Wednesday, March 03, 2010

lidah indonesia

bukannya mau beriklan ..

barang2 di bawah ini kayaknya udah jadi bagian hidup sehari-hari waktu di indonesia.
awal2 pindah ke HEFEI, susah nemunya. karena kota kecil, supermarket lokal tersedia produk2 menurut kebiasaan orang2 lokal. barulah sejak masuk carrefour, metro, walmart .. barang2 kayak gini jadi lebih mudah didapat.


1. teh hitam (red tea)
orang chinese di hefei biasa minum teh hijau (chinese tea). produk red-tea yang sesuai lidah indonesia cuman bikinan unilever: lipton
sejak produksi lipton unilever pindah ke hefei, lipton akhirnya banyak dijual di supermarket2 lokal. variansnya juga mulai banyak, jasmine tea, lemon tea, milk-tea,green tea.

mak mertua dulu juga bilang saya ini aneh, minum kok teh hitam, diberi gula lagi. tapi setelah nyobain, malah kadang suka bilang: "bikinkan aku teh manis dong."





2. susu kental manis
bareng teh hitam buat menyeduh segelas teh-susu. atau buat teman makan roti tawar
mertua juga setelah nyobain, bilang: "enak yah ..!"









3. sambal botol
ketemunya yg buatan lee-kum-kee, disebut saos-sambal-thailand. gak terlalu pedes sih. tapi .. daripada gak ada sama sekali. dapatnya di carrefour atau metro. kalo di supermarket lokal, biasanya cuma ada saos tomat.
suami juga ikutan suka. dan sempat bengong ngelihatin KFC di bandara soekarno-hatta, kok saos sambal dan sambal tomat bisa sebebas2nya. di sini aja, kadang minta tambah saos tomat lagi (yg bungkusan) kadang pelayannya suka pasang tampang pelit.









4. kecap maggi
ini kecap favorit keluarga. teman makan telur setengah matang atau telur mata sapi, yang ditetesi beberapa tetes kecap maggi + sedikit merica. atau teman makan bubur dg abon.
dulu suami bilang, "kecap kok mahal amat harganya." tapi begitu dia nyobain, kadang dia bilang: "kecapnya dah habis tuh. kapan beli lagi?"











yang satu ini gak ada urusannya sama lidah. tapi awalnya gak nemu di hefei. akhirnya nemu jg setelah metro masuk ke hefei.

5. detergen attack
yang ini mantap buat nyuci (khususnya noda ha*d pada daleman)
beneran .. kalo pakai omo, nodanya susah hilang. tapi kalo direndam attack, tinggal dikucel2 dah bersih. ini pengalaman sejak tinggal di kost jadul.
mertua juga bilang: "bagus yah, kayaknya memang bener2 bisa ngilangi kotoran di baju."


4 comments:

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

Itu semua product Indonesia Yen? atau sama pabriknya aja dan indonesia branch mereka ;)
Ya .. teh aku memang lebih suka teh hitam..ada satu teh biasanya aku dapat kalau makan di restaurant vietnam tehnya wangi bunga ..bahannya bukan dari daun teh tapi dari bunga.. warnanya juga hitam tapi segernya lain.. pernah cobain? aku lupa namanya ntar kalau ingat aku tulis hehehe

Desy Noer said...

kalo ngomongin soal teh, aku paling suka jasmine tea. wangiiiii bgt. tulisan attack tu gitu ya...

andrie said...

masih bingung ma yang sambal botol Ce..
Apakah KFC di sana ga dapet sambel semaunya ya?

Indigo said...

*qiqiqiq* sama persis Yen, koleksi dapur mu sama gw punya. Eh, lipton tea cina ada yang enak tuh, rasa karamel, manteb kalo ditambah sama susu kental manis. Sayang skarang udah ga keluar lagi kayanya.