Wednesday, August 08, 2007

radang tenggorokan dan demam

semalam saat jamnya minum tablet kalsium, gua lagi nuang air di ruang makan. ketika masuk ke kamar, ngelihat Crystal lagi meringis di tempat tidur, dengan tangan kiri dan kanan masih megangi botol tablet kalsium gua tapi belepotan ama muntahannya dia. (tiap malam dia 'punya' tugas rutin memberi tablet kalsium ke mamanya untuk diminum).

sejak gua pulang kerja, gua rada curiga mungkin Crystal demam. soalnya badannya agak hangat. tapi gak terlalu kepikiran, karena gua pikir, mungkin juga karena cuaca sore ini panas sekali. malamnya dia masih makan sepotong kecil semangka.
kayaknya sih masuk angin. soalnya saat makan malam sampai menjelang tidur, AC terus dinyalain. mungkin temperaturnya terlalu rendah.

saat menjelang jam sepuluh, memang gua sempat ngomong ke oma bahwa Crystal demam. waktu itu demamnya masih gak terlalu tinggi. sehabis muntah itu, suhunya naik sampai 39.2 celcius. menjelang tidur, sempat diberi paracetamol. gak nyampai semenit, dia langsung muntah.
dia ini memang paling susah kalo disuruh minum obat. mesti dipegangi tangannya. kalo gak, obatnya bisa ditepis ama dia. terus mulutnya juga mesti rada dipaksa untuk buka, kalo gak dia bakal mengunci mulutnya rapat2.
karena dah muntah, akhirnya gua momong tidur aja dulu.
setelah nunggu sejam-an, kita mau coba lagi beri obat penurun demam. kebetulan juga dia terbangun.
ma : nak, kamu gak enak badan dan demam. kita makan obat yah.
crys : gak mau.
ma : lho, kalo gak mau, gimana kamu mau sembuh? kamu kan demam. makan obat yah?
(oma masuk ke kamar buat ngelihatin keadaannya).
oma : nak, kamu minum obat yah..biar cepat sembuh.
ma : iya, kamu kan dah gede, dah berani buka mulut lebar2 buat minum obat. seperti koko kalo minum obat sambil buka mulut lebar2. obatnya gak pahit kok, rasanya manis sekali kayak madu (papanya lagi nyiapin obat dan air minum)
crys : aku minum obat sambil berdiri.
ma : eh, betul. kamu mau sambil berdiri? kalo gitu ntar mama pakain sandal yah.
crys : aku berdiri di atas tempat tidur.
ma : oh, kamu mau makan obat sambil berdiri di tempat tidur? boleh, kalo gitu gak usah pakai sandal. (papanya ikut ngedengar percakapan ini dari ruang makan, sambil mikir, apa bener yah dia bakal ngelakuin apa yang dia bilang?)
pa : Jing-jing, obatnya sudah datang.
crys : (tanpa disuruh, langsung berdiri di atas tempat tidur dan membuka mulutnya lebar-lebar menyambut sendok obat dari papanya)
oma, ma & pa : eih... pinter sekali ! (kita semua sampai terharu. ini benar2 pertama kalinya dia makan obat dengan suka rela buka mulut)
ma : wah, kamu sekarang bener2 dah gede. makan obat udah gak perlu digendong yah? dah bisa berdiri dengan gagah berani dan buka mulut lebar2 , terus hap ... diminum deh obatnya. hebat sekali! sini mama peluk dan cium dulu!
crys : (biarpun sakit, masih bisa senyum senang dipuji ama mama)

pagi sampai siang ini gua cuti setengah hari. pengen bawa sendiri ke dokter, nemeni dan juga rawat sendiri si kecil. padahal suami dah nyuruh gua ngantor. gua gak pengen oma-nya yang bawa dia ke dokter. kalo si oma yang bawa ke dokter, ntar ujung2nya bakal mutusin si kecil untuk diinfus saja, nuruti apa kata dokter. banyak dokter yang parah di sini, apalagi kalo klinik kecil, sakit apa aja, langsung nyuruh infus. maklum, kalo infus, pemasukannya buat klinik akan lebih banyak.

makanya gua menolak membawa si kecil ke klinik dekat rumah. gua berkeras membawanya ke RS 105, yang sebenarnya juga gak jauh dari rumah. dan untungnya, si dokter anak, yg juga dah rada tua, gak nyuruh si kecil kudu infus. gua bener2 bernapas lega deh!
sebenarnya jg gua bawa ke dokter juga demi gak dibawelin ama mertua, yang udah dari semalam ngoceh terus untuk bawa si kecil ke dokter. padahal yg gua tau, kalo radang tenggorokan, kebanyakan memang bakal demam, beri aja obat penurun panas dan obat untuk ngobatin infeksi tenggorokan, selain itu, mesti banyak minum.

namanya juga orang tua, jadi cemasnya suka berlebih dan juga sayang cucu. sementara kalo gua baca di babycenter.com, demam karena radang tenggorokan gini emang kadang bakal demam beberapa hari, dan wajar saja, cukup beri obat penurun panas. ntar pelan2 juga bakal sembuh radangnya.

yah, demi menenangkan mertua, akhirnya jam 8 pagi, si kecil gua bawa ke dokter, bareng suami. sepulang dari dokter, emang diberi resep obat penurun panas dan obat radang tenggorokan. kali ini Crystal gak sesukarela seperti semalam saat minum obat. akhirnya gua 'sogok' dengan jelly candy, yang gua tusuk pakai tusuk gigi, biasanya dia dan gua menyebutnya "jelly lolipop". gua bilang, "obatnya rasanya kayak orang juice. nah, kalo kamu minum dengan baik, mama kasih jelly-lolipop-nya." dia pun membuka mulut dan meminum obatnya plus airnya tanpa "aksi kekerasan". disambung langsung dengan jelly-lolipop, hap .. masuk ke mulutnya.

jam 10, dia minta makan bubur. tapi hanya makan sekitar 5 suap. terus kita main-main di kamar oma. gak seperti orang sakit deh. terus jam 11, minta makan lagi, ngabisin setengah mangkok bubur dan setengah mangkok sup tulang. jam 12.30 ngabisin semangkuk mie yang dimasak dengan tomat dan sup tulang.
demamnya dah hilang, dan gua pun bisa berangkat ngantor jam 13.00 dengan perasaan tenang dan lega. paling lega karena si kecil gak perlu diinfus, dan demamnya toh dah turun.

sorenya ketika gua dah sampai rumah pun, dia dah biasa-biasa aja, seolah2 gak sakit sama sekali malam sebelumnya. masih agak sedikit demam mungkin, tapi paling banter 37.2 celcius.

ditanya, "Jing-Jing, demammu udah sembuh?"
sambil megangi jidatnya sendiri, dia jawab, "Sudah. Aku sudah gak pilek lagi."

No comments: