Thursday, August 30, 2007

Smarty ultah ke-3 .. opa yang pilih kasih

Semalam bokap mertua gua merebus ayam. dalam hatiku berpikir, "wah, asik... bisa minum kaldu ayam hari ini."
ayamnya itu ayam pemberian sodara waktu makmertu balik ke kampung hari senin.

gua lupa kalo hari ini sudah tanggal 30. kirain tgl 29 agustus.
lha..hari ini kan si Smarty ultah. pantesan semalem rebus 'ayam'. oh, jadi si ayam memang sengaja 'ditabung' buat hari spesial ini.

pagi-pagi, bokap mertu dah bangun dan heboh. saat akan makan pagi, ternyata ada mie rebus dengan telor. gak biasanya. juga baru nyadar, mie-nya memang dalam rangka ultah si kecil, Smarty.


pas lagi sarapan, bokap mertua dan ipar gua dah berangkat ngantor. besok hari terakhir bokap mertua kerja, sebelum memasuki masa pensiun.

nah, mak mertua mulai membahas soal gimana repotnya bokap mertua pagi ini gara2 cucu pertama ultah. sambil banding2i dengan kala Crystal ultah ke-2. mak mertua bilang dia dah nyentil2 bokap mertua pagi, bilang, gimana repotnya dia pagi ini dan gimana cueknya dia kala putriku ultah ke-2 akhir juni lalu. bokap mertuaku speechless tentunya.
malam ini bokap mertua dah rencana masak ini itu buat merayakan ultah ke-3 Smarty.


Kala ultah ke-2nya Smarty (menurut penanggalan cina), bokap mertua beliin kue tart buat Smarty. bokapnya Smarty malah bilang, "Kue-nya kekecilan. lain kali gak usah beli. Smarty ultahnya jangan menurut lunar calendar."

ultahnya Smarty kalo menurut penanggalan cina adalah bulan 7 tgl 15, adalah perayaan buat roh2 orang yg sudah meninggal. jadi ortunya dan nenek kakek dari mamanya memutuskan untuk dirayakan menurut penanggalan matahari, 30 Agustus.
orang-orang cina di sini kebanyakan lebih suka merayakan ultah menurut penanggalan cina.


kala Crystal ultah ke-2, jangankan beliin kue ultah, bahkan mie dan telor pun gak dibikinkan. (adatnya orang cina, kalo ultah dibikinkan mie rebus dengan telor, perlambang wish supaya panjang umur).

kita sendiri yang beliin kue ultah. duitnya ampao dari oma, yang maksa kita buat ambil, soalnya dia merasa waktu Smarty ultah ke-2, opanya yang beliin kue. jadi kali ini, kue ultah Crystal duitnya juga kudu dari oma (dan opa ikut terbawa tentunya). pas dinner juga, oma yang inisiatif pergi beli beberapa sayur/lauk, buat sekedar peringatan kecil2an. sebenarnya menurut kita gak perlulah, toh anak kecil gini juga gak ngerti. dibeliin kue ultah dan kado sederhana pun dia dah hepi.


yang emang gitulah kebanyakan orang cina, senangnya ama anak/cucu laki. dan suka melupakan untuk berlaku adil pada anak/cucu perempuan. Jing-jing dulu pernah kalo ditanya, ini kakeknya siapa, jawabnya: "kakeknya Cong-cong (Smarty)." ngerasa kali yah dia?!


sebenarnya gua dah tau dan dah biasa ngadepin bokap mertua gua.
tapi tetap aja ada perasaan sedih dan rada gak bisa terima .. anak gua kok diperlakukan gak sama gitu.



minggu lalu, si Smarty menginap seminggu di rumah wai-po (nenek dari mama). begitu balik ke rumah kita, kelakuannya langsung berubah. sampai di rumah, siapapun gak mau manggil, termasuk oma dan opanya dia gak mau manggil. opanya gendong2 dia, eh... wajah opanya ditampar ama dia. dan opa-nya biasa2 aja, masih ngajakin bercanda, bukannya "negur" si kecil. lha, menurut kita (gua, suami dan mak mertua), kelakukan seperti itu gak boleh didiamkan (karena bukan cuman sekali dua kali). lama-lama si Smarty bisa jadi over-spoiled-boy, bisa rusak. Maknya sendiri aja hari itu dipukul, ditendang, digigit pas dia lagi gak senang.

gua sih cuman bisa geleng2 .. lha bukan anak gua, ntar kalo gua terlalu nyampurin, ortunya gak senang.


di rumah kita, Smarty cuman takut ama suami gua dan gua sendiri, dan kadang juga masih agak takut sama oma. soalnya kalo main sih kita emang main ama dia, tapi kala dia bandel, gua dan suami galak ke dia. jadi dia gak berani neko-neko terhadap kami berdua. kalo dia mulai bandel, gua atau suami pelototin pun dia dah segan. tapi kalo dengan opa, dia sama sekali gak takut. gimana bisa takut kalo di-spoil begitu?


hari dia baru dari rumah wai-po-nya itu, akhirnya setelah dinner, aku ajak dia main2 dengan Crystal, pura2 nuang air minum (dengan gagang pintu sebagai keran air panas dan air dingin), dan memberi minum buat semua orang rumah ... barulah dia "mencair", dan mulai mau manggil oma dan opa.


jadi ingat lagi kala gua jadi "tante-yang-gondok-gara-gara-semangka". hehehee...!


ps.:
pantesan si ayam nyawanya masih bisa bertahan sampai rabu malam. huahahaahaha!

No comments: