Monday, December 03, 2007

Proses Melahirkan (Angie)

Tanggal 26 Nov sore pergi check up ke dokter Sindhung Harjono, ceritanya mau induksi, karena due date dah lewat 12 hari. Kata dokter Sindhung, pada plasenta mulai terjadi pengapuran, penyerapan makanan via plasenta sudah tidak efektif. Karena induksi hanya dilakukan pagi hari, jadi disuruh datang besoknya. Hahaha.. syukurlah ..memang maunya besoknya aja.

Kalo menurut penanggalan cina, tgl 27 Nov itu jatuh pada bulan 10 tgl 18! sebenarnya sih gak terlalu percaya, tapi enak aja tanggalnya 18 gitu .. ada angka 8-nya. Kalo 8 itu ada persamaan bunyi dg “fa” kira2 maknanya makmur. “fa cai”. Huehehehe!

Nah, jadilah paginya tgl 27, siap2 .. mandi, keramas dll. Barang2nya sih dah packing beberapa hari sebelumnya. Ternyata paginya sekitar jam 7 ada keluar bercak merah, seperti saat akan haid, persis waktu mau ngelahirin Crystal. Berarti memang sudah saatnya juga. Subuh tiga hari sebelumnya sempat ada hiss palsu. tapi karena dah tau soal adanya hiss palsu dari baca2 di babycenter, jadi nyantai2 aja (gak usah buru2 ke rumah sakit pas sakit perut. kalo mulesnya jaraknya mulai dekat, atau pecah ketuban.. memang sebaiknya segera ke RS, tapi jangan panik. apalagi buat yang kelahiran pertama, umumnya, butuh waktu berjam-jam dari kontraksi awal. tentu ada pengecualian juga. di guinness book, ada yg dari proses sakit sampai melahirkan hanya sekian menit. gak pakai proses ngejan tau2 di bayi dah keluar begitu saja.)


Oom dan tante yang jemput aku dan nyokap. Bokap jaga rumah.

09.15 sampai di rumah sakit, urus segala tetek-bengek/administrasi.
09.45 masuk kamar bersalin, di-cek-up .. ditest ini itu.
10.20 mulai diinfus. Nyokap memberi minuman herbal 'tang-siang + kao-li'. Katanya nih ramuan herbal memang biasa diminum sebelum melahirkan, buat nambah tenaga.
10.30 mulai terasa sakit perut, kira2 7 menit sekali.
11.00 sakit perutnya 3-5 menit sekali.
11.20 mulai kerasa sakitnya makin sering 1-2 menit sekali.
11.30 ada cairan yang keluar. Di ruangan gak ada bidannya. mesti jerit manggil si bidannya. Hehehee...! soalnya pencetan bel-nya di belakang kepala, udah males nyari.

11.35 dokternya tiba, katanya sih dah bukaan 9 atau 10 gitu. dokternya bilang ketubannya belum pecah. Jadi dia pecahin pakai gunting. Gak sakit sama sekali. Waktu Jing-jing dulu, dokternya mecahin ketuban pakai jarum, kok sakit yah ... ?!

si dokter nanya mau pakai gunting gak .. dulu yang pertama digunting gak? Kata dokternya, kalo gak gunting, ntar robeknya lebih berantakan. Kalo gunting, robeknya rapi, lebih mudah dijahit. Si dokter nanya lagi, guntingnya mau suntik bius gak, dulu suntik gak? dulu yang pertama gak suntik bius. Tentunya mau dong disuntik bius. Sehingga saat gunting gak kerasa sakitnya.

Waduh .. dulu waktu mau gunting, dokternya bilang, jangan ngejen ... karena pakai bahasa mandarin, gak terlalu ngeh .. malah ngejen .. jadilah robeknya agak heboh, 4 jahitan .. mana gak bius lagi.. hahaha! Satu jam setelah melahirkan, barulah si dokter Zhou itu tau pasiennya nih orang indo.

11.40 disuruh merangkul. Nah lho .. gak tau maksudnya apa! Terus dikasih tau caranya. Lagi2 dokter Sindhung nanya, dulu kalo di China gimana, mau pakai cara yg mana? aku memilih cara merangkul sendi antara paha-betis dengan lengan, karena emang kerasa lebih mudah.

11.46 setelah ketiga kalinya ngejen ... terlihat dokter Sindhung gendong si kecil keluar. Nongol dulu kepalanya terus badannya semua. Terus diperlihatkan sebentar, kemudian dibersihkan dan dibawa ke ruang bayi. Nangisnya lumayan kenceng dan sempat ngerekam pakai hp. Wah... rasanya lega banget sih! Semuanya serba cepat dan lancar dan si kecil sehat. Soalnya sempat was-was juga .. awal kehamilan sempat minum bodrex (di Shanghai waktu mau mudik dulu) dan minum 1 butir obat diare setelah balik dari indo. dulu gak nyadar kalo hamil .. soalnya gak pakai acara mual2 (walau udah curiga).

Setelah itu si dokter mulai ngejahit, total ada 3 jahitan. Wah, enak juga pakai bius, jadi gak kerasa apa2. sebenarnya gak bius pun masih ketahan sih sakitnya. Terus jadi ngobrol2 dengan si dokter soal proses melahirkan, soal China, karena si dokter dan bidannya nanya2.

Setelah dokternya pergi, nyokap kasih minum sari pati ayam dan Milo (hehehe...bukan ngiklan lho). Oh ya, sari pati ayam hanya diminum sekali saja, jangan seterusnya, katanya sih bisa menyebabkan produksi ASI menurun. Gak tau bener gak.

Si kecil baru dibawa ke kamar sekitar jam 5 sore, itupun dah kenyang disusuin dg formula, dan dia tertidur dengan nyenyaknya.

Setelah melahirkan, ON terus, mau coba tidur sama sekali gak ngantuk, gak capek. Kata bidan, kudu baring selama 2 jam, setelah itu, boleh duduk. Setelah 6 jam udah boleh jalan-jalan. Jadi baringan aja sambil sms-an ngasih kabar ke sodara2 dan teman2.

Jam 18.30 baru mulai duduk beberapa saat, kemudian turun, ke kamar mandi untuk pipis. Kali ini gak kliyengan. Dulu pas lahiran Crystal, saat turun ke kamar mandi, sempat kliyengan dan gelap. Memang, sebelum berdiri mestinya duduk dulu bentar, biar gak puyeng. Waktu coba pipis sambil baringan susah, gak keluar. Begitu duduk di kloset, langsung keluar semua urinenya, banyak lagi!

Barulah sekitar jam 23.00 mulai ngantuk dan bisa tidur.

Sayangnya bayinya gak dibawa-bawa untuk menyusui sehabis melahirkan. Sekarang jadi menyesal sekali, kenapa gak inisiatif minta si kecil untuk diberi ASI sedini mungkin. 2 bulan kemudian, baru baca di koran, ternyata paling baik menyusui 1 jam setelah bersalin (inisiasi dini). Colostrum = imunisasi seumur hidup !!


ini foto si kecil Qiqi (Anqie) pas umur 1 hari.





dan ini foto jie-jie-nya (Crystal / Jingjing waktu umur 4 hari)



mirip gak?
kalo menurutku sih, mirip. satu pabrik toh ...!


Dibandingkan sama lahiran yang pertama, kali ini jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih gak sakit lagi! Huehehe! Waktu Crystal, dari mulai kontraksi sampai melahirkan total sekitar 20-an jam. Yang ini, semuanya berlangsung dalam waktu hanya sekitar 1.5 jam saja! Soalnya pakai induksi. tapi belum tentu induksi bisa cepat, dulu sepupuku karena lewat due date, terus diinduksi, taunya gak juga kontraksi, akhirnya kudu c-section.

Mungkin karena waktunya lama, pas lahiran pertama, sehabis balik ke kamar, langsung tidur pules. Mungkin juga, sebelum dan sesudah melahirkan, sempat dikasih "doping" oleh nyokap, jadi pas lahiran kedua ini, sama sekali gak capek atau ngantuk. Kalo mak mertua, gak ngerti gitu2an. Dia dulu melahirkan kedua anaknya di kampung, di rumah sendiri malah!


sempat bete dan super bosan saat menunggu kelahiran, gak bonyok, gak pembantu, gak tetangga, semua orang setiap saat ngomong: "kudu banyak jalan-jalan, biar gampang melahirkannya."
Bener2 sampai bete dengerin kalimat ini! Mungkin ada benarnya. Tapi bawaanya malas, pengennya nonton tivi atau tidur. Dan memang jarang jalan2.

Untung semua proses lahirannya dimudahkan. Thanks GOD!
HALLELUYAH !

setelah melahirkan, jahitan diobati dengan betadine. caranya menurut yang diajarkan dari rumah sakit.. betadine dituangkan di atas kasa steril, lalu ditempelkan di bagian jahitan (tanpa menggunakan plester). gak terasa sakit sama sekali. waktu jalan juga gak terasa sakit. setelah seminggu, datang ke dokter untuk melepas jahitannya. juga gak sakit kok. kayak dicubit dengan kuku aja.


ada tambahan tips setelah baca2 pengalaman dari hasil blog-walking ke sini.
1. jangan berteriak saat terasa sakit, karena berteriak akan membuang tenaga sangat dibutuhkan untuk ngejan di bukaan terakhir.
2. sewaktu mengejan jangan sampai mengangkat pantat, karena dapat merobek vagina.
3. sewaktu mengejan jangan menutup mata karena dapat membuat pembuluh darah di mata pecah.
4. hirup udara sebanyak-banyaknya saat persiapan ngejan, supaya dapat mengejan dalam waktu yang lama.
5. sewaktu mengejan jangan berteriak dan jangan sampai ada udara yang keluar dari hidung dan mulut karena akan mengurangi kekuatan mengejan secara signifikan.


baca juga: proses melahirkan Crystal

Sunday, December 02, 2007

perlengkapan untuk bersalin di RS

Ada baiknya konsultasikan dengan RS setempat mengenai barang apa aja yang mereka sediakan dan boleh dibawa pulang dan apa aja yang perlu dibawa sendiri. Karena masing-masing RS punya kebijakan yang berbeda, mungkin juga ada pihak tertentu yang bekerja sama dengan RS untuk keperluan promosi.

Beberapa barang penting yang kudu dibawa saat mau bersalin di rumah sakit :
untuk si kecil
1. pakaian, kain bedong/popok kain
biasanya RS nyediain popok kain dan baju. Namun, saat keluar RS, mesti dikembalikan. Ada juga RS yang menyediakan pakaian pulang untuk si bayi.
2. selimut pembungkus
karena bayi masih butuh penyesuaian dengan suhu udara luar, ada baiknya saat hendak naik kendaraan pulang, dibungkus dengan selimut pembungkus, supaya tidak langsung kena angin luar dan sinar matahari yang gahar.
3. pampers
ada RS yang nyediain, kalo nggak, beli sendiri. Biasanya sih ukuran S kalo bayi diprediksi punya berat badan normal.
4. tisu basah
utk lap pantat bayi. jangan kaget, hari2 pertama pupnya item dan lengket2. tisu kering gak sanggup bersihin. setelah itu, bisa cebokin pakai air hanget. Ada juga RS yang menyediakan service perawatan bayi, orang tua gak perlu repot2 ngurusin mandi dan ganti popok. Ada juga RS seperti di kota tempat saya (hefei, china), bayi sekamar dengan ibu, biar tiap saat bisa menyusui. urusan kebersihan bayi menjadi tanggung jawab keluarga empunya bayi. dulu ibu mertua yang urus soal ganti popok waktu di RS.
5. susu formula dan botol susu
paling baik setelah lahir jangan beri susu formula, usahakan inisiasi dini. paling bagus satu jam setelah lahir, bayi diberi asi perdana (colostrum). Colostrum dijuluki imunisasi seumur hidup. Mungkin ada baiknya bawa susu formula, takutnya Asi belum bener2 keluar. Konsultasikan dg dokter, kadang mungkin ibu merasa asi belum keluar, sebenarnya mungkin aja ada dan sudah kesedot sama si bayi. kalo memang ada sih, paling bagus asi exclusive di 6 bulan pertama. Umumnya bayi dengan asi exclusive di 6 bulan pertama, kebal dari penyakit.
6. sendok bayi
utk memberi air minum dan susu formula ke si bayi. kalo pake botol susu, takutnya keenakan dan si bayi jadi malas 'breast feed'. Ada pula RS yang menghandle urusan minum dan menyusui si bayi, kalo si ibu belum memproduksi ASI. kalo terpaksa mesti kombinasi, jangan lupa cobain susu ditetesi di punggung tangan, kalo kerasa rada 'menyengat' berarti panas buat si bayi. tapi kalo warm, berarti ok.
7. kaos kaki dan sarung tangan bayi
mencegah si kecil mencakar muka dan matanya sendiri. saat baru lahir dan bulan-bulan pertama setelah kelahiran, gerak tangannya belum terkoordinasi dengan baik.
8. gurita bayi
katanya sih untuk melindungi pusernya si bayi.


untuk mama
1. baju ganti
sebaiknya lengan panjang. mama dan bayi sebaiknya dipingit 30-40 hari dari udara2 luar. sebaiknya lagi 40 hari gak keramas. kalo mau ada resep manjur dari teman2 arsitek ui yang suka lembur ngerjain tugas gambar: keramas pakai bedak, rambut ditaburi bedak buat nyerap minyak habis itu disisir aja bedak2nya. Katanya sih biar mama di kelak kemudian hari gak gampang sakit kepala. Percaya gak percaya, kalo aku sendiri nurut aja. kelahiran anak pertama dan kedua, masing2 puasa mandi dan keramas selama 40 hari pertama.
2. topi
dikenakan mama saat check out. biar setelahnya gak gampang sakit kepala karena kejemur matahari atau kena angin.
3. sarung
setelah melahirkan, perawat akan membersihkan badan sang ibu. sebagian orang mungkin lebih nyaman mengenakan sarung setelahnya. kalo aku, hari pertama pakai sarung. karena gak biasa, besoknya dah pakai celana piyama panjang.
4. pembalut khusus masa nifas
biasanya sih disediakan rumah sakit.
5. sikat gigi dan odol
6. cemilan

buat yang jagain dan buat calon mama. pas dah mau proses melahirkan, kayaknya suami gak boleh masuk (tergantung RS). bisa aja bawa coklat atau biscuit. dulu pas anak pertama, setelah melahirkan diberi telor rebus 2 buah disedu dengan air panas dan gula merah. Katanya buat nambah tenaga. waktu anak kedua, minum segelas MILO (yang versi 3 in 1) dan sebotol kecil brand-sari-pati ayam. kata mamaku, brand sari pati ayam hanya diminum satu kali aja, begitu habis melahirkan. takut menghambat produksi asi.
7. obat penyemprot untuk sembelit
habis melahirkan ada jahitan, jadi pup gak boleh pakai tenaga. paling gampang pakai obat penyemprot. dulu lahiran pertama, agak susah pupnya, dan gak kepikiran bawa penyemprot itu. waktu lahiran kedua kalo gak salah, hari ke-4 baru pup (setelah pulang ke rumah), tapi gak terlalu masalah sih.
8. sedotan
sedotan yang ada lengkungannya. sehingga sang mama bisa minum sambil baringan, tanpa harus duduk.
9. peralatan makan, cangkir, termos (kalo RS tidak menyediakan).
10. pembalut khusus habis bersalin
biasanya sih RS bakal nyediain.
11. gurita untuk ibu
setelah melahirkan, sebaiknya mengenakan gurita. tujuannya bukan buat melangsingkan, tetapi buat memperbaiki kondisi rahim. katanya kalo nggak, rahim gampang turun. kalo posisi rahim turun, sang ibu kelak kemudian hari akan susah menahan pipis, karena uretra terdorong oleh rahim yang turun posisinya.
4 bulan setelah melahirkan pun sebaiknya jangan mengangkat barang2 berat. kalo kondisi fisiknya gak kuat, mungkin 'rectum' (*anus*) bisa turun. Kalo dah begitu, satu-satunya cara untuk memperbaiki adalah dengan jalan operasi (bedah).
12. kamera tentunya!!!
buat motret si kecil dan papa mama. mama bolehlah bawa alat rias sederhana, bedak, lip-gloss dan sisir. biar waktu foto rambut gak berantakan dan gak terlihat pucat hehehee...
13. tikar atau karpet
kalo di rumah sakit gak nyediain tempat tidur back up, bawa karpet atau tikar buat yang tugas jaga. kecuali yang mampu sewa kamar VIP, biasanya lengkap dengan tempat tidur buat yang tugas jaga.
14. selimut
kalo sang mama gak kuat AC, bawa selimut tambahan dari rumah. ini pun kalo misalnya selimut dari RS dirasa kurang tebal.
15. tisu gulung
kalo RS gak nyediain, buat kalo ke toilet.
16. sandal 
bisa langsung pakai dari rumah saat mau berangkat bersalin. 

Nyonya Meneer ada produk jamu habis bersalin. Disarankan untuk meminumnya. Harga per paket sekitar Rp 100 ribu (akhir 2007), cukup diminum 1 paket saja dalam satu kali persalinan. bisa dibeli di toko2 obat di indo.
http://www.thejamushop.com/jamu_slimming.htm
http://www.indomerchant.com/jamhabber.html

Friday, November 30, 2007

Thursday, November 29, 2007

Tuesday, November 27, 2007

27 November 2007 ... Qiqi is coming !

Tuesday
27 November 2007 (13 days late from due date)

11.46am
3.15kg
48cm
18th of the 10th month, in the year of boar (lunar calendar)


my feeling, this one would also be a baby girl. So, I had prepared baby girl's name from the very beginning, it was Angela Kirsten Liu.

However, after pondering for almost 2 months, finally I named her Angelique Ananda Liu.
Angelique = hope she will have characters like an angel
Ananda = the kid of (this is also an indication that she's an Indonesian)
Liu = family surname

Also considered so long time and so many options for her Chinese name, finally, we named her Liu Guang Xin 刘广馨, though I preferred Liu Hui Xin (cause her sister is Liu Hui Han)

Liu is surname, same as Andy Lau =)
Guang means wide / big
Xin means fragrant


Nick name
Qiqi 齐齐 (baca: chi-chi)
Anqi 安琪 (baca: An-chi)
Angie


Crystal and Qiqi were very look alike when they were born!


welcome to this wonderful world ... little darlin' !

Sunday, November 25, 2007

SMS (7) 18-25 Nov 2007

Sun, 18 No 2007
Oma dan opa sore kemaren bawa Jing-jing ke rumah nenek Xu. Malamnya saat pulang, dia langsung tidur. Saat dibanguni buat makan, dia nangis2 terus. Akhirnya dibiarin tidur aja sampai pagi.
Pagi ini oma tanya dia: apa mau makan (chi) ? dia jawab: mau makan (yao chi).
Sama oma dibecandain:mau tujuh (qi) atau delapan (ba)?
Jing jawab: yah makan (chi) lah.
Gak lama kemudian, aku bilang: coba kamu buat rangakaian kata dg kata 'chi'.
Terus dia bilang: makan nasi.
Barulah oma berhasil ‘dihadapi'.


Hari ini aku lagi nonton tv di atas ranjang. Jing minta aku kupasin kacang. Supaya ngabisin waktunya dia, aku kupasin satu, terus suruh buang ke tempat sampah (di ruang tamu). Setelah dua kali dia bolak balik ke tempat sampah, akhirnya tempat sampahnya dia bawa masuk ke kamar. Nakal yah?

Tue, 20 Nov 2007
tadi saya mau buka tv di kamar. kata Jing: aku yang buka aja. tekan tombol yang merah.
terus aku tanya: siapa yang ngajari kamu?
dia jawab: aku ngajari diri sendiri.
malam ini begitu aku sampai di rumah, Jing-jing tanya: mama pulang saat chinese new year ya?
tadi aku sedang membaca sms dari kamu, kata Jing2: nulis sms untuk mama yah? nulis tentang aku bukan?
hahaa.. mati ketawa deh aku !


Fri, 23 Nov 2007
hari ini Jing2 demam. mungkin karena aku mengajaknya jalan2 malam kemaren. udah diberi obat demam. tadi malam juga beberapa kali menendang selimutnya sendiri waktu tidur. Smarty dua hari ini diinfus karena radang tenggorokan.


Sat, 24 Nov 1007
tadi Jing2 bilang, mau ke rumah oma jambi, dia bilang: oma, antar saya ke rumah oma jambi. saya mau lihat Qiqi.*

* nickname yang dipilih Jing2 untuk adiknya.


Sun, 25 Nov 1007
Tadi bawa Jing2 jalan2, suruh dia pamit pada oma opa. dia bilang: Oma, opa, bye-bye!
oma di kamar mandi dan bilang: iya.
habis itu, Jing2 ngomong sendiri: opa gak dengar.

Wednesday, November 21, 2007

suntik gak nangis

pagi ini papa bawa Crystal pergi imunisasi.
sebelumnya papa bilang ke Crystal, suntik gak sakit, seperti digigit bentar oleh nyamuk.
wah, ternyata efek lho ... !
Crystal gak nangis sama sekali waktu disuntik.

hebat kamu nak !
mama dan papa bangga padamu!

Sunday, November 18, 2007

SMS (6) 11-17 Nov 2007

Sun, 11 Nov 2007
Segera pulang. Jing kemarin malam sampai rumah, gak nyampai jam 10 udah tidur, mainnya kecapekan.
Baru sampai rumah. Oma dan opa bawa jing ke rumah nenek Xu. Sekarang oma lagi nyuapin Jing.


Tue, 13 Nov 2007
Jing sedang makan ‘sui-kiao’
Dia baca buku yang kamu bawa dari indo, yang satu cerita tentang ‘ayah terlambat’, yang satu lagi tentang ‘kakek mendengkur’. Secara umum dia udah bisa baca semua huruf kanji di tiap halaman.
Hari ini oma lagi main game, Jing pengen dengerin lagu ‘flash’ anak2, dia bilang ke oma: oma, dikecilin dikit yah? (maksudnya supaya oma bisa tetap main game)
Yah, boleh dibilang dah bisa baca. Tapi kalo huruf-hurufnya dipisah, gak tau deh.


Thu, 15 Nov 2007
Oma, bersama opa dan Jing-jing hari ini ke Baima, beli dua stel baju. Beberapa hari ini aku selalu tidur di kamar tengah, ngerjain thesis. Malam hari, biasanya mama nyuapin dulu Jing-jing sebelum makan malam. Jadi saat kami makan, udah gak repot.


Fri, 16 Nov 2007
Maren dia melakukan 'hal baik’, baru habis mandi dan ganti baju, dia pipis sehingga celananya basah semua. Setelah ditukar, agak malam, pipis lagi. Mungkin karena kemarin seharian penuh gerimis terus.


Sat, 17 Nov 2007
Dua hari ini hujan terus menerus. Siangnya, waktu bawa mantel hujan dan pamit pada Jing-jing, dia menunjuk mantel hujanku dan bilang: jangan lupa pakai topinya.
Pipis dicelana gak dipukul, hanya ditepokin pelan-pelan beberapa kali.
Gak nangis, hanya pelan-pelan kok pukulnya. Dia malah bilang ke oma, kalo dia dah salah. Aku mau tidur, tadi minum wine kebanyakan. Goodnight!
Habis ngirimi foto ke emailmu.

Sunday, November 11, 2007

SMS (5) 4-10 Nov 2007

Sun, 4 Nov 2007
Hari ini keramas, dia nangis lagi. Ngomong baik2 juga gak ngaruh. Sore juga bawa dia tidur bentar. Hari ini gak bawa dia jalan2 keluar, agak dingin, kira2 10 derajat.
Si kecil apa dinamai Liu Guang Han atau Guang An


Mon, 5 Nov 2007
Ngikuti cara yang kamu bilang. Awalnya dia setuju buat keramas, begitu nyentuh air, dia bilang panas. Terus ditambah air dingin, dia udah gak mau lagi.
Sekarang aku sedang makan, Jing udah makan, mama yang nyuapin.


Tue, 6 Nov 2007
Siang ini opa makan di luar, oma yang masak. Gak ada waktu nyuapin Jing. Jadi diberi semangkok nasi suruh dan dibiarin makan sendiri. Setelah beberapa saat, Jing bilang ke oma: oma, aku ambil sapu nyapu lantai.
Oma bilang: sapu aja lebih tinggi dari badan kamu, kamu masih mau nyapu. Sambil oma datangi Jing-jing buat ngelihat. Nasinya udah dihabisin dan di lantai ada beberapa butir nasi.
Selain itu, tivi yang di ruang tamu remote-nya dah lama raib. Kita sampai “bongkar lemari, membalik peti” tetap gak nemu. Pagi ini Jing ambil sebuah kantung plastik, bilang ke oma: aku sudah menemukannya.
Awalnya oma gak melihat dengan jelas. Setelah ngelihat ke dalam plastik, oma kaget juga dan bilang: yo … remote control!
Jing narik oma ke sepeda merah jambunya dan nunjuk ke kemudi sepeda bilang: aku menemukannya di sini.
Kata oma pasti dia yang naroh di situ, dia kan suka ngambil barang2 dan ditaroh dalam kantong plastik.


Wed, 7 Nov 2007
Beberapa hari lalu dia kan agak batuk, jadi tiap kali lihat kita2 makan jeruk, dia bilang: Jing-jing batuk, gak boleh makan.
Koko hari ini ultah, dia beli satu kue tart kecil terus dibagi 3 untuk 3 keluarga. Bagian kita dihabisin Jing-jing. Terakhir-akhir cukup manis, dia pakai garpu ngambilin sebesar kotoran tikus untukku, dan gak berhenti-henti bilang: papa makan, papa makan.
Jing-jing lagi nyanyiin: pipis, pipis, pipis… pipis ke rumah oma jambi

Thu, 8 No 2007
Pagi ini mukulin dia. Akhir-akhir ini dia suka menyibakkan selimut. Selimutnya termasuk gak terlalu tebal, tetap aja dia gak mau pake. Awalnya dia nangis sambil manggil, “mama…mama…” Aku bilangi: kamu manggil mama gak ada gunanya. Kalo mama tau kamu gak mau pakai selimut, mama juga akan sangat marah.
Setelah diomongi agak lama, baru dia mau pakai selimutnya.


Sat, 10 Nov 2007
Sedang dalam perjalanan (ke Nanjing).
Jing, opa, oma, ipar dan cong-cong pergi ke rumah 3rd grand-aunt. Seharusnya sih sore ini pulang.

Sunday, November 04, 2007

DAMN... DAMN PATRIARCHISM ... !

Aku paling benci orang china dengan patriarchism-nya!

Kemaren sore Crystal baru pulang dari bepergian selama seminggu ke rumah 2nd-grand-aunt di kampung. Malamnya papanya menelponku dan bercerita tentang percakapan dengan orang rumah:
T : Jing-jing, mama ke mana?
J : ke indonesia
T : mama ke indonesia ngapain
J : melahirkan bayi
T : bayi di perut mama cowok apa cewek?
J : cowok. Kalo anak cowok adalah harta karun. Kalo anak cewek, diberikan kepada orang lain.

Lucu sih kalo mendengar celoteh si kecil.. tapi sebenarnya aku sedih sekaligus sebel!

siapakah yang menanamkan pemikiran seperti itu di kepala anakku, yang hanyalah seorang balita yang baru berumur 2 tahun 4 bulan?!
Tidak mungkin dia bisa memiliki sendiri pemikiran seperti itu, kalo bukan dari mendengar pembicaraan orang dewasa.

Aku jadi ingat lagi percakapan dg ibu mertuaku beberapa bulan lalu.
Bu-mer : kalo Jing-jing ditanya mau adik laki atau adik perempuan, pasti jawabnya perempuan. Kalo ditanya mau adik perempuan atau adik laki, pasti jawabnya adik laki.
Gua : nggak ah, Jing-jing biarpun ditanya bolak-balik, jawabnya selalu mau adik perempuan. Kalo gak percaya, test aja.
Bu-mer : Jing-jing, kamu mau adik perempuan atau adik laki-laki?
Crys : adik perempuan.
Bu-mer : gak boleh jawab seperti itu! Kalo kamu jawab seperti itu, nanti aku pukul kamu! (ngomongnya dengan nada sengaja digalakkin)
Pak-mer: (*ngomong ke bu-mer*) kamu tuh gak boleh ngomong seperti itu!

dan gak tau apa gara-gara peristiwa ini, sejak itu kalo ditanya, putriku selalu bilang mau adik laki-laki. Kalo ditanya bayi dalam perut mama cowok atau cewek, dia selalu menjawab cowok.

Ah nak … jiwa dan pikiran mu memang masih polos.


Bu mertua memang ngarepin banget anak kedua ini laki-laki. Beberapa bulan lalu, sempat juga istri dari oom paling bungsu suamiku bilang ke bu mertua bahwa dari itung2annya dia, anak keduaku ini cewek lagi. Coba aja USG (di kampoung, cari orang yang kenal), kalo cewek … gugurin aja. Begitu katanya.

Enak aja! anak gua kok dia yang ngatur / ngusulin !
Gua marah sekali waktu itu. Memang dia tak langsung menyampaikan kepadaku. Tapi ke ibu mertua, terus ibu mertua menyampaikan ke suamiku (gak berani menyampaikan langsung ke aku), dia tau sih aku gak bakal mau menjalankan saran mereka itu.

Aku memang dari sejak SD pun sudah suka pada anak2 yang lebih kecil. Kalo bicara jujur, dulu ketika belom menikah, belum pacaran, aku paling suka anak laki2, terutama yang bandel2. tapi ini gak ada hubungannya sama patriarchism.

Ketika pacaran, Lin bilang ia lebih menyukai anak perempuan. Dan sejak itu aku jadi lebih sering memperhatikan anak-anak perempuan, ternyata lucu-lucu dan manis-manis. Ketika Crystal hadir dalam kehidupan kami, cintaku pada putriku melebihi segala2nya di dunia ini, aku tak bisa melukiskannya lagi dengan kata-kata.

Saat hamil yang kedua ini, aku pikir wajar kalo aku mengharapkan, paling ideal bisa punya satu anak perempuan dan satu anak laki2. tetapi kalo Tuhan memberikan anak perempuan lagi, tidak akan menjadi masalah. Aku tetap akan memberikan kasih yang sama besarnya seperti yang sudah aku berikan untuk Crystal.

Semalam setelah bercakap2 dengan putriku via telpon, aku juga mengirimkan sebuah sms untuk putriku, papanya yang membacakan untuknya.

Jing-jing,
Seneng gak main-main di rumah grand-aunt?
Bayi dalam perut mama adalah bayi perempuan. Adik perempuan Jing-jing. Jing-jing dan Qiqi adalah harta karun papa dan mama. Gak akan boleh diberikan untuk orang lain lho! Mama sayang padamu.
(Jing-jing yang memberikan nama Qiqi untuk nickname adiknya ini)


aku tak ingin putriku, anak2ku, tumbuh besar dengan pikiran bahwa anak laki-laki adalah harta karun keluarga dan sementara anak perempuan bukan!

Saturday, November 03, 2007

promosi

Lin dapat promosi lagi!
Dia memberitahu via sms kemarin. Wah, baguslah.. dengan posisinya skrg makin ada kesempatan untuk menanjak karirnya. Kalo mengingat posisinya dulu di divisi transmisi, sekali gak ada kesempatan, dia akan tetap di posisi yang sama, berkutat dengan pekerjaan yang sama seumur hidup.

Dia pernah sempat frustrasi juga gara-gara pernah sekali mendaftar untuk pindah ke divisi yang lebih baik, tetapi kesempatan diberikan kepada orang lain yang lebih muda, gara-gara orang tersebut sering hanging-out dengan si QJ, atasannya, main mahjong. Padahal Lin yakin dia jauh lebih excellent dari orang itu.

Kata Lin, umurnya dah 31, begitu memasuki 35, berarti dia akan mentok di kantornya. Waktu itu, dia sedang tugas 12 hari di Shanghai. Satu langkah tepat yg menurutku telah dia ambil, dia nulis email ke atasannya, protes dan mengungkapkan kekecewaannya. Sesudah pulang ke Hefei pun dia mendatangi si QJ dan ngobrol panjang lebar. Sejak itu, si QJ mulai memberi perhatian dan membuka kesempatan.

Terhitung sejak peristiwa email itu, dengan yang kali ini Lin sudah mengalami mutasi 3 kali ke posisi yang lebih baik.
Aku waktu itu bilang padanya, 31 belum tualah.. kan masih ada 4 tahun untuk berjuang. Aku juga pernah bilang padanya, pokoknya lakukan yang terbaik dalam pekerjaan, tetap semangat, tetap berpengharapan. Kesempatan belom tertutup.

Hehe.. waktu iseng kutanya, ada peningkatan gaji gak.. dibalesnya "cuman naik 90 yuan" (kira2 setara 100ribu rupiah). hahaha! Iya, dari tiga kali promosi yang didapat, memang tiap kali naiknya 90 yuan. Tapi yang penting bukan naik gajinya, melainkan terbukanya kesempatan untuk peningkatan karir di kemudian hari. Turut senang aja. Yah.. istri mana yang gak senang suaminya makin maju ... ya toh?!


Posisinya kalo di kantornya skrg disebut 支撑班班长。Mungkin kalo diterjemahkan bebas kira2 Support Division Head.
Sebagai istri, gua sih berharap suatu hari dia bisa gak cuma bisa menggantikan, tetapi melebihi si QJ. Amin .. amin ... !!!

SMS (4) 28-Oct -- 3 Nov-07

Sun, 28-Oct-07
晶去二姨奶家了,讲在那很听话。晚上吃饭自己挖着吃。
Jing pergi ke rumah 2nd-grand-aunt. Katanya di sana sangat nurut. Malamnya makan sendiri.


Mon, 29-Oct-07
想起“刘广茨”ci,但“茨”是茅草的意思,不好听。爸爸说“刘广慈”。这个“慈”好是好。但用的人多。
晶还在那边,下午追鸡玩。名字起刘袤齐吧。袤是广的意思。后面的齐你来定。
Kepikir Liu Guangci, tetapi ci di sini artinya sejenis rumput, kurang bagus terdengarnya. Kata papa Liu Guangci. Ci di sini artinya sih bagus, tapi orang yang pakai banyak.
Jing masih di sana, sore main-main kejar ayam. Pakai nama Liu Maoqi gimana? Mao artinya seperti Guang, luas. Untuk Qi, kamu yang tentuin.
* “Ci” 慈 yang kedua artinya: kind, loving


Tue, 30-Oct-07
本来有一个很好的名字,叫“刘广翰”,这个“翰”是知识丰富的意思,可惜啊!
我还再想其他名字,很头疼。
这个起名字可够头疼的。据说晶在那边想回来。
还没回来,不过她在那边有点咳嗽,如果明变严重就回来。她们本来要周末才回来。
Sebenarnya ada satu nama yang bagus, Liu Guanghan. Han di sini artinya berpengetahuan (wawasan) luas. Sayang deh! Aku masih memikirkan nama lainnya.
Masalah mencari nama ini cukup memusingkan juga. Katanya Jing di sana minta pulang.
Mereka belum pulang, tapi di sana dia agak batuk. Kalo besok tambah parah, pulang aja. Rencananya mereka weekend baru pulang.
* soalnya sekarang banyak yang menamai anak perempuannya dengan bunyi “han”, jadi suami gak pengen anak kedua punya nama berbunyi “han” lagi. Baru-baru ini waktu tugas ke Nanjing, dia jalan dengan 2 temannya, terus kedua temannya saling menanyakan nama anak, lho…. Dua-duanya punya anak dengan nama belakang (huruf ketiga) yang berbunyi “han” ! terus beberapa hari lalu juga baru ketemu anak perempuan, juga namanya menggunakan “han”.


Wed, 31-Oct-07
下午给妈打电话,妈没让晶接,怕她听到我声音吵着要回家。
妈说今早上晶咳嗽好多了。
Sore menelpon mama, mama gak kasih Jing nyambut telpon, takut dia dengar suaraku terus merengek minta pulang.
Kata mama pagi batuknya dah lumayan baikan.


Thu, 1-Nov-07
身体感觉如何?等你生了,你妈就要辛苦了。名字可能起“刘广翕”xi, 翕为和顺的意思。问题是中国有个“广西”省,与名同音,你看如何?妈回来我再问问她的意见。
Badan gimana rasanya? Saat kamu melahirkan, mama akan sibuk. Nama kemungkinan Liu Guangxi. Xi artinya "peace and smooth". Masalahnya China ada propinsi Guangxi, yang bunyinya sama. Menurutmu gimana? Ntar kalo mama pulang aku tanya pendapatnya.
早上睡醒,晶摸妈头发,妈说:奶奶老了,头发白了。
然后晶就常说:奶奶老了,头发白了。爷爷老了头发黑的。晶晶头发黑的。
今天她又说:奶奶带我,把头发带百了。妈听了好感动。
她现在咳嗽好多了。
Pagi saat bangun tidur, Jing mengelus rambut oma, oma bilang: oma sudah tua, rambut sudah putih.
Setelah itu Jing sering bilang: oma sudah tua, rambut sudah putih. Opa sudah tua, rambutnya hitam. Jing-jing rambutnya hitam.
Hari ini dia bilang lagi: oma menjagaku, sampai rambutnya putih.
Mama terharu banget mendengarnya.
Batuknya dah lumayan baik.


Fri, 2-Nov-07
她们可能明天回来。
Mereka mungkin besok balik.

Saturday, October 27, 2007

SMS (3) 21-26 Oct 2007

Sun 21-Oct-07
刚骗晶晶吃了一碗饭。现给她洗澡,晚上洗冷。
晶晶下午去徐奶奶家了。我总算能休息一下了。
下午给她洗头时哭的好凶。
晶晶刚才把手机拿给我,然后说:给妈妈发短信。
问她要写什么,她说:写晶晶耍赖被爸爸打,晶晶不吃饭。
她再和徐奶奶告别时说了一句:明天我还来玩啊!
中午给她洗头哭,晚上问她为什么哭,她说:妈妈洗头就不哭。
Baru habis nyuapin semangkuk nasi. Lagi mau mandiin, kalo mandi malam dingin.
Crystal sore ini ke rumah oma Xu. Akhirnya aku bisa istirahat sementara waktu.
Tadi waktu keramasin dia, nangisnya parah.
Crystal tadi ngasih hp padaku, terus bilang: sms ke mama.
waktu ditanya mau nulis apa, dia bilang: tulis Jing-jing ngambek dipukul papa, Jing-jing gak makan nasi.
Waktu pamitan ama oma Xu dia sempat bilang: besok aku main ke sini lagi lho!
Siang waktu keramas nangis2, malamnya ditanya kenapa nangis,
dia bilang: kalo mama yang keramasin gak nangis.
(*sms ini bikin gua nangis bombay!*)



Tue 23-Oct-07
我刚把小灵通拿起来,晶晶就说:你是不是给妈妈发短信?
今上午她把裤子尿湿了一点,
然后跑到奶奶那说:晶晶裤子尿湿了,晶晶坏蛋!
她晚上自己用勺子吃了一碗饭,而且很快,表现很好。
Baru ngambil hp flexiku, Crystal bilang: kamu mau sms mama yah?
Pagi ini waktu pipis, celananya basah dikit, terus dia berlari ke oma dan bilang:
Celana Jing-jing basah, Jing-jing nakal!
Malamnya pakai sendok makan sendiri satu mangkuk nasi, cepat lagi. Good performance!


Wed, 24-Oct-07
今天下午晶晶在我们的床睡,突然看到你的枕头没了,
说:妈妈的枕头怎么没了?哭了好长时间。
其实我们是看它脏,把它洗了。
Siang ini Crystal tidur di tempat tidur kita, tiba2 nyadar kalo bantalmu gak ada, bilang: Bantal mama kenapa hilang?
Habis itu nangis lama sekali.
Sebenarnya karena udah agak kotor aja, terus kita cuci.


Thu 25-Oct-07
今晚带晶到合家福,才进去她就喊我们回家,手上拿着一袋海苔。
我猜她急着出去吃海苔。果然刚出大门,她就说:我们拿着海苔干嘛?
今晚晶突然指着一个圆凳子对我说:这不是我的凳子。然后就哭起来。
我一开始有点奇怪。一看到聪坐在另一圆凳上,猜她要那个圆凳。
说那个是她的。她对聪瞅了一眼。呵呵她不直接说,而是拐弯抹角地说,够坏吧!
你在那边怎样?
Malam ini bawa Jing-jing jalan2 ke Joymart. Baru juga masuk, dia udah ngajak kami keluar, tangannya memegang sebungkus rumput laut kering. Aku tebak dia ingin buru2 keluar makan cemilan rumput laut.
Ternyata begitu keluar dia bilang: tangan kita megang rumput laut mau ngapain?
Malam ini Jing tiba-tiba nunjukin bangku bulat dan bilang padaku: ini bukan bangkuku. Terus nangis.
Awalnya aku agak heran. Begitu ngelihat Smarty duduk di bangku bulat satunya lagi, aku tebak dia ingin bangku yang itu, bilang bangku yang itu punya dia. Dia melotot ke arah Smarty. Hehe...bukannya bilang langsung, tapi berbelit-belit dulu. Cukup nakal kan! Kamu di sana gimana?


Fri, 26-Oct-07
前天聪在客厅耍赖,闹了很长时间。晶在我们房里突然说了一句:吵死人了!
Dua hari lalu Smarty merajuk di ruang tamu, ribut cukup lama.
Jing di kamar kita tiba-tiba bilang: ribut setengah mati!

Sunday, October 21, 2007

SMS (2) 14-20 Oct 2007

Sun 14-Oct-07
今天给小猪头买了两条裤子,一套衣服。
下午要和聪聪一起去幼儿园,30元一次的哪个。
我说爸爸很累,抱不动你。
晶晶说:我不用抱,我自己走路。
后来还是哥刚走是没让她去,哭得好伤心。
再同意她去就不行了。半天不睬她才好。
后来还是带她下去玩,坐了一元两次的小马。
Hari ini beliin si SPH* dua potong celana, satu stel pakaian luar.
Sorenya dia mau ikut Smarty ke TK, yang bayar 30yuan sekali datang.
Saya bilang: papa capek sekali, gak kuat gendong kamu.
Crystal bilang: aku gak usah digendong, aku jalan sendiri.
Akhirnya tetap gak kasih ikut, nangisnya sampe sedih banget.
Waktu ngijini dia pergi udah gak ngaruh, ya udah.. dicuekin aja baru brenti nangis.
Akhirnya bawa dia jalan-jalan, naik horsy-ride yang 1 yuan dapat main 2 kali.
* SPH itu panggilan sayang, kalo diterjemahin apa adanya: small pig head. Hihi...!


Mon 15-Oct-07
晚上和晶晶说和我睡,她同意了。
刚给她讲完故事,在我们床上。然后爷爷说:跟奶奶睡去!
晶晶说:奶奶生气了,不带我睡了!
呵呵!
之前喂了晶晶稀饭和面条。
稀饭喂完妈认为晶晶不吃面条,就把它吃完了。
没想到晶晶要吃面条并耍赖了。
哄好后,在洗脚时我说:晶晶怎么又耍赖了?爸爸说过不许耍赖的。
晶晶说:奶奶吃了晶晶的面条,所以哭了!
可爱不?
Malamnya bilang ke Crystal untuk tidur denganku, dia setuju.
Baru habis bacain cerita di atas tempat tidur, opa bilang: sana, tidur sama oma!
Kata Crystal: oma sedang marah, gak mau bawa aku tidur!
Hehe!
Sebelumnya nyuapin dia bubur dan mie.
Buburnya dah habis, oma kira Crystal gak mau mie, jadi dihabisin.
Gak taunya Crystal masih mau mie, terus ngambek.
Habis dibujuk, waktu lagi ngerendam kaki aku bilang:
Jing-jing kok ngambek lagi? kan papa bilang gak boleh ngambek...
Kata Crystal: oma makan mienya Jing-Jing, makanya nangis.
Isn’t she cute?


Tue 16-Oct-07
今天妈带晶晶出去转,回来是妈要抱晶晶,晶晶说:奶奶抱不动。
昨天妈干活比较累,睡觉时头戴着头套。
晶晶问奶奶:怎么搞的?奶奶说:被爷爷搞的!
今早上晶晶问奶奶:头可好了?奶奶说:没好。
晶晶说:爷爷坏蛋!
爷爷买菜回来,妈对爷爷说:等一下,我和你说说晶晶。
晶晶马上说:奶奶的头是晶晶搞的。
她滑头吧?
上午奶奶把衣服晒在阳台外面。
晶晶说:衣服不能晒在外面。掉下去就麻烦了!
Hari ini oma mengajak Crystal jalan2, waktu pulang, mau digendong.
kata Crystal: nenek gak kuat gendong. *
Maren oma agak capek setelah beres2 rumah, waktu tidur pake ikat kepala.
Crystal tanya ke oma: oma kenapa? Jawab oma: gara-gara opa.
Pagi ini Crystal nanya oma: kepala oma udah sembuh? Jawab oma: belom.
Kata Crystal: opa nakal!
Waktu opa pulang dari pasar, oma bilang: sini, saya bilangi soal si Jing-jing.
Crystal langsung nyambung: kepalanya oma (sakit) gara-gara Jing-jing.
Haha.. licin yah dia !
Siangnya oma ngejemur pakaian di gantungan di luar balkon.
Kata Crystal: pakaian jangan dijemur di luar (balkon), kalo jatuh repot!

* oma tersentuh sekali


Wed 17-Oct-07
晶晶现在手拿着油的东西不再往衣服上擦了,
而是找我要纸,是我教她改的。
Crystal sekarang kalo habis megang makanan berminyak udah gak lap ke bajunya,
Melainkan minta tissue ke saya, saya yang ajarin dia untuk ngubah.


Thu 18-Oct-0
昨晚姨奶奶在我们家和晶晶睡觉的,结果晶晶晚上尿床了。
因姨奶奶给她把尿,她犟,就以为没尿。
另外昨晚她也不愿意盖被子,老师蹬被子,还好没感冒。
尿床后奶奶骂她一句。晶晶在梦里说:奶奶坏蛋!
也不知她怎么听到的。
Tadi malam grand-aunt nginap, terus tidur ama Crystal, jadinya ngompol di ranjang.
Gara-garanya, waktu digendong pipis (tengah malam), dia meronta2, dikirain gak ada pipis. Tadi malam juga gak mau selimutan, ditendang terus, untung gak pilek.
Habis ngompol, oma sempat ngomelin dia sepintas.
Sambil tidur Crystal bilang: oma jahat!
Mungkin sambil tidur dia dengar oma ngomelin dia.


Fri 19-Oct-07
昨晚带晶晶溜达,去了安居苑西村锻炼的地方,有好多运动器材。
晶晶好高兴,玩了好久。几次叫回家她都不干。
最后一次叫她回家,她说:我再玩一遍。
然后就跟我回家了,没耍赖。
昨晚带晶晶睡觉,她没尿床。
Tadi malam ngajakin Crystal jalan2, ke An-Ju-Yuan kampung barat,
banyak peralatan fitness.*
Crystal senang banget, dan bermain lama di situ. Berapa kali nyuruh pulang dia gak mau. Terakhir kali nyuruh pulang dia bilang: aku main satu kali lagi.
Setelah itu pun dia pulang, tanpa ngambek.
Semalam nemani Crystal tidur, gak ngompol.
* banyak komplek perumahan susun di China memiliki sarana fitness di tamannya, dirancang murah meriah, dari bahan besi. Biasanya para opa oma yang suka berlatih di situ, pagi atau sore hari.


Sat 20-Oct-07
今天在小冬新房子呆了一天,没有坐的地方,现在好累。
她一路上睡觉,抱她一路上。
名字再过一段时间再说。叫 刘广阅 怎样?
昨晚到十二点晶晶还不愿睡觉,要看书。
给她讲了好长时间的故事。
Hari ini seharian di rumah baru donglin, belom ada kursi, jadi capek banget.
Gendongi dia tidur di bus sepanjang perjalanan pulang.
Nama tunggu sementara waktu (masih pikir2). Kalo dinamain Liu Guangyue, gimana?
Semalam sampai jam 12 Crystal masih belom mau tidur juga, mau baca buku.
Sempat bercerita untuknya sampai lama banget.

Sunday, October 14, 2007

SMS (1) 9-13 Oct 2007

Tue 9-Oct-07
刚回家晶晶就对我说:我的脚出汗了。
问她到那去了,晶晶说:去刘冬林家了。
今早上妈让她吃快点,说吃完了去溜达,她说:是去刘冬林家。
昨天妈他们谈了要去他家,她听到的。
另外今天隔壁再打钻子,很吵,晶晶问:再干吗?
奶奶说:再搞房子。晶晶说:错了,是再装修。
Ketika sampai rumah, Crystal bilang: kakiku berkeringat.
Ditanya ke mana, katanya: ke rumah liu donglin
Pagi ini oma nyuruh makan lebih cepat, habis makan mau diajak jalan2.
dia bilang: mau ke rumah liu donglin.
Maren nenek dan kakek lagi ngebahas mau ke rumah liu donglin, dia dengar.
Hari ini tetangga lagi pasang ubin, berisik banget, Crystal nanya: sedang apa sih?
Kata oma, lagi bikin rumah, kata Crystal: salah, lagi renovasi.
(memang sebelumnya mama sering bilangi kalo tetangga sebelah lagi renovasi).

Wed 10-Oct-07
昨天教晶晶四边形,五边形,六边形。画图让她数出来有几条边。
晶晶和我坐在一起,聪聪又打她了,我也打了聪聪。
她要我带她看书了,不和你聊了。
Maren ngajarin Crystal segi empat, segi lima, segi enam.
Pake gambar, nyuruh dia hitung ada berapa sisi.
Sekarang mau ngajak dia baca buku.


Thu 11-Oct-07
昨天大伯伯对晶晶说:妈妈很快就回来了!
晶晶说:不是的,妈妈要过很长时间才回来。
她是真的懂事了。
书还没买,这两天妈带她下去早。
周六要带她去买外套,她没有什么外套。
我们还没吃饭。聪聪又有些发烧。
刚才吃了榴莲糕,边吃边开玩笑:想老婆时就吃两口榴莲糕。呵呵!
Maren oom bilang ke Crystal: mama akan segera pulang.
Kata Crystal: bukan, mama mau pergi untuk waktu lama baru pulang.
Dia benar-benar dah ngerti.
Buku belom dibeli, dua hari ini oma bawa dia jalan-jalan agak siang.
Hari sabtu mau bawa dia beli baju luar, soalnya dia gak punya lagi.
Kami belom makan malam. Smarty lagi2 agak demam.
Tadi makan dodol duren, sambil makan bercanda:
Kalo kangen istri, makan dua gigitan dodol duren, hehe…!


Fri 12-Oct-07
昨天上午晶晶醒来对奶奶说:奶奶,我要吃饭了,九点了。
(还做九的手势)。当时九点十分。呵呵!她主动要吃了!
爸和妈带晶晶去望湖城,哥的房子那边。
我本来要去长丰,后来没去。所以爸妈没准备我回来。
今天天气降温挺多,妈有可能给晶晶穿毛衣了。
今天天更凉,晶晶身体还不错。
偶尔有点耍赖。到现在没打过她,也不舍得打。
她耍赖只是不管她而已。
Maren pagi ketika baru bangun Crystal bilang ke oma:
Oma, aku mau makan nasi, sudah jam 9 (sambil tangannya membuat isyarat 9).
Saat itu jam 9.10. hehe… dia minta makan sendiri nih.
Oma dan opa mengajaknya melihat rumah baru oom.
Tadinya aku mau ke Changfeng, tapi gak jadi.
Hari ini suhu turun agak banyak, oma mungkin udah pakaikan Crystal baju wool.
Hari makin dingin, Crystal fisiknya cukup ok. Kadang2 agak ngambek.
Sampai sekarang belom pernah dipukul, gak sampai hati juga.
Paling kalo lagi ngambek, dicuekin aja.


Sat 13-Oct-07
今天没去买衣服,有些下雨。就带她在下面逛了逛。
没找到你讲的图书,不过目前感觉还不急着买。因还有书。想你!
刚给她讲完故事。晶晶会写‘人’和‘中’了。
写‘中’是画个圈再加一竖。
Hari ini gak jadi pergi beli baju, agak hujan. Hanya bawa dia jalan-jalan di bawah.
Gak nemu buku gambar yang kamu bilang, gak terlalu mendesak juga, soalnya masih banyak buku. Miss you!
Baru habis bercerita pada Crystal. Sekarang dia bisa nulis ‘ren’ dan ‘zhong’.
Waktu nulis ’zhong’, dia gambar elips, ditambah garis vertical.

Tuesday, October 02, 2007

catatan sakit (lagi) ... (2)

1-7 Oktober / libur panjang hari nasional china


heran deh sama kedua ipar gua !

skrg udara dah dingin, dah autumn. gak tau gimana cara mereka handle anak mereka. pagi ini, papanya ngantarin Smarty ke rumah gua, dengan hanya mengenakan t-shirt lengan pendek.

rumah gua tuh base camp buat makan pagi dan makan malam. jadi biasanya mereka sering sarapan dan makan malam di rumah gua. dari rumah mereka kalo jalan kaki ke rumah gua kira-kira 10-15 menit.


nah, gak lama setelah bokapnya ngantarin, si Smarty yang batuk pileknya udah 2 minggu dan baru nyaris sembuh, tau-tau bersin dan dua anak sungai mengalir dari hidungnya. ampun deh !


suami gua yang dah gregetan sempat bilang gini ke ponakan gua, setelah abangnya pergi ngantor (lembur), "papa mamamu babi idup yah...". gimana gak gregetan, kalo si Smarty sakit, seringkali Crystal juga gak terhindar, jadi suami gua ikutan keki aja.

kata 'babi' di china sini konotasinya gak sejelek kalo di indo sih. bisa dipakai untuk ngomelin orang, bisa juga buat bercandaan. kadang-kadang antar teman bisa aja kita bercanda nyebutin "kepala babi", tapi yang bersangkutan gak tersinggung. kadang kita juga menyebut si kecil dengan, "kepala babi kecil." biasanya dipakai buat pura2 ngomelin si kecil kalo dia lagi nakal, tapi nakal yang sebenarnya si kecil gak tau kalo itu masuk kategori "nakal" di kamus orang gede, kenakalan yang enggak disengaja.

tapi kali ini suami gua nyebutnya dengan maksud ngomelin kedua ipar gua. terus ponakan gua langsung mendelik ke suami gua. kata suami gua, "tau dia kalo gua ngomongi yang gak baik tentang mama papanya."

Sunday, September 30, 2007

catatan sakit (lagi)

Smarty dah 2 minggu batuk pilek belom sembuh2.
awalnya sore hari pas pulang kerja, found out kalo si Smarty mulai batuk2 kecil. esoknya, udara berubah dingin, turun beberapa derajat, terus angin juga lumayan kencang. bonyoknya masih aja makaiin kemeja lengan pendek dan dia pun berangkat sekolah.
padahal gua dah wanti2 ke opa oma supaya dipakaiin jaket, eh .. dia gak mau pake. sorenya batuknya langsung tambah parah.

hari ini udah terhitung 2 minggu sejak dia mulai batuk. yah, kalo dah gini, biasanya Crystal juga susah terhindar, walau barangkali cuaca yang mendadak berubah dan suhu yg turun beberapa derajat juga bisa jadi penyebabnya.

udah tiga hari Crystal batuk dan pilek. pileknya kamaren sore agak parah, sampai matanya dah berair kayak habis nangis. dikasih makan obat batuk-pilek lumayan nurut, tapi mesti disogok dulu dengan "jelly-lolly-pop" (permen jelly yang ditusuk pakai tusuk gigi, jadi seperti lolipop).
terus kalo malam tidur, gua jadi gak nyenyak 100%, mesti sering2 nyelimutin, soalnya selimut sering ditendang ama dia (gak mau selimutan), kadang habis diselimutin, begitu dia nyadar, gak sampai 10 detik dah disingkirkan ama dia. semalam masih mending, udah gak nendang2 selimut lagi (mungkin tidurnya rada nyenyakan jadi gak nyadar kalo diselimutin).


gua suka ngingatin si kecil, minumnya mesti air hangat, gak boleh nyeker di rumah (yg lantainya tidak berkarpet), soalnya sekarang autum, udara mulai dingin. untung dia nurut. waktu summer, sama sekali gak mau minum air hangat, maunya selalu air yang dingin (tapi bukan air es).

semalam, gak sengaja air hangatnya dah mulai dingin. waktu gua suruh minum, dia minum dan bilang, "ini air dingin. aku batuk, mesti minum air hangat."

gak nurutnya, masih suka nyeker (tapi dah berkaos kaki). jadi kudu ditegur terus untuk pakai sandal.

berhitung mundur dan isyarat tangan

Crystal dah lama bisa isyarat tangan untuk angka 1-10.
dulu waktu umur 2 bulan, suka diajak main-main dengan jari dan tangan. kadang kalo lagi nangis, papanya suka langsung berhitung 1-10 pakai isyarat tangan, kadang nangisnya jadi berhenti, terus dia merhatiin. karena itulah, mama juga jadi tau isyarat tangan untuk 6 sampai 10 versi china sini.


belakangan bisa ngitung mundur dari 5 sampai 1 dengan isyarat tangan. soalnya di tivi ada acara mingguan lomba nyanyi. si pembawa acara saat umumi pemenang untuk tiap babak, selalu berhitung mundur dari 5.


beberapa hari lalu sempat gua ajarin berhitung mundur dari 10 sampai 1, sambil pakai isyarat tangan juga. semalem dia dah praktek kasih liat mama, papa, oma dan opa.





(tapi kalo 10, agak beda, tangannya mengepal jadi tinju)

aduuuh... maren sore mama sempat dibikin linglung. mendadak dia bilang ada 5 buah pintu. terus minta ke kamar, pas di kamar, dia minta "si" ... tapi mama gak ngeh .. maunya apa. kirain minta "sien" atau apa gitu ... muter2 otak, nanya oma, nanya tante .. gak ada yang ngeh, apalagi dia udah ngomongnya sambil nangis2, makin gak jelas. Crystal udah neriakin "si" berulang2 sambil nangis2, gak sabaran lagi ... udah ngambek deh pokoknya. setengah mati muter otak... kira2 maunya apa.

akhirnya setelah sekian lama, dia neriakin "si" sambil nunjukin dengan tangannya "angka 4".

ooooh...cuneng deh sekarang ... !

dia mau diputerin flash yang di komputer yang ada lagu berhitung 1-10 dalam bhs inggris (dalam lagu itu ada four...four..four..pretty wooden doors), pantesan dia nyebut2 5 buah pintu.

aduh nak... nak... pas suruh nunjukkin di mana barangnya, pantesan aja dia gak bisa nunjukin... malah tambah ngambek, tambah gak sabaran.

Friday, September 28, 2007

nyaris 8 bulan

waduh, nyaris 8 bulan beratku cuman nambah 7kg. kata orang2, aku kayak lagi hamil 4-5 bulan. gimana dong... nafsu makan gak ada peningkatan sama sekali. makannya gak beda jauh dg waktu gak hamil, cuman diselingi dengan ngemil roti, biskuit, plus susu atau juice.

berasa sih, kalo umur dah nambah. hamil pertama 3 tahun lalu, rasanya gak selelah sekarang. tambah tua nih ... atau mungkin dulu hamil belom ada anak. pulang kerja mau tidur tinggal tidur. skrg kan ada si sulung, kalo pulang kerja, yah nemani dia sampai malam. mana demennya begadang lagi. kalo gua di rumah, susah deh diajak tidur. kalo hari biasa, jam 2 sore, dia yang ngajak oma untuk tidur siang. kalo weekend, gua di rumah, sampai jam 4 sore pun gak mau tidur kalo gak setengah dipaksa. terus kalo malam, tidurnya bisa jam 11.30 atau sampe jam 12. alasannya mau baca buku. kalo mama mulai merem karena saking ngantuknya, bilangnya mama jangan pejem mata dong. kalo mama balikin badan, dibilangnya, mama balikin badan ke sini dong (ke arahnya dia).

makanya mungkin lebih capek.


satu hal/gejala yg gak ada di kehamilan pertama. kali ini kuping sering banget pengeng-pengeng gitu. dalam seminggu, kuping pengeng bisa 5 hari. gak tau kenapa. kalo hasil check-up, atau cek darah sih normal2 aja, gak ada yang kurang atau lebih.

terus kehamilan kali rasanya lebih gampang merasa jijik dengan bau2an toilet. pernah waktu lagi check up di rumah sakit, gua lagi ke toilet mau test urine, eh, ada orang lagi boker, terus baunya kecium ... gua sampai muntah seteguk keluar. ampun...ampun...! ngebayangi urinenya si Crystal dalam potty aja gua langsung merasa mual...hahahaa..

terus tiap pagi kalo habis makan bubur, bawaannya mag gua gak enak aja. mungkin makannya rada buru-buru...karena mau berangkat ngantor.


pas mudik sih, dengan berbagai pertimbangan .. si Crystal gak dibawa. jadi pulang sendiri nih.
dari awal sudah dibilangi kalo mama bakal pulang indo untuk melahirkan.
berikut ini percakapan yang selalu berulang ... berkali-kali dengan Crystal.
mama: Jing-jing, mama pulang indo buat melahirkan yah. ntar bawa pulang adik untuk kamu.
Crys : aku di rumah sama papa, oma, opa, oom, tante, cong-cong.
mama: kamu bakal kangen gak sama mama?
Crys : kangen.
mama: mama juga bakal kangen ama kamu. kamu jangan nangis yah.
Crys : aku gak nangis. kamu nangis di indonesia.
(*kalo dah ngomong gini, mama suka gak tahan untuk gak nangis*)
Crys : kamu sekarang jangan nangis. kamu nangis di indonesia.

trenyuh aku ... trenyuh ... !!! hiks !

aku selalu bilang orang rumah, ntar kalo dekat2 hari aku mau pulang atau udah hari aku pulang, jangan ngomong apa pun. biasanya mak mertua suka bilang, "kamu jangan cemas, Jing-jing akan dijaga baik2... bla...bla...bla...."
justru omong2 kayak gini nih yang bikin aku tambah nangis !

yang kena separation anxiety level akut itu bukan Crystal .. tapi maknya! woaaa... jadi nangis deh ...!

Tuesday, September 18, 2007

sakit gigi yah? --- trouble two

Trouble two yang gua baca di website kayaknya memang bener yah?
wah, bisa berlangsung berapa lama yah?


Crystal tuh gampang ngambekan/merajuk kalo misal sesuatu gak berkenan dg maunya dia. misal, dia sedang makan sesuatu penganan, terus bersisa separoh, digeletakin di meja. kadang orang rumah kirain dia dah gak mau, daripada mubazir .. jadi dimakan aja. eh, kalo pas dia lihat, langsung ngambek. kalo mama sih dah hapal soal yang satu ini.

atau kalo lagi asyik main, tau-tau mainannya atau barang lain yang dia anggap dia sedang main, diambil sama kokonya, langsung ngambek.

kalo habis mandi, misal dia maunya mama lap-in pantatnya dulu, terus papa dah gendong masuk kamar dan ditidurin di atas handuk, langsung ngambek.

kalo misal pipis, dia lagi pengen lap pakai tisu, tapi mama pakai kain lap pipisnya dia, langsung ngambek.

banyak lagi deh.. pokoknya kalo gak sesuai dengan yang ada di pemikirannya dia, dia bawaannya ngambek. kalo dah ngambek, wujudnya nangis, merengek.. kalo parah, sampai berguling di lantai.

mama sih dah hapal semua kebiasaannya dia. jadi biasanya kalo mau ngelakuin sesuatu, daripada mesti ngadepin ngambekan dia, mama tanya dulu, misal, kalo mau pipis, mau pipis di pispot atau di wc, mau buka celana sendiri atau mama yang bukain, mau lap pakai tisu atau pakai kain. kalo misal dia minta minum air dingin (bukan air es), mama nawar dulu mau gak minum air hangat, cukup gak dituangi segitu banyak, cangkirnya ditutup yah (cangkir yang bersedotan) dan seterusnya.

gak setiap kali juga sih semua ditanyain ke dia. jadi tergantung mood-nya dia aja. kadang gak usah ditanya juga okeh. kadang gak usah ditanya, dia bilang sendiri, maunya gimana. misal, mama ambil kain, terus dia bilang, pakai tisu ... yah udah, mama ganti pakai tisu aja. gampang kan?

tapi kata papa, mama terlalu nurutin dan terlalu manjain. jadi kadang kalo dah mulai ngambek, suka 'dihajar' oleh papa... maksudnya dipukulin pantatnya. makin menjadilah nangisnya. kadang malah sama papa dimasukin ke kamar sendirian. kalo dah gitu, dia akan keluar dan lari nyariin mama. mama suka gak tega. tapi kan gitu, kalo yang satu lagi 'menghukum', yang satu lagi gak boleh malah belain. kalo pun gak sependapat, mesti di belakang berargumennya.

kalo mama pikir, daripada ngambek, kan dibiarin aja dia mutusin sendiri mau gimana, toh gak ada jeleknya. kecuali untuk hal-hal yang memang gak bisa dikompromi. misal, yang ada hubungannya dengan benda-benda tajam, peralatan listrik, air panas, api, obat .. kalo yang ini kan memang gak bakal dikasih kompromi. mau ngambek kayak gimana juga, gak bakal diturutin. untungnya kalo dijelasi kenapa gak boleh, dia ngerti. malah dulu pernah ngingatin mama, buat naroh pisau kembali ke tempatnya, bahaya.. katanya.


kata papa, kalo pas siang2 ngambek, dimasukin ke kamar, kalo gak ada orang, dia berhenti nangis. hahahaa...
terus pernah suatu malam, papa masukin ke kamar oma, lupa nyalain lampu dulu. dia kayaknya ketakutan banget karena gelap2an. nangisnya kuuueeeenceng banget. langsung digendong keluar oleh opa. mama juga jadi gak tega banget. terus bilangi papa, lain kali nyalain lampu dulu, dia kan masih kecil banget, masih takut.

kali lain, Crystal dah mau ngambek lagi, mama bilang, "kamu mau apa, bilang ke mama papa dong, gak perlu sedikit-sedikit dah ngambek. kalo kamu bilang, kan mama bisa bantuin ambil. kalo kamu ngambek, nanti papa mau hukum kamu, masukin kamu ke kamar oma lho. "
malah jawabnya gini, "mesti nyalain lampu dulu. anak kecil takut."
huahahahahaaha.... ! gimana gak bikin gregetan.

atau kalo dia lagi ngambek, nangis2, mama kadang langsung ambil kamera, jepret..jepret... kadang-kadang nangisnya langsung mereda atau berhenti. terus ditunjukin ke dia betapa jeleknya kalo lagi nangis, dan betapa cantiknya kalo dia lagi senyum. cukup jitu juga.


pagi ini, papa cerita ..
semalam, mama dapat telpon dari bos, terus Crystal bawel banget, mama sampai gak konsen. jadi mama masuk ke kamar oma dan tutup pintu. kata papa, Crystal mulai merengek-rengek protes, "eeeh...eeehh... " (*suara rengekan*). terus papa bilang, "Jing-jing, kamu kenapa? sakit gigi yah? kebanyakan makan permen sih!" Crystal malah ketawa jadinya, tahu diledekin papanya, terus dia mau mukulin papanya.

emang gitu, kalo dia lagi merengek, kadang kita ngebiarin aja, atau gak peduliin aja, atau bilang, "kamu kenapa? sakit gigi yah?"

Friday, September 14, 2007

Crystal and Smarty

kalo lagi main sih akur nih kunyuk berdua.
kalo lagi berantem ..weleh .. dahsyat... biasanya karena rebutan barang/mainan/buku.
tapi kalo lagi main di luaran, Smarty akur ama Crystal. kalo dah mau pulang, nyariin Crystal dulu, mastiin adiknya juga pulang.


bobok siang bareng




bilangnya sedang mandi




main kandang-kandangan



manjat sofa




Smarty ultah ke-3



Berantem .. gahar bener (1)



Berantem .. gahar bener (2)
habis rebutan mau ngantarin kain lap. dipisahin oleh opa, malah ngamuk ke opa.


p.s.:
sayang gak sempat jepret saat mereka berantem, yang satu pakai tongkat kera sakti, yang satu pakai pedang mainan.

Tuesday, September 11, 2007

crystal: 2 yrs 2 mo

Crystal is 2 years 2 mo (+11 days)

udah lama gak nulis soal perkembangan Crystal.

gak takut mercon lagi
waktu masih kecil banget, belom kenal takut, jadi saat imlek pertama (umur 7.5 bulan), sedikitpun gak takut bunyi mercon. imlek kedua (1th 7.5 bulan) dah takut banget sama mercon. selama 3 hari pertama imlek, hampir setiap saat nangkring di gendongan atau pangkuan mama.
akhir-akhir ini, kalo dengar bunyi mercon, bilangnya, "Mama, aku dah besar. aku gak takut mercon lagi."
tapi sebenarnya sih masih suka kaget dan takut kalo dengan bunyi mercon yang jenis suaranya kenceng banget.


kamu sedang apa yah?
Crystal kalo ditinggal sebentar oleh mama ke dapur atau ke mana gitu, paling senang tereak sambil nanya, "Mama, kamu sedang apa ya?" ngecek kali yah, mamanya masih ada di sekitar gak.
belakangan mama suka sahutin, "Kok kamu senang banget sih nanya ke mama - sedang apa ya- ?" dia gak bisa jawab, cuman ketawa.

terus kalo mama ke kamar mandi, paling senang ngekorin, ikut masuk.
kadang suka sambil nanya, "Mama, kamu sedang apa yah?" padahal dia tahu kalo mamanya pipis.

dia belakangan juga suka nanya sesuatu yang sebenarnya dia tahu jawabannya. kalo dah gitu, mama balik nanya ke dia, tapi dia balikin lagi ke mama. misalnya:
Crys: mama, ini warna apa yah?
mom: Ini warna apa coba? kamu kan tau, kok masih nanya ke mama?
Crys: kamu yang jawab.
mom: kamu yang jawab. ini warna apa?
Crys: eeeh... kamu yang jawab.
mom: (*ngalah*) warna ijo.
Crys: (*senyum senang*)


kamu pakai baju yang mana yah?
kalo mama ganti baju, suka sekali nanya, "kamu pakai baju yang mana yah?"
kadang suka ngatur juga, misalnya dia lagi suka sama baju tertentu yang dipakai mama (biasanya kalo ada baju yg dia baru sekali lihat mama pakai), terus misal pulang kerja, mama ganti bajunya, ehhh...protes ... dia gak ngebolehin ganti! katanya, "kamu jangan ganti baju." (sambil dengan nada merengek).
terus juga suka nanya warna-warna yang ada di baju mama.


sudah bisa menyebut warna
dulu waktu masih kecil banget, dia bisa nunjukin warna biru dan merah, tapi belom bisa nyebut kalo ditanya ini warna apa. terus pelan-pelan, dia bisa nyebut warna hitam. sejak 2 bulan ini, dia mulai tau dan sudah bisa nyebutin warna secara umum.
ada botol-botol plastik yang isinya lilin-lilin berwarna yang bisa dibentuk-bentuk. tiap botol isinya warna yang berbeda, dan di tutup tiap botol ada emboss binatang-binatang.
mama suka nanya, "ini warna apa? tutupnya ada binatang apa?"
dia bisa nyebutin warnanya dan hapal betul binatang apa di tutup dari masing-masing warna (tanpa melihat).

memory seorang balita emang amazing ! emang umur2 balita itu paling hebat dalam hal mengingat sesuatu hal.

warna-warna yang Crystal sudah bisa nyebutin kalo di tanya : pink, merah, kuning, hijau, biru, orange, ungu, hitam, putih, coklat

mama belom ngajarin warna lain seperti abu-abu, silver, gold. juga belom ngajarin biru tua, biru muda, hijau tua, hijau muda. dalam kumpulan spidol berwarna, kalo disuruh ambil warna hijau, dia akan ambil dua-duanya, hijau muda dan hijau tua, begitu juga biru muda dan biru tua.


potty / night training
sudah sejak satu bulanan ini, Crystal kalo pipis maunya semua serba ngelakuin sendiri, menghampiri potty sendiri, melorotin celana, duduk di potty, pipis, terus lap pakai tisu atau kain lap-nya dia, terus berdiri dan pakai celana lagi sendiri. hebat nak!

kadang dia pakai rok, jadi sebelum duduk di potty, rok bagian belakang diangkat dulu supaya gak keduduk. kalo pakai celana dalam dan celana panjang, kadang agak sedikit kesulitan kalo karet celananya rada ngepas.

tapi ada kalanya dia bilang, "Mama turunkan celanaku." ntar kalo sudah selesai, kalo mama suruh pakai celana sendiri, jawabnya, "Kan kamu yang turunkan, sekarang kamu yang pakaikan celanaku." Ada-ada aja!

kalo malam, kita tetap gak berani ambil resiko nunggu dia ngomong sendiri. jadi masih di-set jam pipisnya. ada satu dua kali dia ngomong sendiri pengen pipis waktu lagi tidur.



gahar dan tantrum
belakangan ini Crystal jadi galak dan gahar juga. gua baru "menemukannya" kemarin. dulu kalo dijahilin koko sepupunya, dia bakal balas dengan memukul angin atau kadang mukul koko-nya tapi lebih sering dia dipukul balik atau ditampar kokonya, ujungnya nangis2 dengan kencang.
kemarin sore, kokonya mau memukulnya, belom juga kena, dia dah nangis dengan kuuuenceng terus langsung berlari ke kamar tengah minta 'tongkat kera sakti' ke omanya yang lagi baring di tempat tidur. omanya ngasih ke dia.

terus tongkat kera saktinya (dari plastik, kira2 panjangnya 1 meter) diangkat tinggi2 sambil dia berdiri nantangi kokonya yang berdiri agak jauh, "Pukul Cong-cong ... pukul Cong-cong .." begitu katanya masih sambil nangis2. Kokonya pun menghindar ke arah sofa. kita tentu saja ngalangi dia. huahahaaha... ngakak gua ngelihatnya. gahar betul kamu, nak !

dari gua pulang kantor, kejadian ini berulang dua kali. yang kedua kalinya pas makan malam, dia gak mau makan, terus lupa gara-gara diomongi apa oleh kokonya, terus dia marah dan nangis, terus turun dari kursi, ngambil lagi tongkat kera saktinya. kali ini sempat difoto (belom sempat diupload fotonya).

akhirnya gua bujuk sambil tunjukin ke dia fotonya lagi nangis sambil ngangkat tinggi2 tongkat kera saktinya, terus juga gua tunjukin lagi foto dia lagi ketawa.

mom : ini foto Jingjing lagi nangis, jelek gak?
crys : Jelek.
mom : Terus lihat ini foto Jing-jing lagi senyum dan ketawa sambil menari, cantik gak?
crys : Cantik. (*sambil ketawa dikit dalam tangisnya*)
mom : Jelekan mana, Jingjing lagi nangis apa lagi ketawa?
crys : Nangis.
mom: Nah, makanya, lain kali kamu jangan suka nangis, kan jelek. Ayo mama temani makan malam. (*baru deh mau dibujuk makan malam. dan habis semangkok nasi.*)


kata papanya hari ini Jing-jing bener2 nyebelin, dikit-dikit ngambek sambil baring di lantai, terus nangis2. tadi siang, dimasukin papanya ke kamar tengah, dibiarin nangis sendiri dalam kamar. karena gak ada orang yang ngelihatin, akhirnya dia berhenti nangis.



jalan-jalan
Crystal paling senang diajak jalan2 dan maen2 di luar.
sekarang jadi trik jitu juga kalo mama mau ngantor. sekarang kalo mama mau ngantor, dia dah gak nangis2 lagi. mama cukup bilang, "Jing-jing, mama ngantor dulu yah. ntar sore kamu jalan-jalan sama oma dan main-main sambil nungguin mama pulang kantor di depan bank." (letaknya di perempatan jalan) dia akan senyum dan melambaikan tangan sambil bilang, "Mama hati-hati di jalan."

kadang2 kalo sempat oma memang mengajaknya main2 depan bank sambil nungguin gua pulang kantor.

atau kalo misal dia gak diajak keluar, ntar setelah sampai di rumah, gua akan mengajaknya main keluar sambil ngajakin dia nunggu papanya di depan bank itu. hehehee... gitu aja dia dah senang banget. terus dia senang kalo misal diajak balapan ama mamanya, siapa yang duluan lihat papa datang dengan sepedanya. tentu saja mama akan pura-pura gak lihat papa dan membiarkan dia yang ngelihat duluan papanya, nah dia akan ketawa senang sambil bilang, "Aku yang duluan lihat papa."
pernah sekali dia duduk di sadel belakang sepeda papanya. sayangnya gak ada joknya, jadi gak nyaman di pantat. cuman bentar, dia dah minta turun.

satu lagi rutinitas yang dia suka banget, saat turun dari apartemen kami, biasanya sambil ngantarin botol susu kosong ke toko di depan apartemen kami, sambil ngomong kencang ke yang punya toko, "Oma, aku datang antarin botol susu!" terus dia akan menatanya satu per satu di dalam kerat botol susu. biasanya berkisar 3-6 botol kosong setiap harinya. (kita pesan 3 botol susu dan 1 botol yoghurt per hari)

ada lagi, kalo jalan-jalan dia suka mampir depan toko obat yang ada timbangannya, dan naik ke atas timbangan, terus bilang, "Aku 13 kilo. Sekarang giliran mama." dan gua mesti nimbang juga, katanya, "Mama 43 kilo." biasanya mama akan ralat, karena mama beratnya nambah perlahan-lahan. bingung juga kali dia, kok mamanya berubah terus dari 43, 44, 45 dstnya.

semalam kami lewat depan toko roti, dia bilang, "gak boleh masuk. di sini ada baunya. mesti hilangi bau dulu."
soalnya waktu toko rotinya baru renovasi, kalo dia mau main dekat-dekat selalu gua bilangi gitu. bau cat yang baru atau furniture baru gak baik buat anak kecil, takutnya kalo di luar baku mutu, bisa menyebabkan leukimia. jadi lebih baik mencegah bukan?



berhitung atau bermain angka
sejak beberapa bulan lalu Crystal sudah bisa bedain lebih banyak dan lebih sedikit. kalo dikasih kartu remi dan ditanya, mana yang lebih banyak / lebih gede, 4 atau 10, 8 atau 9, dstnya, dia bisa menjawab dengan benar.

kadang-kadang papa suka ngajarin tambah2an ke Crystal. kalo 1+1, 1+2, 2+2, kayaknya dah cukup bisa. tapi kadang masih lupa juga. mama sih gak mau maksain. mungkin logikanya untuk tambah menambah belom terlalu jalan juga.

untuk berhitung masih gak banyak kemajuan. bisa ngitung sampai seratus tapi masih mesti diberi guidance untuk 40, 50, 60 dstnya. lagi-lagi..mama juga gak mau maksain, suka-suka dia aja.
terus bisa berhitung mundur untuk 5, 4, 3, 2, 1 (sambil dengan peragaan jari).


huruf ABC dan vocab inggris
Crystal punya papan mirip puzzles yang isinya abjad A-Z. sebenarnya itu kado mama untuk Smarty kala ultah ke-2. Smarty setelah memainkannya 1 minggu, sudah tau letak masing2 huruf (berdasarkan bentuk), walaupun gak hapal urutan abjad ABC.
waktu itu Crystal umurnya 1 tahun 4 bulan. akhirnya papan puzzle ABC dibawa Smarty dan ditaroh di rumah, jadi Crystal juga ikutan main. dan sama... main seminggu, dah bisa hapal letak masing2 bentuk.
barulah kira-kira 3 atau 4 bulan lalu (mama sudah lupa) .. mama mulai ngajarin huruf ke dia sambil bermain tentunya.
misal:
A for apple
B for bear
C for Cong-cong (nicknamenya Smarty)
D for daddy
E for Eagle,
F for flower, fish
G for giraffe
H .... wah, mama gak kepikiran nama binatangnya apa
I for ice cream
J for Jing-jing (Crystal's chinese nickname)
K for lao-K, king .. itu lho .. kartu King dalam kartu remi
L for Liu Hui Han (nama sebenarnya Crystal)
M for mama, monkey
N for No.. No .. No..
O for orange
P for panda
Q for Q-Q candy ... saat ini lagi trend permen jelly yang disebut QQ
R for rabbit
S for squirrel
T for tiger
U for umbrella
V ... gak diajarin vocabnya, masih batesin nama binatang dan barang2 sehari-hari
W juga gak diajarin vocabnya
X for xylophone
Y for yenni
Z for zebra

kalo misal lihat huruf2 abjad di luar, di supermarket atau di mana aja, dia suka nyebutin: mama, lihat .. ini C for Cong-cong. Mama ini huruf A kan? dstnya.
kalo ditanya eagle itu apa, monkey itu apa, tiger itu apa...dia juga dah tau.

Crystal belom diajarin bahasa indonesia, tunggu agak gedean dikit, mungkin saat 3 atau 4 tahun baru diajarin. takut kebanyakan bahasa, ntar dia bingung. sekarang baru ngomong mandarin, dan sedikit-sedikit mama ajarkan bahasa inggris (biasanya sebatas greetings dan beberapa vocab).


ngebaca jam dan nyebutin hari
taunya kalo senin-jumat, mama kerja. kalo sabtu dan minggu mama gak ngantor, di rumah nemani Crystal main-main.
taunya jam 6 mama pulang kantor. kalo papa dia bilang pulangnya jam 8 kadang dia bilang jam 9. kalo dibilang papa pulang jam 7.30, gak mau..ngotot..mesti pulang jam 8 atau 9.
sempat bisa baca jam untuk jam 1, 2, 3, dstnya. soalnya ada mainan kayu yang ada jamnya dan bisa diputar-putar sendiri. gak tau deh..sekarang masih ingat gak.
dulu kalo dah jam makan malam, disuruh lihat jam dan ditanya jam berapa, jawabnya 7.30. emang kita rata-rata makannya jam 7.30. tapi kita dah lama gak nanya2 jam ke dia, gak tau masih ingat gak.


ujung sarung bantal
waktu umur 8-bulanan, senangnya gigit-gigit ujung sarung bantal sebelum tertidur, sampai kuyup. terus gak dibolehin mama, pelan2, umur setahun lebih... berubah jadi megang2 aja sebelum tidur. sekarang, sedang minum susu pun masih suka sambil nyari2 ujung sarung bantal, sambil senyum-senyum nanya ke mama, "ini apa yah?" dia ngarepin mama jawabnya, "mama bilang zhen-tou-guai. jing-jing bilang zhen-tou-dai." (soalnya tiap kali mama jawab gitu, dia tersenyum senang. soalnya dia belom bisa pronounce bunyi "k" kalo dalam bhs indo, keluarnya selalu bunyi "t". makanya kalo aku sayang kamu, jadinya "atu sayang tamu." (kalo bunyi huruf "s" gak ada masalah).

tidurnya kan kadang suka berguling ntah ke mana, kadang malah kakinya nangkring di muka mama atau papa. tengah malam kalo kebangun, suka nyariin bantalnya, kalo sudah ketemu, dia akan merangkak ke bantalnya, terus megang2i ujung sarung bantal. atau kadang nyari-nyari sudut bantal, gak ketemu, terus merengek2. jadi biasanya mama akan ngasihin ujung bantal ke tangannya dia hahaha.. nah, dia akan tidur kembali.

kalo dari kecil, Crystal emang gak doyan "empeng", makanya gak repot untuk urusan yang satu ini.

Wednesday, September 05, 2007

i really wish

i really wish time flied so fast to February 2008.
when i return, i will be able to start a new life.

i really really wish .. !

Monday, September 03, 2007

Smarty masuk play group (hari pertama)

hari pertama Smarty -ponakan gua di sini- masuk play group.
Smarty pas berumur 3 tahun 4 hari. =)

di China sini (kota tempat gua tinggal) umumnya anak2 sejak kecil dimasukin play-group atau day care pada usia dini. karena di sini susah cari pembantu atau baby sitter yang bisa dipercaya.
pagi dianterin ortu atau kakek nenek. sore dijemput lagi.
jadi tidur dan makan siang di 'sekolah'.

hari pertama, Smarty dianterin papa mamanya beserta opa.
dari sejak sarapan dia dah bilang berkali-kali, "mama gak usah kerja. mama gak usah kerja."
pas ditinggal, nangis2 ... seperti sudah diramalkan bakal terjadi.

sepulang kerja, pas ketemu Smarty, gua tanya, "gimana sekolah hari ini. nangis gak?"
dijawab, "aku nangis." heheheehe...!

terus menurut laporan gurunya ke mamanya, habis nangis-nangis, terus dia muntah.
emang gitu, Smarty kalo udah nangis agak sedikit berlebih, bawaannya muntah. kasian!
Crystal juga, kadang-kadang kalo nangisnya udah bener2 kelewatan bisa muntah.
tapi Crystal gak separah Smarty untuk hal ini.

mom : Jing-jing mau gak ikut koko masuk play group?
Smarty: gak mau!
Crys : aku seorang diri masuk play group.
mom : lho .. bareng koko aja, ntar kalo ada yang jahatin kamu kan koko bisa belain kamu.
Smarty: gak mau!
Crys : aku sendiri sekolah! (wah, dua-duanya udah mulai mau beradu mulut)
mom : Jing-jing, kamu mau sekolah di mana?
Crys : di Amerika. (*mama emang suka bilang, ntar kalo gede, mama kuliahin dia ke US*)
mom : wah, jauh sekali sekolah play group sampai ke Amerika. kamu naik apa ke Amerika?
Crys : aku naik pesawat terbang.
mom : kalo gitu, mama, papa atau opa tiap hari mesti antar kamu naik pesawat terbang ke amerika? jauh sekali!
Crys : (*mikir sejenak*) aku sekolah di SD An-Ju-Yuan. (*hihihihi.... ada-ada aja*)
mom : Cong-cong, Jing-jing, sini ... aku ajarin mengenal tulisan. Cong-cong papan tulisnya kasih tante, sini...
Smarty: aku gak suka sama kamu. (*ini kata populer yang lagi sering dia ucapkan ke semua orang sejak pulang dari rumah oma-yg-satunya*)
mom : ayo, sini, tante tuliskan, terus kamu tunjukin ke opa kalo kamu sudah tahu huruf apa.
Smarty: aku gak suka sama kamu. (*gubrak*)

Crystal datang menghampiri, mau ikut nimbrung. pas Crystal mau ngambil papan tulisnya, terjadilah perebutan .. seperti biasa.
dan dalam sekejap ... "plak!" tangan Smarty udah menampar muka Crystal. Opa kali ini langsung menampar pula mukanya Smarty. lho !!!!

dan Crystal pun menangis, "Woaaaaaaa....!"
kali ini gua ambil papannya dan gua gandeng Crystal yg masih nangis ke kamar, sambil ngebujukin supaya gak nangis. juga ngebujukin supaya dia main dulu, habis 5 menit, kasih lagi ke kokonya, giliran main.
sambil nangis dijawabnya, "aku main 6 menit!" huehehehee!

aduh, sakit deh hatiku melihat putriku lagi2 kena tampar. mestinya gua lebih waspada terhadap Smarty si nakal nih!

Smarty langsung nyusul ke kamar, habis dibujuk, "ayo, mama antar kamu ke supermarket, kita beli lagi", Crystal pun ngebalikin papan tulis ke kokonya.

jadilah gua membawanya keluar, ke persimpangan lampu merah, sambil menunggu papanya pulang kantor, buat makan malam bareng.

sesudah makan malam, barulah gua ajak ke supermarket dekat rumah. nemu sih papan tulisnya, lebih murah 2 yuan, tapi sayangnya udah stock terakhir, gak ada magnetic-pen-nya pula. terus kata penjaganya mesti nunggu 3-4 hari lagi.
setelah gua ajarin, Crystal bilang, "Tante, hari kamis aku ke sini lagi buat beli."
habis itu gua ajakin dia ngider-ngider dalam supermarket.

Saturday, September 01, 2007

Mengenal huruf kanji

Crystal sudah 2 tahun 2 bulan lho !


Kita sempat tercengang juga dibuat oleh si kecil, soalnya ternyata kita iseng-iseng ngajarin huruf kanji, eh, gak nyangka dia malah ternyata cepat nangkapnya.

ipar gua baru beliin papan tulis magnet yang baru. yang lama dah ancur dimainin kedua kurcaci. terus iseng-iseng semalam, sebelum makan malam, gua ajarin si kecil mengenal beberapa huruf kanji dan maknanya. hanya diberi tahu satu dua kali, dia udah bisa mengingatnya. ini juga gara-gara barusan lihat huruf "tian" nongol di film kartun di tivi sekian menit sebelumnya.

一 yi / satu
二 er / dua
三 san/ tiga
口 kou/ mulut
日 ri / matahari
田 tian/ sawah, ladang

sebelumnya, ada 3 huruf kanji yang dia mulai hapal.
晶 jing / kristal, nama panggilannya sendiri
品 pin / produk (soalnya huruf ini mirip 'jing', dia suka menyebutnya 'jing')
电 dian/ elektrik

terus saat sesudah mandi dan naik ke tempat tidur, seperti biasa, dia bilang dia mau baca buku.
dia pun asik bolak balik buku, sambil ngomongi isi buku tersebut halaman per halaman.
ada halaman yang ada gambar keluarga tikus tanah sedang bersantap di meja makan. nah, dia bisa bercerita begini (sambil menunjuk ke gambar di buku) :

"ini mangkok untuk tikus tanah yang ini. ini mangkok untuk dia, ini mangkok untuk dia, ini mangkok untuk mamanya. nah, tikus yang satu ini gak kebagian. bagaimana coba?"

gua akan nanya, "bagaimana coba?"
jawabnya: "mamanya pergi ke dapur dan ambil satu mangkok lagi untuk dia. terus dia bilang ke mamanya, terima kasih."
gua akan nanya lagi, "mamanya jawabnya apa?"
si kecil akan bilang, "bu yong xie." (balasan untuk xie-xie / terima kasih dalam bahasa cina, yang kalo diterjemahin apa adanya, kira2 artinya 'gak perlu berterima kasih').


terus dia menggambar 'abstrak' di atas papan tulis magnet. sebenarnya bukan mengambar sih, tapi nyoret gak karu-karuan. dia membuat gambar elips asal jadi dan bilang, "aku gambar telor."
terus dia membuat titik-titik di atas papan tulis, terus gua bilang, "kamu gambar jenggotnya papa yah?" dia ketawa cengenges.
terus dia bilang, "aku gambar jenggotnya papa. ntar kamu gambar jenggotnya paman yah?" neneknya yang lagi main game sampai ketawa dibuatnya.


setelah dia bosen nyoret2 gak karuan ... gua bilang, "sini mama tanya kamu beberapa huruf yang tadi mama ajarin yah?" dia pun menyerahkan bolpen magnetnya ke gua.

selain ngulang yang diajarin ke dia saat sebelum makan malam, juga nambah beberapa huruf baru, dan lagi-lagi cukup dibilangi sekali dua kali, dia langsung ingat. sebabnya sederhana, dia memang senang dan mau memperhatikan.

刘 liu / marganya suami, yg juga marganya si kecil
丁 ding / marga gua
马 ma / marganya mak mertua, kuda
小 xiao / kecil
大 da / besar
多 duo / banyak
少 shao / sedikit
雨 yu / hujan
木 mu / kayu

neneknya pun sampai tertakjub-takjub.
terus pada saat gua nulis huruf "dian" (elektrik) ke dia, karena nulisnya rada jelek dan rada cepat, hasilnya ketika ditanya ini huruf apa, jawabnya: "ini payung".


wuakakakakak... mak mertua dan papanya sampai ngakak.
soalnya memang kebetulan saat gua tulis, hurufnya agak mirip gambar payung, dengan bagian bawahnya membengkok seperti gagang payung.
gua sampai tengsin, dan bilang, "aduh, mama mesti belajar menulis lebih bagus nih!"


terus pagi ini, papanya ngajarin lagi huruf baru. gua nggak terlalu ngikutin papanya ngajarin huruf apa aja karena ke kamar mandi plus sibuk nyiapin makan untuk si kecil. cuman ngikutin awalnya aja.

人 ren / orang
工人 gong ren / pekerja

gua sampai komen ke papanya, dasar anggota partai komunis, yang diajarin yang berbau-bau sosialis nih! papanya bilang, nggak lah ... ini karena hurufnya gampang dikenal aja. huehehehehe...!

saat papanya nulis "gong ren", dia langsung nunjukin huruf 'ren' dan bilang, "ini ren"

kata papanya dia ajarin huruf lain juga, tapi gak tau huruf apa aja.


sebenarnya gua gak ambisius mau ngajarin terlalu banyak buat si kecil, biarin aja dia main-main sepuasnya. ini gara2 gua iseng2 aja sambil ngisi waktu main-main bareng dia.

Thursday, August 30, 2007

Smarty ultah ke-3 .. opa yang pilih kasih

Semalam bokap mertua gua merebus ayam. dalam hatiku berpikir, "wah, asik... bisa minum kaldu ayam hari ini."
ayamnya itu ayam pemberian sodara waktu makmertu balik ke kampung hari senin.

gua lupa kalo hari ini sudah tanggal 30. kirain tgl 29 agustus.
lha..hari ini kan si Smarty ultah. pantesan semalem rebus 'ayam'. oh, jadi si ayam memang sengaja 'ditabung' buat hari spesial ini.

pagi-pagi, bokap mertu dah bangun dan heboh. saat akan makan pagi, ternyata ada mie rebus dengan telor. gak biasanya. juga baru nyadar, mie-nya memang dalam rangka ultah si kecil, Smarty.


pas lagi sarapan, bokap mertua dan ipar gua dah berangkat ngantor. besok hari terakhir bokap mertua kerja, sebelum memasuki masa pensiun.

nah, mak mertua mulai membahas soal gimana repotnya bokap mertua pagi ini gara2 cucu pertama ultah. sambil banding2i dengan kala Crystal ultah ke-2. mak mertua bilang dia dah nyentil2 bokap mertua pagi, bilang, gimana repotnya dia pagi ini dan gimana cueknya dia kala putriku ultah ke-2 akhir juni lalu. bokap mertuaku speechless tentunya.
malam ini bokap mertua dah rencana masak ini itu buat merayakan ultah ke-3 Smarty.


Kala ultah ke-2nya Smarty (menurut penanggalan cina), bokap mertua beliin kue tart buat Smarty. bokapnya Smarty malah bilang, "Kue-nya kekecilan. lain kali gak usah beli. Smarty ultahnya jangan menurut lunar calendar."

ultahnya Smarty kalo menurut penanggalan cina adalah bulan 7 tgl 15, adalah perayaan buat roh2 orang yg sudah meninggal. jadi ortunya dan nenek kakek dari mamanya memutuskan untuk dirayakan menurut penanggalan matahari, 30 Agustus.
orang-orang cina di sini kebanyakan lebih suka merayakan ultah menurut penanggalan cina.


kala Crystal ultah ke-2, jangankan beliin kue ultah, bahkan mie dan telor pun gak dibikinkan. (adatnya orang cina, kalo ultah dibikinkan mie rebus dengan telor, perlambang wish supaya panjang umur).

kita sendiri yang beliin kue ultah. duitnya ampao dari oma, yang maksa kita buat ambil, soalnya dia merasa waktu Smarty ultah ke-2, opanya yang beliin kue. jadi kali ini, kue ultah Crystal duitnya juga kudu dari oma (dan opa ikut terbawa tentunya). pas dinner juga, oma yang inisiatif pergi beli beberapa sayur/lauk, buat sekedar peringatan kecil2an. sebenarnya menurut kita gak perlulah, toh anak kecil gini juga gak ngerti. dibeliin kue ultah dan kado sederhana pun dia dah hepi.


yang emang gitulah kebanyakan orang cina, senangnya ama anak/cucu laki. dan suka melupakan untuk berlaku adil pada anak/cucu perempuan. Jing-jing dulu pernah kalo ditanya, ini kakeknya siapa, jawabnya: "kakeknya Cong-cong (Smarty)." ngerasa kali yah dia?!


sebenarnya gua dah tau dan dah biasa ngadepin bokap mertua gua.
tapi tetap aja ada perasaan sedih dan rada gak bisa terima .. anak gua kok diperlakukan gak sama gitu.



minggu lalu, si Smarty menginap seminggu di rumah wai-po (nenek dari mama). begitu balik ke rumah kita, kelakuannya langsung berubah. sampai di rumah, siapapun gak mau manggil, termasuk oma dan opanya dia gak mau manggil. opanya gendong2 dia, eh... wajah opanya ditampar ama dia. dan opa-nya biasa2 aja, masih ngajakin bercanda, bukannya "negur" si kecil. lha, menurut kita (gua, suami dan mak mertua), kelakukan seperti itu gak boleh didiamkan (karena bukan cuman sekali dua kali). lama-lama si Smarty bisa jadi over-spoiled-boy, bisa rusak. Maknya sendiri aja hari itu dipukul, ditendang, digigit pas dia lagi gak senang.

gua sih cuman bisa geleng2 .. lha bukan anak gua, ntar kalo gua terlalu nyampurin, ortunya gak senang.


di rumah kita, Smarty cuman takut ama suami gua dan gua sendiri, dan kadang juga masih agak takut sama oma. soalnya kalo main sih kita emang main ama dia, tapi kala dia bandel, gua dan suami galak ke dia. jadi dia gak berani neko-neko terhadap kami berdua. kalo dia mulai bandel, gua atau suami pelototin pun dia dah segan. tapi kalo dengan opa, dia sama sekali gak takut. gimana bisa takut kalo di-spoil begitu?


hari dia baru dari rumah wai-po-nya itu, akhirnya setelah dinner, aku ajak dia main2 dengan Crystal, pura2 nuang air minum (dengan gagang pintu sebagai keran air panas dan air dingin), dan memberi minum buat semua orang rumah ... barulah dia "mencair", dan mulai mau manggil oma dan opa.


jadi ingat lagi kala gua jadi "tante-yang-gondok-gara-gara-semangka". hehehee...!


ps.:
pantesan si ayam nyawanya masih bisa bertahan sampai rabu malam. huahahaahaha!