Saturday, September 27, 2008

Angie 10-month

tinggi 74 cm. berat 8kg. lingkar kepala (*belum diukur*) 

baru nyadar, Qiqi banyak ketinggalannya dibanding Crystal baik pada saat 9 bulan atau 10 bulan. walaupun tau semua bayi punya milestone yang beda-beda. 
yah, maknya nyadar kalo diri sendiri suka kehabisan energi buat ngajarin atau ngajakin ngomong sesering2 mungkin. dulu kan Crystal cuma sendiri, jadi mama full time buat dia, gak terlalu capek. selain itu, grand-auntie yang jagain Crystal juga suka banget ngajak Crystal ngomong.  

banyak banget utang mama yang dulu Crystal bisa, tapi belom mama ajarin ke Qiqi, seperti hi-five, kiss-bye, left and right, gerakan menghormat, angkat tangan dan bilang "dao" (*hadir*) kalo dipanggil namanya. wah.. banyak hutangnya nih ke Qiqi~ ~~! 

masih doyan narik rambut siapa saja, bahkan termasuk rambut boneka cicinya.  apalagi saat nyusu atau saat guling-guling mau tidur.  

tahu barang2 baru seperti tv, AC, kipas angin, kaki, sepatu, strawberry, lampion. 

mengangkat gagang telpon dan diletakkan ke kupingnya, kadang sambil bilang, "papa..papa..". atau jari2nya memencet2 nomor telpon. sama hp jg idem, suka ditaroh ke kupingnya. jadi kita kasi maen hp yang sudah rusak. kalo hp beneran kan ada radiasinya.
kalo pas babehnya nelpon maknya ke hp, manakala mak sambil gendong Qiqi, Qiqi tuh langsung mendekatkan mulutnya sendiri ke arah hp dan bilang, "aaa...aaa...". 

 

7-Sep
hari minggu lagi digendong opanya, begitu oma nongol ke ruang tamu, dia langsung melambai-lambaikan tangan ke omanya mengisyaratkan, "sini..sini .. gendong aku."


9Sep

tumbuh gigi ke-5. 

berdiri sendiri (dari duduk) tanpa memegang benda lain dan berdiri sekitar 3 detik, terus jatuh keduduk. 

hari ini udah tau mama kalo ditanya. sebelum2nya, semua orang rumah kalo ditanya.. dia tahu dan bisa nunjuk, kecuali satu orang .. mamanya. soalnya mama yang suka gendong dia sambil ngabseni (sambil nunjuk juga) orang rumah satu per satu. berhubung kalo ditanya mama mana..dia gak tau. akhirnya kadang mama gendong bercermin, terus sambil nunjuk diri sendiri, dan bilang, "ini mama...ini mama..." 


20 Sep 

tumbuh gigi ke-6. 

resmi manggil mama! (*senang banget deh mamanya*) . kalo Qiqi manggil, mama langsung nyahutin, "Eiii...!" 

udah bisa berdiri tanpa pegangan nyaris 10 detik. 

kalo mama pulang kerja, ke kamar dulu, naroh tas, ganti baju... Qiqi dalam gendongan oma, dia mengarahkan tangannya ke kamar, kadang sambil bilang, "mama...mama...".

kata opa, beberapa siang lalu, waktu lagi mau nyuapin makan nasi, Qiqi nunjuk2 ke sayur di meja, mau makan sayur yang ada di meja. hehehehe.. gak mau die kalo cuman nasi putih doang. 

tepuk tangannya udah bunyi, tapi masih kecil suaranya.

qiqi juga bisa merangkak dari sofa, dan manjat pinggiran sofa yang buat naroh telpon. terus berdiri. habis itu ngacak2in barang2 yang ada di atas lemari sepatu. 

kalo udah gak mau di baby walker, dia akan mendekati mama atau oma, terus narik2in celana kami. kalo pas mama lagi pakai celana daster, dia akan menariknya terus2an, kalo dibiarin celana mama bisa melorot. 

kadang nakal..suka sengaja membenturkan kepalanya ke kepala mama, habis itu dia ketawa-ketawa senang. 

sudah bisa disuruh nyium mama

kalo lagi minum obat, begitu lihat cangkir ukur, dia langsung tau mau dikasih obat. mulai meronta. belakangan ada satu obat bau strawberry. kalo lagi mau, tadinya meronta, begitu mama bilang minum strawberry, langsung berhenti meronta, terus minum seteguk demi seteguk dari cangkir ukur. habis minum, malah ketawa ..  

bolak-balik lembaran pada buku. pas lihat huruf yg tulisannya agak gede, ditunjuk satu per satu sambil bilang, "aaa ...eee..." seolah dia lagi baca. lucu kalo lihat gayanya itu. 

bisa mengangguk kalo disuruh. belum ngerti artinya "geleng". 

bisa minum dengan cangkir, tanpa terlalu banyak ngalir keluar. 

jelas2 menolak dengan menepis dengan tangannya kalo gak mau sesuatu.

kadang kalo cicinya lagi reseh ke dianya, dia juga seperti mau berantem dengan cicinya (*kayak menggertak atau gregetan gitu..sambil bilang .. "heeeh...!"*).  juga dah tau rebutan mainan/barang dengan cicinya. 

kalo disuapin, suka gak sabaran, langsung narik lengan mama yang lagi niup2 bubur, sendok langsung diarahin ke mulutnya. makannya bubur semangkok! 

masih senang nyabutin kacamata mamanya. tapi sudah mulai bisa untuk makain kembali. tapi masih nyantel asal2an ke hidung mamanya. 

mengarahkan remote control ke tv. 

kalo dengerin musik / lagu/mama nyanyi, kalo dia lagi duduk, dia akan mengangguk2, tapi kalo dia  lagi, dia akan menggoyang2kan badan / pantatnya. 

sama kayak cicinya dulu, kalo kepegang tusuk gigi, mau dicolokin ke giginya oma.

kalo pegang sisir, langsung mau nyisir.

kalo kepegang pakaian, celana atau segala bentuk kain2an, langsung diarahin ke kepalanya seolah2 mau memakai baju. 

suka main pick-a-boo dengan kain2an, selimut atau gorden. 
masih suka menggerogoti segala benda yang kepegang dan masih suka masukin jari ke mulut. 

pernah suatu kali oma ngajak dia jalan2 ke taman, eh, dia nunjukkin mau ke tempat yang ada kuda2annya, akhirnya oma ngasih dia naik kuda2an 2 kali. 

bukan mau banding2i, tapi emang beda.
Qiqi makannya jauh lebih okeh, 70% lebih cepat dan gak serewel kakaknya. kakaknya pada usia 10 bulan dah bisa melepehkan makanan yang dia tidak suka. kalo qiqi kayaknya apa aja juga dimakan. *semuanya enak yah, nak!* 
terus kalo nyusu, belom pernah sekalipun gigitin maknya. tapi selalu menjambak mamanya (*mamanya mulai cemas...bisa merangsang kebotakan gak yah?*) 

2 comments:

Ninis said...

Children are really amazing!
Melihat perkembangan mereka tuh bahaginya gak bisa dibandingkan dengan apapun ya..

Tiap anak memang beda kok, Ci..
Aku juga lihat banyak bedanya anak2ku. Tapi masing2 punya kelebihan & kekurangan yang membuat mereka tetap amazing!

Moga Angie sehat terus yaa.. :)
Bagus banget kalo doyan sayur, sama kayak Jessica :)
Crystal = Florian!
Hahahaha..

Caroline Sutrisno said...

setuju sama ninis...
nyenengin banget qiqi makannya gampang. ankku tiga2nya susah semua makannya. tapi waktu dah gede untungnya ga susah makan dan ga pilih2 makanan... hihihi

kok ga ada foto terbaru qiqi, yen?