Monday, December 22, 2008

crystal yang ngambek, angie yang jatuh di tangga

suhu di bawah minus 8 celcius. saat mau berangkat TK, crystal dipakaikan sepatu winter berlapis bahan cotton. eh, ngambek, maunya pakai sepatu kets biasa.  naik darah lah papa dan oma-nya. cyrstal pun kena 'hajar'. nih anak dasar kepala batu, dipukul pun gak takut tetap kekeh dengan kemauannya. sementara sepatu yang sebelah lagi gak ketemu. 

keluar dari pintu apartemen, masih aja nangis2 dan tereak-tereak dengan papa dan oma yang naik darah. 

karena pintu apartemen terbuka, keluarlah si Angie, yang baru bisa jalan. seperti di judul posting, Angie pun terjatuh di tangga, untungnya berguling 'cuman' 4 anak tangga. berhubung pakai baju winter beberapa lapis, (untung lagi!) kepalanya gak kebentur sama sekali.  

aduh nak, kenapa mesti kepala batu gitu! yang ada kan mak-mu ini yang sedih kamu kena 'hajar' papa dan oma. emang gak sakit? 

suka sebel sama suami yang terlalu keras begitu. oma lagi, malah nyalahin aku semua nurutin crystal. padahal gak demikian adanya. mereka saja yang gak tau cara nangani, terus nyalahin orang lain, nyari kambing hitam. asli sebel banget. 

Crystal kalo lagi ngambek, gak bakalan bisa diajak negosiasi, kepala batu .. biarin aja nangis/tereak2 .. kalo dicuekin juga berhenti sendiri. baru habis itu dinasihatin, dijelasin kenapa gini atau gitu. 

terus sebel banget juga, para orang dewasa teledor banget.. gak nyadar di rumah ada batita, yang baru bisa jalan. 

capek deh .. !
juga sembarangan naroh cemilan, bentuk kecil, yang gampang sekali masuk ke mulut Angie. kawatir aja kayak gituan paling gampang bikin tersedak. udah berapa kali kejadian sebelumnya, Angie masukin mainan kecil ke mulutnya. begitu aku sampai rumah, omanya ngadu dan ngomel2 (*seperti nyalahin si Angie*). lah .. anak kecil mana ngerti apa yang boleh dan tidak boleh masuk ke mulut. ngomong aja belom bisa! 

kalo diingatin, ujung2nya bete dan bilang, anak kalian.. kalian urus sendiri. kami gak ada kewajiban buat urus anak kalian. memang bener. tapi ironisnya .. begitulah di china. kebanyakan istri harus bekerja. anak dijaga oleh opa-oma. kalo istri gak kerja, ntar jadi gunjingan. mertua juga gak senang, menantu pengangguran. 


waktu mau tidur, Crystal sikat gigi, oles cream wajah dan cuci tangan. namanya anak kecil, mana ngerti cara cuci tangan yang hemat air! habis tuh mak mertua marah2. sementara aku lagi urus si Angie yang lagi mau tidur. dan kayaknya Crystal gak keterlaluan banget. aku tau banget, dia memang sedang cuci tangan dan bukan main air. 

aku prefer mendidik Crystal supaya lebih mandiri dan apa-apa bisa ngelakuin sendiri. dulu pernah biarin Crystal makan sendiri, oma-nya ngomel2, katanya bikin kotor baju. hasilnya, Crystal lebih cepat bisa pakai sendok daripada Smarty (yg 10 bulan lebih gede). barulah opa buru2 ajarin Smarty pakai sendok. dulu kalo makan sesuatu, Crystal juga pegang dan makan sendiri. sementara Smarty, mesti dicuil-cuil dan disuapkan ke mulut.. sampai ada saat di mana Smarty disodori makanan ke mulutnya, gak tau kalo harus digigit! 

waktu dah umur setahun, Smarty minum susu dengan botol masih  dipegangi oma atau opa (*jadi malas dan manja*). akhirnya, aku yang ajarin dia untuk pegang botol susu sendiri. diajarin bentar juga langsung bisa. Smarty juga suka merintah-merintah opa omanya untuk ambilin sepatu, sandal, dll. kalo pas ketauan olehku, nih anak langsung aku 'tatar'. yang bener2 bisa nangani/kasih pengertian ke Smarty (dan dia mau dengar/nurut) itu justru aku.  orang tuanya sering malah gak terlalu peduli, gak tau cara ngadepin, atau apa2 diturutin. sekarang maknya si Smarty begitu pulang dari kantor, habis makan malam, langsung online, sibuk main game internet yang mobil2an gitu deh. (*gak ngarti game apaan*).  

satu hal lagi yang selalu jadi unek2... bokap mertuaku tuh bener2 pilih kasih. contoh paling menggelikan .. setiap hari sibuk urusin Smarty, "kamu belum pup kan hari ini. kamu mau pup?" sementara Crystal, even 3 hari gak pup pun dia gak mikirin atau gak nanyain atau gak tau. yah... gitulah opanya Crystal. memang begitulah kebanyakan orang china (terutama generasi tua), anak laki kayak harta karun. anak perempuan, gak terlalu dipeduliin. 

12 comments:

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...
This comment has been removed by the author.
Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

Biasanya grandparent tuh sayang banget kan sama cucunya..ini karena adat istiadat china yang mengagungkan anak laki laki sih ya.
tapi dizaman udah modern masak masih ada aja sih adat yang membedakan begitu?

Tapi mudah mudahan semua itu jadi cambuk buat Crystal maupun Angie untuk membuktikan ke oma-opanya kalau anak perempuan bisa lebih diharapkan dibanding cucu laki laki

veny said...

sabar Yen .. begitulah kalo idup ada mertoku yah .
abis beda prinsip yah dlm mendidik anak !
sabar yah !

Ninis said...

Ikutan kebawa emosi nih jadinya..
Kasihan Crystal.. ampe dipukul :(
Mungkin bentuk protes dia kali ya, pengen melakukan ini itu sama Mama.. Anak kecil perasaannya peka juga menurutku... Mereka bisa rasain kok apa ynag bener dan yang nggak, karena hati mereka masih suci..

Aku salut banget deh sama Ci Yenni yang tabah dan kuat hidup seatap sama mertua.. bener2 salut!
Mungkin banyak juga sih sisi kebaikan mereka, tapi yah...
Yang sabar ya Ci..

eliza said...

ikut prihatin Yen...gak gampang ya hidup dg mertua yg spt itu.
happy holidays yah...

mercuryfalling said...

eh blog aku yg lama udah gak dipake lagi :D pinah ke wordpress (and menyesal hehe)

eh pdhl enak punya anak perempuan ya. tinggal dikawinin wkekekekek kidding

-dian-

Cicha Mamanya Shaina said...

Dipukul?
Waduh, aku kok gak pro yah sama mendidik yang pake mukul gitu.. kesian banget deh Crystal :(
Namanya anak kecil yaa pasti emosinya begitulah. Kita orangtua yang belagak cuek aja.. atau kasih pengertian pelan-pelan.. (hiks, aku bisa ngga ya nerapin ini ke Shaina kalau dia udah jadi toddler nanti)..

Kok gitu ya, anak laki diperhatiin banget, anak perempuan dicuekin. Padahaal.. yang ngelahirin anak-anak laki2 di dunia ini apa? Perempuan toh?

Sabar ya bu.. banyak banget ya aturan disana.. harus kerja lah. iniitulah.. aku jadi ikut ngerasain bingungnya :(

F. Sestri Rahardjo said...

Aduh kasian si Crystal, kok Oma sampai segitu yah? Papa anak2ku juga keturunan Tionghoa asli Menteng Jkt, namun Oma sabar. Aku yang lebih dominan walau orang Jawa. Namun semua di ambil hikmah mungkin itu memang dari sananya Laki-laki masih di no 1 kan. Sabar ya...Oh ya aku dapat bolg ini dari blognya Holly.

F. Sestri Rahardjo said...

Crystal bilang mom boleh gak blognya kita link di blog tante? thanks ya canti.

zee_mami vaya said...

mbak salam kenal ya.
saya suka ni bacanya, jd banyak tahu jg ttg adat istiadat org china.
jd ternyata di sana FTM justru jd gunjingan ya mbak? wah sptnya tdk ada istilah santai ya di china?

duh kasian crystal hrs dihajar begitu. klo aku, wkt kecil jg suka dihajar sama bokap, tp skrg bokap ga pernah menghajar cucunya. katanya, klo cucu kan beda, jd biarpun cucunya bandel, opungnya ga akan menggunakan kekerasan utk menghukumnya.

wah lama2 smarty bs jd manja & bandel tuh. anak lelaki klo sejak kecil dididik manja biasanya akan terbawa pd saat besarnya, jd suka merintah2 aja ga mo usaha sendiri.

mudah2an crystal & angie bs jd anak yg berguna buat orang tuanya ya.... :) mbak bersabar aja dulu sementara...

yendoel said...

dear Sestri, tentu aja boleh link. aku juga dah link tanpa ijin nih .. hehehe.

dear mommy vaya,
aduh link-nya http://krasivaya.tehsusu.com/ selain gak bisa dibuka, juga gak bisa di-add. ntar aku usaha dulu lagi yah.

Sestri said...

Thanks alot, soalnya cerita dan isinya menarik, Holly juga udah kasih jadi banyak teman banyak senang, kapan mau mudik apa gak kangen masakan Indonesia? Skr di Jkt ada mal baru di FX jl. Sudirman, SCBD belakang BEJ lumayan biala dilihat juga gak kalah dng negara maju. Ttp jng tanya yang di desa beda banget.