Monday, December 03, 2007

Proses Melahirkan (Angie)

Tanggal 26 Nov sore pergi check up ke dokter Sindhung Harjono, ceritanya mau induksi, karena due date dah lewat 12 hari. Kata dokter Sindhung, pada plasenta mulai terjadi pengapuran, penyerapan makanan via plasenta sudah tidak efektif. Karena induksi hanya dilakukan pagi hari, jadi disuruh datang besoknya. Hahaha.. syukurlah ..memang maunya besoknya aja.

Kalo menurut penanggalan cina, tgl 27 Nov itu jatuh pada bulan 10 tgl 18! sebenarnya sih gak terlalu percaya, tapi enak aja tanggalnya 18 gitu .. ada angka 8-nya. Kalo 8 itu ada persamaan bunyi dg “fa” kira2 maknanya makmur. “fa cai”. Huehehehe!

Nah, jadilah paginya tgl 27, siap2 .. mandi, keramas dll. Barang2nya sih dah packing beberapa hari sebelumnya. Ternyata paginya sekitar jam 7 ada keluar bercak merah, seperti saat akan haid, persis waktu mau ngelahirin Crystal. Berarti memang sudah saatnya juga. Subuh tiga hari sebelumnya sempat ada hiss palsu. tapi karena dah tau soal adanya hiss palsu dari baca2 di babycenter, jadi nyantai2 aja (gak usah buru2 ke rumah sakit pas sakit perut. kalo mulesnya jaraknya mulai dekat, atau pecah ketuban.. memang sebaiknya segera ke RS, tapi jangan panik. apalagi buat yang kelahiran pertama, umumnya, butuh waktu berjam-jam dari kontraksi awal. tentu ada pengecualian juga. di guinness book, ada yg dari proses sakit sampai melahirkan hanya sekian menit. gak pakai proses ngejan tau2 di bayi dah keluar begitu saja.)


Oom dan tante yang jemput aku dan nyokap. Bokap jaga rumah.

09.15 sampai di rumah sakit, urus segala tetek-bengek/administrasi.
09.45 masuk kamar bersalin, di-cek-up .. ditest ini itu.
10.20 mulai diinfus. Nyokap memberi minuman herbal 'tang-siang + kao-li'. Katanya nih ramuan herbal memang biasa diminum sebelum melahirkan, buat nambah tenaga.
10.30 mulai terasa sakit perut, kira2 7 menit sekali.
11.00 sakit perutnya 3-5 menit sekali.
11.20 mulai kerasa sakitnya makin sering 1-2 menit sekali.
11.30 ada cairan yang keluar. Di ruangan gak ada bidannya. mesti jerit manggil si bidannya. Hehehee...! soalnya pencetan bel-nya di belakang kepala, udah males nyari.

11.35 dokternya tiba, katanya sih dah bukaan 9 atau 10 gitu. dokternya bilang ketubannya belum pecah. Jadi dia pecahin pakai gunting. Gak sakit sama sekali. Waktu Jing-jing dulu, dokternya mecahin ketuban pakai jarum, kok sakit yah ... ?!

si dokter nanya mau pakai gunting gak .. dulu yang pertama digunting gak? Kata dokternya, kalo gak gunting, ntar robeknya lebih berantakan. Kalo gunting, robeknya rapi, lebih mudah dijahit. Si dokter nanya lagi, guntingnya mau suntik bius gak, dulu suntik gak? dulu yang pertama gak suntik bius. Tentunya mau dong disuntik bius. Sehingga saat gunting gak kerasa sakitnya.

Waduh .. dulu waktu mau gunting, dokternya bilang, jangan ngejen ... karena pakai bahasa mandarin, gak terlalu ngeh .. malah ngejen .. jadilah robeknya agak heboh, 4 jahitan .. mana gak bius lagi.. hahaha! Satu jam setelah melahirkan, barulah si dokter Zhou itu tau pasiennya nih orang indo.

11.40 disuruh merangkul. Nah lho .. gak tau maksudnya apa! Terus dikasih tau caranya. Lagi2 dokter Sindhung nanya, dulu kalo di China gimana, mau pakai cara yg mana? aku memilih cara merangkul sendi antara paha-betis dengan lengan, karena emang kerasa lebih mudah.

11.46 setelah ketiga kalinya ngejen ... terlihat dokter Sindhung gendong si kecil keluar. Nongol dulu kepalanya terus badannya semua. Terus diperlihatkan sebentar, kemudian dibersihkan dan dibawa ke ruang bayi. Nangisnya lumayan kenceng dan sempat ngerekam pakai hp. Wah... rasanya lega banget sih! Semuanya serba cepat dan lancar dan si kecil sehat. Soalnya sempat was-was juga .. awal kehamilan sempat minum bodrex (di Shanghai waktu mau mudik dulu) dan minum 1 butir obat diare setelah balik dari indo. dulu gak nyadar kalo hamil .. soalnya gak pakai acara mual2 (walau udah curiga).

Setelah itu si dokter mulai ngejahit, total ada 3 jahitan. Wah, enak juga pakai bius, jadi gak kerasa apa2. sebenarnya gak bius pun masih ketahan sih sakitnya. Terus jadi ngobrol2 dengan si dokter soal proses melahirkan, soal China, karena si dokter dan bidannya nanya2.

Setelah dokternya pergi, nyokap kasih minum sari pati ayam dan Milo (hehehe...bukan ngiklan lho). Oh ya, sari pati ayam hanya diminum sekali saja, jangan seterusnya, katanya sih bisa menyebabkan produksi ASI menurun. Gak tau bener gak.

Si kecil baru dibawa ke kamar sekitar jam 5 sore, itupun dah kenyang disusuin dg formula, dan dia tertidur dengan nyenyaknya.

Setelah melahirkan, ON terus, mau coba tidur sama sekali gak ngantuk, gak capek. Kata bidan, kudu baring selama 2 jam, setelah itu, boleh duduk. Setelah 6 jam udah boleh jalan-jalan. Jadi baringan aja sambil sms-an ngasih kabar ke sodara2 dan teman2.

Jam 18.30 baru mulai duduk beberapa saat, kemudian turun, ke kamar mandi untuk pipis. Kali ini gak kliyengan. Dulu pas lahiran Crystal, saat turun ke kamar mandi, sempat kliyengan dan gelap. Memang, sebelum berdiri mestinya duduk dulu bentar, biar gak puyeng. Waktu coba pipis sambil baringan susah, gak keluar. Begitu duduk di kloset, langsung keluar semua urinenya, banyak lagi!

Barulah sekitar jam 23.00 mulai ngantuk dan bisa tidur.

Sayangnya bayinya gak dibawa-bawa untuk menyusui sehabis melahirkan. Sekarang jadi menyesal sekali, kenapa gak inisiatif minta si kecil untuk diberi ASI sedini mungkin. 2 bulan kemudian, baru baca di koran, ternyata paling baik menyusui 1 jam setelah bersalin (inisiasi dini). Colostrum = imunisasi seumur hidup !!


ini foto si kecil Qiqi (Anqie) pas umur 1 hari.





dan ini foto jie-jie-nya (Crystal / Jingjing waktu umur 4 hari)



mirip gak?
kalo menurutku sih, mirip. satu pabrik toh ...!


Dibandingkan sama lahiran yang pertama, kali ini jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih gak sakit lagi! Huehehe! Waktu Crystal, dari mulai kontraksi sampai melahirkan total sekitar 20-an jam. Yang ini, semuanya berlangsung dalam waktu hanya sekitar 1.5 jam saja! Soalnya pakai induksi. tapi belum tentu induksi bisa cepat, dulu sepupuku karena lewat due date, terus diinduksi, taunya gak juga kontraksi, akhirnya kudu c-section.

Mungkin karena waktunya lama, pas lahiran pertama, sehabis balik ke kamar, langsung tidur pules. Mungkin juga, sebelum dan sesudah melahirkan, sempat dikasih "doping" oleh nyokap, jadi pas lahiran kedua ini, sama sekali gak capek atau ngantuk. Kalo mak mertua, gak ngerti gitu2an. Dia dulu melahirkan kedua anaknya di kampung, di rumah sendiri malah!


sempat bete dan super bosan saat menunggu kelahiran, gak bonyok, gak pembantu, gak tetangga, semua orang setiap saat ngomong: "kudu banyak jalan-jalan, biar gampang melahirkannya."
Bener2 sampai bete dengerin kalimat ini! Mungkin ada benarnya. Tapi bawaanya malas, pengennya nonton tivi atau tidur. Dan memang jarang jalan2.

Untung semua proses lahirannya dimudahkan. Thanks GOD!
HALLELUYAH !

setelah melahirkan, jahitan diobati dengan betadine. caranya menurut yang diajarkan dari rumah sakit.. betadine dituangkan di atas kasa steril, lalu ditempelkan di bagian jahitan (tanpa menggunakan plester). gak terasa sakit sama sekali. waktu jalan juga gak terasa sakit. setelah seminggu, datang ke dokter untuk melepas jahitannya. juga gak sakit kok. kayak dicubit dengan kuku aja.


ada tambahan tips setelah baca2 pengalaman dari hasil blog-walking ke sini.
1. jangan berteriak saat terasa sakit, karena berteriak akan membuang tenaga sangat dibutuhkan untuk ngejan di bukaan terakhir.
2. sewaktu mengejan jangan sampai mengangkat pantat, karena dapat merobek vagina.
3. sewaktu mengejan jangan menutup mata karena dapat membuat pembuluh darah di mata pecah.
4. hirup udara sebanyak-banyaknya saat persiapan ngejan, supaya dapat mengejan dalam waktu yang lama.
5. sewaktu mengejan jangan berteriak dan jangan sampai ada udara yang keluar dari hidung dan mulut karena akan mengurangi kekuatan mengejan secara signifikan.


baca juga: proses melahirkan Crystal

3 comments:

lisa said...

congratulation lagi ya Yen... Crystal baby sama Angie baby mirip lho. beneran.
btw, gue tuh kok ya deg2an kalo baca cerita orang lahiran ya :)

nina said...

yen, you have great family..congrats!! jingjing ma qq mirip banget,cuman bedanya jingjing rambutnya jigrak,qq lbh halus yaa..

hmm..loe mo lahiran gini masih bisa inget precise dari jam ke jam ya?? keren bgt..gw mah dulu mo lahiran boro2 inget jam yang ada deg2an aja takut tiba2 gw meninggal gitu hehehe...

yendoel said...

karena Qiqi rambutnya gak sebanyak/sepanjang rambut kakaknya saat lahir.

ingat persis, soalnya cuman 1.5jam. dan gua sesadar2nya saat proses terjadi. begitu dah balik rumah segera dicatat (biar gak lupa).

ada2 aja lo 'blus .. haha!