Sunday, September 28, 2008

rencana berhenti asi .. kegunaan lain asi

rencananya mau stop asi pada minggu ke-4 bulan oktober. karena pada saat itu kudu tugas seminggu ke luar kota. kayaknya memang udah saatnya juga, asi-ku juga udah makin lama makin tipis. 

dulu kalo peras, walaupun gak banyak, masih bisa dapat 100-120cc. sejak dinas 4 hari keluar kota juli lalu, langsung turun drastis, satu kali peras paling banyak dpt 40-50cc. sedih juga ..!!! padahal selama dinas, tetap diperas. ternyata emang beda kali yah antara diperas dan diisap langsung oleh si kecil.

manfaat lain
tetangga mama saya yang di jambi, keempat anaknya kala bayi mata selalu disemprot asi, ngikutin saran seorang nenek tua. sampai dewasa, gak satu pun anaknya yang berkacamata. padahal sering menggunakan komputer. gak ada salahnya dicoba lho! selama 5 bulan pertama, Qiqi matanya sering diteteskan asi. belakangan udah susah ditetesi, soalnya Qiqi udah lincah bergerak atau mengelak. 

mak mertua pernah sekali dua kali mencoba sisa minumnya Qiqi (asi perasan) buat netesin matanya. aku juga pernah rasain sendiri, emang mata jadi berasa lebih fresh.
mata merah (sakit mata) juga cepat sembuh setelah ditetesi asi.

sayangnya Crystal gak mau tiap kali kalo maknya mau netesi matanya dengan ASI. langsung kabur! 

Crystal waktu kecil mukanya sering diolesi asi. makanya, biarpun kulitnya rada item kayak maknya, tapi kulit di mukanya lumayan putih.  

kalo ASI perasan berlebih, daripada dibuang, bisa digunakan juga untuk mencuci muka. 

8 comments:

Ian's mom said...

baru tahu ini Yen guna ASI seperti itu... setahuku kok kulit bayi begitu kena susu jadi merah2 mrintis2 gatel... lha kalau dibuat cuci muka apa ngga tambah gatel yah ?

yendoel said...

oh ya,lupa..ada bayi yg emang kulitnya sensi. kalo anakku 2-2nya kulitnya sih bebal..kena asi gak merah2.

bebek said...

bagi dong asina buwat cuci muka :)

Since-Yen said...

Bikin kriput ilang 'gak?

Cicha Mamanya Shaina said...

wah.. seru juga nih.. sisa perasan asi bisa jadi obat tetes mata n sabun cuci muka hehehe..

nyoba ah.. tapi kok gimanaaa gitu ya.. wehehe..

Gildo said...

Salam untuk orang C.B.I (Chinese born in Indonesia).
Anak2 cakep2 betul.
Salam kenal juga.

Caroline Sutrisno said...

wah, baru tau nih kalo asi bisa menyehatkan mata... sayang pabrik asi gw ud lama tutup nih... heehehe...

Ninis said...

Sama kayak Jeng Caroline, pabrik ASI ku dah tutup nih hehehehe...
Pengennya sih aku buka lagi, tapi masih ragu2 :D