Saturday, September 01, 2007

Mengenal huruf kanji

Crystal sudah 2 tahun 2 bulan lho !


Kita sempat tercengang juga dibuat oleh si kecil, soalnya ternyata kita iseng-iseng ngajarin huruf kanji, eh, gak nyangka dia malah ternyata cepat nangkapnya.

ipar gua baru beliin papan tulis magnet yang baru. yang lama dah ancur dimainin kedua kurcaci. terus iseng-iseng semalam, sebelum makan malam, gua ajarin si kecil mengenal beberapa huruf kanji dan maknanya. hanya diberi tahu satu dua kali, dia udah bisa mengingatnya. ini juga gara-gara barusan lihat huruf "tian" nongol di film kartun di tivi sekian menit sebelumnya.

一 yi / satu
二 er / dua
三 san/ tiga
口 kou/ mulut
日 ri / matahari
田 tian/ sawah, ladang

sebelumnya, ada 3 huruf kanji yang dia mulai hapal.
晶 jing / kristal, nama panggilannya sendiri
品 pin / produk (soalnya huruf ini mirip 'jing', dia suka menyebutnya 'jing')
电 dian/ elektrik

terus saat sesudah mandi dan naik ke tempat tidur, seperti biasa, dia bilang dia mau baca buku.
dia pun asik bolak balik buku, sambil ngomongi isi buku tersebut halaman per halaman.
ada halaman yang ada gambar keluarga tikus tanah sedang bersantap di meja makan. nah, dia bisa bercerita begini (sambil menunjuk ke gambar di buku) :

"ini mangkok untuk tikus tanah yang ini. ini mangkok untuk dia, ini mangkok untuk dia, ini mangkok untuk mamanya. nah, tikus yang satu ini gak kebagian. bagaimana coba?"

gua akan nanya, "bagaimana coba?"
jawabnya: "mamanya pergi ke dapur dan ambil satu mangkok lagi untuk dia. terus dia bilang ke mamanya, terima kasih."
gua akan nanya lagi, "mamanya jawabnya apa?"
si kecil akan bilang, "bu yong xie." (balasan untuk xie-xie / terima kasih dalam bahasa cina, yang kalo diterjemahin apa adanya, kira2 artinya 'gak perlu berterima kasih').


terus dia menggambar 'abstrak' di atas papan tulis magnet. sebenarnya bukan mengambar sih, tapi nyoret gak karu-karuan. dia membuat gambar elips asal jadi dan bilang, "aku gambar telor."
terus dia membuat titik-titik di atas papan tulis, terus gua bilang, "kamu gambar jenggotnya papa yah?" dia ketawa cengenges.
terus dia bilang, "aku gambar jenggotnya papa. ntar kamu gambar jenggotnya paman yah?" neneknya yang lagi main game sampai ketawa dibuatnya.


setelah dia bosen nyoret2 gak karuan ... gua bilang, "sini mama tanya kamu beberapa huruf yang tadi mama ajarin yah?" dia pun menyerahkan bolpen magnetnya ke gua.

selain ngulang yang diajarin ke dia saat sebelum makan malam, juga nambah beberapa huruf baru, dan lagi-lagi cukup dibilangi sekali dua kali, dia langsung ingat. sebabnya sederhana, dia memang senang dan mau memperhatikan.

刘 liu / marganya suami, yg juga marganya si kecil
丁 ding / marga gua
马 ma / marganya mak mertua, kuda
小 xiao / kecil
大 da / besar
多 duo / banyak
少 shao / sedikit
雨 yu / hujan
木 mu / kayu

neneknya pun sampai tertakjub-takjub.
terus pada saat gua nulis huruf "dian" (elektrik) ke dia, karena nulisnya rada jelek dan rada cepat, hasilnya ketika ditanya ini huruf apa, jawabnya: "ini payung".


wuakakakakak... mak mertua dan papanya sampai ngakak.
soalnya memang kebetulan saat gua tulis, hurufnya agak mirip gambar payung, dengan bagian bawahnya membengkok seperti gagang payung.
gua sampai tengsin, dan bilang, "aduh, mama mesti belajar menulis lebih bagus nih!"


terus pagi ini, papanya ngajarin lagi huruf baru. gua nggak terlalu ngikutin papanya ngajarin huruf apa aja karena ke kamar mandi plus sibuk nyiapin makan untuk si kecil. cuman ngikutin awalnya aja.

人 ren / orang
工人 gong ren / pekerja

gua sampai komen ke papanya, dasar anggota partai komunis, yang diajarin yang berbau-bau sosialis nih! papanya bilang, nggak lah ... ini karena hurufnya gampang dikenal aja. huehehehehe...!

saat papanya nulis "gong ren", dia langsung nunjukin huruf 'ren' dan bilang, "ini ren"

kata papanya dia ajarin huruf lain juga, tapi gak tau huruf apa aja.


sebenarnya gua gak ambisius mau ngajarin terlalu banyak buat si kecil, biarin aja dia main-main sepuasnya. ini gara2 gua iseng2 aja sambil ngisi waktu main-main bareng dia.

No comments: