Saturday, June 27, 2009

bukan mama seperti itu

crystal dah dua kali ikut kelas guzheng.
kelas dengan 1 guru-2 siswa.
siswa satunya lagi namanya Wen-wen.

seminggu kemarin sama sekali tidak membawa crystal ke tempat les untuk latihan karena sakit. sementara, Wenwen tiap hari dibawa mamanya untuk latihan. salut juga dengan mamanya yg bisa meluangkan waktunya. tempat lesnya ini memberi kebebasan untuk datang latihan kapan pun, gratis.

minggu kedua ini aku lihat Wenwen dipukul mamanya saat kelas berlangsung.
aku puji Wenwen, "metiknya sudah bagus lho!"
mamanya bilang, "saya pukul kalo gak bener."

haduh !!!

kami memang beda haluan.
aku bukan mama seperti itu.
aku tidak bermaksud menjadikan crystal seorang juara.
crystal ikut kelas guzheng pun setelah berulang-ulang ditanyain dulu, apa dia tertarik, apa dia suka, apa dia mau. setelah kelas pertama pun, masih ditanya berkali-kali (buat mastiin), apa dia suka dan mau.

crystal diikutkan kelas musik ini dengan tujuan supaya pertumbuhan otak kiri dan kanannya bisa lebih seimbang. itu saja.
eh, ada sih alasan lain .. karena mamanya senang dengar musik guzheng, indah.

tapi yang terpenting dari semuanya, asal crystal happy dan enjoy saat menjalaninya.


tetanggaku depan pintu juga punya pikiran yang sama: yang penting anak happy dan enjoy. tapi anak tetanggaku lebih padat kegiatannya kala weekend: kelas menggambar, kelas biola dan kelas sastra kuno.

weleh.. weleh.. maknya crystal mana punya waktu sebanyak itu nemeni Crystal les ini les itu. di rumah masih ada Angie yang butuh ditemani dan diajak main juga.
lagian .. kasian kalo kebanyakan les.
biarlah crystal main dengan mama dan adik di rumah saja.


sebenarnya crystal masih punya banyak hobby atau kesukaan lain: menggambar, menyanyi dan menari, prakarya, membaca, menulis, dan berhitung.

10 comments:

Y u L i a said...

bener, emang mesti anaknya juga enjoy, kalo engga kan kesian juga dipaksa buat jalanin, jgn2 karna dulu ortunya ga kesampaian trus pelampiasan ke anaknya...
aku juga kasih kebebasan kok buat anak aku milih, kadang malah kalo mau ikutin kursus, aku minta trial dulu beberapa kali biar tau anakku bener2 minat ato engga :)

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

Yen.. aku baru baca comment comment kamu di postingan yang terdulu..tahun 2006, makasih ya sudah ninggalin comment.. duh nyempetin banget.. jadi terharu :)

Iya..kita ikutin mereka semuanya karena ingin ngenalkan mereka macam macam dan sesuai kesukaan mereka, kalau mereka ikut les tapi nggak enjoy ya sama aja nyiksa anaknya kan..
Trial class memang membantu banget ;)

Y3nn1 said...

Memang sih seharusnya anak2 jangan dipaksa begitu yah. Musti sempurna dan tampil juara...kasihan anak2 bebannya banyak banget cuman demi membanggakan ortu.

Wulinarian said...

Iya jadinya kelas guzheng kan biar Crystal bisa coba2. Kl makin dipaksa, anak makin stress, yg ada jadi ga suka.

Desy Noer said...

Setuju! anak-anak digituin (ditarget mesti bisa n juara) bisa-bisa malah jadi stress, bukannya jadi seneng n pinter.
Hmmm.. sedih juga ya gak bisa meluangkan waktu lebih banyak lagi buat menemani/mengarahkan anak-anak kita mengembangkan kreatifitasnya. Tapi gak papa mom, satu satu aja dulu yang penting kontinyu dan kualitasnya oke. daripada banyak les ini itu tapi kurang bagus penyerapannya misalnya, kan rugi juga.

Natazya said...

anak kecil sesuai Crystal belum boleh diberi beban yang seperti itu.. memang mereka masih di usia bermain kok... wajar sekali kalau masih lebih senang bermain main segalanya

orang tua suka lupa buat belajar jadi orang tua sebelum benar benar jadi orang tua.. itu yang banyak salah...

eliza said...

kelas guzheng itu apa Yen?
analisanya kalo org tua itu terlalu berambisi, merekanya merasa ada yg kurang dari hidup mereka sehingga anak2nya yg jadi korban ambisi mereka :)

lesca said...

setuju!
yang penting anak harus happy.
karena seharusnya, apa yang bikin anaknya happy, itu juga yang bikin ortunya happy kan?

di sini juga banyak yang kayak gitu jeng. anak2 dipaksa untuk berprestasi. biar ibu2nya bisa narsis...

Ian's mom said...

Hal yang kayak gitu itu yang sering aku temui. Ortu yang punya ambisi, anak yang jadi korban. Aku jadi keinget Michael Jackson, korban bapaknya sampe kayak gitu... duh amit2... sukses sih sukses, itu harapan dan cita2 bapaknya, tercapai ... tapi anaknya jadi punya kepribadian aneh kebolak balik.

Sylvia, Jake and Matt said...

Untung jg gw gga punya mami kayak gitu. Jake and Matt jg udah kita tawrin mau les piano atau violin, mrk gga mau yah sudah deh....