Thursday, September 25, 2008

sistem pemargaan di china

awal-awal menetap di china, banyak sekali marga yang belum pernah kedengaran namanya selama berada di indo dulu. Di indo yang paling sering kedengaran kan Lim, Wong, Tan ... ini dari dialek tiochiu, hok-kian. Adalagi Lau, Cheung, Lai, Kwok, Chan .. ini dari dialek cantonese (biasanya dipakai orang hongkong.. misal Andy Lau, Jacky Cheung, Leon Lai, Aaron Kwok, Jacky Chan)

mandarinnya:


Lim = Lin  (artinya hutan



Wong = Huang (bukan Wang), artinya kuning 



Tan atau Chan = Chen, artinya menyusun, menampilkan, menjelaskan




Lau = Liu




Cheung = Zhang, artinya lembar 




Lai = Li (ini bukan Li yang mayoritas)




Kwok = Guo



Lidah dah keriting belom?


Sistem pemargaan ini sudah dikenal sekitar 5000 tahun lalu di china.
sistem pemargaan ini disebut xing-shi 姓氏.

asal mulanya xing adalah pemargaan menurut pihak perempuan (matrilineal) .
baru kemudian muncul "shi" pemargaan menurut pihak laki-laki (patrilineal) .

sekarang ini pemargaan lebih banyak menurun dari ayah. namun ada juga yang memberi nama anaknya menggunakan marga ibunya. ada pula yang memberi nama dengan huruf pertama marga sang ayah, huruf kedua marga sang ibu, atau sebaliknya.

adalagi, jika pihak lelaki "dibeli" pihak perempuan, anaknya akan ikut marga ibunya. ini biasanya terjadi karena sekarang tiap keluarga hanya boleh memiliki 1 anak, supaya anak dari anak perempuan tetap bermarga keluarga perempuan, maka terjadilah sistem "pembelian" ini. 
 

saat dinasti ming, tercatat ada 438 marga (408 marga satu huruf kanji, 30 marga dengan 2 huruf) . sementara saat dinasti qing, tercatat ada 504 marga (444 marga dengan satu huruf, 60 marga dengan 2 huruf; misalnya ou-yang, si-ma, si-tu, dll.)

li李、wang王、zhang张、liu刘、chen陈 adalah 5 marga terbesar dari segi jumlah populasi suku han. (li = 7.9%, wang = 7.4%, zhang = 7.1%)

504 marga bisa dilihat di sini. kalo huruf kanji gak keliatan, ada dalam kurung dengan pinyin (ejaan huruf latin).

di samping itu, ada lagi ribuan marga dari suku-suku minoritas.
di China total ada 56 suku, Han sebagai suku mayoritas di samping 55 suku minoritas lainnya.  

kalo di western, kita kenal surname seperti Brown, White, Black ... di sini juga ada marga-marga kayak gitu …

marga dengan 1 huruf, misalnya: 
shui = air
mi = beras
tang = kuah
chai = kayu bakar

qian = duit, uang
fu = kaya
fei = biaya, ongkos
yuan = yuan, duit, dollar

niu = sapi
yang = kambing
xiong = beruang
long = naga
yu = ikan
wu = gagak
yan = burung wallet
chao = sarang burung
ma = kuda , ma ini banyak dipergunakan kalangan muslim (suku Hui) diartikan = Mohammad

huang = kuning
lan = biru
bai = putih
hong = merah

yun = awan
hua = bunga
ye = daun
song = cemara
sha = pasir
shan = gunung
kong = angkasa, kosong
lei = guntur
jing = sumur
tian = ladang, sawah
qiu = autum
xia = summer
jiang = sungai
chi = kolam
nong = petani    
dong = timur
zuo = kiri
you = kanan
hou = akhir
tong = anak2
pi = kulit
niu = kancing
che = mobil 

marga dengan 2 huruf, misalnya: 
ou yang, si ma, si tu  (yang lumayan populer) 
xia-hou = after summer
dong-fang = arah timur
bai li = hundred miles
nan men = pintu selatan
dong men = pintu timar
xi men = bintu barat
yang she = lidah kambing

margaku ding, bacanya ting .. seperti pada tinggi. 


sementara marga keluarga suami adalah Liu (Lau). 
malah di rumah ada tuh buku silsilah marga Liu, lebih tebal dari buku setebal buku Chem Eng Handbook. sayangnya di buku itu gak tercantum namaku dan Crystal. padahal saat pendataannya, nama2 kami sudah diserahkan. 


kamu marganya apa?  

18 comments:

Ninis said...

Keluarga Ci Yenni marganya apa?

yendoel said...

keluargaku marganya Liu (atau kalo dialek cantonese Lau .. sama dg Andy Lau itu lho ..huehehehee...)

Kevin Lau said...

si kevin papanya juga marga 劉,
di hk juga cukup banyak yg bermarga lau ini.
kalau aku sih bermarga - 湯 = thong

yendoel said...

kalo mandarinnya Tang , yang artinya kuah..hehehehe..

e v i said...

Marga...T, pengarang novel pop, apa ayo marga benernya?

bebek said...

ooohhh yendoel tuh bininya andy lau tohhhhh

yendoel said...

huahahaha,,, andy lau tuh cucunya suamiku...hehehehe

Caroline Sutrisno said...

huaaa... jadi si andy lau itu cucunya suami lu ya, yen?
salam yahh... hihihi. jaman dia jadi yoko yang bersuku han di serial return of the condor heroes gw nge fans sama dia lohh... hehehe...

Caroline Sutrisno said...

gw mo print ahh arikel nya soalnya anak gw yang kelas 7 kemaren pelajaran mandarin nya lagi nge bahas ttg marga2 jugak... :P

Lily said...

Jalan2 mampir ah....
pengin tau tentang marga2 juga,
marga gw Lim...

Btw 'lam kenal yach..!!!

Ratu Dewi kartika atau Dewi Ting said...

Gue juga bermarga 'Ting", adakah yang bisa mengetahui dan memberiku info tentang asal usul atau silsilah d sejarahnya Marga 'Ting" karena katanya di china sendiri silsilah dan keturunan sangat dicatat dan dituliskan sehingga jika ada yang ingin mengetahui darimana dan keturunan siapa maka kita bisa mendapatkannya? gue bener-bener ingin tau nih!

yenni 'yendoel' said...

hallo Dewi. kapan2 aku cari tau yah... tapi gak tau bisa ketemu gak.

Cici Dimarzio said...

permisi ai.. mau tanya.. marga papa kan liao, itu sama gak sama liu? soalnya cece saya pernah bilang liao itu hokkiennya, kalo mandarinnya liu..

Anonymous said...

Artikel yang sangat bagus, marga saya 房(fang), penasaran dengan sejarah marga fang(房).... Umumnya marga fang yg di bahas adalah fang-方 jadi agak sulit menemukan sejarahnya...

ellen osi said...

cik, nama cina perempuan yg artinya bulan purnama ada ? yang bagus buat marga Tan.

Titi Sandy Putra said...

Kalau marga poek apa artinya? Sangat langka marga saya

Titi Sandy Putra said...

Kalau marga poek apa artinya ? Sangat langka marga saya

Titi Sandy Putra said...

Kalau marga poek artinya apa ? Langka sekali marga saya ,xie xie