Tuesday, June 02, 2009

bayam .. antara amaranth dan spinach

kalo di china, yang disebut SPINACH itu bukan jenis bayam yang dikenal di indonesia.

bayam indonesia, bhs inggrisnya lazim disebut AMARANTH, atau CHINESE SPINACH. 
bahasa chinesenya disebut xian cai (baca: sien chai) .

sementara SPINACH, yang dikenal juga lewat cartoon Popeye,  di china disebut bo-cai (baca: po chai).  

amaranth dan spinach berasal dari family yang sama, yaitu Amaranthaceae. kedua jenis sayur ini memiliki kadar kalsium, zat besi, nitrat dan fosfor yang berbeda.  

dan ternyata, amaranth itu ada 2 jenis, yang hijau dan yang merah.
bayam hijau (seperti yang biasa bisa kita peroleh di indonesia)


dan bayam merah (kayaknya belum pernah saya lihat ketika di indonesia) 



begini jadinya kalo bayam merah dimasak / ditumis : 


dan yang disebut SPINACH (Popeye' spinach), kalo di china yang seperti di bawah ini, bagus untuk batita yang kekurangan zat besi : 


7 comments:

lisa said...

kalo di sini spinach nya yang kayak digambar paling bawah. beda banget sama di indo. di sini ngerebusnya gak usah lama juga udah lembek. orang2 pada banyak pake buat salad.

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

ya ..Emily suka banget tuh sama Spinach... sementara abangnya mulai bosan, sukanya Touge ( soalnya kalau malan Pho selalu ada touge jadi mereka doyan deh :) )

Ya kayak Lisa bilang disini spinach itu dijadiin salad makan mentah, tapi aku sih masih dibikin sayur bening gitu aja, pake bawang dan garam ;)

Natazya said...

euhhh saya ga pernah suka bayam :D makanya memble gini heheheh moga2 sih nanti anak2 saya suka makan sayur... duh jadi inget mau ikutan cooking course nih! :D

Desy Noer said...

Wah ternyanya ada banyak jenis bayam yan? Yang aku tahu baru satu jenis bayam aja, yang biasa ada di Indinesia ntu. Menu sehari-hari, dulunya aku gak suka sama yang namanya bayam, tapi setelah tau kalo bayam itu bagus buat ASI, baru dech, lahap kalo makan bayam.

enysusanto said...

Di Indo ada juga bayam merah. Di pasar suka banyak yen. Tapi lebih merah dari gambar yg kamu posting. Warnanya merah keungu-unguan. kaya bit gitu.

mercuryfalling said...

bayam merah dulu aku sering liat di batam ama singapore.

yenni 'yendoel' said...

oh jadi di indo ada juga toh jenis bayam merah? baru tau. soalnya aku sama sekali gak pernah lihat.