Tuesday, September 18, 2007

sakit gigi yah? --- trouble two

Trouble two yang gua baca di website kayaknya memang bener yah?
wah, bisa berlangsung berapa lama yah?


Crystal tuh gampang ngambekan/merajuk kalo misal sesuatu gak berkenan dg maunya dia. misal, dia sedang makan sesuatu penganan, terus bersisa separoh, digeletakin di meja. kadang orang rumah kirain dia dah gak mau, daripada mubazir .. jadi dimakan aja. eh, kalo pas dia lihat, langsung ngambek. kalo mama sih dah hapal soal yang satu ini.

atau kalo lagi asyik main, tau-tau mainannya atau barang lain yang dia anggap dia sedang main, diambil sama kokonya, langsung ngambek.

kalo habis mandi, misal dia maunya mama lap-in pantatnya dulu, terus papa dah gendong masuk kamar dan ditidurin di atas handuk, langsung ngambek.

kalo misal pipis, dia lagi pengen lap pakai tisu, tapi mama pakai kain lap pipisnya dia, langsung ngambek.

banyak lagi deh.. pokoknya kalo gak sesuai dengan yang ada di pemikirannya dia, dia bawaannya ngambek. kalo dah ngambek, wujudnya nangis, merengek.. kalo parah, sampai berguling di lantai.

mama sih dah hapal semua kebiasaannya dia. jadi biasanya kalo mau ngelakuin sesuatu, daripada mesti ngadepin ngambekan dia, mama tanya dulu, misal, kalo mau pipis, mau pipis di pispot atau di wc, mau buka celana sendiri atau mama yang bukain, mau lap pakai tisu atau pakai kain. kalo misal dia minta minum air dingin (bukan air es), mama nawar dulu mau gak minum air hangat, cukup gak dituangi segitu banyak, cangkirnya ditutup yah (cangkir yang bersedotan) dan seterusnya.

gak setiap kali juga sih semua ditanyain ke dia. jadi tergantung mood-nya dia aja. kadang gak usah ditanya juga okeh. kadang gak usah ditanya, dia bilang sendiri, maunya gimana. misal, mama ambil kain, terus dia bilang, pakai tisu ... yah udah, mama ganti pakai tisu aja. gampang kan?

tapi kata papa, mama terlalu nurutin dan terlalu manjain. jadi kadang kalo dah mulai ngambek, suka 'dihajar' oleh papa... maksudnya dipukulin pantatnya. makin menjadilah nangisnya. kadang malah sama papa dimasukin ke kamar sendirian. kalo dah gitu, dia akan keluar dan lari nyariin mama. mama suka gak tega. tapi kan gitu, kalo yang satu lagi 'menghukum', yang satu lagi gak boleh malah belain. kalo pun gak sependapat, mesti di belakang berargumennya.

kalo mama pikir, daripada ngambek, kan dibiarin aja dia mutusin sendiri mau gimana, toh gak ada jeleknya. kecuali untuk hal-hal yang memang gak bisa dikompromi. misal, yang ada hubungannya dengan benda-benda tajam, peralatan listrik, air panas, api, obat .. kalo yang ini kan memang gak bakal dikasih kompromi. mau ngambek kayak gimana juga, gak bakal diturutin. untungnya kalo dijelasi kenapa gak boleh, dia ngerti. malah dulu pernah ngingatin mama, buat naroh pisau kembali ke tempatnya, bahaya.. katanya.


kata papa, kalo pas siang2 ngambek, dimasukin ke kamar, kalo gak ada orang, dia berhenti nangis. hahahaa...
terus pernah suatu malam, papa masukin ke kamar oma, lupa nyalain lampu dulu. dia kayaknya ketakutan banget karena gelap2an. nangisnya kuuueeeenceng banget. langsung digendong keluar oleh opa. mama juga jadi gak tega banget. terus bilangi papa, lain kali nyalain lampu dulu, dia kan masih kecil banget, masih takut.

kali lain, Crystal dah mau ngambek lagi, mama bilang, "kamu mau apa, bilang ke mama papa dong, gak perlu sedikit-sedikit dah ngambek. kalo kamu bilang, kan mama bisa bantuin ambil. kalo kamu ngambek, nanti papa mau hukum kamu, masukin kamu ke kamar oma lho. "
malah jawabnya gini, "mesti nyalain lampu dulu. anak kecil takut."
huahahahahaaha.... ! gimana gak bikin gregetan.

atau kalo dia lagi ngambek, nangis2, mama kadang langsung ambil kamera, jepret..jepret... kadang-kadang nangisnya langsung mereda atau berhenti. terus ditunjukin ke dia betapa jeleknya kalo lagi nangis, dan betapa cantiknya kalo dia lagi senyum. cukup jitu juga.


pagi ini, papa cerita ..
semalam, mama dapat telpon dari bos, terus Crystal bawel banget, mama sampai gak konsen. jadi mama masuk ke kamar oma dan tutup pintu. kata papa, Crystal mulai merengek-rengek protes, "eeeh...eeehh... " (*suara rengekan*). terus papa bilang, "Jing-jing, kamu kenapa? sakit gigi yah? kebanyakan makan permen sih!" Crystal malah ketawa jadinya, tahu diledekin papanya, terus dia mau mukulin papanya.

emang gitu, kalo dia lagi merengek, kadang kita ngebiarin aja, atau gak peduliin aja, atau bilang, "kamu kenapa? sakit gigi yah?"

5 comments:

Lisa said...

wah Yen... welcome to the "jungle" hehehe...
cobain kasih time out gak ?
fino dulu waktu 2 taun parah tuh.gampang banget ngambeknya. huhuhu...pusing... ya salah satu caranya pake time out gitu. sekarang sih setelah 3 taun udah jauh mendingan Yen. mudah2an deh cepat berlalu kelakuan "terrible 2 " nya..

r3 said...

hahaha... crystal pinter deh ngambeknya... nurun dari mama atau papa?.. anyway lam kenal yaaaa...

sinceyen said...

Yen, pinjem Jing-Jing barang sehari-dua donk :)

Ninis said...

Mbak Yen .. aku mampir lagi :)
Lama gak nengokin, abis belum aku masukin list sih .. sekarang kumasukin deh, biar sering2 nengokin Jing-Jing hehe :)

Moga masa ngambekannya segera berakhir :D

eliza said...

rame dong rumah elo ya, ada jagoan ngambek hehehe... adain time out atau loose privileges kalo misalnya parah ngambeknya.

gue kagak tau beda kura2, air ato gunung. pokoknya no pets so far...terlalu males :D