Sunday, June 07, 2009

Angie 18 bulan

ketunda mulu untuk posting yang satu ini.

Angie sekarang sudah 1.5 tahun + 11 hari
kira2 10.5 kg + 80.5cm


bicara
sesekali bisa menggunakan kata "aku" dan"kamu"
mama, kamu duduk. nenek, kamu duduk. (sambil bawain bangku).wo yao = aku mau.
wo yao he nai = aku mau minum susu.
dao = roboh
o-bu! = oh no!
wo ai ni = i love you
wua-wa-zi = pakai kaos kaki (harusnya: chuan wa zi)
wua xie = pakai sepatu (sandal) (harusnya: chuan xie)
yao bao = mau gendong
hu-zi = celana (harusnya: ku-zi)
hua-hu-zi = pakai celana (harusnya: chuan ku zi)
yi-fu = baju
yu-dan-you = minyak ikan (harusnya: yu-gan-you).
da-jia-hao = hello, everybody! (apa kabar semuanya?) (21-May-2009)
jie-jie shui jiao = kakak tidur
ba-ba qi lai = papa bangun
zhao dao = ketemu (nyari sesuatu)
zhi dao = tahu
ling, yi, er, san, si, wu, liu, qi, ba, jiu, shi = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 (belum ngomong sendiri, masih ngikutin) tapi bisa nyambung habis 6, adalah 7,8,9.
cha ji = meja ruang tamu
ya-dao = odol (harusnya: ya-gao. dia belum bisa melafalkan bunyi 'k')
zhao-bua = celemek untuk makan (harusnya: zhao-gua)
yeye zhou le, mama zhou le, jie-jie zhoule = opa sudah pergi, mama sudah pergi, cici sudah pergi. (ngomongnya berentet)
wa an = selamat malam, selamat tidur
zhao an = selamat pagi
zhai jian = goodbye
kadang suka ceracau..ngomong asal. biasanya maknya yang nanggapin. kalo cicinya, suka ketawa geli kalo angie mulai menceracau.


masih seperti dulu
* masiiiiiiiiih aja mungut sesuatu di tong sampah dan dimakan! maren mungut corn-core, terus digigit satu gigitan. haduh!!! tobat deh nak!
* masiiiiiiiiih aja suka narikin rambut maknya. tobat nak..tobat...!!!
* gak usah ditanya, sejak dulu paling jago copot kaos kaki dan copot sepatu sendiri!
* suka ngelepas baju. jadi kita suka pakaiin baju secara terbalik biar dia gak bisa seenaknya nyopot kancing atau tarik resletingnya.

gak boleh orang senang
* kalo dia sudah bangun pagi2, yang lain belum bangun, dia akan datangi kamar satu per satu, manggil2, "cici..bangun. papa..bangun. nenek..bangun."

belajar dan gak suka pengulangan
* basically, kalo diajarin ngomong sesuatu, dia mau mengucapkannya. dan kali lain, dia sudah bisa menggunakan kata2 yang diajarkan.
* kalo ditanya nama masing2 orang, dia sudah tau. tapi cuman mau ditanya sekali, kalo ditanya ulang, dia dah gak mau jawab.

berantem dengan cicinya
* haduh.. kalo sudah panik .. misal lagi rebutan barang, cicinya bisa kena gigit! terhitung cicinya sudah kena gigit 3 kali. dan beberapa kali pencobaan penggigitan digagalkan oleh maknya. sambil ngingatin crystal, jangan rebutan barang sama adik,ntar kena gigit; kudu waspada, jangan sampai digigit adik.
* sudah bisa berantem dengan cicinya (keduanya saling pukul2an dg kedua tangan mereka) . kadang lucu juga lihatnya.
* kadang juga kalo lagi gak seneng/dilarang sesuatu, mukul maknya sambil pasang tampang 'aku sebel sama kamu'.


potty training
* boleh dibilang sudah hebat dan sudah layak lulus potty training. tiap pengen pipis, dia bilang, "niao-niao" terus dia bergegas duduk di potty, sesudah itu, ambil wash-lap buat lap pantatnya. hehehe! dalam sehari kadang2 1 kali dia kecelakaan, pipis pas lagi main atau lagi manjat di atas bangku mau ambil sesuatu yg letaknya lebih tinggi. tapi saat ini, sudah sering seharian, celananya gak basah sama sekali. pup juga kalo gak keburu, dia jongkok, habis itu, potongan kedua dia bergegas duduk di potty
* bisa plorotin celana dan narikin celana
* sehabis pipis, kadang potty suka dijinjing ke toilet dan dia main nuangi sendiri ke wc, lalu mau nyiram sendiri juga. kadang kena ke tangan sendiri, kadang kena ke celananya sendiri karena nuangnya belum bener. atau kadang dia nyuruh mama atau oma buat nuangi isi potty ke wc.
* kalo pas mau pipis, kalo dia pas nyadar di potty ada pipis sebelumnya, dia gak mau duduk, suruh kosongi potty dulu. baru dia mau duduk.

di video yang ini, celana udah dia plorotin dulu
video


perhatiin.. rompinya sengaja dipakaikan terbalik
di video ini, pas nuang isi potty, urine kena ke tangannya.
video

mau nyiram sendiri
video


learning process and doing by herself
* doyan mengenakan celana; hasilnya hanya bagian pinggang yang masuk, kakinya gak masuk (soalnya di sini celananya tipe yg ada bolong di pantat. mau segera beralih ke celana normal-tanpa bolongan-pantat). doyan mengenakan baju sendiri.
* apa2 maunya ngelakuin sendiri... dan mama biarin sih. selagi aman2 aja. misal, kalo misal makanan tinggal dikit, maknya nyendokin, eh, dijatuhin dari sendok, terus nyendok sendiri; selesai minum yoghurt, botolnya dia taroh sendiri, dengan cara manjat ke sofa, nyambung manjat ke tempat telpon, baru taroh di atas rak sepatu.
* bisa pakai sepatu sendiri. lucunya, saat mengenakan, talinya akan dipegang sama dia supaya gak ketempel velcro-nya sebelum dikenakan. kadang masih terbalik pakainya.
* bisa nyanyi baris pertama lagu "burung layang2" dan "you and me" (theme song beijing-olympic).
* kadang suka nyanyi sendiri dg kata2nya sendiri. kata2nya ngasal, tapi bisa ngikutin lagunya.
* secara umum, apapun yang diomongkan ke dia, dia sudah ngerti. (bahasa sehari2).
* suka nyalain laptop, sok tau ngeklik sana sini dg mouse atau pegang2 touchpad, nekan2 keyboard. bisa re-play lagu2 flash dengan memencet 'spacebar'.
* sudah mulai bisa minum dari cangkir atau mangkok, tidak terlalu bocor lagi.
* kebiasaan saat jam makan tiba: berusaha mendorong sendiri dining-chair-nya, sambil dibantu mama. terus manjat sendiri ke kursinya, ngingatin
mama untuk ambil mangkok plastik dan sendoknya, manggilin yang lain-lain buat makan: "cici, makan! oma, makan!" dstnya...

teladan buat cicinya
* rekor terhebat: makan sendiri 1.5 mangkuk bubur dalam waktu 15 menit! bravo!!! bravo!!! untuk yang ini lebih hebat dari cicinya. kadang dia gendong mangkoknya dg 2 tangan, buburnya langsung diminum. kita biasa memasakkan bubur yg agak encer. kalo terlalu kental, pas di tenggorokan suka kerasa keset dan jadi seperti ingin muntah. kalo cicinya suka manja, kalo ada mama, masih sukanya minta disuapin/atau at least disendoki. kalo gak ada mama, baru makan sendiri. kalo dibilang: "lihat adik aja sudah makan sendiri" .. baru cicinya makan sendiri dg cepat.
* paling hebat kalo minum obat! pas cicinya terjangkit HFMD, dokter memberi obat penangkal (obat china dg bau2an herbal). dia agak sedikit menolak minumnya, tapi lama2 biasa juga, 10-15cc diminum gitu aja di-glek dg cangkir takar. jadi teladan buat supaya cicinya juga mau minum obat yang sama tanpa rasa takut. cicinya agak susah minum obat dg bau2 aneh.. apalagi model obat china.


kebandelannya dan hal lucu
* joget dg macam2 gaya. kadang 2 tangannya di depan dada membentuk k
elopak bunga. kadang kedua tangan diangkat tinggi2, kadang 1 tangan di atas, satu tangan di depan dada. sambil muter2. (*ada yg diajarin mama, ada yang hasil nonton tivi nih!*)
* pernah suatu kali cici dan kokonya lagi belajar hitung2an dg oma. terus oma muji, "hebat. 1 bunga merah untuk cici. hebat.. betul..satu bunga merah untuk koko." si angie langsung ke lemari sepatu kami. di sana terdapat stiker2 cicinya hasil dari good-performance waktu di tk, dia kelupas satu, terus ditempelin ke jidat Smarty. opa dan oma sampai ngakak ngelihat tingkahnya.
*haduh..parah..nih anak kecil2 dah tau nipu! kalo dah mau turun dari kursi makannya, mama bilang, "gak boleh turun, habisin dulu makannya", dia langsung bilang, "niao-niao" (*mau pipis*). begitu mama gendong turun dan taroh dia di potty, dia langsung berdiri dan kabur. tepuuuu yah nak! bandel!
* dah tau merajuk kalo gak diturutin. biasa maknya biarin aja dia nangis gelung2/duduk di lantai. ntar kalo dicuekin, dia bangun sendiri.. terus datangi maknya, minta gendong.
* paling senang disuruh nyalain-matiin tivi. ada 3 tombol yang mesti dipencet (termasuk tombol on-off extension cord).
* yang bahaya: suatu kali dia ambil bangku dan dipakai hendak membuka pintu. oma dan opa dah diwanti2 buat waspada. soalnya begitu buka pintu, hanya 3-4 langkah, langsung tangga ke bawah.
* sudah bisa manjat kursi makan, dan manjat ke atas meja makan. ampyuuuun nak..ampyuuunn! 'bok kaleman dikit napa?


senang niru cicinya
* kalo cicinya lagi centil, pakai rok, pakai topi, bawa tas, langsung ikut2an.
* kalo cicinya cuci tangan, langsung ikut2an. seperti semua anak kecil, paling doyan main air!
* kalo habis makan, langsung minta celemek makannya dilepas.
* kalo cicinya sikat gigi, langsung ambil bangku dan gak mau ketinggalan gosok gigi. mulai belajar kumur2..dg air matang tentunya, dan sekali lewat di mulut, terus dilepehin.


















yang pink itu rok cicinya


sweet and care
* kalo jam makan, suka manggilin orang lain buat makan.
* doyan ambilin sandal buat orang lain.
* suka bawain bangku buat opa atau oma, kadang juga bawain bangku buat mama.
* di luar jam tidur, kalo mama gak pakai kacamata, dia langsung heboh cari kacamata mama, dan suruh mama pakai kacamata
* kalo ada hp bunyi, heboh nyari hp-nya di mana, dan heboh ngasih tau yang punya hp
* kalo mama gendong ke tempat tidur, dia kan mencabut kacamata mama buat ditaroh di meja. saat baring di tempat tidur, kalo mama atau oma gak selimutan, dia akan bangun, narikin selimut dan bilang, "mama..selimutan." atau "oma, selimutan." degil-degil .. perhatian juga yah nak?! kadang oma yang bawa dia tidur, soalnya kalo bareng cicinya, yang ada dua-duanya heboh, main dan gak mau tidur. kalo sama oma, dia nurut.. biasanya gak sampai 15 menit, dah tidur. kadang mama gendong dia balik ke kamar, atau biarin dia tidur dg oma sampai pagi, kalo gak rewel. kalo sama mama, agak susah, maunya main terus. kadang bisa sampai 30 menit lebih baru dia tidur.
* kalo bangun tidur, bilang ke mama, "mama, ai ni!" (mama, love you!)
* yang jelas sehari-hari menjadi penghibur opa dan oma di rumah. lucu2 aja tingkah polah dan kebandelannya.

5 comments:

SinceYen said...

'gak perlu weker donk Yen :D
Lucu dan pinter anak2mu.

zee said...

Kekekee....
Angie... met ulang bulan yaa..
aduh udah bisa banyak kata... kayaknya da mo cerewet yah.
Vaya malah blm bisa apa-apa nih, masih mumbling saja :D

Tp angie pinter banged yah, potty trainingnya udah lulus... duh vaya kudu latihan terus nih biar bs spinter angie..

O iya, Yen.
Di sini PG nya 280rb/bln, pertemuan 1x seminggu.... lama pertemuan 45mnt..

TotaLuki said...

Hebat Yen anakmu dua2nya dah potty trained dibawah 2 taun.. wah si Teo udah mulai mau nih di pipisin hehehehe..

Lucu yah si Angie pinter makan.. si Cintrong ga mau makan nihhhhhh.. stress gue anak gue pada puasa kenapa lagi hiksssss

lesca said...

sama dengan bianca dong. udah bisa ngitung dari 1 sampe 10 pake bahasa mandarin :D
bedanya bianca udah 7 tahun sekarang. hehehehehe :D

lisa said...

lucu banget sih yen... hihihi...