Thursday, September 11, 2008

kalo manggil .. mikir dulu

baru-baru ini belajar lagi satu hal: kalo mau manggil orang mikir2 dulu.

ada tukang cuci piring di kantor kami (outsource dari perush jasa catering), kalo dilihat umur2nya kira2 50-an. malas aja bersosialisasi dg orang satu ini, soalnya orangnya jutek terus suka gak nanya2 dulu, belum selesai makan baki makanan kita udah diangkat. Apalagi belakangan kita udah nerapin kebiasaan habis makan baki ditaroh sendiri ke tempat baki bekas. Jadi makin gak kontak langsung ama dia.

Udah beberapa hari dia gak masuk dan tukang cuci piringnya ganti orang. aku tanya sama yang tugas jatah lauk, ke mana tante satu ini, dijawab, "dia pulang kampung, gak kerja lagi karena hamil."
Haaah?! aku langsung kaget dan nanya: Emang umurnya berapa?

jawab si mbak-bagi-jatah: "dia tuh umurnya hampir sama dengan kamu lagi, kamu kok panggil dia tante." Ternyata yang aku panggil tante itu umurnya 41, gak sampai 10 tahun lebih tua dariku.

Ah.. pasti dia bete dipanggil tante, wong dia sebenarnya masih muda. Tapi su-er, asli kita2 semuanya pada nyangka umurnya 50-an.

jadi belajar satu hal lagi, di sini kalo gak sure orang bersangkutan umurnya berapa, kalo kelihatan agak tuaan dikit, panggil da-jie, kalo kelihatan agak muda, panggil xiao-da-jie.
da = besar (baca: ta)
jie = kakak perempuan (baca: jie)
xiao = kecil (baca: shiao)

sebenarnya biasanya juga aku panggil da-jie atau ah-jie. Tapi sama yang satu ini manggilnya a-yi (tante) gara2 teman2 kantor pada manggil dia gitu. aku mah tadinya nunut aja.

bisa ngerasain deh perasaan dia. soalnya tahun lalu waktu lagi hamil 4 bulan-an, di pesawat ada mahasiswa yang mau nanya sesuatu dan manggil "tante.."

hueekss...!! agak shock dan keki juga .. apa penampilanku udah kayak tante-tante banget yah ...? kalo krucil-krucil yang manggil tante sih wajar ... hueeehehehe !


gak kayak di indo yah.. manggil mbak, jeng, ibu gak membuat orang merasa terlalu dianggap tua.

5 comments:

Caroline Sutrisno said...

hahaha... sama. gw juga paling sebel kalo dipanggil tante sama orang laen. klo anak2 sih oke2 aja tapi klo sama mahasiswa? oh no... gw aja masih berasa mahasiswa! hihihi...

mia said...

gw juga paling sebel deh kalo dipanggil2 tante berasanya kaya tante girang aja, ketauan gw dipanggil ibu aja rada berwibawa..yang lebih eneg lagi kalo gw dipanggil Krisdayanti, wong gw khan Jenifer Lopez he he he

Since-Yen said...

Pertama kali aku disapa "ibu" shoknya 3 hari penuh bow!!!!
Pernah juga disapa tante ama seorang murid divingku, hancur minaaah... binun, ehh ternyata itu malah panggilan hormat di daerah sana. hihihi...

Ninis said...

Hiahaha.. mungkin si tukang cuci piring jutek karena dipanggil begitu :))

Atau, karena bawaannya jutek, makanya keliatan lebih tua hehehe..
So, keep smiling biar awet muda :D

e v i said...

ha...ha...!!!

emang harus pintar2 "manggil" ya, apalagi kalo di lingkungan masyarakat yg peduli "pangkat panggilan".

Kalo pas lagi ada maunya, dulu gua manggil "non cantik" or "abang cakep"...