Wednesday, October 08, 2008

duren

Sejak Carrefour masuk Hefei, tahun 2005, duren mulai agak populer.Suatu hari suami pengen coba makan, terus dia beli duren Bangkok yang harganya mencapai 200 ribu per biji. Seluruh orang rumah bilang bau. neneknya suami tiap kulkas dibuka, langsung kabur ke balkon. Mak mertua kudu dipaksa2 buat nyicip, setelah nyicip, bilang boleh lah… besoknya nyoba lagi .. mulai nemu ..

“Enak!” katanya.

Bulan lalu suami beli lagi, waktu tuh bareng2, tapi berhub repot urusin pasukan bodrex, cuman bilangi, asal baunya dah keluar, udah okelah. Sementara suami dapat tips dari orang Shenzhen: kalo duri dah lembek, berarti dah matang.

Begitu sampai rumah, pas lihat..durinya memang dah lembek! Tapi isinya gak matang, gak layak konsumsi. Masuk tong sampah deh!

Minggu lalu beli lagi. Tapi harganya dah turun 50% lebih, gak semahal waktu pertama kali beli. Kali ini ngikutin tips gua, cari yang wanginya dah keluar.

Kita di sini kalo beli duren cuman 1 biji !!!  gak kayak di jambi, bisa makan sepuas2nya. Borong 1 sepeda! Gua sih biasa2 aja, doyan sih, tapi gak napsu2 amat.

Neneknya suami juga dipaksa2 makan, akhirnya mulai menyukai. Gak kabur ke balkon lagi. Hanya bokap mertua yang kekeuh, gak mau nunjukin doyan. Walau dalam hati dia ngaku enak (dipaksa nyicip oleh suami dan mak mertu).

Crystal juga doyan. Kalo Angie, belum umur sebulan dah nyicip duren. Tapi sekarang ini kita hanya kasih icip-icip, takut panas dalam. 

9 comments:

Gildo said...

Saya sampai sekarang belum bisa makan durien.
Santy (isteri saya) dan keluarga, suka sekali, tapi kalau mereka mulai makan saya lari ke jalan.
Padahal kalau saya coba mungkin suka tapi........
Omong2, ya, jamur sama seperti cewe2 yang cakep2 paling beracun.....hehehehe.
Oh, kalian ada di china, sorry saya pikir ada di Indonesia.
Salam dari Barcelona

Caroline Sutrisno said...

dohh, kalo pada ga doyan duren gw aja yang dibeliin dehh... *ngarep*

mom4kids said...

seumur-umur di belanda , saya belum pernah sekalipun beli duren , mahal banget soalnya , jadi sayang uangnya ..hehehe , padhal kadang ampe ileran ..

veny said...

Yen ...
dasar deh semua lo suruh cobain duren , ha22
yg tadinya lari smp lo uber yah .. smp skrg mulai doyan , hua222
kalo dirumah gw sekompi doyan banget duren , dulu doggie g pun suka duren ..
makanya waktu kita ke BKK smp pesta duren krn murah disana . ha22
di JKT kalo sale juga murah sih .

lisa said...

huaaaa.. pengeeeen....
pas hamil gue tahan2 tuh gak makan duren. padahal tiap kali ke toko asia ngeliat duren ngeces2 deh...

yendoel said...

oom Gildo, bener kalao nyium baunya doang, memang 'bau'. tapi kalo dicoba, rasanya enak buaaanget! yang lari ke balkon aja sekarang juga sdh suka.

line,
mestinya di indo lebih murah dong. gua malah nunggu dipaketin!

susie,
berapa harga duren di belanda? pastinya mahal banget sih kalo dirupiahin! makanya biasanya pulkamp, salah satu tujuan adalah duren!

wah ven,doggiemu hidup mewah nih! jadi ingat temanku punya ungko (sejenis monyet) makannya anggur! buset deh!

lis,
idem waktu pulang jambi hamil, lagi musim duren. tahan2 juga ..padahal nyokap dah bilang,udah nyicip dikit gapapa. tapi sesudah lahiran, dpt nyicip, tapi gak berani makan banyak2 krn masih nyusuin. angie juga kedptan nyoba.

bebek said...

yen dateng ke sg yok,..ntar bebek ajak makan duren malaysia. enakkkkkk

yendoel said...

tenang bek, bakal ada kunjungan berikutnya. ntar diusahakan nambah jadwal biar kita bisa kopdar yak ! ditunggu kalo gitu duren malaysianya ya!

Ninis said...

Hmmm... durennnnn :D
Di Austria dinamakan "Stinkfrucht" which means Buah Bau hahaha... kecian amat ya yang gak doyan :P
*termasuk suamiku bwehehehe...*