Wednesday, March 25, 2009

memorizing numbers ?

Crystal bisa nyebutin angka 0 sampai 9 pada saat usia 1 tahun. dan tahu membedakan 6 dan 9 tanpa salah. makanya pada umur 18 bulan, dia hapal nomor telpon rumah kami, rumah oomnya dan nomor fleksi papanya. juga bisa bahasa isyarat tangan untuk 1 sampai 10.
saat umur 2 tahun dia bisa berhitung mundur dari 10 sampai 1, dan dengan isyarat tangan. 

kalo soal menghapal telpon, kebetulan saja nomor telpon rumah kami  gampang diingat. something like 2233 008 (not real numbers). nomor rumah oomnya juga, similar to these numbers: 2244 404.
nomor fleksi papanya aja yang rada ribet dikit.

hapal nomor hp mamanya yg 11 digit saat umur 3.5 tahun. 

kami 'mencekokkan' info2 seperti alamat rumah, nomor2 telpon karena menurut kami hal ini patut diingat oleh anak2. just in case of emergency. sambil setiap saat, setiap jalan2 keluar, selalu mendengung-dengungkan untuk tidak jauh-jauh dari orang tua; menyeberang jalan kudu gandengan dengan orang tua. 


kapasitas memori otak seorang anak kecil itu ibarat memori dari komputer baru yang belum di-save dengan banyak file dan folder. makanya mereka gampang sekali mengingat atau menghapal segala informasi yg dicekoki orang dewasa ke dalam otak mereka.

apa yang dipelajari saat balita atau waktu masih kecil, biasanya diingat seumur hidup. contoh paling sederhana seperti :   
angka (0 1 2 3 ... 9 ...100  dstnya)
huruf (a b c ... z)
warna (merah, hitam, putih...)
bentuk (lingkaran, segitiga, bujursangkar ... )
binatang
buah
sayur
lagu-lagu
puisi 


hayo siapa yang masih ingat lagu satu-satu aku sayang ibu, balonku, potong bebek angsa, pelangi, tik-tik-tik bunyi hujan .. ?!  kayaknya ini adalah lagu2 abadi di memori kita, sampai kita jadi kakek nenek pun gak bakalan lupa. 

sebenarnya para "anak ajaib" yang hapal nama kepala negara atau ibukota dari berbagai negara, hapal buku yang isinya semua marga yang ada di china (hapal sampai baris ke berapa, kolom ke berapa),  atau "anak ajaib" yang di usia 2 tahun tahu bendera semua negara, dstnya, itu karena mereka diexpose dulu terhadap informasi ini, baru mereka mengingatnya. memang tak dipungkiri, ada anak yang kemampuan mengingatnya melebihi anak-anak lain pada umumnya. 


terhadap Crystal, kami fokusnya bukan membiarkan Crystal melulu menghapal, tapi lebih ke mengerti dan menganalisa. apalagi daddy-nya, kalo ngajarin sesuatu, sukanya malah dia yang nanya WHAT, WHO, WHEN, WHY, HOW ke Crytal. 

saat bercerita, setelah suatu cerita pernah diceritakan beberapa kali, maknya suka mengajak Crystal untuk giliran bercerita.  

Crystal dari kecil juga punya kebiasaan mengganti sendiri teks lagu atau ngarang cerita sendiri. biarpun kadang ceritanya cuman pendek, cuman beberapa kalimat. tapi so meaningful for her mom! hehehee...!  
hasilnya kayak modifikasi cerita the fox and the crow.

pernah dia cerita serigala dan kelinci .. kadang2 kelincinya malah yang berubah jadi serigala buat nakut2in serigala benerannya. hehehehe...!  gitulah kalo anak kecil berimajinasi.


temukanlah sendiri "keajaiban" memori anak2 kita. 

you'll be amazed !!! 

7 comments:

zee said...

hehehe.... anak2 kecil memang klo diarahkan dgn benar akan cepat pinternya pas gede. ponakanku jg gt, semua no hp dia hapal, sampe nelponnn aja kerjanya..

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

Yes I'm agree with you,
Anak kecil memang bagai kertas putih, kita yang harus mengisinya.
kalau dia sering dengar hal yang bagus bagus, ya dia juga akan berkata yang bagus bagus, dan sebaliknya.
Makanya aku suka marah kalau daddynya lagi ngomong di tlp sama temannya yang masih single dengan bahasa yang nggak pantas didengar sama anaknya yang kebetulan ada dekat dia. Aku suruh jauh jauh nlpnya, atau bahasanya tolong jangan prokem dipakai..yang wajar saja lah

mercuryfalling said...

memang iya lho..makanya kalo mau belajar bahasa, dari kecil deh. cepat

TotaLuki said...

wah Crystal pinter.. tp anak2 itu emang kaya sponge otaknya..
gue aja baru apal no HP suami akhir2 ini hehehehe..

Y3nn1 said...

Crystal pande banget, pinter mengingat. Ditambah lagi sekarang punya daya imajinasi, benar2 anak yang pinter.

moch' said...

good job mommy, boleh dicontek nih tips n trick nya

Ninis said...

Crystalnya pinterrrr.. ortunya juga telaten & pinter juga :)
Aku sangat bersyukur anak2ku juga cepat menyerap pelajaran yang kami berikan..
Kalau Florian lebih sering berfikir logis. Misalnya nih, ada lagu baru tentang hujan yang diajarkan di Musikgarten, intinya ada hujan-angin-kilat-guntur-pelangi.. trus dia tanya : "kenapa nggak ada mataharinya? Kan tanpa matahari nggak bisa ada pelangi?"
Kalau Jessica memang gampang banget ngapalin lagu tapi agak susah diajarin soal angka dan warna.. Florian dulu seumur Jessica sudah hapal berhitung, abjad, warna & merk mobil :D