Thursday, May 10, 2007

otak babi

puas banget ........!!!!
akhirnya tercapai juga cita-cita gua makan otak babi setelah ngidam bertahun2.
he-eh.. maksudnya, sejak kuliah dan kerja di jakarta, tinggal jauh dari emak, emang dah susah nemu 'otak babi'.
dulu kalo di rumah, sekali2 mak suka tim otak babi buat gua. emang gua yang paling doyan di rumah. dimakan bersama kecap maggi.

pas tinggal di china sini, pernah beberapa kali ke pasar, tempat jual daging babi, tapi gak pernah nemu yg jual otak babi. soalnya katanya otak babi biasanya dah dibeli resto / rumah makan. biasanya paling gampang nemu di resto yang jualan "huo-guo" (itu lho, cara makannya berupa kuah panas, terus semua makanan mentah dicelup dan direbus di dalamnya)

sebenarnya sih depan rumah dari dulu gua tau ada jualan otak babi yang ditim dg herbal: tian-ma dan gou-ji-jiao. rumah makannya punya orang hok-kian. tapi tiap kali ke situ, dah habis aja atau lagi gak ada.
nah, 2 malam lalu gua beli sup-tim-ayamnya, krn otak babinya dah gak ada. murah, semangkuk kecil (300cc) cuman 5 yuan. terus gua titip pesen ke lao-ban-niang-nya buat nyisain satu porsi otak babi buat gua besoknya (laoban = boss, laobanniang = boss cewek/istri boss).

nah begitulah. jadi maren sore sepulang kantor, jam 6.15pm, gua langsung mampir dan dapatlah si otak babi yang telah lama diidam-idamkan, dengan harga 4 yuan (sama, porsi 300 cc).

itung-itung, kayaknya dah lebih 10 tahun lho gua gak makan otak babi. jadi puas banget dah! yummy sekali! rasanya mirip sih dengan otak ayam / bebek /angsa / sapi.


di daftar menunya ditulis:
tian ma zhu nao tang (bu nao yang shen)
sup otak babi dengan herbal tian-ma
gua bingung juga nerjemahi bu-nao yang shen. yang jelas maksudnya baik untuk otak dan memberi ketenangan. repose of mind (?)


sugesti kali yah... sejak 2 hari lalu, gua pusing2 terus (mungkin krn flu juga).
pas lagi makan otak babinya juga masih pusing2. tapi setelahnya, pas di rumah, kira-kira jam 7.30 suami pulang dan nanya gimana pusing2nya. ternyata gua dah nggak pusing lagi.
sugesti kali yah... ;-)

hehehe... sorenya suami sempat becanda di telpon bilang, "jangan kebanyakan makan otak babinya yah? ntar sapa tau calon bayi kita punya otak babi kan repot (maksudnya: bodoh/bego)." hahaha...!

4 comments:

Kevin Lau said...

Hallo yendoel, senang sekali and lam kenal juga, aku pernah kemari lho di commet -persiapan mudik.
biar nggak kehilangan jejak,tukaran link ya.
di China memang gitu ya , punya anak cuma 1 saja nggak boleh lebih, kalau di HK sekarang malah dianjurin punya anak lebih dari satu,karena disini orang pada enggan nikah/punya anak.

eliza adam said...

eh, elo ngelahirin kapan? masih ikutan shio babi gak? kalo masih, jgn2 emang ada pengaruh...hahaha *sugesti lagi*

sinceyen said...

Kalo sekarang udah jalan 3 bulan.. berarti sekitar November ya Yen?

yendoel said...

iya, kalo lihat di babycenter.com sih itungannya kira2 16~18 Nov. masih shio babi..hehehe..! di china, orang2 pada pengen lahir di shio babi, katanya lambang kemakmuran. ada beberapa shio yang disukai di china buat ngerencanaain punya anak: naga, monyet, babi.