Friday, July 30, 2010

restoran muslim: lan zhou la mian

ni jawaban kuis yg kemaren ...

tapi jangan salah kaprah juga yah .. bukan berarti plang toko warna hijau sudah pasti adalah restoran muslim. banyak juga toko yang menggunakan plang nama warna hijau. tapi tetap plang2 toko di china lebih didominasi warna merah.

restoran muslim ini mestinya bisa dijumpai di seluruh daratan china.
ibaratnya rumah makan padang kalo di tanah air.
di dekat tempat tinggal saya, ada sekitar 3 buah restoran.

di sini dikenal dg sebutan "Lan Zhou La Mian" (baca: lan cou la mien; mie tarik dari Lan Zhou)
lan zhou adalah nama salah satu kota di china.
mienya langsung dibuat di tempat, metode ditarik2 dg tangan.
http://www.56.com/u96/v_NTM4ODI5MjU.html
http://v.youku.com/v_show/id_XMTM4ODM3Mjgw.html



biasanya karyawan2nya juga muslim; yang laki2 pakai kopiah putih, yang perempuan pakai kerudung, tapi modelnya tidak mirip jilbab. mereka mayoritas dari suku minoritas, Hui.
mereka bisa berbahasa mandarin, tapi tidak sefasih orang china pada umumnya.





lihat ada tulisan 'halal' dalam lingkaran putih

























ini menunya ... dijamin halal ..
kalaupun gak bisa berkomunikasi dg mereka, tinggal tunjuk gambar, pakai bahasa tarzan.

mereka tidak menjual minuman apa pun.
jadi bawa saja minuman dari luar.
gak boleh bawa minuman keras tentunya
dan gak boleh membawa makanan haram ke dalam restoran ini.




























berita gak bagusnya :
di bawah ini ada liputan lengkap soal bahan yang dipergunakan untuk membuat la-mien.
sayang ada penyelewengan. banyak yang menggunakan bahan sintetis pembuat lamien.
di kota lan-zhou, hanya ada 10% dari ribuan toko la-mien yang bener2 menggunakan bahan alami.
yang 90% lagi menggunakan bahan sintetis supaya mie-nya bisa kenyal.
katanya bahan sintetis ini gak baik buat kesehatan.


jadi kalo gak yakin la-mien / mie tariknya aman apa enggak, pesan saja menu nasi. tapi kalo sekali-sekali aja makannya, mestinya gapapa. soalnya, aku sendiri, sekali2 makan juga.


penulisan huruf kanji untuk 'halal' seperti gambar berikut ini



8 comments:

Lidya said...

ini toh yang kemarindijadiin quiz ya Yen. Thanks juga loh info nya jadi bisa lebih tau. Sekalian ajarin bahasa mandari ya :-D

Dian said...

Wah kalo gitu aku gak menang dong, soalnya kalo gak salah akua jawab supermarket hehehehe

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

makasih Infonya Yen.. jadi kalau ke China aku cari dulu plang warna hijau..dan setelah itu baru di teliti lagi.. mana yang ada tulisan halalnya.. kalau ada nah itu deh Halal food.. hihihi..
Pengen juga jalan jalan ke china deh..kapan ya .. semoga diberi rezeki..Amin

Dhita said...

Menunya banyak banget ya Yen. Gw pernah mampir sekali ke resto ky gini, cuma selalu pesan lamb atau kebabnya. Rasanya mantaaaaabbbsss!

Langgananku dulu restoran kebab yang jual orang dari Xinjiang. Kebabnya emang "to die for" endang gulindang banget. Betul, waiternya & cooknya semua pake kopiah putih. Hidungnya mancung-mancung

Zulfadhli's Family said...

berapa harga seporsi la-mien nya Mba? Mahal ga? Trus enak ga?

Kalo di M'sia ini apa2 cita rasanya manis, dan ga sesuai dengan lidah Indo gw, so gw jarang deh jajan di luar. Paling kalo kangen pengen makan roti canai yah cabut ke Kedai India deh

kalo kapan2 gw kesana traktir yah Mba makan disitu hehehe

Veny said...

ha22 ada logo "halal" nya coba wkt itu logonya jelas hu22
btw la mien nya enak ga ? yg menu halal itu ?
jadi ngiler La Mien Yen !

yenni 'yendoel' said...

@veny,soesan duh... parameter enaknya gak boleh nanya ke aku. aku bilangnya sih enak...menu favoritku lamien goreng sapi. ada cabenya pedes. seporsi 6 yuan.
yg jelas kuah nya, kayaknya dari kambing, aromanya enak, malah jadi ingat bumbu karee india.
kalo malam, suka ada sate kambing. tapi tergantung resto lanzhounya juga

Anonymous said...

Wah kalo ke rest di China, pesan yg selaen la mien aja dah..

PS: tampaknya aku dah gak bs komen ke blogspot lg kecuali makai anonymous. Mercuryfalling.