Friday, May 18, 2007

sedihnya jadi mak

menangis kueeenceengg !
belakangan ini si kecil kalo bangun lumayan pagi, pokoknya sebelum jam maknya berangkat kantor dia dah bangun. nah, kalo gitu repot deh ceritanya. tiap hari gua selalu berusaha bilang, mama mau ngantor yah hari ini. kamu kan dah gede, dah pinter, gak boleh nangis. ntar say bye bye dan bilang hati-hati di jalan ama mama. ntar sore mama pulang, beliin jelly, terus kita jalan-jalan.
jawabnya, "mama jangan ngantor!" atau "sama-sama ngantor aja, ntar beli jelly"
kata mak, "emang kamu bisa ngantor? bisa pakai komputer? sudah bisa baca dan nulis?"
terus dia mikir-mikir.
dibujuk-bujuk lagi, ujung-ujungnya tetap aja, "mama jangan ngantor."

kalo dah turun dari tempat tidur, ke mana pun maknya pergi, dikintilin sambil megangi celana maknya, gak mau lepas. ke WC, sikat gigi, dll. dikintilin terus. atau, "mama gendong" sambil kedua lengan diangkat dan diarahkan ke gua. kadang gua gendong, kadang gua gandeng.

kalo waktunya dah tiba, mau tak mau mesti tega. langsung kiss bentar, "mama ngantor ya, ntar sore pulang ajak kamu jalan2." terus gua langsung terbang ke pintu depan. saat itu, dia akan mengejarku sambil nangis kueeenceeeng banget dengan mulut terbuka amat sangat lebar. sungguh sedih dan tak tega menatap tampangnya yang lagi nangis gitu. kadang gua terpaku sejenak di balik pintu, mendengarkan tangisannya sambil dalam hati bilang, "maafkan mak, sayangku."
sampai di bawah pun masih kedengaran suara tangisnya yang kenceng.
tukang jual penganan tepung bakar yg tiap hari nangkring di pagar depan blok apartemen kami menatap ke jendela lantai 4 sambil senyum-senyum maklum.


night training and growing up girl
sejak minggu lalu udah kira-kira 5 malam gua gak pakaiin diaper. tengah malam, jam 3 pagi, jam 6 pagi dan jam 7 pagi gua gendong untuk pipis. secara keseluruhan, cukup sukses lah. tampangnya lagi pipis sambil tidur lucu banget. menggemaskan. kadang pipisnya separoh-separoh. terus gua panggil-panggil sambil bilang, "pipis nak..pipis nak..", dia pipis lagi, terus stop lagi. gitu seterusnya sampai 3 atau 4 kali. baru bener-bener tuntas pipisnya.

tapi ada 2 kali kecelakaan, waktu mau digendong pipis, eh celananya sudah basah duluan. untung kita pakai alas di tempat tidur. jadi tinggal gantiin celananya aja.

3 malam lalu, gua lelah banget sepulang kerja, gara-gara malam sebelumnya kurang tidur. terus habis jam makan malam 7.30pm, gua langsung masuk kamar dan tidur. sama papanya, pintu kamar ditutup. awal-awal masih kedengaran Crystal nyari-nyari, "mama mana?" dan dia pengen buka pintu kamar. terus oleh orang rumah dibilangi, "mama ngantor." ada-ada aja. masak malam2 masih ngantor.

gua baru bener2 tertidur mungkin jam 8 lewat. tengah malam baru kebangun. ternyata si kecil dah tidur bareng oma opanya. besoknya dapat cerita, kalo malam-malam saat mau tidur, waktu ditanya, mama di mana, jawabnya, "mama di kamar lagi tidur."
lho...ternyata dia tau mamanya ada dan lagi tidur di kamar! terus diajak tidur sama opa omanya dia mau. biasanya kalo ada maknya, dia gak mau tidur dengan orang lain.
saat tidur dengan oma opanya pun dia sendiri minta dipakaiin diaper. kalo ama gua, dia selalu menolak pakai diaper.


semalam, dia bilang sendiri pengen tidur dengan oma opa. terus gua gendong ke kamar oma opa dan gua tinggal di sana, dia oke-oke aja tuh. tapi begitu udah jam 11-an, tau-tau dia kabur balik ke kamar, sambil tertawa-tawa dikejar-kejar opanya. dia bilang, gak mau tidur dengan opa oma, maunya tidur ama mama.

1 comment:

sinceyen said...

Hihihi.. ng'gemesin banget sih Crystal. Pake acara dikejar-kejar opa lagi :D