Sunday, September 28, 2008

rencana berhenti asi .. kegunaan lain asi

rencananya mau stop asi pada minggu ke-4 bulan oktober. karena pada saat itu kudu tugas seminggu ke luar kota. kayaknya memang udah saatnya juga, asi-ku juga udah makin lama makin tipis. 

dulu kalo peras, walaupun gak banyak, masih bisa dapat 100-120cc. sejak dinas 4 hari keluar kota juli lalu, langsung turun drastis, satu kali peras paling banyak dpt 40-50cc. sedih juga ..!!! padahal selama dinas, tetap diperas. ternyata emang beda kali yah antara diperas dan diisap langsung oleh si kecil.

manfaat lain
tetangga mama saya yang di jambi, keempat anaknya kala bayi mata selalu disemprot asi, ngikutin saran seorang nenek tua. sampai dewasa, gak satu pun anaknya yang berkacamata. padahal sering menggunakan komputer. gak ada salahnya dicoba lho! selama 5 bulan pertama, Qiqi matanya sering diteteskan asi. belakangan udah susah ditetesi, soalnya Qiqi udah lincah bergerak atau mengelak. 

mak mertua pernah sekali dua kali mencoba sisa minumnya Qiqi (asi perasan) buat netesin matanya. aku juga pernah rasain sendiri, emang mata jadi berasa lebih fresh.
mata merah (sakit mata) juga cepat sembuh setelah ditetesi asi.

sayangnya Crystal gak mau tiap kali kalo maknya mau netesi matanya dengan ASI. langsung kabur! 

Crystal waktu kecil mukanya sering diolesi asi. makanya, biarpun kulitnya rada item kayak maknya, tapi kulit di mukanya lumayan putih.  

kalo ASI perasan berlebih, daripada dibuang, bisa digunakan juga untuk mencuci muka. 

Saturday, September 27, 2008

Angie 10-month

tinggi 74 cm. berat 8kg. lingkar kepala (*belum diukur*) 

baru nyadar, Qiqi banyak ketinggalannya dibanding Crystal baik pada saat 9 bulan atau 10 bulan. walaupun tau semua bayi punya milestone yang beda-beda. 
yah, maknya nyadar kalo diri sendiri suka kehabisan energi buat ngajarin atau ngajakin ngomong sesering2 mungkin. dulu kan Crystal cuma sendiri, jadi mama full time buat dia, gak terlalu capek. selain itu, grand-auntie yang jagain Crystal juga suka banget ngajak Crystal ngomong.  

banyak banget utang mama yang dulu Crystal bisa, tapi belom mama ajarin ke Qiqi, seperti hi-five, kiss-bye, left and right, gerakan menghormat, angkat tangan dan bilang "dao" (*hadir*) kalo dipanggil namanya. wah.. banyak hutangnya nih ke Qiqi~ ~~! 

masih doyan narik rambut siapa saja, bahkan termasuk rambut boneka cicinya.  apalagi saat nyusu atau saat guling-guling mau tidur.  

tahu barang2 baru seperti tv, AC, kipas angin, kaki, sepatu, strawberry, lampion. 

mengangkat gagang telpon dan diletakkan ke kupingnya, kadang sambil bilang, "papa..papa..". atau jari2nya memencet2 nomor telpon. sama hp jg idem, suka ditaroh ke kupingnya. jadi kita kasi maen hp yang sudah rusak. kalo hp beneran kan ada radiasinya.
kalo pas babehnya nelpon maknya ke hp, manakala mak sambil gendong Qiqi, Qiqi tuh langsung mendekatkan mulutnya sendiri ke arah hp dan bilang, "aaa...aaa...". 

 

7-Sep
hari minggu lagi digendong opanya, begitu oma nongol ke ruang tamu, dia langsung melambai-lambaikan tangan ke omanya mengisyaratkan, "sini..sini .. gendong aku."


9Sep

tumbuh gigi ke-5. 

berdiri sendiri (dari duduk) tanpa memegang benda lain dan berdiri sekitar 3 detik, terus jatuh keduduk. 

hari ini udah tau mama kalo ditanya. sebelum2nya, semua orang rumah kalo ditanya.. dia tahu dan bisa nunjuk, kecuali satu orang .. mamanya. soalnya mama yang suka gendong dia sambil ngabseni (sambil nunjuk juga) orang rumah satu per satu. berhubung kalo ditanya mama mana..dia gak tau. akhirnya kadang mama gendong bercermin, terus sambil nunjuk diri sendiri, dan bilang, "ini mama...ini mama..." 


20 Sep 

tumbuh gigi ke-6. 

resmi manggil mama! (*senang banget deh mamanya*) . kalo Qiqi manggil, mama langsung nyahutin, "Eiii...!" 

udah bisa berdiri tanpa pegangan nyaris 10 detik. 

kalo mama pulang kerja, ke kamar dulu, naroh tas, ganti baju... Qiqi dalam gendongan oma, dia mengarahkan tangannya ke kamar, kadang sambil bilang, "mama...mama...".

kata opa, beberapa siang lalu, waktu lagi mau nyuapin makan nasi, Qiqi nunjuk2 ke sayur di meja, mau makan sayur yang ada di meja. hehehehe.. gak mau die kalo cuman nasi putih doang. 

tepuk tangannya udah bunyi, tapi masih kecil suaranya.

qiqi juga bisa merangkak dari sofa, dan manjat pinggiran sofa yang buat naroh telpon. terus berdiri. habis itu ngacak2in barang2 yang ada di atas lemari sepatu. 

kalo udah gak mau di baby walker, dia akan mendekati mama atau oma, terus narik2in celana kami. kalo pas mama lagi pakai celana daster, dia akan menariknya terus2an, kalo dibiarin celana mama bisa melorot. 

kadang nakal..suka sengaja membenturkan kepalanya ke kepala mama, habis itu dia ketawa-ketawa senang. 

sudah bisa disuruh nyium mama

kalo lagi minum obat, begitu lihat cangkir ukur, dia langsung tau mau dikasih obat. mulai meronta. belakangan ada satu obat bau strawberry. kalo lagi mau, tadinya meronta, begitu mama bilang minum strawberry, langsung berhenti meronta, terus minum seteguk demi seteguk dari cangkir ukur. habis minum, malah ketawa ..  

bolak-balik lembaran pada buku. pas lihat huruf yg tulisannya agak gede, ditunjuk satu per satu sambil bilang, "aaa ...eee..." seolah dia lagi baca. lucu kalo lihat gayanya itu. 

bisa mengangguk kalo disuruh. belum ngerti artinya "geleng". 

bisa minum dengan cangkir, tanpa terlalu banyak ngalir keluar. 

jelas2 menolak dengan menepis dengan tangannya kalo gak mau sesuatu.

kadang kalo cicinya lagi reseh ke dianya, dia juga seperti mau berantem dengan cicinya (*kayak menggertak atau gregetan gitu..sambil bilang .. "heeeh...!"*).  juga dah tau rebutan mainan/barang dengan cicinya. 

kalo disuapin, suka gak sabaran, langsung narik lengan mama yang lagi niup2 bubur, sendok langsung diarahin ke mulutnya. makannya bubur semangkok! 

masih senang nyabutin kacamata mamanya. tapi sudah mulai bisa untuk makain kembali. tapi masih nyantel asal2an ke hidung mamanya. 

mengarahkan remote control ke tv. 

kalo dengerin musik / lagu/mama nyanyi, kalo dia lagi duduk, dia akan mengangguk2, tapi kalo dia  lagi, dia akan menggoyang2kan badan / pantatnya. 

sama kayak cicinya dulu, kalo kepegang tusuk gigi, mau dicolokin ke giginya oma.

kalo pegang sisir, langsung mau nyisir.

kalo kepegang pakaian, celana atau segala bentuk kain2an, langsung diarahin ke kepalanya seolah2 mau memakai baju. 

suka main pick-a-boo dengan kain2an, selimut atau gorden. 
masih suka menggerogoti segala benda yang kepegang dan masih suka masukin jari ke mulut. 

pernah suatu kali oma ngajak dia jalan2 ke taman, eh, dia nunjukkin mau ke tempat yang ada kuda2annya, akhirnya oma ngasih dia naik kuda2an 2 kali. 

bukan mau banding2i, tapi emang beda.
Qiqi makannya jauh lebih okeh, 70% lebih cepat dan gak serewel kakaknya. kakaknya pada usia 10 bulan dah bisa melepehkan makanan yang dia tidak suka. kalo qiqi kayaknya apa aja juga dimakan. *semuanya enak yah, nak!* 
terus kalo nyusu, belom pernah sekalipun gigitin maknya. tapi selalu menjambak mamanya (*mamanya mulai cemas...bisa merangsang kebotakan gak yah?*) 

Friday, September 26, 2008

tanganku mana ada sebanyak itu

there was once Crystal asked mama help her doing something, mama, busy doing something else, said, "wait a while .. how can mama have so many hands." 
another time, daddy asked mama do some other things, while at the same time, mama was busy feeding Angie, then Crystal said, "how can mama have so many hands?" 


we start to train Crystal sleeps with grandma and grandpa. one day with mama, one day with grandma-pa. on the 2nd nite, she said, 2 days with mama  1 day with grandma. on 3rd nite, she said 3 days with mama and 1 day with grandma. ok, now mostly after 3 nites, she agrees to sleep with grandma. 

one day, i used textliner to mark 1 week on the calendar: 
orange means sleep with mama
green menas sleep with grandma. 

but then  i found out that she marked the next week all with orange color. 

the land before time


this is my favorite cartoon of all time! 

love those lill dino characters in it.


the sound track of first film was if we hold on together (diana ross)




the land before time series are:  
The Land Before Time (1988)
The Land Before Time II: The Great Valley Adventure (1994)
The Land Before Time III: The Time of the Great Giving (1995)
The Land Before Time IV: Journey Through the Mists (1996)
The Land Before Time V: The Mysterious Island (1997)
The Land Before Time VI: The Secret of Saurus Rock (1998)
The Land Before Time VII: The Stone of Cold Fire (2000)
The Land Before Time VIII: The Big Freeze (2001)
The Land Before Time IX: Journey to Big Water (2002)
The Land Before Time X: The Great Longneck Migration (2003)
The Land Before Time XI: Invasion of the Tinysauruses (2005)
Good Times Good Friends
Magical Discoveries
Through the Eyes of a Spiketail
Adventuring in the Mysterious Beyond
The Wisdom of Friends
Amazing Adventures
The Great Day of the Flyers

Thursday, September 25, 2008

sistem pemargaan di china

awal-awal menetap di china, banyak sekali marga yang belum pernah kedengaran namanya selama berada di indo dulu. Di indo yang paling sering kedengaran kan Lim, Wong, Tan ... ini dari dialek tiochiu, hok-kian. Adalagi Lau, Cheung, Lai, Kwok, Chan .. ini dari dialek cantonese (biasanya dipakai orang hongkong.. misal Andy Lau, Jacky Cheung, Leon Lai, Aaron Kwok, Jacky Chan)

mandarinnya:


Lim = Lin  (artinya hutan



Wong = Huang (bukan Wang), artinya kuning 



Tan atau Chan = Chen, artinya menyusun, menampilkan, menjelaskan




Lau = Liu




Cheung = Zhang, artinya lembar 




Lai = Li (ini bukan Li yang mayoritas)




Kwok = Guo



Lidah dah keriting belom?


Sistem pemargaan ini sudah dikenal sekitar 5000 tahun lalu di china.
sistem pemargaan ini disebut xing-shi 姓氏.

asal mulanya xing adalah pemargaan menurut pihak perempuan (matrilineal) .
baru kemudian muncul "shi" pemargaan menurut pihak laki-laki (patrilineal) .

sekarang ini pemargaan lebih banyak menurun dari ayah. namun ada juga yang memberi nama anaknya menggunakan marga ibunya. ada pula yang memberi nama dengan huruf pertama marga sang ayah, huruf kedua marga sang ibu, atau sebaliknya.

adalagi, jika pihak lelaki "dibeli" pihak perempuan, anaknya akan ikut marga ibunya. ini biasanya terjadi karena sekarang tiap keluarga hanya boleh memiliki 1 anak, supaya anak dari anak perempuan tetap bermarga keluarga perempuan, maka terjadilah sistem "pembelian" ini. 
 

saat dinasti ming, tercatat ada 438 marga (408 marga satu huruf kanji, 30 marga dengan 2 huruf) . sementara saat dinasti qing, tercatat ada 504 marga (444 marga dengan satu huruf, 60 marga dengan 2 huruf; misalnya ou-yang, si-ma, si-tu, dll.)

li李、wang王、zhang张、liu刘、chen陈 adalah 5 marga terbesar dari segi jumlah populasi suku han. (li = 7.9%, wang = 7.4%, zhang = 7.1%)

504 marga bisa dilihat di sini. kalo huruf kanji gak keliatan, ada dalam kurung dengan pinyin (ejaan huruf latin).

di samping itu, ada lagi ribuan marga dari suku-suku minoritas.
di China total ada 56 suku, Han sebagai suku mayoritas di samping 55 suku minoritas lainnya.  

kalo di western, kita kenal surname seperti Brown, White, Black ... di sini juga ada marga-marga kayak gitu …

marga dengan 1 huruf, misalnya: 
shui = air
mi = beras
tang = kuah
chai = kayu bakar

qian = duit, uang
fu = kaya
fei = biaya, ongkos
yuan = yuan, duit, dollar

niu = sapi
yang = kambing
xiong = beruang
long = naga
yu = ikan
wu = gagak
yan = burung wallet
chao = sarang burung
ma = kuda , ma ini banyak dipergunakan kalangan muslim (suku Hui) diartikan = Mohammad

huang = kuning
lan = biru
bai = putih
hong = merah

yun = awan
hua = bunga
ye = daun
song = cemara
sha = pasir
shan = gunung
kong = angkasa, kosong
lei = guntur
jing = sumur
tian = ladang, sawah
qiu = autum
xia = summer
jiang = sungai
chi = kolam
nong = petani    
dong = timur
zuo = kiri
you = kanan
hou = akhir
tong = anak2
pi = kulit
niu = kancing
che = mobil 

marga dengan 2 huruf, misalnya: 
ou yang, si ma, si tu  (yang lumayan populer) 
xia-hou = after summer
dong-fang = arah timur
bai li = hundred miles
nan men = pintu selatan
dong men = pintu timar
xi men = bintu barat
yang she = lidah kambing

margaku ding, bacanya ting .. seperti pada tinggi. 


sementara marga keluarga suami adalah Liu (Lau). 
malah di rumah ada tuh buku silsilah marga Liu, lebih tebal dari buku setebal buku Chem Eng Handbook. sayangnya di buku itu gak tercantum namaku dan Crystal. padahal saat pendataannya, nama2 kami sudah diserahkan. 


kamu marganya apa?  

Tuesday, September 23, 2008

little girls from Beijing 2008 olympic opening ceremony

Yang Peiyi 杨沛宜 (7 years old) was the magnificent singer behind the scene during Beijing 2008 Olympic games opening ceremony.




people said: "This girl has a great voice, she deserves to be seen. She should definitely perform at the closing ceremonies."

Lin Miaoke 林妙可 (9 years old), the gorgeous little girl with sparkly red dress, was the one who did the lip-sync "Ode to the Motherland 歌唱祖国". 
this lill girl has participated in many TV ads (printer, real estate, bank, milk, medicine, mouth rinse, juicy drink, etc.), also in video clips of some singers. his dad is also people of ads industry. no wonder, she was chosen for this event! 



many people considered this as hoax. while i enjoyed listening to Peiyi's angelic voice and i enjoyed looking at this lovely Miaoke's expression and smile on the stage.


the unfortunate point was, the organizer announced the song was sung by Lin Miaoke, not as combination work of these 2 girls, hence many people felt being deceived.



the organizer shouldn't have (and needn't have to) replaced Yang Peiyi with Lin Miaoke. the truth is better and preferable, right?


Beijing officials on Wednesday defended the decision to use both girls, saying the artistic directors could cast whoever they saw fit. the artistic directors picked the best voice and the best performer.


According to Wang Wei (executive vice president of the organizing committee), the job of the ceremony's directors was “to achieve the most theatrical effect.”

Monday, September 22, 2008

masalah klasik .. mertoku ..mertoku ..

Diriku adalah working-mom yang pengen jadi full-time-mom (FTM) tapi bersyukur untung gak jadi FTM. Soalnya tinggal bareng mertua, gak pengen sehari 24 jam bersama mertua di rumah. 

segimana baiknya, mertua bukan orang tua sendiri. Jadi tetap masih ada hal-hal yang kita gak bisa seenaknya atau sebebasnya.

Maren 2 hari weekend di rumah aja udah bikin gerah. Itu pun setengah harinya mertua pulang kampung jemput mama dari ibu mertua untuk tinggal sementara waktu di rumahku.  

Gimana gak gerah, apapun yang dilakukan kebanyakan gak seide atau sepikiran dengan mertua.

beli alas plastik yang ada gambar2nya buat Qiqi main2 di lantai. mak mertua langsung bilang, salah beli, gak bisa beli barang. Kenapa gak beli yang polos. Yang bergambar ntar dikorek2 dan dimasukin ke mulut sama si kecil. (*maksudnya baik*). gua bilang, ntar gua tempel solotape di belakangnya (seperti dulu waktu beli buat Crystal .. yang sudah dibuang oleh mak mertua) biar gak bisa dikorek. Solotape yang kupakai ternyata udah gak nempel jadi lepas2 gitu. Bu mertua langsung berasa menang. nyerocos lagi soal salah beli. gua bilang kan beli yg bergambar bisa sambil ngajarin Qiqi buah dan binatang. Terus dia langsung bilang: kamu takut anakmu kelak gak bisa gituan? Gua jawab: lha..dulu kan karena alas ginian yg ada angka 0 sampai 9 terus Crystal tuh belom genap setahun udah tahu 0 sampai 9, dengan angka 6 dan 9 tidak pernah terbalik, di mana pun dia nemu angka 6 atau 9. ke siapa aja dia juga bilang, yg ginian berbahaya, kalo diinjak licin, gampang bikin orang kepeleset kalo di bawahnya ada air (pipisnya si kecil). yah..di bawahnya jangan disirem air dong. kalo si kecil pipis, kan tinggal di lap. di sini lantai dingin, kalo si kecil merangkak di lantai bisa masuk angin. (apalagi winter). untung nemu selotape lain yang lebih nempel. dan memang Qiqi gak berhasil mencongkel potongan2 gambarnya. kan beli juga biar bisa naroh Qiqi main di lantai, soalnya mak mertua selalu ngomel Qiqi susah digendong. gak bisa diem. daripada beliau capek, mending kan biarin dia main di lantai (*juga maksudnya baik*). 


Dua tiga hari ini cuaca agak pengap dan gerah, kadang malam mencapai 30 derajat. kami menyalakan AC. Qiqi batuk dan pilek belum sembuh. Bokap mertua terus2an nyalahin kita bilang gara-gara kita nyalain AC. Biasanya mana ada sih batuk pilek 2 hari langsung sembuh, apalagi anak kecil? AC-nya juga bukan kita nyalain 18 derajat, tapi 27-28 derajat celcius bok! Apa dinginnya? 

Tadi pagi udara pagi agak kencang dan dingin menusuk, gua bilang ke suami tolong agak tutup dikit jendelanya soalnya Qiqi masih batuk. Bokap mertua langsung nyeletuk .. udara kayak gini gapapa. Anginnya AC tuh baru dingin! Ah… sutralah.. nahan diri gak mau berdebat dan diam aja. pas bokap mertua dah keluar dari kamar, gua bilang ke suami, tolong tarik dikit jendelanya. Kalo udara AC kan gak lembab, gak berbahaya bagi paru2. kalo udara luar kan lebih lembab, apalagi udara saat tengah malam, yg gak kuat kan bisa bikin bronchitis. Suami jg sependapat.

Mak mertua mau beli bantal pijat. Di tv dijual 269 yuan. Terus gua coba cari di internet, ternyata ada yg harganya 158 yuan, merk sama. Konon katanya yang 269 yuan tuh ada bonusnya. Suami nanya apa bonusnya kepake (adiknya mak mertua dah beli duluan). Kalo gak kepake, mendingan beli yang 158 yuan aja. Kenapa jarak harganya bisa beda 100 yuan, karena bantal pinjat ginian sebenarnya teknologinya gak rumit2 banget. Eh.. cuman ngomong gitu aja mak mertua kayaknya tersinggung dan marah2.. bilang suami banyak mulut, banyak komentar..bla..bla..bla.. Marah-marahnya bener2 yang model ngamuk2 gitu, bicara dengan nada tinggi. Gerah dan capek dengarnya. Terus gua berusaha menjelaskan dia maksud suamiku, eh, dia bilang gini, “sudahlah … banyak bahasa china kamu gak ngerti. kamu gak usah ngomong.” Gua langsung diam dan keluar dari kamar. Tersinggung dan udah males lanjutin pembicaraan. terus malah dikait2kan dengan bilang kayak gini: 

iya kalian bicara saya gak ngerti, saya mah idiot, gak berpendidikan. rugi deh marah2 .. gak baik buat kesehatan. mendingan idiot, gak usah marah-marah dan gak merusak kesehatan.  (*dengan nada sangat menyindir tentunya..dan sepanjang hari tiap ada kesempatan selalu ngomong kayak begini.*) 


Gimana cara gua mendidik anak, mereka juga ikut campur, ikut komentari, kadang malah gua diomelin, mak mertua bilang gua annoying (saat lagi mendidik Cristal).

 

Sebenarnya dari dulupun gua sudah mencapai kesimpulan:

* namanya manusia tambah tua tambah cerewet

* orang yang tadinya punya kesibukan tau2 dah pensiun, ada kecenderungan post power syndrom. 

* orang tua dan anak tetap ada gap generasi, jadi pola pikir, ide dll bisa beda, walaupun misalnya sama2 pendidikan S1 dengan major yang sama sekalipun, pasti tetap ada bedanya .. karena kuliahnya di jaman yang beda.      

* namanya orang tua, punya kecenderungan merasa lebih pengalaman, lebih tau (*padahal belum tentu mereka lebih tau lho...*). apalagi sekarang diriku dibilang dari negara lain, kultur lain, banyak gak ngertinya soal kebiasaan hidup di sini. tiap kali ada perselisihan ide / pikiran, kalo udah jengkel, diriku (dan selalu diingatkan suami) ambil positifnya, toh .. orang tua juga maksudnya baik kok..cuma beda cara, beda pikiran, beda pandangan. kebanyakan berhubungan soal parenting. kalo dipikir2, memang diriku akui bener .. mereka begitu karena sebenarnya mereka peduli. 

* mungkin diriku kelak kalo dah tua juga akan begitu. jadi sebagai yg muda, kudu lebih bertoleransi dan bersabar aja. gak boleh durhaka/kualat pada orang tua. kalo gak pinter2 nahan diri, kali rumah sudah jadi arena pertengkaran. soalnya mak mertua ku tuh super temperamental dan gampang emosian. mulutnya itu yang bikin gak nahan, tapi kudu kuat2 nahan. 

* suamiku juga pernah bilang, namanya orang tua.. udah seumur hidup begitu karakter/kebiasaannya. masak kita yang muda2 suruh mereka mengubah sesuatu yang sudah mendarah daging. sudahlah.. kita maklumi aja. ah.. diriku pikir ini juga bener adanya. soalnya diriku juga kadang susah nrimo kalo disuruh berubah kebiasaan yg menurutku fine-fine aja. 


emang tuh .. tiap kali kalo lagi kesel, kadang susah juga nahan mulut untuk tidak berargumen (bukan bertengkar lho..) . jadi diriku mencoba ambil positifnya aja. Mertua dah berjasa banyak bantuin jaga dan rawat anak2. 

diriku mau aja jadi FTM, asal gak tinggal bareng2 mertua. kondisi keuangan mengharuskan diriku jadi working-mom yang sebenarnya di lain sisi patut disyukurin juga. kalo nggak, diriku mungkin bisa mati sturisss kalo mesti sehari 24 jam, seminggu 7 hari ketemu terus dengan mertua.

beruntunglah rekan2 yang gak harus tinggal bareng mertua. apalagi yang sama2 temperamental..bisa berabe. bisa kualat kalo kurang ajar pada orang tua.  

Saturday, September 20, 2008

calling mom officially .. teething

Qiqi knew who mama was and called mama officially! 

5 and 6th teeth. 

one good thing, til now, Qiqi never bites mama when nursing. 





Friday, September 19, 2008

Gempar di China: Susu bubuk beracun

Banyak media yang menggunakan istilah terkontaminasi, menurut saya sebenarnya istilah ini kurang tepat, memberi kesan ada unsur ketidaksengajaan. Padahal pencampuran melamine三聚氰胺 ini dilakukan dengan sadar dan sengaja
 

Sebanyak 22 perusahaan kedapatan memiliki kandungan melamine pada produk susu mereka. Dua di antaranya telah mengekspor produk mereka (brand
Yashili 雅士利 dan Suokang索康). Produk-produk pelanggar tersebut telah ditarik dari peredaran. Namun tidak jelas apakah produk ekspor juga mengandung melamine. 

Susu formula (suform) merk Sanlu (tiga rusa) merupakan pelanggar utamanya; pencampuran melamine terdeteksi sebesar 2563mg/kg susu bubuk. Bandingkan dengan juara 2-nya, brand Panda Kebao, ‘hanya’ 619mg/kg dan juara tiganya Shengyuan Syntra dengan kadar 150gr/kg.
Sumber: http://hshcdm.blog.163.com/blog/static/95838122008817051182/  


Penambahan melamine ini bertujuan agar saat suform dicairkan akan berkesan kental (*kaya protein*). Melamine merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik, lem dan pembersih. 

Sebenarnya kasus ini sudah tercium sejak bulan Maret lalu, namun ada KKN di baliknya. Sehingga baru gempar sekarang ini. Sudah tercatat ada 19 orang yang ditahan karena dugaan melanggar UU keamanan makanan, sementara lebih dari 70 orang diperiksa; termasuk walikota dan wagub propinsi Hebei.  

Sampai saat ini sudah
3 bayi meninggal. lebih dari 6000 bayi sakit ; sebagian besar telah sembuh, namun lebih dari 1000 bayi masih dirawat, di antaranya hampir 160 bayi menderita batu ginjal akut !!!

Ribuan ton suform sudah ditarik dari pasaran.  Pemerintah di seluruh wilayah china membebaskan biaya perawatan bagi bayi yang terbukti menderita sakit akibat suform beracun ini. pemerintah juga menurunkan sekitar 1400 tim pengawas ke setiap industri susu. 
 
Crystal sampai dengan usia 3 tahun, suformnya brand Dumex. so far gak kedeteksi menggunakan melamine. baru 2 bulan lalu beralih ke Wyeth
sementara Qiqi saat ini mengkonsumsi ASI dikombinasi dg Dumex juga.

kita pun biasanya kalo membuatkan suform selalu dengan kadar air berlebih, gak pernah menuruti takaran anjuran pabrik. karena takaran anjuran produsen biasanya susu jadi lumayan kental. sinisnya sih kita bilangnya: tujuan produsen kan supaya susunya cepat habis dan cepat beli baru lagi. sehingga nilai penjualan produsen bisa tinggi. 

sebenarnya peracikan suform yang kental gampang menimbulkan panas dalam pada anak, berakibat saat poop jadi keras, susah keluar (dari pengalaman dan pengamatan terhadap Crystal dulu).


disarikan dari berbagai sumber.  

Thursday, September 18, 2008

Crystal and chopstick



since Sunday, 
Crystal suddenly could use 
chopsticks to pick some food, 
like a piece of meat or 
a green soy bean. 
when seeing Crystal, 
Smarty also picked up his chopstick 
and pick some other food. 
Crystal said, "hmmph... i could do it first."  ^_^ 

Wednesday, September 17, 2008

one child policy

pemerintah china sejak tahun 1979 menetapkan kebijaksanaan (*pemaksaan, pembatasan hak*) di mana suatu pasangan suami istri hanya boleh memiliki 1 anak.

pengecualian:
* bayi kembar 2, 3, 4 dstnya.
* suami istri kedua-duanya dari suku minoritas, boleh memiliki 2 anak
* pasangan petani, jika anak pertama adalah anak perempuan, boleh memiliki anak kedua, yang diharapkan bisa laki2. karena laki2 dianggap sumber tenaga.
* ada ijin khusus dari negara karena yang bersangkutan memiliki kontribusi yang besar bagi negara.
* anak pertama terbukti dari pemeriksaan medis memiliki penyakit yang tidak bisa disembuhkan, atau bisa disembuhkan dengan menerima donor dari bayi yang akan dilahirkan. (ini detailnya kurang tau)
* suami istri sama2 merupakan anak tunggal dari keluarga masing2.
* pasangan suami-istri tinggal di luar negeri dan sang anak gak dibawa pulang ke china.
* kalo gak salah sih ada 13 persyaratan di mana suatu pasangan boleh punya 2 anak.

tadinya kami mengira jika salah satu orang tua adalah foreigner, maka boleh memiliki anak kedua dstnya asal statusnya warga negara asing dan BUKAN WARGA NEGARA CHINA. karena demikianlah informasi yang kami terima 1.5 tahun lalu dari kantor imigrasi dan dari badan pengendali kelahiran penduduk tingkat propinsi maupun tingkat pusatnya (Beijing). ternyata mis-informasi ini mencelakakan/merepotkan kami saat ini.


apa sangsinya kalo melanggar aturan dari pemerintah ini?
pasangan bersangkutan akan didenda (habis2an) dengan jumlah uang yang sangat tinggi. sebagai contoh, kasusku ini, konon katanya akan didenda 3~4 kali lipat dari gaji tahunan kami berdua.

misalnya saja, suami istri berpenghasilan 100 juta satu tahun, berarti akan didenda 300~400 juta. atau contoh lain, teman kantor saya, ketika adik lahir, truk ayahnya yang merupakan sumber mata pencaharian yang dijadikan denda.

di samping itu, bila pasangan bersangkutan bekerja untuk badan-badan pemerintah atau perusahaan milik negara, maka akan dipecat.
makanya kami sutrissss banget, di samping bayar denda 4 kali lipat penghasilan tahunan kami berdua, suami bakal kena pecat (suami kerjanya di china telkom).

tapi kalo misalnya punya koneksi yang kuat, bisa saja lolos dari denda maupun pemecatan. seperti contoh, tetangga rekan kantor, suaminya kerja di dinas perpajakan, 3 anak pertama adalah perempuan, dan menginginkan anak laki2. sehingga anak keempatnya laki2. karena punya koneksi, dia tetap bisa mempertahankan pekerjaannya di dinas perpajakan.

akibat yang paling kerasa yaitu tingkat aborsi di china tinggi dan lumrah.
dulu pada kehamilan pertama, saat check ke dokter untuk pertama kalinya, si dokternya nanya dulu: anaknya mau gak?
nyaris tersinggung ditanya begitu!
ternyata semua orang ditanya begitu.
terus pada check ke sekian, ngelihat ada anak remaja, dilihat dari tampangnya sih kayaknya SMP pun belom tamat. dia ditemani pacarnya yang nunggu di luar buat menjalani proses aborsi.
ahhh ... (*geleng2*)
buat yang sudah punya anak, terus hamil karena kebobolan .. tinggal ke dokter dan digugurkan saja. malah dapat jatah cuti 15 hari.

efek yang mengerikan mungkin infanticide terhadap bayi perempuan. gak tau deh.. gak punya data statistiknya.

saat USG, kita tidak pernah boleh melihat monitor komputer. petugas USG juga dilarang keras memberitahu bumil jenis kelamin calon bayinya. takutnya si bumil bisa tau cewek atau cowok, terus kalo ketauan cewek, sapa tau mau digugurin. di china sini budaya patriarki masih cukup kental. masih banyak orang berharap punya anak laki2.

kalo punya koneksi, bisa cari petugas USG yang mau memberitahukan diam2. petugas USG kalo ketahuan memberitahukan jenis kelamin calon bayi, bisa dipecat dari pekerjaannya.

di samping itu, kalo misal ketahuan hamil anak kedua, bisa dikejar2 oleh petugas dari dinas pengendalian kelahiran, untuk digugurkan. even misal dah ketahuan hamil tua pun katanya tetap dikejar2.


tantenya suami kan juga gitu. saat hamil Qiqi, dia bilang ... mmmh... menurut itung2an dan feelingnya, bakal bayi cewek. terus nyuruh aku mastiin dengan USG ke klinik kampung. kalo cewek, digugurin. alamak jan... mana mungkin aku lakukan terhadap buah hatiku! bancipun, cacatpun .. aku akan terima dengan kasih sayang yang sama.

Tuesday, September 16, 2008

soal punya 2 anak di china .. akhirnya

Puji Tuhan!
dari jam 1 siang sampai jam 4 sore ini deg-degan nunggu hasil pertemuan suami dan oom dengan kepala kantor imigrasi atau sejenisnya gitu deh. tak lupa membawa upeti.

akhirnya diijinkan perpanjang visa setiap setengah tahun. katanya sih gitu .. gak tahu deh setengah tahun mendatang gimana.

lega !!!!!!!

jadi sementara gitu dulu solusinya. sambil nunggu kemungkinan perubahan peraturan soal "one child policy." issuenya sih bakal ada revisi untuk peraturan satu ini karena dianggap sekarang beban generasi muda terlalu berat.

ada masukan dari KBRI, katanya bawa pulang Qiqi ke indo. suami bikin pernyataan tidak berkeberatan Qiqi ikut kewarganegaraan maknya. surat ini dibawa ke kedubes china di jakarta. dari situ, kedubes China bikin lagi semacam surat pernyataan dan pengesahan bahwa Qiqi bukan warga negara china.

ribet deh ... !
mungkin Qiqi agak gedean dikit, 3 tahun lagi, ntar gua bawa pulang indo untuk urus hal beginian. mudah2an advice dari KBRI ini bisa ampuh dan jitu.

sekali lagi, Puji Tuhan kami diberi jalan ini, gak sampai harus urus perceraian (sambil tetap kumpul kebo..hehehe..) dan gak usah mengirim Qiqi pulang indo. gak kebayang deh maknya ini kalo harus berpisah dari buah hati tercinta.

update soal punya anak 2

ah.. ternyata urus perceraian pun gak bisa. biarpun gua urus cerai dengan suami, status si anak tetap sudah "dianggap-dengan-paksa" adalah WN China.

suami sedang coba cari sono-sini informasi dan jalan keluar.

yang bikin kesal yah gitu.. informasi gak ada yang bisa dipegang kebenarannya.
* waktu Crystal baru lahir, kita tanya ke badan khusus birth-control, katanya kami boleh punya 2 anak dengan status WNChina, asal berjarak 3 tahun.
* berdasarkan info di atas, makanya kita gak terlalu kontrol soal kehamilan kedua. then, pada saat kehamilan kedua, dibilang tidak boleh punya 2 anak berstatus WNC. anak yang satu lagi harus berstatus asing, jadi kudu lahir di luar China. makanya gua pulang indo buat melahirkan Qiqi, dan Qiqi dapat WNI.
* sekarang nongol lagi masalah baru, katanya biarpun lahir di luar China dan wn asing, tetap wn asing tersebut gak diakui. si anak tetap adalah WN China.

haduuuh.... pusing...!!!!
suami gua barusan dpt info kalo kami akan didenda sekitar 3 atau 4 kali lipat dari penghasilan kami berdua selama setahun. which is sekian ratus juta, dah bisa buat beli rumah. dan yang paling senepnya, suamiku tetap terancam kehilangan pekerjaan.

tapi ada sedikit celah, kebijakan diserahkan ke kantornya suamiku. lha.. telkom itu punya negara.. rasanya 95% bakal kena pecat deh. kecuali mungkin cari2 koneksi.. kali masih bisa lolos. tapi cari koneksi ke mana yah?

kita masih cari-cari jalan dan cari-cari info mesti bagaimana.
mudah2an ada jalan keluar.

kita sampai mikirin kemungkinan terjelek, Qiqi dibawa pulang ke indo dan diasuh oleh keluarga koko-ku. atau dibawa ke malaysia dan diasuh oleh tanteku. huuuu... tapi aku bener2 gak berharap ini terjadi. mana sanggup aku menjalani opsi ini? kepikiran aja udah nangis.

Friday, September 12, 2008

sutrissssss....

waduh, barusan dpt kabar... di China ini Qiqi gak diakui ke-WNI-annya.
menurut peraturan tahun 1980-an, kalo salah satu ortunya WNC, maka Qiqi mesti WNC.

haduh .. sutrisssssssss !!!!
kalo dia WNC, otomatis suamiku akan kehilangan pekerjaannya.
satu-satunya cara, aku dan suami urus perceraian.

haduuuuh...mak... ada cara lain yg bisa ditempuh gak yah .... ????
lemes langsung gua pas dpt telpon dari suami soal ini.
pengen nangis kenceng2 ... huaaaaaaaaaaoooowww..!!!!

sweet naughty Angie

these few days, early in the morning, Angie often crawls to me, and with her head and part of her back sleeps on my belly. or she will sleep with her head on my shoulder. so adorable!

when wakes up sometimes she will also put her head on my shoulder and look into my eyes for few seconds and smile. oh.. my dear .. love you so much!

only few seconds, then she will use her 2 hands pulling my hair.
and once she sees her daddy sleeping, she will crawl to him, pulling her daddy's hair.

when nursing, with her full-mouth nursing on me, she will stand up-squat-standup again-squat again, with one hand pulling my hair (*still having a full-mouth nursing on me*).

naughty baby! =)

ini si Qiqi lagi lucu-lucunya banget!


n.b.:
hari ini tante Angie ultah.
selamat ultah yah, Joi!
panjang umur dan sehat selalu.
makin makmur dan penuh berkatNya selalu.

when we're old

Crystal was playing with Smarty on our bed.

Crystal : when we are old, i become old lady, and you become grandpa.
Smarty: grandma .. grandma .. !
Crystal : grandpa .. grandpa .. !
Smarty: grandma.. grandma .. !
Crystal : grandpa.. grandpa .. !
(*they were calling each other with loud voice*)
Grandpa: (*coming from the kitchen*) yes.. why calling me?
Crystal's daddy: they are not calling you. they are playing 'when they are old'.
G'pa & G'ma: *laugh amusedly*

another time, Smarty put on my husband work's id.
Smarty : i'm uncle, i'm 2nd uncle...
Crystal : 2nd uncle .. 2nd uncle (*calling Smarty*)

last nite, Crystal wore my watch and said, "i'm 2nd auntie... i am 2nd auntie."

here was small conversation with Crystal before bed time:
Crystal: i've brushed my teeth. owl won't peck my teeth. Owl is afraid of toothpaste smell.
Mom : yes, it's afraid of it.
Crystal: why is owl afraid of toothpaste smell?
Mom : because when it smells it, it will faint.
Crystal: (*giggle*)

Thursday, September 11, 2008

Are you drinking the right tea?

People who use their 'brain' to work or students who study hard day and night
--- should drink chrysanthemum tea.


People who need a lot of body energy to work or those people that do a lot of exercise everyday
People with high cholesterol and high blood pressure
Carnivore (those people who must eat meat) at least once a day, or feel sick or not feeling well
--- should drink Wu Loong Tea.

People who travel on a bike or work in dirty and polluted places
People who likes to sit down all day long and not doing anything even exercising
People who smoke and drink a lot of alcoholic drinks
People with high cholesterol and high blood pressure
--- should drink Green Tea.

People who go to the washroom too often or too less
--- should drink more Honey Tea.

Those who work with computers everyday --- need to drink a lot of tea (any tea will do). Whenever you are working with the computer, you should make some tea; drink it when you are free. Drinking tea is healthy --- it can protect and prevent the harmful ultraviolet light from harming us (when using computer). Furthermore, it can also cure us when we are tired and help making our body feel fresh again.

source: unknown, from forwarded email

read also:
powerful health benefits of green tea

kalo manggil .. mikir dulu

baru-baru ini belajar lagi satu hal: kalo mau manggil orang mikir2 dulu.

ada tukang cuci piring di kantor kami (outsource dari perush jasa catering), kalo dilihat umur2nya kira2 50-an. malas aja bersosialisasi dg orang satu ini, soalnya orangnya jutek terus suka gak nanya2 dulu, belum selesai makan baki makanan kita udah diangkat. Apalagi belakangan kita udah nerapin kebiasaan habis makan baki ditaroh sendiri ke tempat baki bekas. Jadi makin gak kontak langsung ama dia.

Udah beberapa hari dia gak masuk dan tukang cuci piringnya ganti orang. aku tanya sama yang tugas jatah lauk, ke mana tante satu ini, dijawab, "dia pulang kampung, gak kerja lagi karena hamil."
Haaah?! aku langsung kaget dan nanya: Emang umurnya berapa?

jawab si mbak-bagi-jatah: "dia tuh umurnya hampir sama dengan kamu lagi, kamu kok panggil dia tante." Ternyata yang aku panggil tante itu umurnya 41, gak sampai 10 tahun lebih tua dariku.

Ah.. pasti dia bete dipanggil tante, wong dia sebenarnya masih muda. Tapi su-er, asli kita2 semuanya pada nyangka umurnya 50-an.

jadi belajar satu hal lagi, di sini kalo gak sure orang bersangkutan umurnya berapa, kalo kelihatan agak tuaan dikit, panggil da-jie, kalo kelihatan agak muda, panggil xiao-da-jie.
da = besar (baca: ta)
jie = kakak perempuan (baca: jie)
xiao = kecil (baca: shiao)

sebenarnya biasanya juga aku panggil da-jie atau ah-jie. Tapi sama yang satu ini manggilnya a-yi (tante) gara2 teman2 kantor pada manggil dia gitu. aku mah tadinya nunut aja.

bisa ngerasain deh perasaan dia. soalnya tahun lalu waktu lagi hamil 4 bulan-an, di pesawat ada mahasiswa yang mau nanya sesuatu dan manggil "tante.."

hueekss...!! agak shock dan keki juga .. apa penampilanku udah kayak tante-tante banget yah ...? kalo krucil-krucil yang manggil tante sih wajar ... hueeehehehe !


gak kayak di indo yah.. manggil mbak, jeng, ibu gak membuat orang merasa terlalu dianggap tua.

Monday, September 08, 2008

masih Smarty

hari minggu Smarty check up. bilangnya Smarty kurang gizi, mesti infus another 3 days buat tambahan gizi !!! 

gara2 batuk2 dan sakit2, jadi opa dan oma gak berani sembarangan memberi makan. sementara berhenti makan telor, susu juga dikurangi. sesekali diberi yoghurt. susahnya yah gitu.. Smarty kalo minum susu, batuk .. bawaannya langsung muntah.
oma opa juga serba salah, gak tau mesti gimana jadinya ngasih makan ke cucu mereka ini.

selain itu, dia mesti makan obat china selama 3 bulan, buat meningkatkan daya tahan tubuhnya yang memang sangat rendah.

di samping itu, belakangan mulai makan tablet kolostrum tiap hari.


Mak mertua, cucian dan sayang duit anak

Minggu pagi, mak mertua lagi nyuci baju setumpuk. suami bantuin dan bilang, pakai mesin cucu aja, bajunya banyak gitu. Suami langsung kena "hajar" ibunya. 

“Dikit-dikit pakai mesin cuci, lu pikir air tuh murah!” (ngomong dengan suara tinggi, nada ngamuk2). kalo pakai mesin cuci, memang akan pakai lebih banyak air ketimbang kalo nyuci pakai tangan. 

Di ruang tamu, ipar (mamanya Smarty) nanya ke aku sambil bisik2, “emang siapa yang bayar air? Kalo memang kalian yang bayar, kenapa mesti marah2. kan maksudnya baik, biar mama gak usah capek. Eh, malah dia takut anaknya bayar uang air kemahalan.”

Gitulah mertuaku.

kita langganan susu dan yoghurt, itupun kadang rebutan bayar sama mertua. Dia gak mau kita terus2an yang bayar. Padahal kita sama sekali gak berkeberatan. Kita sering "mindahin" buah dari supermarket ke rumah, itu juga kadang dia suka maksa-maksain ngasih duit ke kita. 

Pernah lagi suatu kali, cousin-nya suami beli rumah, terus suami udah ngomong ke cousin-nya mau nyumbang sekian jeti ke ipar (si cousin kurang duit). Eeh… mak mertuaku semalaman gak bisa tidur, mikirin soal itu. Aku malah ikutan kena “omel”, dibilang gak bisa kendaliin suami soal pengeluaran duit.  

Beberapa hari kemudian, pas si cousin datang ke rumah, mak dan pak mertua ajak bicara si cousin, bilang, duit yang sekian itu, ntar dari mereka aja. Jadi suami gua gak usah ngasih (memang duitnya belom diserahin). Kedua mertuaku itu punya dana pensiun bulanan. Mereka juga cukup berhemat. Jadi punya uang yang cukuplah (atau malah berlebih). daripada duit anak yang keluar, mendingan duit mereka yang keluar. segitunya....! 

biasanya winter, ipar sekeluarga nginap di rumah. soalnya Smarty kena udara dingin suka pilek atau batuk. Biasanya sehabis makan malam mereka pulang. Winter 2 tahun lalu, kamar buat mereka ada AC-nya (mertua yang beli begitu rumah ini kami beli) sementara kamar kami belum ada AC. Maksud suami, ntar aja dekat2 summer baru beli. Selama winter, ipar sekeluarga sering tidur dengan AC nyala. Terus pak mertu merasa, kok yah malah kami yang gak pakai AC (fungsi heater). Padahal kami malah merasa winter lebih nyaman tanpa AC. Soalnya AC bikin udara kering, tenggorokannya jadi kering juga.

Habis itu pak mertua langsung ngotot beliin AC buat di kamar kami.  

Baru2 Qiqi pulang dari indo, tv di kamar kami masih tv CRT biasa, radiasinya lebih tinggi. Dengan alasan itu, lagi2 mertu beliin tv LCD buat ditaroh di kamar kami. Kami maksa 'mau bayar', dia maksa 'nolak dibayar'. Terus supaya adil, tv yang di kamar ipar juga diganti dengan yang sama persis, dan semuanya dibayarin mertua.

Gitulah mertuaku. 

national anthem

Crystal these days, after the olympic games, likes to sing Chinese national anthem.
she also likes to ask me sing Indonesia Raya. she said, it's a very long song.
and when i sang the chinese national anthem (i taught her before), she said, "you shouldn't sing it. you should sing indonesia's national anthem."
when we asked her, "will you switch to indonesia nationality?" she said, "No, i'm Chinese. even if i go to indonesia, i'm still Chinese."
in the morning, especially on weekends, if her daddy hasn't waken up, she would say, "big lazy worm. you see, the sun has shone on your butt already."

yesterday we took her to have seafood pizza. she seemed to like it very much. actually it was her mom that wanted to have pizza.
when came out from pizza-hut, she said, "mama, next time i want to buy that toy car." i said, "you want to buy it? where's your money?" she thought a while and said, "i don't have money. you earn money and buy for me."

the kindergarten class began on 1st Sep. she would eat by herself now. on her first day her teacher said, "everything is so great. only she seems not to want to have lunch."

last wednesday, i fed her a bowl of porridge, later on after i went to work, her grandma fed her an egg, with some more porridge. before having porridge she had already had a slice of cake. then in school, on around 9.30am, she had another cup of mung-been (bubur kacang ijo). no wonder she didn't want to lunch by 11.30am. she said, "i ate so much that my belly is so big like a watermelon."

on Sunday noon, Smarty beat Crystal. Then she scratched Smarty's face.
the other day, when she had a fight with Smarty, she bit him. oh dear!
i had to explain and remind her so many times do not scratch or bite Smarty. i said, whenever Smarty wants to beat you, you just run away. she did when she was smaller. now she isnt afraid of Smarty at all. if he beats him, she will fight with him (in girlie way).

Friday, September 05, 2008

cough .. traditional treatment (chinese)

Gambar obat batuk di bawah ini umumnya udah pada tau ..
gara2 ponakan sering batuk dan asma, jadi nyari tau sana sini cara ngobatin batuk ataupun asma.

berikut ada resep obat batuk tradisional ala china, yang enak dimakan dan diminum.
bahannya cuma: buah pear, gula batu dan chuan bei (bisa dibeli di toko obat china, lihat gambarnya di bawah, nama latinnya: Fritillaria cirrhosa)

pear dibelah bagian atas, dibuang bijinya. terus tengah2nya diletakkan 7-8 buah chuanbei dan gula batu secukupnya. jangan diberi air. tutup buah pear dan kuatkan dengan tusuk gigi. terus ditim dengan panci sampai lunak. kuah yang keluar dan buah pear bersama chuanbei tinggal dimakan begitu saja. (hasil jadi ada di gambar di bawah ini).

detail gambar bisa diklik di sini , isinya tulisan kanji, tapi lihat gambar2nya udah ngerti kok bahan dan caranya.






Ever know this above chinese cough medicine? Its major ingredients are chuan bei and loguat (pipa).


The treatment suggested here will use pear, chuan bei and rock sugar


Click here for pictures (ingredients and how to prepare). The contents are in Chinese, however, the pictures are very informative.




Only 3 ingredients needed:

Pear

Chuan bei = Fritillaria cirrhosa

Rock sugar



Do not add water into the pear. Stew it.

Chuan bei (see below picture) can be bought in traditional chinese medicine store. For better result, grind the chuan-bei into powder.



the result as below picture:




source: http://blog.mdbchina.com/justtalk/post_181275/

Smarty sakit lagi ...

Smarty sakit kira2 7-Aug yang baru lalu.
infus 4 hari di RS tingkat provincial. ternyata gak ada kemajuan.
iparku kemudian membawa Smarty ke rumah sakit herbalist (kalo di indo, dikenal sebagai Shinshe). katanya obat infusnya kurang dosis, sehingga gak menyembuhkan, malah tambah parah.

Smarty harus infus lagi 4 hari, ganti jenis obatnya.
kasian, jadi tiap hari bolak balik buat infus.
di sini sistem infusnya sehari kira2 2-3 jam, tergantung berapa botol obat yang kudu diinfus. setelah itu, pulang rumah. besok datang lagi .. dan seterusnya sampai 4 hari. bukan dengan opname di RS.

Smarty sempat sembuh selama 3 harian.
Pas hari ultahnya, 30 Aug, dia demam lagi. Aduh 'Nak ... kamu pasti capek bolak-balik rumah sakit dan minum berbagai obat. 3 hari kemudian, demamnya udah hilang, tapi dia batuk.
kemudian ke shinshe lagi, dan harus tambah infus lagi 3 hari. (total udah 11 hari infus dalam sebulan ini).

tadi malam, dia nginap di rumahku, gak dibawa pulang karena takut udara malam yang dingin memperparah batuknya. mama papanya gak nginap karena takut kalo mama papanya nginap, dia merengek2 minta pulang. jadi kita pada kompakan bilang papa dan mamanya dinas keluar kota.

pikirku anak2 gak usah mandi aja semalem karena cuaca agak dingin, udah autum. daripada sakit, kan orang dewasanya yang repot. kata Oma, Qiqi pagi dan siang perutnya agak kembung, jadi aku putuskan gak mandiin. Opa malah mandiin Smarty dengan alasan dia seharian keringatan. kalo aku yang nangani, paling aku wash-lap aja, karena tuh anak lagi sakit. tapi Opa tuh kan orangnya susah dibilangi, Oma juga gak setuju Smarty dimandiin. tapi teteeeup aja dimandiin semalam jam 9.30. (*sudah pasti opa menyesal sekali*)

Jam 10.30, Smarty mulai batuk terus-terusan. Oma bilang, "ambilin baskom, jaga2 kalo dia muntah." belom lagi baskomnya diambilin, Smarty dah muntah di tempat tidur.

untung si Qiqi udah tidur. aku, suami dan mertua langsung sibuk deh .. dengan Crystal mondar-mandir ikut "sibuk".

waktu guyur muntahan di handuk kecil, sempat mual-mual juga (*kayak hamil aja*). terus nyikat bagian tikar yang kena muntahan. pas nyuci handuk, udah langsung pakai deterjen sesendok penuh, sambil nyuci sambil merem2 dikit. suamiku juga langsung tereak2, itu yang di lantai disirem2 dulu, yang di baskom tuang ke wc dulu .. kan geli .. dia tuh lebih gelian lagi. sama ulat aja dia takut.

pernah waktu main di kampung, si Crystal sama mama disuruh mungutin ulet terus diunjuk-unjukin ke papanya. papanya langsung kabur. kalo mama Crystal sih gak usah ngomong, mama kan macho. hehehee..

ngomong2 ada yang punya resep gak..
kira2 kalo anak kecil bolak balik kumat batuk pilek demam, gimana cara nyembuhinnya? sekali udah batuk, pilek .. tuh langsung parah aja. kasian banget !

katanya orang2 sini, bayi baru lahir di bawah usia setahun, kalo gak ngerasain dinginnya musim dingin, jadinya gampang sakit, daya tahan tubuh lemah .. kena hawa dingin sedikit aja.. langsung tepar.

Smarty lahir akhir Agustus, sudah masuk musim semi. begitu winter tiba, dia langsung tinggal nyaris 4 bulan di rumah oma-luar (mama dari mamanya) yang di rumahnya ada heater. jadi dia gak ngerasain dinginnya winter. mungkin teori tadi ada benernya.

Mamaku juga turut memberi beberapa tips via sms.

Wednesday, September 03, 2008