Thursday, February 12, 2009

Gorengan Enak tapi Mematikan

Gorengan umumnya dimasak dengan minyak goreng hasil pengulangan dalam suhu tinggi dan jangka waktu lama (deep frying). Makanan jenis inilah yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap asupan asam lemak trans. 

Asam lemak trans merupakan penyebab terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Asam lemak trans juga bisa menyebabkan bayi lahir prematurkanker payudara pada wanita yang telah menopause.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil riset Ratu Ayu Dewi Sartika, mahasiswa program doktor di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, Depok, berjudul 'Pengaruh Asupan Asam Lemak Trans terhadap Profil Lipid Darah'

*

Beberapa makanan gorengan yang mengandung asam lemak trans antara lain pisang goreng, ubi goreng, kroket, tempe goreng, singkong goreng, berbagai produk fastfood yg digoreng seperti french fries, fried chicken. 

*

Asam lemak trans secara alami terdapat pada hewan yang memamah biak, dari hasil proses menggoreng deep frying, serta margarin atau produk makanan jadi yang menggunakan minyak terhidrogenasi.

buat yang senang gorengan, mungkin masak sendiri menggunakan minyak secukupnya, jangan terlalu sering jajan di tukang gorengan. juga gak usah sering2 mengkonsumsi gorengan. 


artikel lebih lengkap dapat dibaca di link berikut : 

http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/kliping/gorengan270307.htm 

http://www.indomp3z.us/showthread.php?t=38634 

picture from google search 

2 comments:

Ninis said...

Waduhhhh ... yang enak2 :D

Untung di Austria gak ada tukang jual gorengan, apa2 harus bikin sendiri hehehehehe...
*orang Jawa... UNTUNG melulu hahaha*

mercuryfalling said...

makanya aku jarang makan makanan yg di deep fried. palingan 2 minggu sekali. lbh sering aku oven atau tumis.