Tuesday, September 11, 2007

crystal: 2 yrs 2 mo

Crystal is 2 years 2 mo (+11 days)

udah lama gak nulis soal perkembangan Crystal.

gak takut mercon lagi
waktu masih kecil banget, belom kenal takut, jadi saat imlek pertama (umur 7.5 bulan), sedikitpun gak takut bunyi mercon. imlek kedua (1th 7.5 bulan) dah takut banget sama mercon. selama 3 hari pertama imlek, hampir setiap saat nangkring di gendongan atau pangkuan mama.
akhir-akhir ini, kalo dengar bunyi mercon, bilangnya, "Mama, aku dah besar. aku gak takut mercon lagi."
tapi sebenarnya sih masih suka kaget dan takut kalo dengan bunyi mercon yang jenis suaranya kenceng banget.


kamu sedang apa yah?
Crystal kalo ditinggal sebentar oleh mama ke dapur atau ke mana gitu, paling senang tereak sambil nanya, "Mama, kamu sedang apa ya?" ngecek kali yah, mamanya masih ada di sekitar gak.
belakangan mama suka sahutin, "Kok kamu senang banget sih nanya ke mama - sedang apa ya- ?" dia gak bisa jawab, cuman ketawa.

terus kalo mama ke kamar mandi, paling senang ngekorin, ikut masuk.
kadang suka sambil nanya, "Mama, kamu sedang apa yah?" padahal dia tahu kalo mamanya pipis.

dia belakangan juga suka nanya sesuatu yang sebenarnya dia tahu jawabannya. kalo dah gitu, mama balik nanya ke dia, tapi dia balikin lagi ke mama. misalnya:
Crys: mama, ini warna apa yah?
mom: Ini warna apa coba? kamu kan tau, kok masih nanya ke mama?
Crys: kamu yang jawab.
mom: kamu yang jawab. ini warna apa?
Crys: eeeh... kamu yang jawab.
mom: (*ngalah*) warna ijo.
Crys: (*senyum senang*)


kamu pakai baju yang mana yah?
kalo mama ganti baju, suka sekali nanya, "kamu pakai baju yang mana yah?"
kadang suka ngatur juga, misalnya dia lagi suka sama baju tertentu yang dipakai mama (biasanya kalo ada baju yg dia baru sekali lihat mama pakai), terus misal pulang kerja, mama ganti bajunya, ehhh...protes ... dia gak ngebolehin ganti! katanya, "kamu jangan ganti baju." (sambil dengan nada merengek).
terus juga suka nanya warna-warna yang ada di baju mama.


sudah bisa menyebut warna
dulu waktu masih kecil banget, dia bisa nunjukin warna biru dan merah, tapi belom bisa nyebut kalo ditanya ini warna apa. terus pelan-pelan, dia bisa nyebut warna hitam. sejak 2 bulan ini, dia mulai tau dan sudah bisa nyebutin warna secara umum.
ada botol-botol plastik yang isinya lilin-lilin berwarna yang bisa dibentuk-bentuk. tiap botol isinya warna yang berbeda, dan di tutup tiap botol ada emboss binatang-binatang.
mama suka nanya, "ini warna apa? tutupnya ada binatang apa?"
dia bisa nyebutin warnanya dan hapal betul binatang apa di tutup dari masing-masing warna (tanpa melihat).

memory seorang balita emang amazing ! emang umur2 balita itu paling hebat dalam hal mengingat sesuatu hal.

warna-warna yang Crystal sudah bisa nyebutin kalo di tanya : pink, merah, kuning, hijau, biru, orange, ungu, hitam, putih, coklat

mama belom ngajarin warna lain seperti abu-abu, silver, gold. juga belom ngajarin biru tua, biru muda, hijau tua, hijau muda. dalam kumpulan spidol berwarna, kalo disuruh ambil warna hijau, dia akan ambil dua-duanya, hijau muda dan hijau tua, begitu juga biru muda dan biru tua.


potty / night training
sudah sejak satu bulanan ini, Crystal kalo pipis maunya semua serba ngelakuin sendiri, menghampiri potty sendiri, melorotin celana, duduk di potty, pipis, terus lap pakai tisu atau kain lap-nya dia, terus berdiri dan pakai celana lagi sendiri. hebat nak!

kadang dia pakai rok, jadi sebelum duduk di potty, rok bagian belakang diangkat dulu supaya gak keduduk. kalo pakai celana dalam dan celana panjang, kadang agak sedikit kesulitan kalo karet celananya rada ngepas.

tapi ada kalanya dia bilang, "Mama turunkan celanaku." ntar kalo sudah selesai, kalo mama suruh pakai celana sendiri, jawabnya, "Kan kamu yang turunkan, sekarang kamu yang pakaikan celanaku." Ada-ada aja!

kalo malam, kita tetap gak berani ambil resiko nunggu dia ngomong sendiri. jadi masih di-set jam pipisnya. ada satu dua kali dia ngomong sendiri pengen pipis waktu lagi tidur.



gahar dan tantrum
belakangan ini Crystal jadi galak dan gahar juga. gua baru "menemukannya" kemarin. dulu kalo dijahilin koko sepupunya, dia bakal balas dengan memukul angin atau kadang mukul koko-nya tapi lebih sering dia dipukul balik atau ditampar kokonya, ujungnya nangis2 dengan kencang.
kemarin sore, kokonya mau memukulnya, belom juga kena, dia dah nangis dengan kuuuenceng terus langsung berlari ke kamar tengah minta 'tongkat kera sakti' ke omanya yang lagi baring di tempat tidur. omanya ngasih ke dia.

terus tongkat kera saktinya (dari plastik, kira2 panjangnya 1 meter) diangkat tinggi2 sambil dia berdiri nantangi kokonya yang berdiri agak jauh, "Pukul Cong-cong ... pukul Cong-cong .." begitu katanya masih sambil nangis2. Kokonya pun menghindar ke arah sofa. kita tentu saja ngalangi dia. huahahaaha... ngakak gua ngelihatnya. gahar betul kamu, nak !

dari gua pulang kantor, kejadian ini berulang dua kali. yang kedua kalinya pas makan malam, dia gak mau makan, terus lupa gara-gara diomongi apa oleh kokonya, terus dia marah dan nangis, terus turun dari kursi, ngambil lagi tongkat kera saktinya. kali ini sempat difoto (belom sempat diupload fotonya).

akhirnya gua bujuk sambil tunjukin ke dia fotonya lagi nangis sambil ngangkat tinggi2 tongkat kera saktinya, terus juga gua tunjukin lagi foto dia lagi ketawa.

mom : ini foto Jingjing lagi nangis, jelek gak?
crys : Jelek.
mom : Terus lihat ini foto Jing-jing lagi senyum dan ketawa sambil menari, cantik gak?
crys : Cantik. (*sambil ketawa dikit dalam tangisnya*)
mom : Jelekan mana, Jingjing lagi nangis apa lagi ketawa?
crys : Nangis.
mom: Nah, makanya, lain kali kamu jangan suka nangis, kan jelek. Ayo mama temani makan malam. (*baru deh mau dibujuk makan malam. dan habis semangkok nasi.*)


kata papanya hari ini Jing-jing bener2 nyebelin, dikit-dikit ngambek sambil baring di lantai, terus nangis2. tadi siang, dimasukin papanya ke kamar tengah, dibiarin nangis sendiri dalam kamar. karena gak ada orang yang ngelihatin, akhirnya dia berhenti nangis.



jalan-jalan
Crystal paling senang diajak jalan2 dan maen2 di luar.
sekarang jadi trik jitu juga kalo mama mau ngantor. sekarang kalo mama mau ngantor, dia dah gak nangis2 lagi. mama cukup bilang, "Jing-jing, mama ngantor dulu yah. ntar sore kamu jalan-jalan sama oma dan main-main sambil nungguin mama pulang kantor di depan bank." (letaknya di perempatan jalan) dia akan senyum dan melambaikan tangan sambil bilang, "Mama hati-hati di jalan."

kadang2 kalo sempat oma memang mengajaknya main2 depan bank sambil nungguin gua pulang kantor.

atau kalo misal dia gak diajak keluar, ntar setelah sampai di rumah, gua akan mengajaknya main keluar sambil ngajakin dia nunggu papanya di depan bank itu. hehehee... gitu aja dia dah senang banget. terus dia senang kalo misal diajak balapan ama mamanya, siapa yang duluan lihat papa datang dengan sepedanya. tentu saja mama akan pura-pura gak lihat papa dan membiarkan dia yang ngelihat duluan papanya, nah dia akan ketawa senang sambil bilang, "Aku yang duluan lihat papa."
pernah sekali dia duduk di sadel belakang sepeda papanya. sayangnya gak ada joknya, jadi gak nyaman di pantat. cuman bentar, dia dah minta turun.

satu lagi rutinitas yang dia suka banget, saat turun dari apartemen kami, biasanya sambil ngantarin botol susu kosong ke toko di depan apartemen kami, sambil ngomong kencang ke yang punya toko, "Oma, aku datang antarin botol susu!" terus dia akan menatanya satu per satu di dalam kerat botol susu. biasanya berkisar 3-6 botol kosong setiap harinya. (kita pesan 3 botol susu dan 1 botol yoghurt per hari)

ada lagi, kalo jalan-jalan dia suka mampir depan toko obat yang ada timbangannya, dan naik ke atas timbangan, terus bilang, "Aku 13 kilo. Sekarang giliran mama." dan gua mesti nimbang juga, katanya, "Mama 43 kilo." biasanya mama akan ralat, karena mama beratnya nambah perlahan-lahan. bingung juga kali dia, kok mamanya berubah terus dari 43, 44, 45 dstnya.

semalam kami lewat depan toko roti, dia bilang, "gak boleh masuk. di sini ada baunya. mesti hilangi bau dulu."
soalnya waktu toko rotinya baru renovasi, kalo dia mau main dekat-dekat selalu gua bilangi gitu. bau cat yang baru atau furniture baru gak baik buat anak kecil, takutnya kalo di luar baku mutu, bisa menyebabkan leukimia. jadi lebih baik mencegah bukan?



berhitung atau bermain angka
sejak beberapa bulan lalu Crystal sudah bisa bedain lebih banyak dan lebih sedikit. kalo dikasih kartu remi dan ditanya, mana yang lebih banyak / lebih gede, 4 atau 10, 8 atau 9, dstnya, dia bisa menjawab dengan benar.

kadang-kadang papa suka ngajarin tambah2an ke Crystal. kalo 1+1, 1+2, 2+2, kayaknya dah cukup bisa. tapi kadang masih lupa juga. mama sih gak mau maksain. mungkin logikanya untuk tambah menambah belom terlalu jalan juga.

untuk berhitung masih gak banyak kemajuan. bisa ngitung sampai seratus tapi masih mesti diberi guidance untuk 40, 50, 60 dstnya. lagi-lagi..mama juga gak mau maksain, suka-suka dia aja.
terus bisa berhitung mundur untuk 5, 4, 3, 2, 1 (sambil dengan peragaan jari).


huruf ABC dan vocab inggris
Crystal punya papan mirip puzzles yang isinya abjad A-Z. sebenarnya itu kado mama untuk Smarty kala ultah ke-2. Smarty setelah memainkannya 1 minggu, sudah tau letak masing2 huruf (berdasarkan bentuk), walaupun gak hapal urutan abjad ABC.
waktu itu Crystal umurnya 1 tahun 4 bulan. akhirnya papan puzzle ABC dibawa Smarty dan ditaroh di rumah, jadi Crystal juga ikutan main. dan sama... main seminggu, dah bisa hapal letak masing2 bentuk.
barulah kira-kira 3 atau 4 bulan lalu (mama sudah lupa) .. mama mulai ngajarin huruf ke dia sambil bermain tentunya.
misal:
A for apple
B for bear
C for Cong-cong (nicknamenya Smarty)
D for daddy
E for Eagle,
F for flower, fish
G for giraffe
H .... wah, mama gak kepikiran nama binatangnya apa
I for ice cream
J for Jing-jing (Crystal's chinese nickname)
K for lao-K, king .. itu lho .. kartu King dalam kartu remi
L for Liu Hui Han (nama sebenarnya Crystal)
M for mama, monkey
N for No.. No .. No..
O for orange
P for panda
Q for Q-Q candy ... saat ini lagi trend permen jelly yang disebut QQ
R for rabbit
S for squirrel
T for tiger
U for umbrella
V ... gak diajarin vocabnya, masih batesin nama binatang dan barang2 sehari-hari
W juga gak diajarin vocabnya
X for xylophone
Y for yenni
Z for zebra

kalo misal lihat huruf2 abjad di luar, di supermarket atau di mana aja, dia suka nyebutin: mama, lihat .. ini C for Cong-cong. Mama ini huruf A kan? dstnya.
kalo ditanya eagle itu apa, monkey itu apa, tiger itu apa...dia juga dah tau.

Crystal belom diajarin bahasa indonesia, tunggu agak gedean dikit, mungkin saat 3 atau 4 tahun baru diajarin. takut kebanyakan bahasa, ntar dia bingung. sekarang baru ngomong mandarin, dan sedikit-sedikit mama ajarkan bahasa inggris (biasanya sebatas greetings dan beberapa vocab).


ngebaca jam dan nyebutin hari
taunya kalo senin-jumat, mama kerja. kalo sabtu dan minggu mama gak ngantor, di rumah nemani Crystal main-main.
taunya jam 6 mama pulang kantor. kalo papa dia bilang pulangnya jam 8 kadang dia bilang jam 9. kalo dibilang papa pulang jam 7.30, gak mau..ngotot..mesti pulang jam 8 atau 9.
sempat bisa baca jam untuk jam 1, 2, 3, dstnya. soalnya ada mainan kayu yang ada jamnya dan bisa diputar-putar sendiri. gak tau deh..sekarang masih ingat gak.
dulu kalo dah jam makan malam, disuruh lihat jam dan ditanya jam berapa, jawabnya 7.30. emang kita rata-rata makannya jam 7.30. tapi kita dah lama gak nanya2 jam ke dia, gak tau masih ingat gak.


ujung sarung bantal
waktu umur 8-bulanan, senangnya gigit-gigit ujung sarung bantal sebelum tertidur, sampai kuyup. terus gak dibolehin mama, pelan2, umur setahun lebih... berubah jadi megang2 aja sebelum tidur. sekarang, sedang minum susu pun masih suka sambil nyari2 ujung sarung bantal, sambil senyum-senyum nanya ke mama, "ini apa yah?" dia ngarepin mama jawabnya, "mama bilang zhen-tou-guai. jing-jing bilang zhen-tou-dai." (soalnya tiap kali mama jawab gitu, dia tersenyum senang. soalnya dia belom bisa pronounce bunyi "k" kalo dalam bhs indo, keluarnya selalu bunyi "t". makanya kalo aku sayang kamu, jadinya "atu sayang tamu." (kalo bunyi huruf "s" gak ada masalah).

tidurnya kan kadang suka berguling ntah ke mana, kadang malah kakinya nangkring di muka mama atau papa. tengah malam kalo kebangun, suka nyariin bantalnya, kalo sudah ketemu, dia akan merangkak ke bantalnya, terus megang2i ujung sarung bantal. atau kadang nyari-nyari sudut bantal, gak ketemu, terus merengek2. jadi biasanya mama akan ngasihin ujung bantal ke tangannya dia hahaha.. nah, dia akan tidur kembali.

kalo dari kecil, Crystal emang gak doyan "empeng", makanya gak repot untuk urusan yang satu ini.

3 comments:

eliza said...

crystal diajar bhs indonesia jg? apa lebih lancar mandarinnya? gimana kehamilan elo?

gue belon bisa kerja di bakery karena jam kerjanya lebih panjang, takut/males pake day care banyak2.

Kevin Lau said...

Hallo Yen pa kabar...
senang ya lihat Cristal lagi lucu2-nya .

Memang senang kalau anak mau melakukan sendiri apa yg dia udah bisa lakukan ya. Jadi mami kan nggak usah terlalu repot hehehe....
Tapi ngomong2 cristal kan baru 2 th lebih ya, kalau dia mau sikat gigi sendiri beruntung lho, kalau Kevin sih dulu mau sikat gigi karna dia takut ama kuman yg dia nonton di vcd.
Kalau si Kevin itu malas maunya disikatin terus, tapi gua suruh dia sikat sendiri pagi terus malam baru dibantu tambahan setelah dia sikat sendiri.

Lisa said...

hahaha...lucu dan pinter banget Yen.. pinter "ngeles" dan gahar pulak. turunan anak teknik banget deh :P