Friday, September 05, 2008

Smarty sakit lagi ...

Smarty sakit kira2 7-Aug yang baru lalu.
infus 4 hari di RS tingkat provincial. ternyata gak ada kemajuan.
iparku kemudian membawa Smarty ke rumah sakit herbalist (kalo di indo, dikenal sebagai Shinshe). katanya obat infusnya kurang dosis, sehingga gak menyembuhkan, malah tambah parah.

Smarty harus infus lagi 4 hari, ganti jenis obatnya.
kasian, jadi tiap hari bolak balik buat infus.
di sini sistem infusnya sehari kira2 2-3 jam, tergantung berapa botol obat yang kudu diinfus. setelah itu, pulang rumah. besok datang lagi .. dan seterusnya sampai 4 hari. bukan dengan opname di RS.

Smarty sempat sembuh selama 3 harian.
Pas hari ultahnya, 30 Aug, dia demam lagi. Aduh 'Nak ... kamu pasti capek bolak-balik rumah sakit dan minum berbagai obat. 3 hari kemudian, demamnya udah hilang, tapi dia batuk.
kemudian ke shinshe lagi, dan harus tambah infus lagi 3 hari. (total udah 11 hari infus dalam sebulan ini).

tadi malam, dia nginap di rumahku, gak dibawa pulang karena takut udara malam yang dingin memperparah batuknya. mama papanya gak nginap karena takut kalo mama papanya nginap, dia merengek2 minta pulang. jadi kita pada kompakan bilang papa dan mamanya dinas keluar kota.

pikirku anak2 gak usah mandi aja semalem karena cuaca agak dingin, udah autum. daripada sakit, kan orang dewasanya yang repot. kata Oma, Qiqi pagi dan siang perutnya agak kembung, jadi aku putuskan gak mandiin. Opa malah mandiin Smarty dengan alasan dia seharian keringatan. kalo aku yang nangani, paling aku wash-lap aja, karena tuh anak lagi sakit. tapi Opa tuh kan orangnya susah dibilangi, Oma juga gak setuju Smarty dimandiin. tapi teteeeup aja dimandiin semalam jam 9.30. (*sudah pasti opa menyesal sekali*)

Jam 10.30, Smarty mulai batuk terus-terusan. Oma bilang, "ambilin baskom, jaga2 kalo dia muntah." belom lagi baskomnya diambilin, Smarty dah muntah di tempat tidur.

untung si Qiqi udah tidur. aku, suami dan mertua langsung sibuk deh .. dengan Crystal mondar-mandir ikut "sibuk".

waktu guyur muntahan di handuk kecil, sempat mual-mual juga (*kayak hamil aja*). terus nyikat bagian tikar yang kena muntahan. pas nyuci handuk, udah langsung pakai deterjen sesendok penuh, sambil nyuci sambil merem2 dikit. suamiku juga langsung tereak2, itu yang di lantai disirem2 dulu, yang di baskom tuang ke wc dulu .. kan geli .. dia tuh lebih gelian lagi. sama ulat aja dia takut.

pernah waktu main di kampung, si Crystal sama mama disuruh mungutin ulet terus diunjuk-unjukin ke papanya. papanya langsung kabur. kalo mama Crystal sih gak usah ngomong, mama kan macho. hehehee..

ngomong2 ada yang punya resep gak..
kira2 kalo anak kecil bolak balik kumat batuk pilek demam, gimana cara nyembuhinnya? sekali udah batuk, pilek .. tuh langsung parah aja. kasian banget !

katanya orang2 sini, bayi baru lahir di bawah usia setahun, kalo gak ngerasain dinginnya musim dingin, jadinya gampang sakit, daya tahan tubuh lemah .. kena hawa dingin sedikit aja.. langsung tepar.

Smarty lahir akhir Agustus, sudah masuk musim semi. begitu winter tiba, dia langsung tinggal nyaris 4 bulan di rumah oma-luar (mama dari mamanya) yang di rumahnya ada heater. jadi dia gak ngerasain dinginnya winter. mungkin teori tadi ada benernya.

Mamaku juga turut memberi beberapa tips via sms.

4 comments:

Ninis said...

Duhhh kesian banget Smarty :(

Anak2ku jarang sih ya batuk-pilek-demam.. Dan sukurlah selama ini kalo kena gejala seperti itu, gak kumat2an dan gak lama. Palingan pileknya yang lama..
Aku juga ngasihnya gak aneh, Ci..
Cuma Vicks Vaporub sering2 kugosokin di dada & punggungnya, trus kasih maem yang hangat2 & lembut macam sup gitu...
Udah, kasih pelukan yang hangat :)

Kalo batu & demamnya rada parah aku kasih obat dari dokter, biasanya cepet turunnya.. gak tau ya kalo di China...
Kalo anget dikit aja sih gak kukasih obat, takutnya malah ketergantungan :(

Btw, Smarty itu keponakan ya, Ci?

*duhhh, biar deh aku panggil Cici, soalnya udah kebiasaan manggil yang lebih tua dengan embel2, gak sekedar nama hehehe.. bagiku terkesan gak sopan gitu :D*

yendoel said...

iya, mamaku juga suggest kasih vicks. mau coba cari di toko obat. Smarty itu ponakan, anaknya koko suami. di china tuh, anak kecil sakit rs sering nyuruh infus. justru kalo dari kecil sering infus, si anak jadi tergantung, obat2an yang diminum jadi gak mempan.

Caroline Sutrisno said...

kesian banget si smarty...
padahal kemaren juga blom lama sembuh kan?
klo di sini suka pake rebusan blimbing sayur, lengkap dengan bunga dan daunnya (sedikit aja)...
mungkin smarty alergi sesuatu??

Kevin Lau said...

Di sini kalau kevin batuk pilek gitu di bawa ke dokter swasta spesialis anak, habis itu dikasih obat sembuh deh.
tapi gak pakai infus segala, dokter rs di sini gak suka pakai infus, dulu si Kevin keracunan muntah terus tdk ada makanan yg masuk selama 24 jam, tetap aja gak dikasih infus, dokter cuma cek apa dia kekeringan/benar2 butuh ga, kalau butuh baru iya.

kasihan smarty, moga cepat sembuh
pilek gitu ga boleh minum dingin lagi, makan gorengan.