Sunday, December 02, 2007

perlengkapan untuk bersalin di RS

Ada baiknya konsultasikan dengan RS setempat mengenai barang apa aja yang mereka sediakan dan boleh dibawa pulang dan apa aja yang perlu dibawa sendiri. Karena masing-masing RS punya kebijakan yang berbeda, mungkin juga ada pihak tertentu yang bekerja sama dengan RS untuk keperluan promosi.

Beberapa barang penting yang kudu dibawa saat mau bersalin di rumah sakit :
untuk si kecil
1. pakaian, kain bedong/popok kain
biasanya RS nyediain popok kain dan baju. Namun, saat keluar RS, mesti dikembalikan. Ada juga RS yang menyediakan pakaian pulang untuk si bayi.
2. selimut pembungkus
karena bayi masih butuh penyesuaian dengan suhu udara luar, ada baiknya saat hendak naik kendaraan pulang, dibungkus dengan selimut pembungkus, supaya tidak langsung kena angin luar dan sinar matahari yang gahar.
3. pampers
ada RS yang nyediain, kalo nggak, beli sendiri. Biasanya sih ukuran S kalo bayi diprediksi punya berat badan normal.
4. tisu basah
utk lap pantat bayi. jangan kaget, hari2 pertama pupnya item dan lengket2. tisu kering gak sanggup bersihin. setelah itu, bisa cebokin pakai air hanget. Ada juga RS yang menyediakan service perawatan bayi, orang tua gak perlu repot2 ngurusin mandi dan ganti popok. Ada juga RS seperti di kota tempat saya (hefei, china), bayi sekamar dengan ibu, biar tiap saat bisa menyusui. urusan kebersihan bayi menjadi tanggung jawab keluarga empunya bayi. dulu ibu mertua yang urus soal ganti popok waktu di RS.
5. susu formula dan botol susu
paling baik setelah lahir jangan beri susu formula, usahakan inisiasi dini. paling bagus satu jam setelah lahir, bayi diberi asi perdana (colostrum). Colostrum dijuluki imunisasi seumur hidup. Mungkin ada baiknya bawa susu formula, takutnya Asi belum bener2 keluar. Konsultasikan dg dokter, kadang mungkin ibu merasa asi belum keluar, sebenarnya mungkin aja ada dan sudah kesedot sama si bayi. kalo memang ada sih, paling bagus asi exclusive di 6 bulan pertama. Umumnya bayi dengan asi exclusive di 6 bulan pertama, kebal dari penyakit.
6. sendok bayi
utk memberi air minum dan susu formula ke si bayi. kalo pake botol susu, takutnya keenakan dan si bayi jadi malas 'breast feed'. Ada pula RS yang menghandle urusan minum dan menyusui si bayi, kalo si ibu belum memproduksi ASI. kalo terpaksa mesti kombinasi, jangan lupa cobain susu ditetesi di punggung tangan, kalo kerasa rada 'menyengat' berarti panas buat si bayi. tapi kalo warm, berarti ok.
7. kaos kaki dan sarung tangan bayi
mencegah si kecil mencakar muka dan matanya sendiri. saat baru lahir dan bulan-bulan pertama setelah kelahiran, gerak tangannya belum terkoordinasi dengan baik.
8. gurita bayi
katanya sih untuk melindungi pusernya si bayi.


untuk mama
1. baju ganti
sebaiknya lengan panjang. mama dan bayi sebaiknya dipingit 30-40 hari dari udara2 luar. sebaiknya lagi 40 hari gak keramas. kalo mau ada resep manjur dari teman2 arsitek ui yang suka lembur ngerjain tugas gambar: keramas pakai bedak, rambut ditaburi bedak buat nyerap minyak habis itu disisir aja bedak2nya. Katanya sih biar mama di kelak kemudian hari gak gampang sakit kepala. Percaya gak percaya, kalo aku sendiri nurut aja. kelahiran anak pertama dan kedua, masing2 puasa mandi dan keramas selama 40 hari pertama.
2. topi
dikenakan mama saat check out. biar setelahnya gak gampang sakit kepala karena kejemur matahari atau kena angin.
3. sarung
setelah melahirkan, perawat akan membersihkan badan sang ibu. sebagian orang mungkin lebih nyaman mengenakan sarung setelahnya. kalo aku, hari pertama pakai sarung. karena gak biasa, besoknya dah pakai celana piyama panjang.
4. pembalut khusus masa nifas
biasanya sih disediakan rumah sakit.
5. sikat gigi dan odol
6. cemilan

buat yang jagain dan buat calon mama. pas dah mau proses melahirkan, kayaknya suami gak boleh masuk (tergantung RS). bisa aja bawa coklat atau biscuit. dulu pas anak pertama, setelah melahirkan diberi telor rebus 2 buah disedu dengan air panas dan gula merah. Katanya buat nambah tenaga. waktu anak kedua, minum segelas MILO (yang versi 3 in 1) dan sebotol kecil brand-sari-pati ayam. kata mamaku, brand sari pati ayam hanya diminum satu kali aja, begitu habis melahirkan. takut menghambat produksi asi.
7. obat penyemprot untuk sembelit
habis melahirkan ada jahitan, jadi pup gak boleh pakai tenaga. paling gampang pakai obat penyemprot. dulu lahiran pertama, agak susah pupnya, dan gak kepikiran bawa penyemprot itu. waktu lahiran kedua kalo gak salah, hari ke-4 baru pup (setelah pulang ke rumah), tapi gak terlalu masalah sih.
8. sedotan
sedotan yang ada lengkungannya. sehingga sang mama bisa minum sambil baringan, tanpa harus duduk.
9. peralatan makan, cangkir, termos (kalo RS tidak menyediakan).
10. pembalut khusus habis bersalin
biasanya sih RS bakal nyediain.
11. gurita untuk ibu
setelah melahirkan, sebaiknya mengenakan gurita. tujuannya bukan buat melangsingkan, tetapi buat memperbaiki kondisi rahim. katanya kalo nggak, rahim gampang turun. kalo posisi rahim turun, sang ibu kelak kemudian hari akan susah menahan pipis, karena uretra terdorong oleh rahim yang turun posisinya.
4 bulan setelah melahirkan pun sebaiknya jangan mengangkat barang2 berat. kalo kondisi fisiknya gak kuat, mungkin 'rectum' (*anus*) bisa turun. Kalo dah begitu, satu-satunya cara untuk memperbaiki adalah dengan jalan operasi (bedah).
12. kamera tentunya!!!
buat motret si kecil dan papa mama. mama bolehlah bawa alat rias sederhana, bedak, lip-gloss dan sisir. biar waktu foto rambut gak berantakan dan gak terlihat pucat hehehee...
13. tikar atau karpet
kalo di rumah sakit gak nyediain tempat tidur back up, bawa karpet atau tikar buat yang tugas jaga. kecuali yang mampu sewa kamar VIP, biasanya lengkap dengan tempat tidur buat yang tugas jaga.
14. selimut
kalo sang mama gak kuat AC, bawa selimut tambahan dari rumah. ini pun kalo misalnya selimut dari RS dirasa kurang tebal.
15. tisu gulung
kalo RS gak nyediain, buat kalo ke toilet.
16. sandal 
bisa langsung pakai dari rumah saat mau berangkat bersalin. 

Nyonya Meneer ada produk jamu habis bersalin. Disarankan untuk meminumnya. Harga per paket sekitar Rp 100 ribu (akhir 2007), cukup diminum 1 paket saja dalam satu kali persalinan. bisa dibeli di toko2 obat di indo.
http://www.thejamushop.com/jamu_slimming.htm
http://www.indomerchant.com/jamhabber.html

No comments: