Thursday, October 09, 2008

cara meminumkan obat

dari beberapa metode meminumkan obat ke anak kecil, akhirnya aku menemukan cara yg praktis, dibandingkan beberapa cara yang sudah pernah dipakai.. yaitu dengan menggunakan cangkir-takar

sebabnya :  

* gak perlu takut obatnya tumpah. kalo sendok kan datar, muatnya dikit. kalo pipet obat, cuman bisa isi dikit, kudu berkali-kali nyedot. 

* untuk obat puyer atau granule, tinggal diaduk pakai sumpit. aduk sekencang-kencangnya juga gak gampang luber (bisa gerak cepat). 

* saat meminumkan ke anak, gak gampang tertampar tangan si kecil yang mungkin meronta-ronta. si kecil memalingkan kepala, sendok dengan gampang bisa kesenggol (jadi sering butuh orang kedua buat bantu megangi si kecil). kalo model Angie (bayi bawah 1 tahun), tinggal digendong rebahan miring, terus diminumkan sedikit demi sedikit. JANGAN DITUANGKAN SEMUA SEKALIGUS, si kecil bisa TERSEDAK.

* kalo anak gede, bisa minum sendiri langsung dari cangkir takar seperti sekarang yg dilakukan oleh Crystal kalo obatnya enak, misal obat dengan rasa buah

* macam Crystal, yang kalo obatnya rada berbau aneh, pakai nego dulu, mikir2 dulu.. bisa keburu pegal pegang sendok sambil nunggu dia selesai mikir. 

* jika harus minum lebih dari sejenis obat, misal 3 jenis, tinggal disiapkan semua dalam cangkir takar. terus tinggal diminumkan satu persatu, jadi lebih cepat.

4 comments:

Gildo said...

Oh, acara bagus2 ini untuk anak2 minum obat.
Sayang, saya belum punya cucu.
Eh, omong2:Yendoel bilan di blog saya:masak sendiri?
Nop, yang masak dan yang kasih tau sama saya resep2 itu, adalah isteri aku yang tercinta namanya Santy (Tio San Yun chinese name).
Salam from Barcelona.

ingki said...

wah, kalo obatnya berbentuk puyer, gue masih lebih memilih pake sendok makan yen..

Caroline Sutrisno said...

gw juga paling nyaman kalo ngasih minum obat ana2 pake cangkir takar. lebih praktis dan cepet. hehehe...

Ninis said...

Aku masih pake metode lama sih, Ci..pake sendok hehehe..

Tapi untunglah Florian udah kooperatif minum obat :)