Monday, August 11, 2008

Crystal sakit

Rabu dan Kamis lalu Smarty –cousinnya Crystal sakit FCF (fever-cough-flu).
Siangnya, Oma nyuapin Smarty dan Crystal mie. Pakai sumpit dan sendok yang sama, ganti2an.
Kata Opa, “gapapa, kan batuknya karena radang. gak menular.”

Oaaalaaaa.. batuk dan pilek di mana2 tuh nular, Pak! Tinggal yang bersangkutan ketahanan tubuhnya gimana. Kalo anak kecil mah, biasanya paling rentan untuk urusan tular menular gini.
Smarty sakitnya makin parah, paginya, begitu bersin, ingusnya tebal, dan panjangnya mencapai 10 cm.

Dengan yang tadi malam, total dah infus 4 hari (kira-kira 2 jam/hari).
Semalam katanya meler dan mimisan agak banyak.
Aduuuh .. kasian banget si Smarty! mesti 4 kali ditusuk jarum infus.
Selain itu juga mesti makan beberapa jenis obat.
Nih anak emang rada gampang sakit sejak dulu.

Crystal yang tadinya sehat-sehat aja .. yah.. tertularlah! FCF juga.
sabtu siang muntah 2 kali. Terus demam dan diberi penurun panas.
Begitu demamnya reda, eh.. udah ceria lagi. Bilang ke omanya, “Oma, aku dah sembuh!”

malam demam lagi. Minum 2 jenis obat, karena berturutan, muntah lagi.
demamnya sekitar 39.4 derajat.
Suami langsung panik bilang besok mesti infus ke klinik kecil dekat rumah.
Aku dah sering ngadepin kayak gini. Kali ini memilih diam aja, daripada ujung2nya beradu mulut.

Setelah makan bubur lagi dan sehabis tidur beberapa saat, diberi lagi obat penurun panas.
Paginya kita bawa ke RS provincial, aku gak setuju berobat di klinik, ala kadarnya. Apa2 langsung suruh infus. Justru itu yang pengen aku hindari.

demamnya mencapai 40 derajat. Suami minta infus ke dokternya.
Lega banget rasanya waktu setelah test darah, dokter bilang,
“gak ada guna infus. Efeknya sama aja dengan makan obat.”
Suami tuh kawatir dia muntah terus, gak ada asupan makanan.

Jadi hari minggu, aku full urus si Crystal dari makan sampai minum obat.
Dia tuh sempat muntah sekali, gara2 oma maksain minum obat yang dia tolak.
Oma-nya sampai marah-marah. Oaaalaaah ..!

Crystal tuh gitu kalo makan obat. Gak bisa dipaksa. Kalo dipaksa, hampir pasti bakal muntah.
Jadi mesti sabar-sabar, bujuk-bujuk, nego-nego dulu ama dia.
daripada apa yang udah susah payah dimakan malah keluar lagi.

hari ini juga agak siangan ngantor (ambil jatah cuti menyusui). Urus dia makan dan minum obat dulu. Pagi dia udah main dengan ceria bersama Smarty.

Terus Qiqi tuh diupayakan dikarantina dari kedua kakaknya itu. kasian .. Qiqi jadi gak ada tempat hanging out.

Gua benar2 berharap Smarty itu jangan gampang sakit. selain karena sering nular...
kasian banget lihat anak sekecil itu sakit2an mulu. makan obat mulu.

Dia tuh sakitnya banyak .. umur 2 tahun udah menjalani operasi testis karena agak besar.
Terus waktu tahun baru imlek Februari 2008 (berumur nyaris 2.5 tahun), gak tahu kenapa, usus kecilnya masuk ke dalam usus besar. Jadi pengobatannya dengan cara mengalirkan air lewat anus. Sampai tiga kali baru berhasil keluar.
Kebayang gak penderitaannya?!!!
saat itu aku lagi di kampung halaman, setelah balik sini dan dengar ceritanya sampai nangis.

Dan Smarty itu bener2 tabah!
Makan obat juga jarang2 ngeluh, pahit pun ditelan dengan tabah. kadang2 nolak juga sih. tapi lebih gampang dibujuk soal minum obat.
Terus belakangan katanya dia juga kena asma.


Aduh nak .. kenapa kamu harus menderita gini yah!
kalo aku masih punya ekstra energi, biar aku aja yang ngerawat dia sehari-hari.

Selain itu juga suka kasian .. mak dan bapaknya tuh kalo hari kerja suka pulang malam banget.
Sering ada acara makan di luar.
Kadang dia suka nyeletuk, “kok mamaku belom datang. Kok papaku belom datang.”
Oma tuh kadang kalo bete juga suka nambahin, “papa mamamu gak mau kamu!”

Aku kadang suka negur si oma, supaya jangan ngomong kayak gitu. Kasian, kan anak kecil, takut psikisnya tidak tumbuh dengan sehat.

4 comments:

Since-Yen said...

Doh... semoga cepat sembuh ya Crystal en Smarty. En semoga Qiqi 'gak ikut2an tertular ya.

yossy hamdan said...

Yen, makasih resepnya, kalo disini oyong juga banyak kok.. cm baru tau tuh resep gitu.. iya kasian smarty yah, sering sakit2an, adekku jg nitip anaknya dijagain mama, kalo kecapekan si mama suka ngomel kek ke anak gede, kalo denger jg dibilangin, walo bete tp hati harus dingin ya.. smua perkataan kita bakal terus keingat anak2

Ian's mom said...

kasihan banget aku bacanya, semoga cepet sembuh ya... jangan sering2 sakit...

Caroline Sutrisno said...

kecian juga yah si smarty. dia terpaksa tabah. jadi miris baca ceritanya. palagi smarty kudu menjalani itu semua tanpa mak bapak disampingnya.

aduh, oma jangan ngomong gitu deh, tar direkam sama smarty loh. bisa2 dia membenarkan itu besok2nya. kesian kan klo dia merasa tertolak gitu.

semoga crystal dan smarty cepet sembuh yah, yen...