Tuesday, June 30, 2009

crystal's 4th bday

gara2 blogspot error gak bisa dibuka seminggu penuh. jadi ditulis dulu di komputer. biar mood nulisnya gak ilang, keburu lupa. tinggal edit tanggalnya ke 30-June-2009.
crystal melewatkan ultah ke-4 nya dg diajak makan2 di KFC. soalnya daddynya udah janjiin beberapa hari sebelumnya. daddy juga khusus pulang dari East-Hefei buat nemeni di hari ultahnya.

ternyata di KFC itu paket ultah gak cuma untuk kalo pesertanya banyak. bahkan 1 orang anak pun sudah bisa booking (hanya via telpon). gak perlu nunjukin bukti lahir dll. pas kita datang, sudah ada meja yang reserved untuk kita. bisa pesan menu langsung
di meja, gak perlu ngantri. gak dikenakan charge atau biaya khusus. ditempelin poster selamat ultah di kaca samping meja. juga ada kartu ucapan untuk crystal.


selain itu, yang ultah dpt kado. anak kecil yang nemeni juga dpt kado, masing2 1 paket. bedanya, yang ultah mendapat tambahan 1 notes kecil dan 1 buah buku animasi sederhana, tentang binatang.
crystal senang banget! Smarty dan Angie juga ikutan senang.


yang lucu, waktu sudah kenyang, saat papanya nyodorin burger yang belum habis, dengan gayanya, crystal bilang,
"ini junk-food. aku gak mau makan junk-food."
padahal udah kenyang duluan. wakaakakakak!


kadonya sederhana aja, mama beliin 2 pasang sepatu, dari online shopping. kebetulan sepatunya sudah mulai lepas. kebeli dg harga 64 yuan (sudah tmsk ongkos kirim). kalo beli di toko bisa kena 80-90 yuan. sebenarnya, dia masih minta piano mini. sudah search. tapi mama belum sempat compare, mana yang lebih pantas model dan harganya.



juga dipeseni kue ultah, yang di atasnya dihias 2 ekor ayam.
lupa difoto, keburu 'dihajar'. malamnya waktu mau tidur, crystal bilang gini:
"mama, lain kali kuenya aku yang milih ya."

haduh .. mamanya lupa nerapin:
train and give your child the freedom to decide.

tahun lalu memang mama yang bawa crystal ke toko kue dan diberi kebebasan untuk memilih dan memutuskan sendiri. ternyata hal ini bener2 membekas-dalam di ingatannya!


kali ini bener2 kelupaan membiarkan dia yang milih sendiri. karena segala sesuatu serba sibuk dan mepet. jadi mama bilang,
"haduh .. maaf yah nak. mama kelupaan.
tahun depan mama pasti ingat biar kamu yang pilih sendiri kuenya.
gini aja, ntar angie ultah, kamu yang pilihin yah kuenya."
crystal mengangguk. "gapapa, mama. kue angie, mama yang pilih aja. nanti kue ultahnya oma, aku yang pilihkan," katanya.


waktu oma nanya, mau kado apa. Crystal minta dibeliin tas. jadi mama-nya online-shopping lagi. lebih praktis. disodorkan 19 tas yang menurut mamanya cukup lucu. pilihan pertama Crystal adalah yang Hello Kitty. sempat pengen beli dua, yg satu lagi yang Mickey.
mama bilang, mama mana punya uang sebanyak itu. setelah dipastiin berulang2, tetap maunya Hello Kitty.


oh ya, crystal juga dapat ucapan ultah dari oom Henry, tante Angie, tante Yossy, oom Darwin.

semoga kebiasaan ngambeknya makin berkurang yah nak!
sehat selalu dan happy selalu!

Sunday, June 28, 2009

count from 1-100 in english

2 minggu lalu
crystal: mama, bagaimana cara ngitung 11 to 20 dalam bhs inggris?
mama : *ngitungi 11-20*
crystal: mama, coba ngitung dari 1 sampai 100 dalam bhs inggris.
mama: *ngitung 1-100*

2 hari sebelum ultah ke-4
crystal: mama, coba hitung dari 20-30 dalam bahasa inggris.
mama: *ngitung 20-30*
crystal: *ngitung 1-100* ...ninety seven, ninety eight, ninety nine .. ten-ty.
mama: *ketawa geli* seratus itu one hundred sayang, bukan ten-ty. kamu mikir sendiri yah? hebat sekali! logika kamu betul sekali, cuman pas 100, tapi dalam bahasa inggris adalah one hundred. sama seperti mandarin, 80 = ba shi, 90 = jiu shi, tapi 100 bukan shi-shi, melainkan yi-bai.
crystal: *balik ngitung 90-100, disertai tepukan tangan dari mama setelah 100*

kalo anak berlogika, dengan akal mereka, walaupun 'kurang tepat', berilah pujian. supaya tidak mematikan kemampuannya untuk terus berlogika.

Saturday, June 27, 2009

bukan mama seperti itu

crystal dah dua kali ikut kelas guzheng.
kelas dengan 1 guru-2 siswa.
siswa satunya lagi namanya Wen-wen.

seminggu kemarin sama sekali tidak membawa crystal ke tempat les untuk latihan karena sakit. sementara, Wenwen tiap hari dibawa mamanya untuk latihan. salut juga dengan mamanya yg bisa meluangkan waktunya. tempat lesnya ini memberi kebebasan untuk datang latihan kapan pun, gratis.

minggu kedua ini aku lihat Wenwen dipukul mamanya saat kelas berlangsung.
aku puji Wenwen, "metiknya sudah bagus lho!"
mamanya bilang, "saya pukul kalo gak bener."

haduh !!!

kami memang beda haluan.
aku bukan mama seperti itu.
aku tidak bermaksud menjadikan crystal seorang juara.
crystal ikut kelas guzheng pun setelah berulang-ulang ditanyain dulu, apa dia tertarik, apa dia suka, apa dia mau. setelah kelas pertama pun, masih ditanya berkali-kali (buat mastiin), apa dia suka dan mau.

crystal diikutkan kelas musik ini dengan tujuan supaya pertumbuhan otak kiri dan kanannya bisa lebih seimbang. itu saja.
eh, ada sih alasan lain .. karena mamanya senang dengar musik guzheng, indah.

tapi yang terpenting dari semuanya, asal crystal happy dan enjoy saat menjalaninya.


tetanggaku depan pintu juga punya pikiran yang sama: yang penting anak happy dan enjoy. tapi anak tetanggaku lebih padat kegiatannya kala weekend: kelas menggambar, kelas biola dan kelas sastra kuno.

weleh.. weleh.. maknya crystal mana punya waktu sebanyak itu nemeni Crystal les ini les itu. di rumah masih ada Angie yang butuh ditemani dan diajak main juga.
lagian .. kasian kalo kebanyakan les.
biarlah crystal main dengan mama dan adik di rumah saja.


sebenarnya crystal masih punya banyak hobby atau kesukaan lain: menggambar, menyanyi dan menari, prakarya, membaca, menulis, dan berhitung.

Friday, June 26, 2009

ngajarin adik

ngajarin adik ngomong sambil pup ..
pantesan pup-nya suka lama yah.. hehehehe!!!

video
dated: 9-Jun-2009

michael jackson, the legend of music has gone. farrah fawcett dies at 62

must be a sad moment for many people .. to know that the King of Pop had died. No matter what controversy surrounded his personal life, people can't deny that he was a talented and amazing dancer, singer, and performer.
Michael Jackson Dies at age 50!

Aug. 29, 1958 - Jun, 25 2009




Farrah Fawcett, one of the Charlie's Angels; who was known for her golden hair and bombshell body, died in a Santa Monica hospital on 25-Jun-2009. she died at the age of 62, due to cancer. from ABC news

may she rest in peace ...

Thursday, June 25, 2009

lelang furniture

company tempat kerjaku punya seperangkat perabot kayu yang dilelang karena sudah tidak terpakai. prioritas dilelang komplit ke semua pegawai. sofa, meja + kursi untuk study room, dan 2 buah lemari buku.

kemarin perabot itu kebeli secara komplit olehku. dengan harga yang mayan masuk akal.
ada seorang rekan yang minta 2 lemari bukunya, karena memang sudah ngincar banget pengen 2 lemari itu. aku tentunya gak bakal ambil untung urusan ginian. karena harga semua item juga transparan.

tau-tau tadi malam, si penanggug jawab lelang ini (yg juga ikut menawar harga perabot komplit) menelpon atasannya. saat aku mau bayar pagi ini, dikasih tau .. lelangnya dibatalkan.

alasannya, perabotnya setelah kebeli, gak boleh ditransfer ke orang lain. saya pun sebelumnya sudah menyetujui gak bakal mentransfer ke orang lain. semua akan dipakai sendiri.
akhirnya diputuskan, perabot itu akan dijual ke perusahaan lain.
sebelumnya, si penanggung jawab itu sendiri juga bilang ke orang2, dia hanya menginginkan sofa. semuanya dia yang atur, maklum.. sudah mendapat kepercayaan dari bos. jadi bisa seenak jidat aja dia mau ngaturnya kayak gimana.

sofa kami yang sekarang .. tadi malam pun oleh mertua sudah ditawarkan ke adiknya.

kami pun terpaksa menjilat ludah sendiri sebagai akibat dari orang lain yang menjilat ludahnya sendiri. bah!

untung yang ditawarkan adalah adik kandung mertua. yang dengan mudah mengerti kondisi kami. saya sangat tidak menyukai kondisi ini. sungguh tidak nyaman!

kata rekan kantor .. di dunia ini segala sesuatu bisa terjadi !
memang begitu. dan di dunia ini memang ada bermacam2 orang dengan bermacam2 karakter.

aku gak mau memperkarakan hal ini. walaupun bisa saja.
just forget it!
biarpun asem rasanya .. kayak cuka!

Friday, June 19, 2009

anak papa atau anak mama?

kalo ditilik dari cepat lambatnya waktu pup (*maaf, jorok nih ...!*)

crystal tuh anak papa, butuh waktu nyaris setengah jam untuk pup.
angie tuh anak mama, hanya butuh sekian detik untuk menuntaskan panggilan alam ini.

chicken costume

crystal was born in the year of golden rooster (2005).
i plan to make her a chicken costume, just for fun.
i think i will make 2 sets.. the other set with piggy style (if possible), for Angie.

got some idea from the internet, click the pictures for the original websites.


this is my most favorite one. head part and feet are made off gloves.
if couldnt find feather boas, i plan to substitute with golden boas, those used for decorating christmas tree.

Tuesday, June 16, 2009

mulut kecil 小嘴巴

angie got very small lips when she was just born.
lately during dinner, grandpa said:
"when sleeping, Angie's lips look so small, like a chicken ass."
we all can't help laughing!


angie waktu lahir, mulutnya mungil banget.
baru-baru ini pas lagi makan malam, opa bilang:
"saat lagi tidur, mulutnya Qiqi kelihatan kecil banget. kayak burit ayam." (*pantatnya ayam*)
wakakakakaakak...!


齐齐生下来时,嘴巴的确较小。
最近再吃晚饭时爷爷说:
齐齐睡觉时,嘴巴看得好小。像个鸡屁股。
大家听了都笑死了。
小东西当然不晓得爷爷讲的是什么意思。呵呵呵 。。。!

warning: sandal karet crocs & tiruannya

mungkin sudah banyak yang nulis ini.
sekedar mengingatkan kembali.
dan mungkin buat yang belum tahu.

sandal2 ini memang cantik dan enak dipakai.

tapi hati-hati saat putra-putri anda mengenakannya,
baik yang asli maupun produk tiruan,
efeknya sama saja saat dikenakan di tangga-berjalan (escalator).
sandal ini lunak dan mudah 'tersedot' ke dalam sela2 tangga berjalan.

anakku juga pakai, tapi hanya untuk di rumah, atau ke tempat2 non-escalator. dan seluruh orang rumah sudah aku warning. bahkan setiap kali jumpa anak kecil di mal dg sandal tipe ini, ortunya pasti sebisanya aku ingatkan. untungnya selalu ditanggapi dg baik, tanpa sikap curiga.

di singapura ada kasus anak perempuan berusia 2 tahun,
jari kakinya terjepit dan putus saat mengenakan sandal ini di escalator.
kasus ini juga banyak menimpa anak2 di amerika dan eropa.
di jakarta pun sudah pernah terjadi beberapa kasus serupa.

baca berita detail di sini:



乘坐手扶电梯时穿着Crocs鞋,容易因鞋材质过软被电梯夹住脚。

多数事件都是小孩,一些受害者只有2!
近段时间,美国、欧洲、日本、新加坡等国不少儿童因为穿着美国名牌卡骆驰鞋,脚被夹在了手扶电梯里。

请不要让您宝宝穿着卡骆驰 (Crocs) 大头鞋乘坐手扶电梯。安全还是最重要的。

更详细请看以下网页

http://www.bianca.net.cn/page/38news/38news_show.php?ID=38 (汉语)

http://www.snopes.com/horrors/parental/escalator.asp (英语)

yoghurt bersama 一起喝酸奶

rasanya sayang mau diskip salah satu foto di bawah ini..
karena ekspresinya beda-beda. jadi di-upload semua aja.
yang diduduki itu sandaran sofa yang dicopot.



bottled-green-tea

seger banget minum yang ini kalo lagi panas2 ...


Monday, June 15, 2009

berpakaian ke kantor

gosip aaaah...

sekarang sudah masuk summer.
biasanya beberapa gadis di office suka pakai celana pendek.
yang dah mamak-mamak biasanya paling banter celana setengah tiang.

buat aku yang kuno ini, rasanya kok gimana gitu yah..
kalo ngelihat orang ngantor pakai celana pendek.
di kantorku cuek..mau nyandal jepit pun gak ada yang ngelarang.
pokoknya bebas ...


salah satu rekan satu divisiku, orangnya cantik dan mayan putih.
cara dia berbusana suka aneh bin ajaib.
menurutku, paling ajaib dari seluruh rekan kantorku.


hari ini,
dia mengenakan baju terusan biru dg rok super pendek.
udah gitu, roknya model yang agak megar .. bukan yang model ketat.
office kami di lantai 2. pas naik tangga,
kelihatanlah samar2 legging-hitam-super-duper-pendeknya.
mana roknya kucel pula ...
menurut diriku yang kuno ini, busananya bener2 gak sedap dipandang.


kali lain,
dia padu rok ini dg stocking putih setengah tiang di atas lutut.
stocking dengan model jala-jala (model renda2 transparan).


kali lain lagi,
dia pakai celana jeans, dengan pinggul rendah.
kalo duduk, garis pantatnya ngintip2 atau kolor-nya kelihatan.

bener-bener teraneh dari seluruh rekan kantorku.

kalo aku biasanya:
jeans/celana setengah tiang + polo atau t-shirt

Sunday, June 14, 2009

first gu-zheng class

hari pertama kursus guzheng.
kayaknya crystal mayan bisa ngikutin.
maknya ikut senang, bisa ikut 'nyolong' belajar gratis.

cyrstal sempat di-test nyanyi dulu sama si bu guru.
katanya pengen tahu musikalitasnya kayak apa.
nyanyinya twinkle twinkle little star, dong fang hong, dan shi shang zhi you mama hao.
ternyata gak fals, bisa sejalan dengan petikan nada dari bu guru Wang.
dan kelihatannya crystal suka.

akhirnya ambil kelas yang 2 murid-1 guru.
RMB 35/hour.
padahal tadinya mau yang 4 orang saja.
kemarin bayar 12 x RMB 35 + uang buku RMB 25 + kuku palsu RMB 25.
langsung bokek deh...! hehehehee!
gapapalah .. biaya kursusnya sebenarnya buat 2 orang (kan maknya juga ikutan)


sudah ditawar2in beli guzheng oleh guru yang satu lagi.
harganya RMB 1680 - RMB 3000.
berhubung sempat baca di internet .. soal cara memilih guzheng...
.. jangan kemakan guru les atau marketer, gak perlu beli yang mahal2.
jadi sementara ini ditolak halus.

今天是晶晶的古筝第一堂课。
看来晶晶挺喜欢的。也挺认真的。
后来还是选了1对2的课。
本来想上1对4的课。但等不到4个人。
每堂课是 35元 每小时。

一开始王老师叫她唱歌,想知道晶晶的音乐感如何。
表扬说晶晶音乐感很不错,能配上老师弹的歌,声音没走掉。
唱了:闪烁的小星, 东方红, 世上只有妈妈好。

妈妈也可以陪着晶晶学, 自己都感觉好兴奋。呵呵!
妈妈一直以来都很想学弹古筝的。

Friday, June 12, 2009

Italian lady who missed AF447 died in car crash

Johanna Ganthaler, a retiree from the Bolzano-Bozen Province - South Tyrol (Italy), was lucky to arrive late for AF447 and missed the flight on 31-May. AF447 crashed into the Atlantic Ocean, killing 228 people. she and her husband, Kurt Ganthaler, caught a flight the next day from Rio de Janeiro to Munich.

However, fate finally caught up with Johanna. she died in a collission with a truck near Kufstein, Austria. her husband was seriously injured in the accident.

hard to believe ... it just reminds me of the movie Final Destination and Final Destination 2 !


source: http://www.timesonline.co.uk/tol/news/world/europe/article6479203.ece

tega

dulu saya orang yang susah menolak.

sekarang saya mungkin orang yang paling gak sopan, tanpa basa-basi.. kalo mendapatkan telepon dari perush yang menawarkan produk.

gara-garanya, terlalu sering mendapatkan telpon begituan. ntah dari mana mereka mendapatkan nomor hp saya. yang paling saya curigai, data-data ini biasanya dibocorkan oleh RUMAH SAKIT. atau mereka menelpon secara acak.


skrg sudah punya jurus jitu.
begitu si pembicara memulai:
hallo, saya dari perusahaan X, nama saya W....
belum dia selesai berbicara, langsung saya cut:
"hallo Ms. W, saya tidak ada waktu untuk menanggapi iklan. thanks and goodbye." atau
"hallo Ms. W, saya tidak sedang ingin membeli produk anda. thanks and goodbye."

langsung saya putus pembicaraannya.
padahal produknya belom disebut.
daripada ntar kelamaan bla..bla..bla..
biasalah, sudah tau .. orang2 marketing pasti maju terus pantang mundur.
.. dunia yang tak asing buat saya.

mendingan waktunya buat blogging .. hahahaa!

bukan gak kasian atau bermaksud jahat, daripada dia membuang waktu dan biaya telpon, juga mulutnya mesti capek dan berbusa. ujung2nya tetap sama, akan saya tolak. jadi mendingan the sooner the better to end the conversation.

saya selalu mikir, kalo suatu hari saya harus bekerja seperti itu, menelpon dan menawarkan produk, saya pun harus siap mental digituin. namanya juga risiko pekerjaaan.

Thursday, June 11, 2009

kaos kaki bersolotape



hari hujan. lantai ubin agak dingin.
angie selalu mencopot sepatu dan kaos kakinya.

oma kawatir angie masuk angin, kena batuk dan pilek.
oma udah capek pakaiin kaos kaki, gak sampai semenit, dah dicopot.
akhirnya, pada bagian karet dari kaos kaki angie, oma lilit dengan solotape.
sehingga tdk elastik. solotape-nya gak sampai kena ke kulit.
hari itu angie gak bisa mencopot kaos kakinya.

duuhhhh nak ...!
kedua kakakmu gak pernah sampai digituin oma.
wakakakakakakak...!


tapi begitu dibilang mau diajak jalan2..
langsung sibuk pakai sepatu.
cicinya yang lagi makan di meja makan, disamperin.
makaiin sepatu ke cicinya.
ambilin sepatu untuk mama, suruh mama pakai.
lalu bilang, "mama.. ayo jalan!"

winter lalu, jaman dia selalu mencopot sepatu, nyaris mau pasang kancing di sepatunya, supaya gak bisa dicopot.


齐齐不喜欢穿袜子。
整天自己就把袜子脱掉。
也不肯穿鞋。
那天是下雨天。
奶奶怕她光脚会着凉,就想到了一个好办法。
奶奶把齐齐袜子的筋用胶带绕了一圈。
结果小家伙就脱不了袜子了。呵呵!

虽然不喜欢穿袜子穿鞋。
一旦说要出去玩,她就赶紧给妈妈拿鞋。
把自己鞋穿好。有时还忙得给姐姐穿鞋子。
穿好了就说:“妈妈 ... 走!”

Wednesday, June 10, 2009

uban muncul lebih awal

munculnya uban pada usia dini biasa dikenal dg sebutan uban-prematur atau premature gray hair.

berkurangnya produksi pigmen rambut sehingga menimbulkan ubanan adalah hal yang wajar saat usia memasuki akhir 30-an atau awal 40-an. pria mulai beruban pada usia 40-an. sementara perempuan mulai beruban pada usia pertengahan 30. tidak disarankan mencabuti uban karena kulit kepala penuh dengan susunan syaraf.


PENYEBAB UBANAN
* faktor genetis (keturunan)
* kurang vitamin B12; gizi yang buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang, tidak hanya menimbulkan uban, tapi juga mengganggu kondisi kesehatan rambut secara umum.
* stress; yang menyebabkan macetnya melanosit dalam produksi pigmen pewarna rambut (melanin). hal ini bersifat sementara. bila stress hilang, produksi pigmen kembali lancar. stress yang berlebihan juga bisa menguras vitamin B12.
* konsumsi gizi yang cukup pun bisa saja tidak bermanfaat bila terjadi gangguan pencernaan. misalnya ada luka di lambung. gangguan pencernaan membuat metabolisme berlangsung tidak semestinya, sehingga makanan bergizi terbuang percuma.
* gangguan penyakit, di antaranya gangguan kelainan metabolisme, kelainan imunitas, kelainan hormonal, sinar X, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal.
* kinerja ginjal dan paru-paru yang berfungsi kurang optimal.
* kebiasaan merokok menghambat aliran zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh yang dibawa dalam peredaran darah.
* penggunaan minyak rambut, cat rambut, gel rambut, hair spray, shampoo yang terlalu berbusa karena kadar soda yang tinggi, dapat mengakibatkan rambut rontok dan merangsang tumbuhnya uban.


CARA MENGATASI/MEMPERLAMBAT PERTUMBUHAN UBAN
aktivitas fisik
* atur keseimbangan waktu kerja, istirahat dan rekreasi, sehingga stress dapat diatasi.
* terapkan pola hidup sehat, biasakan berolahraga supaya peredaran darah lancar, sehingga pertumbuhan rambut akan lebih sehat.
* olah napas, meditasi, akupresur, akupuntur untuk penanganan uban (silakan googling)
* menyisir rambut sekitar 5 menit setiap malam untuk melancarkan peredaran darah di kepala.

asupan makanan/minuman
* konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, dan yang bersifat menguatkan ginjal serta paru-paru.
* konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan iodine, seperti ikan dan kacang-kacangan.
* konsumsi wijen hitam yang telah disangrai, 1 sdt setiap hari, dapat merangsang pertumbuhan rambut hitam.
* konsumsi: jus wortel dan tomat, jus wortel dan bayam ditambah wijen, jus melon dan aneka buah yang mengandung vitamin C, daun pantago (ki urat), daun pegagan
* hindari mengkonsumsi: kacang hijau, taoge, selada, sawi-sawian, sirsak, duku, lidah buaya, santan, serta makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula, serta bahan kimia lainnya.
* kurangi makanan mengandung minyak, zat warna serta penyedap buatan yang akan menyerap aktioksidan tubuh dan menyebabkan proses penuaan berlangsung lebih cepat.
* tinggalkan kebiasaan merokok, minum minuman keras serta minum kopi berlebihan.

perawatan rambut dan kulit kepala
* kurangi pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan.
* pemakaian sampo dari bahan alami dan tidak terlalu banyak mengandung soda.
* pemakaian minyak rambut alami yang dibuat dari minyak wijen, kemiri, cem-ceman daun mangkokan, atau daun dan bunga sepatu. Pengolesan disertai pemijatan kulit kepala untuk memperlancar energi chi di kepala.
* pemakaian campuran minyak kelapa dan air jeruk, sambil melakukan pemijatan kulit kepala, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.
* pemakaian secangkir teh pekat + 1 sdm garam. tuangkan rata ke rambut, lakukan pemijatan kulit kepala, biarkan satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.
* untuk menghitamkan rambut yang sudah telanjur beruban, gunakan produk alami dari tumbuhan di India, henna (daun pacar), yang sering digunakan untuk membuat tattoo/hiasan pada bagian tubuh.

disarikan dari berbagai sumber

artikel ini ditulis karena saya menemukan di kepala saya tiba2 tumbuh uban demikian banyaknya. bukannya saya hendak menentang 'proses penuaan'. tapi ... munculnya terlalu dini dan terlalu banyak. mungkin saya memang kekurangan juga vitamin B12.
baru2 ini saya beli kira2 200 gr wijen hitam yang sudah diolah. katanya sehari 1 sdt..tapi wueeenakkkk banget! (*wangi dan gurih .. menurut saya*). saya malah pengen menghabiskan semuanya. (*rakus*)

Tuesday, June 09, 2009

kala anak jatuh / terantuk

masih banyak orang tua, kakek nenek, atau pengasuh punya kebiasaan satu ini, yang sudah turun-temurun .. dan bahkan kadang menganggapnya sebagai hal yang lucu. 

manakala anak jatuh atau kejedot dan nangis, maka demi mendiamkan atau menenangkan si anak, orang tua, kakek nenek atau pengasuh punya kecenderungan pura2 memukul lantai tempat anak jatuh atau memukul benda di mana anak terantuk / kejedot.
kadang disertai kata2 seperti, 
"lantainya jahat .. pukulin aja, bikin adek jatuh." 
"meja ini nakal, bikin adek kejedot .. pukulin aja." 


ternyata gak di indonesia saja, kebiasaan ini juga ada di china. 
semalam, rekan kantor saya malah dg bangga menceritakan hal yang sama tentang putranya. 
mertua saya juga begitu kala mengasuh Smarty.


kira2 5 tahun lalu, saya bilang gini ke mertua: 

"jangan seperti itu caranya. bilang saja ke Smarty, lain kali hati2 dan pelan-pelan, tengok2 kalo jalan. jangan diajarkan mukul lantai atau benda yang terantuk olehnya. disinyalir para ahli psikologi, saat dia bertumbuh, ketika menghadapi kesulitan, bukannya belajar mencari akar permasalahan dan cara memperbaiki atau menghadapi kesulitan, nantinya dia malahan cenderung belajar menyalahkan orang lain atau keadaan, belajar mencari kambing hitam." 

dan sejak saat itu, kedua mertua saya tidak pernah lagi menggunakan metode turun temurun itu kala para krucils jatuh atau kejedot.

katakan saja, "get up my dear, you'll be okay." 
atau usap-usap bagian yang kejedot, terus bilang, 
"here you are .. you're fine now. be more careful next time." 

cyrstal saat kecil, atau angie saat ini, kalo misal jedotan dengan mamanya waktu lagi digendong, biasanya nunjukin bagian yang kejedot sambil manyun, sambil juga tangannya ngusap2 bagian kejedot di muka mamanya, bilang, "usap..usap... " 

note:
* posting ini buat kasus jatuh yang biasa saja, yg ringan2. kalo jatuhnya serius, lebih baik diperiksakan. atau ada perlakuan khusus.
* siapa yang ingin jatuh, kejedot dan kesakitan? tidak ada. maka kala anak jatuh,  jangan dipukul atau dimarahin. 
* untuk menghentikan tangis si kecil, boleh saja dengan mengalihkan perhatiannya ke hal lain (yang positif). jangan berupaya menghentikan tangisnya dengan cara menakut2i: "ada genduruwo .. atau ..  ada polisi/penjahat yang mau menangkap anak yang menangis." setelah tangisnya reda, bisa dijelaskan secara sederhana kenapa dia jatuh, lain kali lebih hati2. jangan bertele-tele, gunakan bahasa yg mudah dimengerti batita. 

Monday, June 08, 2009

pay-it-forward


ini PR dari zaheer's mom
bingung juga .. apa artinya yah.
kalo aku pikir harafiah..artinya bayar di muka.
terus terang gak tau artinya. 
googling dulu aaaah...! 

PR ini gak diterusin aja yah. soalnya maknya crystal dan angie termasuk yang males ngasih PR .. heheehe...! 

ada yg tau arti sebenarnya? 

Sunday, June 07, 2009

Angie 18 bulan

ketunda mulu untuk posting yang satu ini.

Angie sekarang sudah 1.5 tahun + 11 hari
kira2 10.5 kg + 80.5cm


bicara
sesekali bisa menggunakan kata "aku" dan"kamu"
mama, kamu duduk. nenek, kamu duduk. (sambil bawain bangku).wo yao = aku mau.
wo yao he nai = aku mau minum susu.
dao = roboh
o-bu! = oh no!
wo ai ni = i love you
wua-wa-zi = pakai kaos kaki (harusnya: chuan wa zi)
wua xie = pakai sepatu (sandal) (harusnya: chuan xie)
yao bao = mau gendong
hu-zi = celana (harusnya: ku-zi)
hua-hu-zi = pakai celana (harusnya: chuan ku zi)
yi-fu = baju
yu-dan-you = minyak ikan (harusnya: yu-gan-you).
da-jia-hao = hello, everybody! (apa kabar semuanya?) (21-May-2009)
jie-jie shui jiao = kakak tidur
ba-ba qi lai = papa bangun
zhao dao = ketemu (nyari sesuatu)
zhi dao = tahu
ling, yi, er, san, si, wu, liu, qi, ba, jiu, shi = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 (belum ngomong sendiri, masih ngikutin) tapi bisa nyambung habis 6, adalah 7,8,9.
cha ji = meja ruang tamu
ya-dao = odol (harusnya: ya-gao. dia belum bisa melafalkan bunyi 'k')
zhao-bua = celemek untuk makan (harusnya: zhao-gua)
yeye zhou le, mama zhou le, jie-jie zhoule = opa sudah pergi, mama sudah pergi, cici sudah pergi. (ngomongnya berentet)
wa an = selamat malam, selamat tidur
zhao an = selamat pagi
zhai jian = goodbye
kadang suka ceracau..ngomong asal. biasanya maknya yang nanggapin. kalo cicinya, suka ketawa geli kalo angie mulai menceracau.


masih seperti dulu
* masiiiiiiiiih aja mungut sesuatu di tong sampah dan dimakan! maren mungut corn-core, terus digigit satu gigitan. haduh!!! tobat deh nak!
* masiiiiiiiiih aja suka narikin rambut maknya. tobat nak..tobat...!!!
* gak usah ditanya, sejak dulu paling jago copot kaos kaki dan copot sepatu sendiri!
* suka ngelepas baju. jadi kita suka pakaiin baju secara terbalik biar dia gak bisa seenaknya nyopot kancing atau tarik resletingnya.

gak boleh orang senang
* kalo dia sudah bangun pagi2, yang lain belum bangun, dia akan datangi kamar satu per satu, manggil2, "cici..bangun. papa..bangun. nenek..bangun."

belajar dan gak suka pengulangan
* basically, kalo diajarin ngomong sesuatu, dia mau mengucapkannya. dan kali lain, dia sudah bisa menggunakan kata2 yang diajarkan.
* kalo ditanya nama masing2 orang, dia sudah tau. tapi cuman mau ditanya sekali, kalo ditanya ulang, dia dah gak mau jawab.

berantem dengan cicinya
* haduh.. kalo sudah panik .. misal lagi rebutan barang, cicinya bisa kena gigit! terhitung cicinya sudah kena gigit 3 kali. dan beberapa kali pencobaan penggigitan digagalkan oleh maknya. sambil ngingatin crystal, jangan rebutan barang sama adik,ntar kena gigit; kudu waspada, jangan sampai digigit adik.
* sudah bisa berantem dengan cicinya (keduanya saling pukul2an dg kedua tangan mereka) . kadang lucu juga lihatnya.
* kadang juga kalo lagi gak seneng/dilarang sesuatu, mukul maknya sambil pasang tampang 'aku sebel sama kamu'.


potty training
* boleh dibilang sudah hebat dan sudah layak lulus potty training. tiap pengen pipis, dia bilang, "niao-niao" terus dia bergegas duduk di potty, sesudah itu, ambil wash-lap buat lap pantatnya. hehehe! dalam sehari kadang2 1 kali dia kecelakaan, pipis pas lagi main atau lagi manjat di atas bangku mau ambil sesuatu yg letaknya lebih tinggi. tapi saat ini, sudah sering seharian, celananya gak basah sama sekali. pup juga kalo gak keburu, dia jongkok, habis itu, potongan kedua dia bergegas duduk di potty
* bisa plorotin celana dan narikin celana
* sehabis pipis, kadang potty suka dijinjing ke toilet dan dia main nuangi sendiri ke wc, lalu mau nyiram sendiri juga. kadang kena ke tangan sendiri, kadang kena ke celananya sendiri karena nuangnya belum bener. atau kadang dia nyuruh mama atau oma buat nuangi isi potty ke wc.
* kalo pas mau pipis, kalo dia pas nyadar di potty ada pipis sebelumnya, dia gak mau duduk, suruh kosongi potty dulu. baru dia mau duduk.

di video yang ini, celana udah dia plorotin dulu
video


perhatiin.. rompinya sengaja dipakaikan terbalik
di video ini, pas nuang isi potty, urine kena ke tangannya.
video

mau nyiram sendiri
video


learning process and doing by herself
* doyan mengenakan celana; hasilnya hanya bagian pinggang yang masuk, kakinya gak masuk (soalnya di sini celananya tipe yg ada bolong di pantat. mau segera beralih ke celana normal-tanpa bolongan-pantat). doyan mengenakan baju sendiri.
* apa2 maunya ngelakuin sendiri... dan mama biarin sih. selagi aman2 aja. misal, kalo misal makanan tinggal dikit, maknya nyendokin, eh, dijatuhin dari sendok, terus nyendok sendiri; selesai minum yoghurt, botolnya dia taroh sendiri, dengan cara manjat ke sofa, nyambung manjat ke tempat telpon, baru taroh di atas rak sepatu.
* bisa pakai sepatu sendiri. lucunya, saat mengenakan, talinya akan dipegang sama dia supaya gak ketempel velcro-nya sebelum dikenakan. kadang masih terbalik pakainya.
* bisa nyanyi baris pertama lagu "burung layang2" dan "you and me" (theme song beijing-olympic).
* kadang suka nyanyi sendiri dg kata2nya sendiri. kata2nya ngasal, tapi bisa ngikutin lagunya.
* secara umum, apapun yang diomongkan ke dia, dia sudah ngerti. (bahasa sehari2).
* suka nyalain laptop, sok tau ngeklik sana sini dg mouse atau pegang2 touchpad, nekan2 keyboard. bisa re-play lagu2 flash dengan memencet 'spacebar'.
* sudah mulai bisa minum dari cangkir atau mangkok, tidak terlalu bocor lagi.
* kebiasaan saat jam makan tiba: berusaha mendorong sendiri dining-chair-nya, sambil dibantu mama. terus manjat sendiri ke kursinya, ngingatin
mama untuk ambil mangkok plastik dan sendoknya, manggilin yang lain-lain buat makan: "cici, makan! oma, makan!" dstnya...

teladan buat cicinya
* rekor terhebat: makan sendiri 1.5 mangkuk bubur dalam waktu 15 menit! bravo!!! bravo!!! untuk yang ini lebih hebat dari cicinya. kadang dia gendong mangkoknya dg 2 tangan, buburnya langsung diminum. kita biasa memasakkan bubur yg agak encer. kalo terlalu kental, pas di tenggorokan suka kerasa keset dan jadi seperti ingin muntah. kalo cicinya suka manja, kalo ada mama, masih sukanya minta disuapin/atau at least disendoki. kalo gak ada mama, baru makan sendiri. kalo dibilang: "lihat adik aja sudah makan sendiri" .. baru cicinya makan sendiri dg cepat.
* paling hebat kalo minum obat! pas cicinya terjangkit HFMD, dokter memberi obat penangkal (obat china dg bau2an herbal). dia agak sedikit menolak minumnya, tapi lama2 biasa juga, 10-15cc diminum gitu aja di-glek dg cangkir takar. jadi teladan buat supaya cicinya juga mau minum obat yang sama tanpa rasa takut. cicinya agak susah minum obat dg bau2 aneh.. apalagi model obat china.


kebandelannya dan hal lucu
* joget dg macam2 gaya. kadang 2 tangannya di depan dada membentuk k
elopak bunga. kadang kedua tangan diangkat tinggi2, kadang 1 tangan di atas, satu tangan di depan dada. sambil muter2. (*ada yg diajarin mama, ada yang hasil nonton tivi nih!*)
* pernah suatu kali cici dan kokonya lagi belajar hitung2an dg oma. terus oma muji, "hebat. 1 bunga merah untuk cici. hebat.. betul..satu bunga merah untuk koko." si angie langsung ke lemari sepatu kami. di sana terdapat stiker2 cicinya hasil dari good-performance waktu di tk, dia kelupas satu, terus ditempelin ke jidat Smarty. opa dan oma sampai ngakak ngelihat tingkahnya.
*haduh..parah..nih anak kecil2 dah tau nipu! kalo dah mau turun dari kursi makannya, mama bilang, "gak boleh turun, habisin dulu makannya", dia langsung bilang, "niao-niao" (*mau pipis*). begitu mama gendong turun dan taroh dia di potty, dia langsung berdiri dan kabur. tepuuuu yah nak! bandel!
* dah tau merajuk kalo gak diturutin. biasa maknya biarin aja dia nangis gelung2/duduk di lantai. ntar kalo dicuekin, dia bangun sendiri.. terus datangi maknya, minta gendong.
* paling senang disuruh nyalain-matiin tivi. ada 3 tombol yang mesti dipencet (termasuk tombol on-off extension cord).
* yang bahaya: suatu kali dia ambil bangku dan dipakai hendak membuka pintu. oma dan opa dah diwanti2 buat waspada. soalnya begitu buka pintu, hanya 3-4 langkah, langsung tangga ke bawah.
* sudah bisa manjat kursi makan, dan manjat ke atas meja makan. ampyuuuun nak..ampyuuunn! 'bok kaleman dikit napa?


senang niru cicinya
* kalo cicinya lagi centil, pakai rok, pakai topi, bawa tas, langsung ikut2an.
* kalo cicinya cuci tangan, langsung ikut2an. seperti semua anak kecil, paling doyan main air!
* kalo habis makan, langsung minta celemek makannya dilepas.
* kalo cicinya sikat gigi, langsung ambil bangku dan gak mau ketinggalan gosok gigi. mulai belajar kumur2..dg air matang tentunya, dan sekali lewat di mulut, terus dilepehin.


















yang pink itu rok cicinya


sweet and care
* kalo jam makan, suka manggilin orang lain buat makan.
* doyan ambilin sandal buat orang lain.
* suka bawain bangku buat opa atau oma, kadang juga bawain bangku buat mama.
* di luar jam tidur, kalo mama gak pakai kacamata, dia langsung heboh cari kacamata mama, dan suruh mama pakai kacamata
* kalo ada hp bunyi, heboh nyari hp-nya di mana, dan heboh ngasih tau yang punya hp
* kalo mama gendong ke tempat tidur, dia kan mencabut kacamata mama buat ditaroh di meja. saat baring di tempat tidur, kalo mama atau oma gak selimutan, dia akan bangun, narikin selimut dan bilang, "mama..selimutan." atau "oma, selimutan." degil-degil .. perhatian juga yah nak?! kadang oma yang bawa dia tidur, soalnya kalo bareng cicinya, yang ada dua-duanya heboh, main dan gak mau tidur. kalo sama oma, dia nurut.. biasanya gak sampai 15 menit, dah tidur. kadang mama gendong dia balik ke kamar, atau biarin dia tidur dg oma sampai pagi, kalo gak rewel. kalo sama mama, agak susah, maunya main terus. kadang bisa sampai 30 menit lebih baru dia tidur.
* kalo bangun tidur, bilang ke mama, "mama, ai ni!" (mama, love you!)
* yang jelas sehari-hari menjadi penghibur opa dan oma di rumah. lucu2 aja tingkah polah dan kebandelannya.