Friday, September 19, 2008

Gempar di China: Susu bubuk beracun

Banyak media yang menggunakan istilah terkontaminasi, menurut saya sebenarnya istilah ini kurang tepat, memberi kesan ada unsur ketidaksengajaan. Padahal pencampuran melamine三聚氰胺 ini dilakukan dengan sadar dan sengaja
 

Sebanyak 22 perusahaan kedapatan memiliki kandungan melamine pada produk susu mereka. Dua di antaranya telah mengekspor produk mereka (brand
Yashili 雅士利 dan Suokang索康). Produk-produk pelanggar tersebut telah ditarik dari peredaran. Namun tidak jelas apakah produk ekspor juga mengandung melamine. 

Susu formula (suform) merk Sanlu (tiga rusa) merupakan pelanggar utamanya; pencampuran melamine terdeteksi sebesar 2563mg/kg susu bubuk. Bandingkan dengan juara 2-nya, brand Panda Kebao, ‘hanya’ 619mg/kg dan juara tiganya Shengyuan Syntra dengan kadar 150gr/kg.
Sumber: http://hshcdm.blog.163.com/blog/static/95838122008817051182/  


Penambahan melamine ini bertujuan agar saat suform dicairkan akan berkesan kental (*kaya protein*). Melamine merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik, lem dan pembersih. 

Sebenarnya kasus ini sudah tercium sejak bulan Maret lalu, namun ada KKN di baliknya. Sehingga baru gempar sekarang ini. Sudah tercatat ada 19 orang yang ditahan karena dugaan melanggar UU keamanan makanan, sementara lebih dari 70 orang diperiksa; termasuk walikota dan wagub propinsi Hebei.  

Sampai saat ini sudah
3 bayi meninggal. lebih dari 6000 bayi sakit ; sebagian besar telah sembuh, namun lebih dari 1000 bayi masih dirawat, di antaranya hampir 160 bayi menderita batu ginjal akut !!!

Ribuan ton suform sudah ditarik dari pasaran.  Pemerintah di seluruh wilayah china membebaskan biaya perawatan bagi bayi yang terbukti menderita sakit akibat suform beracun ini. pemerintah juga menurunkan sekitar 1400 tim pengawas ke setiap industri susu. 
 
Crystal sampai dengan usia 3 tahun, suformnya brand Dumex. so far gak kedeteksi menggunakan melamine. baru 2 bulan lalu beralih ke Wyeth
sementara Qiqi saat ini mengkonsumsi ASI dikombinasi dg Dumex juga.

kita pun biasanya kalo membuatkan suform selalu dengan kadar air berlebih, gak pernah menuruti takaran anjuran pabrik. karena takaran anjuran produsen biasanya susu jadi lumayan kental. sinisnya sih kita bilangnya: tujuan produsen kan supaya susunya cepat habis dan cepat beli baru lagi. sehingga nilai penjualan produsen bisa tinggi. 

sebenarnya peracikan suform yang kental gampang menimbulkan panas dalam pada anak, berakibat saat poop jadi keras, susah keluar (dari pengalaman dan pengamatan terhadap Crystal dulu).


disarikan dari berbagai sumber.  

8 comments:

veny said...

wah Yen ..
kalo di Indo udah sering ini/itu "terkontaminasi" meski bener katamu istilah itu ga tepat .
susu udah juga , yg lagi grees "daging limbah Htl" itu sampah daging2 bekas Hotel dibeli n diolah lagi trus dijual edan ga ???!!!
jadi daging2 yg bekas makan tamu or rusak trus udah masup tongsampah diambil lagi , edannn !!! serem ! tapi nyata ada .

Ninis said...

Bener2 keterlaluan!! Salah satu bentuk egoisme manusia, menempuh segala cara meski merugikan masyarakat yang penting kantong pribadi tebelll...
Untung ketahuan & segera ditindaklanjuti!
Duhhh, dunia makin tua kok manusia makin gak sadar ya.. Makin ngawur aja!

Aku ikutin beritanya disini. Rame banget, selalu jadi headline. Yang terbaru, korban meninggal 4 anak :( Kasihan banget ya..

Iya bener, Ci.. kalo terlalu kentel susunya, pupup anak jadi susah..

mom4kids said...

aku juga berita ini di koran pagi Yen , keterlaluan bgt hal keik gini sampe terjadi .

padahal melamine bisa menyebabkan gagal ginjal utk baby ..

thanks infonya utk asma ya :)

oh ya , aku tinggal di Belanda Yen ..

Caroline Sutrisno said...

yen, emang dumex juga mengandung melamine yah?? duh, serem... berita yang beredar disini, es krim walls juga mengandung susu dari china itu... kok mereka tega yah meracuni konsumennya... *sigh*

yendoel said...

dumex nggak ah ...so far gak kedeteksi sama sekali.

Since-Yen said...

iya nih britanya nyampe di sini juga.

TotaLuki said...

Yen.. aku baca di kompas koki katanya wyeth yang pabrikan Cina juga ada melaminnya lo.. wah ngeri amat..

yossy said...

jadi kalo disana bener2 diberitain ada unsur "kesengajaan".. hebat deh.. maksud gw kalo mmg produsennya mmg salah yg ungkapin sekalian gitu

coba kasus susu di Indo, sampe mentri kesehatan dituntut untuk ungkapkan merk yg bermasalah itu lewat pengadilan.. bener2 bisnis yg bicara, untuk supaya produk yg udah beredar habis dulu baru, dibuka namanya... ck.. ck.. ck..

produknya antara lain nih, permen m&m, oreo stick wafer, snicker coklat.. hm, pernah gw beliin anak2 gw juga tuh *nyesel abis*