Wednesday, June 10, 2009

uban muncul lebih awal

munculnya uban pada usia dini biasa dikenal dg sebutan uban-prematur atau premature gray hair.

berkurangnya produksi pigmen rambut sehingga menimbulkan ubanan adalah hal yang wajar saat usia memasuki akhir 30-an atau awal 40-an. pria mulai beruban pada usia 40-an. sementara perempuan mulai beruban pada usia pertengahan 30. tidak disarankan mencabuti uban karena kulit kepala penuh dengan susunan syaraf.


PENYEBAB UBANAN
* faktor genetis (keturunan)
* kurang vitamin B12; gizi yang buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang, tidak hanya menimbulkan uban, tapi juga mengganggu kondisi kesehatan rambut secara umum.
* stress; yang menyebabkan macetnya melanosit dalam produksi pigmen pewarna rambut (melanin). hal ini bersifat sementara. bila stress hilang, produksi pigmen kembali lancar. stress yang berlebihan juga bisa menguras vitamin B12.
* konsumsi gizi yang cukup pun bisa saja tidak bermanfaat bila terjadi gangguan pencernaan. misalnya ada luka di lambung. gangguan pencernaan membuat metabolisme berlangsung tidak semestinya, sehingga makanan bergizi terbuang percuma.
* gangguan penyakit, di antaranya gangguan kelainan metabolisme, kelainan imunitas, kelainan hormonal, sinar X, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal.
* kinerja ginjal dan paru-paru yang berfungsi kurang optimal.
* kebiasaan merokok menghambat aliran zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh yang dibawa dalam peredaran darah.
* penggunaan minyak rambut, cat rambut, gel rambut, hair spray, shampoo yang terlalu berbusa karena kadar soda yang tinggi, dapat mengakibatkan rambut rontok dan merangsang tumbuhnya uban.


CARA MENGATASI/MEMPERLAMBAT PERTUMBUHAN UBAN
aktivitas fisik
* atur keseimbangan waktu kerja, istirahat dan rekreasi, sehingga stress dapat diatasi.
* terapkan pola hidup sehat, biasakan berolahraga supaya peredaran darah lancar, sehingga pertumbuhan rambut akan lebih sehat.
* olah napas, meditasi, akupresur, akupuntur untuk penanganan uban (silakan googling)
* menyisir rambut sekitar 5 menit setiap malam untuk melancarkan peredaran darah di kepala.

asupan makanan/minuman
* konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, dan yang bersifat menguatkan ginjal serta paru-paru.
* konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan iodine, seperti ikan dan kacang-kacangan.
* konsumsi wijen hitam yang telah disangrai, 1 sdt setiap hari, dapat merangsang pertumbuhan rambut hitam.
* konsumsi: jus wortel dan tomat, jus wortel dan bayam ditambah wijen, jus melon dan aneka buah yang mengandung vitamin C, daun pantago (ki urat), daun pegagan
* hindari mengkonsumsi: kacang hijau, taoge, selada, sawi-sawian, sirsak, duku, lidah buaya, santan, serta makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula, serta bahan kimia lainnya.
* kurangi makanan mengandung minyak, zat warna serta penyedap buatan yang akan menyerap aktioksidan tubuh dan menyebabkan proses penuaan berlangsung lebih cepat.
* tinggalkan kebiasaan merokok, minum minuman keras serta minum kopi berlebihan.

perawatan rambut dan kulit kepala
* kurangi pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan.
* pemakaian sampo dari bahan alami dan tidak terlalu banyak mengandung soda.
* pemakaian minyak rambut alami yang dibuat dari minyak wijen, kemiri, cem-ceman daun mangkokan, atau daun dan bunga sepatu. Pengolesan disertai pemijatan kulit kepala untuk memperlancar energi chi di kepala.
* pemakaian campuran minyak kelapa dan air jeruk, sambil melakukan pemijatan kulit kepala, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.
* pemakaian secangkir teh pekat + 1 sdm garam. tuangkan rata ke rambut, lakukan pemijatan kulit kepala, biarkan satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.
* untuk menghitamkan rambut yang sudah telanjur beruban, gunakan produk alami dari tumbuhan di India, henna (daun pacar), yang sering digunakan untuk membuat tattoo/hiasan pada bagian tubuh.

disarikan dari berbagai sumber

artikel ini ditulis karena saya menemukan di kepala saya tiba2 tumbuh uban demikian banyaknya. bukannya saya hendak menentang 'proses penuaan'. tapi ... munculnya terlalu dini dan terlalu banyak. mungkin saya memang kekurangan juga vitamin B12.
baru2 ini saya beli kira2 200 gr wijen hitam yang sudah diolah. katanya sehari 1 sdt..tapi wueeenakkkk banget! (*wangi dan gurih .. menurut saya*). saya malah pengen menghabiskan semuanya. (*rakus*)

5 comments:

Andri Journal said...

Betul memang kalo stres bikin rambut memutih. Aku punya dua sejawat, yang satu rambutnya memutih dan wajahnya nampak tua sedang satunya rambutnya masih hitam dan nampak muda. Yang satu orangnya serius, sedangkan yang nampak muda tadi orangnya santai.

zee said...

Yen,
Gw juga orangnya stress berat tp uban blom ada.
Soalnya gw rajin cat terus kekekekeke...
Tp beberapa pria memang terlihat keren kalo beruban. Beda dgn wanita yg kalo beruban lgsg keliatan tuir...

Kevin Lau said...

Haiya Yen gua juga cukup pusing ama ubun nich......lumanyan banyak.
kabarnya gak boleh keseringan di cat juga kan, bisa resiko kanker.
yg bisa dilakukan cabut......terutama yg kelihatan di depan mata, gak tahan....

Desy Noer said...

Hmmm..nice tips. Rahasia yaa..suamiku juga udah ubanan padahal umurnya baru 30 tahun. heheh..kayaknya siy faktor genetika dech, soalnya emaknya juga dah ubanan waktu masih belom tua tua amat. ( ngetik ini sambil liat-liat kanan kiri, heheh..takut ada yang tiba2 njitakk )

mercuryfalling said...

temanku dulu waktu umur 25, ubannya udah banyak. sekarang tambah banyak kale karena udah 36. rambutnya tebal kayak ijuk. kt dia sih itu penyebabnya. sementara rambutku halus kayak kapas, and sampe sekarang belum ada uban sebijikpun

thanks tipsnya