Wednesday, May 09, 2007

Liburan 1-7 May 2007

Liburan Hari Buruh
Di China ada 3 minggu libur penting.
* Spring Festival (which is kalo di indo disebut IMLEK or Sincia).
* Libur Hari Buruh 1 May
* Libur Hari Nasional 1 Oktober

Cara liburnya biasanya diatur 7 hari berturutan. tujuannya sih untuk meningkatkan pariwisata domestik, biar orang2 cukup waktu untuk wisata.
nah, 7 hari berturutan itu termasuk di dalamnya hari Sabtu dan Minggu. Terus yang 2 hari mesti diganti dg hari kerja di hari Sabtu dan atau Minggu di minggu sebelum atau sesudahnya. jadi yang bener-bener efektif disebut "libur" yah sebenarnya jatahnya cuman 3 hari.

Masih soal libur .. enaknya lagi kalo jadi perempuan di China, pas International Women's Day, 8 Maret, kita-kita yang perempuan dapat jatah libur setengah hari (4 jam kerja). terus dari perserikatan buruhnya kita dapat sedikit ampao..hahaha... kalo 3 tahun lalu, kita yang perempuan, dinner bareng. setelah dinner pun, masih kebagian ampao yg kalo dirupiahin sekitar 80 ribu rp. lumayan bisa beli berkilo-kilo stroberi (suka banyak dan murah di bulan februari - maret). sekilo stroberi kalo dirupiahin kira2 5-8 ribu rp.

Libur hari buruh tahun ini kita di Hefei aja. gak keluar kota. paling ngajakin Crystal jalan2 ke taman2 kota aja. kita maren ajakin dia ke "Taman Judge Bao" dan "Taman Bunga Apricot". gratis, gak pake karcis masuk. kecuali misal mau masuk ke museum Judge Bao, baru bayar.

Taman Judge Bao ada sungainya (atau bentuknya lebih mirip danau). terus bisa naik kapal2an. kalo yang bermotor, bayarnya 30 yuan. Ada juga mainan bola gede yang bisa dimasukin orang terus terapung di atas air.

Taman Bunga Apricot itu kayak dufan, selain taman buat nyantai, fasilitas olah raga (gratis juga) di area sesudah pintu masuk, ada sungai/danau buatannya, ada niagara, kincir raksasa, kora-kora, dsbnya. masuknya sih gratis. cuman naik sekali, bayarnya 10 yuan. bukan model karcis terusan seperti di dufan.

Toilet-toilet umumnya lumayan lah.. dah bersihan dan lebih terawat dibanding jaman beberapa tahun lalu. enaknya di China sini, pemerintah udah banyak menggalakkan toilet umum gratis. jadi banyakan toilet umum di taman2 gratis. ada toilet2 umum (bukan di taman2) yang bayar 0.3 yuan (kira2 350 rp). tapi banyakan sekarang udah gratis. wah, kalo di indo, sekali masuk toilet bisa gopek atau seribu yah ...! waktu gua ke tangkuban perahu, bayarnya 1000.



hasil dari liburan seminggu maren, gua bukannya nambah berat badan, malah turun berat badan nyaris 1.5 kg. 2 hari terakhir sempat pilek dan gak nafsu makan, mag gua juga lagi gak beres 2 hari terakhir itu. pilek gara-gara sebenarnya cuaca cukup hangat, jadi pas bawa si kecil jalan2 ke taman dekat rumah, gua cuman pakai baju lengan pendek tanpa jaket luaran, taunya anginnya lumayan kenceng.
gak nafsu makannya gara2 bosen ama makanan rumah.
jadi sempat ngeloyor ke luar pagi-pagi atau malam-malam nyari pangsit atau mie sayur.


Almost successful
oh ya, another good news for me. hehe..!
Crystal selama liburan seminggu full ini sudah bisa pipis atau pup sendiri ke pispot. otomatis seharian gak basah celana. kalo main di atas tempat tidur juga kalo pipis dia ngomong.
seneng deh! kalo gua ketiduran, dia neriakin ke gua, "pipis.. pipis...!" gua langsung meloncat bangun.
kadang gua suka bilangin, "jangan pipis di tempat tidur yah.. ntar mesti cuci, jemur, kan repot."
ntar dia akan ngulangi persis apa yang gua omongi ke dia.
habis pipis juga, dia mulai suka ngelap sendiri. tadinya masih dilap-in. tapi lama-lama dia pengen ngelakuin sendiri.


New words
banyak kata-kata baru yang bisa diucapkan Crystal. walaupun kita sama-sama tau anak kecil belajar ngomong itu kecepatannya luar biasa, tapi tetap aja menakjubkan tiap dengerin dia ngucapin kalimat atau hal-hal baru.
misal:
* Ini nih .. Jing-jing anterin kacamata untuk papa
* Saya lihat-lihat dulu
* Nenek mengukur tekanan darah
* Jingjing ngantor di Indonesia. dapat banyak uang. kasih mama, papa, nenek dan kakek. Beli permen, beli baju, beli topi, beli sepatu.
* kalo ngajak dia salaman, dia akan bilang, "nihao..nihao... (apa kabar?) .. saya Liu Hui Han."


selain itu, dia sudah bisa pakai sepatu sendiri. dan mulai suka belajar pakai sendiri celana dalam dan celana panjang. pernah suatu kali, dia mengenakan celana dalamnya yang belom dimasukin ke lemari, dipakainya di luar celana panjangnya. tapi yang menjengkelkan, dia suka melepas sendiri sepatu dan kaus kakinya, padahal lantai masih dingin buat nyeker.

ada lagi, dia itu paling susah kalo dibeliin sepatu dan topi. selalu menolak, bagaimanapun lucunya modelnya. akhirnya nemu juga sepatu hello kitty yang nyaris persis sama dg sepatu dia summer tahun lalu, cuman beda warna. setelah dibujuk2, akhirnya mau juga.

dan sekali-sekalinya di supermarket, dia suka sama sebuah topi. pas dipakaiin di kepalanya, tumben-tumbennya, ga mau dilepas lagi. terus bercermin segala di samping counter topi sambil senyum-senyum. dasar ... !


sayang liburan ini kamera lagi dipinjem teman buat jalan2 ke thailand, singapore dan malaysia. jadi gak bisa motretin acara jalan2nya.

2 comments:

Lisa said...

Yen, Jing jing asli pinter deh.. Ngomongnya cepet yah...Fino agak telat nih kayaknya sih karena 2 bahasa, ditambah di sekolah belajar spanish pulak. Jing jing lu ajarin bahasa indo gak ? biar bisa gossip sama emaknya nanti.. hehehe...

yendoel said...

iya kali ya, kalo ngajarin 2 bhs mungkin jadi agak membingungkan. apalagi ditambah spanish. gw blom bener2 ajarin bhs indo. baru ngajarin 3 lagu indo dan bisa nyanyi stlh diulang bbrp kali. bhs inggris cuman ngajarin kosa kata dikit2. plus yg simple2 macam good morning, give mommy a kiss, see u tomorrow, let's go, turn off the lamp, etc.
rencananya ajarin indo mungkin umur 3 tahunan. iya nih, biar bisa gosip rahasia sama maknya. hehe!
dulu dlm perut hampir tiap hari kalo ada kesempatan gua ajak omong. terus begitu lahir, hari pertama pun dah gua ajak ngomong non stop. terus dsr mungkin anak cewe, lbh bawel kali. dia kalo udah bisa kalimat baru, suka ngulang2 dan subjeknya dia ganti2 sendiri. misal:
mama sudah pulang, papa sudah pulang, tante sudah pulang, oom belom pulang.
mama ngantor, papa ngantor, kakek ngantor, tante ngantor..semua ngantor.