Wednesday, May 09, 2007

3 bulan

oh ya, kalo itungannya gua dah masuk 3 bulan.
biasanya itungannya dari hari pertama haid terakhir.

so far i feel so great .. despite the flu dan bosen ama makanan rumah.
gak pakai acara morning sickness. (enak kan? hehe!)
yang penting asal habis makan gak langsung minum, nungguin 10 menitan.
terus, kalo soal ngidam..rasanya tiap hari sih ngidam makanan enak. hehehe... belom puas ama pempek, sate padang, dan makanan2 indo nih!

baru maren gua bilang ke suami, kayaknya mirip kehamilan pertama, doyannya ama pangsit kuah; dimakan dg cuka dan cabe.

note: pangsit ama suikiao (shuijiao) itu beda lho. beda di kulit pembungkusnya.

terus gua bilang juga ke suami, wah .. dg hamil gini jadi ada kesempatan makan pizza hut...hahaha! soalnya kita jarang makan ke pizza hut, paling banyak setahun sekali atau 2 kali. pizza hut di sini lebih mahal dibanding kalo di jakarta.


oh...oh.. satu-satunya keluhan, mungkin juga karena 2 hari terakhir flu, jadi rada sesak napas.


Gejala awal kehamilan
katanya sih ada beberapa gejala awal kehamilan, tapi beda-beda di tiap orang :

* morning sickness (alias mual-mual) di 3 bulan pertama. kalo gua kali ini boleh dibilang gak ngalami.

* bentar-bentar dah pengen pipis. karena rahim mulai menekan ureter. dulu pas kehamilan pertama, batuk dikit atau bersin, susah sekali ngontrol supaya air seninya gak leak-out (terutama pas kehamilan makin besar).

* mimisan (kalo di gua awal2 kehamilan upilnya sempat berupa darah kering. hamil yang pertama juga gitu. tapi gak sampe mimisan. dan sekarang udah nggak)

* gampang ngantuk (kalo yang ini iya.. kalo dah habis makan malam, bawaannya dah mulai ngantuk. jadwal rutinnya sih biasanya nemeni Crystal dulu jalan-jalan ke taman dekat komplek. balik sekitar jam 9. nah habis itu nemeni dia main-main sambil baring-baring di tempat tidur. kadang terus guanya ketiduran.

* badan pegel-pegel. wah, maren pulang indo 2 minggu, si Crystal sering banget minta gendong. untung so far waktu itu fit aja. kadang-kadang doang pinggang rada pegel. waktu itu juga udah mulai curiga sih, soalnya haidnya terlambat. tapi belom test aja.

* kram
makin ke belakang, kalo kurang kalsium, bisa gampang kram. jadi pas kehamilan dah masuk 4 bulan, sebaiknya mulai mengkonsumsi tablet kalsium tiap hari. kalo kekurangan kalsium, si baby akan ngambil cadangan kalsium di tulang / gigi kita. ada teman kantor yang sehabis kelahiran anak pertama, giginya tanggal satu.


* lebih gampang sesak napas. kadang kerasa sesak napas. apalagi 2-3 hari ini kena flu.


* gak nafsu makan. teman kantor ada juga yang lagi hamil 2 bulan. badannya pegel-pegel, kadang mual, gak nafsu makan. gua sempat gak nafsu makan minggu lalu .. bosen ama makanan rumah. kadang pagi-pagi habis bangun tidur, berburu pangsit. malam-malam, 2 jam sehabis makan malam, berburu mie sayur. katanya tiap lapar kudu makan. soalnya begitu kita lapar, si baby juga ikutan lapar. terus suka berburu jerut purut. hehehe... !




Makan apa yah ?
sebenarnya apa aja boleh dimakan, yang penting merata. sayur, buah, daging. kalo gua biasanya minum susu at least 2 atau 3 gelas sehari. terus kalo laper, diusahakan makan sesuatu, ntah biscuit, roti, apel...apa aja. kalo gak doyan susu, yoghurt bagus tuh...katanya malah lebih bagus dari susu.

sebaiknya jangan minum teh, kopi atau coklat. teh itu bisa merusak gizi dari makanan yang dimakan. tapi kalo pun mau, minum yang gak terlalu pekat. terus jangan langsung minum teh setelah makan.
kalo kopi dan coklat katanya menurunkan daya serap si baby terhadap kalsium, yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi si baby.

alkohol juga gak boleh yah..! takut merusak jaringan kali yah... ah.. gua gak tau persis penjelasan ilmiahnya. pokoknya katanya gak boleh.

banyak-banyak mengkonsumsi kaldu ayam, sop tulang, udang (berikut kulitnya), karena kaya kalsium. sayuran hijau, sumber zat besi, untuk nambah darah. yang paling bagus katanya "spinach", yang kalo di indonesia agak salah kaprah, disebut bayam. sebenarnya spinach itu beda ama bayam. tapi sayur bayam juga bagus dan kaya zat besi.
banyak mengkonsumsi kacang-kacangan, sumber vitamin B.
oh ya, 3 bulan pertama kudu mengkonsumi Folic Acid (asam folat), katanya bagus untuk pembentukan otak.


ada satu makanan lagi yang katanya bagus untuk nambah darah. kurma. bisa yang kering ataupun yang segar kalo bisa diperoleh. katanya, 1 buah kurma gizinya setara 7 buah apel. kalo di china, buah kurma gampang ditemuin. terutama yang kering, banyak dijual di supermarket. kalo yg segar, mesti nunggu musimnya. kalo gak salah sekitar juni-agustus. udah rada lupa.
pas kehamilan pertama, tiap minggu gua rutin makan kurma kering. tiap kali test darah, kata dokter hasilnya selalu bagus.


walnut juga bagus ..katanya sih... bagus untuk pembentukan otak si janin. gua gak tau penjelasan ilmiahnya sih.




oh ya, nekad juga yah...sampai sekarang gua belom check up ke dokter. hehehe!
bukannya cuek, tapi so far belom ada keluhan berarti. mungkin rencana minggu depan aja baru

ke dokter. di sini gak kayak di indo, tiap datang ke dokter langsung USG. katanya gak baik untuk si janin kalo sering2 USG. kalo di China, USG cuman 3 atau 4 kali. 1 kali di bulan ke 4. satu kali sekitar bulan ke 7. dan satu kali lagi saat udah check-in mau bersalin. kecuali mungkin ada kasus khusus, yang mesti dipantau. mungkin USG bisa lebih dari 3 kali.
satu lagi, di china sini, pas USG, kita-kita gak dibolehin ngelihat screen, untuk merahasiakan jenis kelamin si janin.
mencegah kemungkinan ada yg pengen gugurin kalo misal si anak itu perempuan, dan yang bersangkutan pengen anak laki. lagi-lagi karena berhubungan sama "one child policy".

lain-lain :
* yah, seperti kata orang2 tua, selama hamil jangan ngangkat/mendorong benda2 berat. tapi buat yang hamil kedua, gendong anak yang pertama yang masih balita, masih ok kok. dengan catatan si anak pertama bukan jumbo size lho. kalo anak pertama beratnya sampai 30kg, yah.. jangan digendonglah. anak pertamaku saat hamil kedua ini beratnya sekitar 11-12kg.
* jangan makan nenas muda dalam jumlah banyak saat kehamilan di bulan2 pertama, katanya bisa memicu keguguran.
* jangan over dosis mengkonsumsi merica (jangan terlalu pedas), gua pernah dibilangi, ada bumil yang over dosis mengkonsumsi merica terus mengalami keguguran. (sori .. gak tau penjelasan ilmiah).
* kata nyokap, jangan makan pisang ambon. aduuuh.. sori gak tau penjelasannya apa. aku sih nunut aja. pisang jenis lain boleh.
* kalo jalan jauh dan kecapean, angkatlah betis/paha sejajar dengan pinggang saat duduk/beristirahat. sanggah dengan kursi. kalo di kantor, bisa sanggah dengan kardus mungkin. katanya sih bisa mencegah varises.
* ada tips dari seorang guru jaman dulu, katanya istrinya saat kehamilan mulai gede, sering melakukan gerakan jongkok-berdiri-jongkok. sehingga saat melahirkan gampang dan cepat. gua juga ngelakuin hal ini. ada yg bilang sering2 jalan jauh, ngepel, naik turun tangga. namun semua ini kembali ke kondisi fisik masing2 bumil. ada bumil yang gak boleh terlalu capek, mesti bedrest, tapi ada bumil yang ok-ok aja, fit terus.
* saat usia kehamilan 4~5 bulan, sering2 nungging .. maksudnya ambil posisi menyembah (seperti sedang sembahyang / bersujud), pantat menungging lebih tinggi dari kepala kedua lengan menjulur lurus ke depan melewati kepala. katanya sih posisi ini bisa merangsang kepala bayi turun ke bawah. 
* boleh tuh ikutan kelas senam hamil. berenang juga boleh. kalo gua sih yoga sendiri aja di rumah waktu kehamilan pertama. jurus2nya dapat dari hasil browsing di internet. dengar kata yoga jangan langsung merasa serem .. gak menakutkan kok gerak2annya. gak ada gerakan akrobatik. benar2 gerakan biasa; yang gak punya dasar yoga pun bisa melakukannya tanpa kesulitan.  bisa juga lihat di sini, ada gambarnya yang gampang diikutin, tapi tulisannya mandarin.

2 comments:

eliza adam said...

rada2 gimana gitu ya tinggal di china. masak USG gak boleh liat layar! hahhaa...disini boleh, tapi technician nya gak pernah ada komentar apa2, karena mereka gak boleh komentar. yg boleh itu dokter yg periksa hasil USG.
emang betul USG gak boleh sering2, kan itu ultrasound wave, tentu gak baik utk janin. bayagin aja, seupil gitu dikenain ultrasound wave terus2an...
kalo alcohol, gue bilang kalo kebanyakan gak bagus. apa yg kita cerna si bayi cerna. badannya gak spt org dewasa, tentunya alcohol diserap badannya terlalu banyak bisa2 kena fetal alcohol syndrome.
udah legaan dong ya Yen, jalan 3 bln nih.

yendoel said...

Liz, fetal alcohol syndrome itu apa si janin mabok yah? hehehe!
iya nih, reseh di sini. kan penasaran pengen lihatin bayi yg dalam perut sendiri. makanya gua ntar pulang indo ada kesempatan berharga, bisa lihat si kecil dalam perut. penasaran aja. selama ini cuman lihat yg di web2 atau yg anak orang..hihihihi..!