Thursday, August 16, 2007

kacang mente

waktu pulang indo april maren, sempat dioleh-olehin kacang mente 2 kg. (setelah buka kamus, baru tau benernya disebut mente, bukan mede atau mete)

terus gua gak pernah nyempatin buat ngegoreng (emang pemalas nih gua...).
jadi sering dipakai bokap mertua buat masak sayur dengan cara diiris tipis2, terus ditumis bersama sayur seledri. rasanya gak enak dan gak wangi.

akhirnya, setelah tinggal setengah kiloan, gua bulatin tekad juga, kacang medenya gua jemur dulu. berhubung matahari summer masih cukup terik. barulah gua goreng.

hasilnya, si kecil senang banget memakannya.
dia menyebutnya hua-sheng (kacang tanah). dia juga suka kacang tanah yg digoreng kering.
kacang mente (cashew nut) kalo mandarinnya disebut yao-guo 腰果.

mengingat dia baru minggu lagu radang tenggorokan,
maka diingetin gak boleh kebanyakan makannya, ntar panas dalam ... dia jawab, "aku makan 2 aja yah?"
tapi untung lumayan nurut, setelah itu balik dua kali lagi sih hehe.. untuk minta 2 lagi setiap kalinya. habis itu, udah gak minta lagi.

emang sih, kacang ataupun kacang mente kalo digoreng/disanggrai gitu, emang enak banget. kalo gak mengingat panas dalam, emang bisa gak berhenti makan, sampai habis baru stop.

No comments: