Angie berkeliaran bawa pinsil warna mereka. 

* adik baru bisa jalan, masih gampang jatuh, keseimbangannya masih belum bagus. jadi kalo lihat pintu kamar mandi terbuka, harus ingat buat ditutup. soalnya kamar mandi licin, kalian saja yang sudah pintar sekali jalan, lari, loncat2 .. bisa terpeleset apalagi adik yang baru bisa jalan. terus di kamar mandi ada baskom isi air, takut adik kecemplung ke dalam dan gak bisa napas. kalian saja belum bisa berenang, apalagi adik yang jalan saja belum pandai.

soalnya aku berangkat dan pulang kerja jam 7.30 - 18.00. pagi-siang-sore sih crystal dan smarty kudu ke TK. di antara 7.30-8.30 dan 16.00-18.00, adalah waktu di mana ketiga anak bisa bersama-sama. jadi hal-hal yang berkaitan dg safety juga kudu diperhatikan. lebih baik mengingatkan, walaupun masih kecil, mereka juga bisa mengerti kalo diberi pengertian.

hasilnya: 
* crystal dan smarty gak pernah memberikan makanan ke adiknya saat masih bayi banget. ketika adiknya mulai besar dan punya gigi, dia nanya ke mama dulu, "ini boleh dikasih makan ke adik gak?" 
* crystal dan smarty gak pernah berusaha sendiri menggendong angie kala masih bayi. selalu minta ke mama kalo lagi pengen gendong adiknya (hanya didudukan di pangkuannya).
* kalo adiknya jalan2 bawa pinsil, langsung diambilnya. crystal lebih perhatian dalam hal ini dibanding Smarty. 
* kalo tangan adiknya mainin barang kecil dan ada tanda2 dimasukkan ke mulut, langsung diambilnya atau langsung dilaporkan ke mama. idem, cyrstal lebih perhatian dibanding Smarty. 
* yg kamar mandi...jarang diingatkan ke mereka, jadi mereka juga suka gak perhatian. tapi at least crystal dan smarty hampir selalu menutup pintu kamar mandi sehabis pipis. (hari ini mau mengingatkan lagi ah ...) 

ada yang mau nambahin?
semoga sharing ini bermanfaat yah! 


tambahan setelah comment dari eny.
* ingatkan (para) kakak bahwa saat adiknya lahir, mama akan lebih banyak gendong adiknya. karena belum bisa ngapa2in. jelaskan bahwa mereka dulu juga sama, saat lahir belom bisa apa2, jadi selalu digendong dan disayang terus oleh mama, nenen dari mama, .. dll. bahwa dia dan adik barunya akan sama-sama disayang karena sama2 anak mama dan papa. mereka adalah saudara yang paling dekat di dunia ini. kalo saya, plus selalu nunjuki foto-foto crystal kala kecil. foto dia nyusu, foto dia digendong, dll. 

3 comments:

Sarie said...

hih! syerem bener critamu Yen.

Duh! semoga Tuhan selalu melindungi, coz sometime mata & tangan kita tidak pernah cukup panjang untuk melindungi siapapun.

Pelajarannya berharga banget! perlu buat aku yg sebentar lagi akan memberikan adek buat Nathan. Thanks ya Yen:) semoga aku bisa ngasi penjelasan yg Nathan jg bisa mengerti.

oya! Stenlie itu: combine name antara Steven (suami) & Lie (margaku) nama sih lianasari :))
disambung2 aja, buat family name.

moch' said...

Bagus yen, sharingnya, gw jg kalo sm anak2 tuh bisa cerita panjang lebar, kenapa begini kenapa begitu.. kadang kalo ada sodara yg liat, mereka suka aneh, apa anak ngerti g cerita begitu.. tapi g pikir mereka juga punya pikiran n nalar, jadi tergantung kita ceritanya gmn, apa easy listening pa enggak..

enysusanto said...

Setuju yen. Thanks buat masukannya. aku inget2 deh.

Ada tambahan. Sekarang gua selalu wanti2 sama dhea, kalo dhea dan dede sama2 anak mami dan sama sama mami sayang. Nanti kalo dede lahir dhea harus tau kalo mami gendong dede karena dia masih baby, belom bisa ngapa2in. Dhea waktu baby juga mami gendong, sayang, etc. jadi nanti dhea ga bole iri ya. Mami sayang 2-2nya. semua harus saling sayang karena kita semua 1 keluarga. maksudnya dari sekarang sudah ditanamkan dan dibangkitkan rasa kasih sayang buat adiknya dan tidak ada iri hati.

hasilnya dhea selalu bilang sama papi, dhea sayang dede. nanti kalo dede udah lahir mami gendong dede, dhea liatin aja. Karena dhea waktu kecil juga dgendong sama mami.