Monday, June 30, 2008

Crystal's 3rd bday

Crystal 3 tahun hari ini.

Dapat kado buku dari mama hari jumat kemaren. Bukunya isinya bersifat mengasah kemampuan berpikir, mengamati, mengungkapkan ide, berbahasa, dsbnya. Dia senang sekali, bukunya sering dibuka. Dan sering ngajak mama atau papa bareng2 lihatnya. Kadang mulut papa dan mama sampe kering .. soalnya suka minta diulang2. Sementara Angie di samping ikut ngerecokin .. bukunya mau dirobek-robek atau dimasukin ke mulut. Hahahaa...!





SUKA NGAMBEK
Crystal makin pinter tapi juga makin nakal. Sudah punya pemikiran dan kemauan sendiri. Tapi kalo kemauannya gak dituruti, langsung ngambek.

Pernah satu kali pulang kerja, mama ngajak Crystal dan Angie jalan2 ke taman. terus dia mau minta dibeliin telur burung puyuh rebus. Kebetulan mama gak bawa uang, terus dia ngambek.
Dibilangi baik2, gak mau denger. Akhirnya mama tinggal sambil terus jalan pulang.
Dia ngejar sambil nangis sejadi-jadinya. Bahkan sampai loncat2 dan duduk di lantai batu.
Sampai celananya kotor oleh debu.

Orang2 sampai mau beliin dia, tapi mama berkeras, gak boleh nurutin semua kemauannya dia.
Akhirnya mama gendong dia dengan paksa buat nyeberang jalan, sambil gendong Angie.
Dia meronta-ronta dan nangis2 tentunya. Sampai di seberang jalan, setelah agak dekat ke rumah, mama turuni lagi di trotoar. Mama tinggal lagi dengan dia ngejar2 di belakang sambil nangis2 dahsyat.

Pusing juga ngadepin anak yang suka ngambek dan gak mau denger kalo dibilangi baik2.
Untung tamannya gak jauh dari rumah. Hanya sekitar 5 menit jalan kaki.

Kalo ngambek dan nangis2, sekali-sekali kalo terlalu dahsyat nangisnya, bisa sampai muntah.
Kadang kalo sudah keterlaluan nakalnya dan gak mau dengerin, mama atau papa pukul pantatnya. Dikasih time-out gak mempan. Soalnya dia langsung meninggalkan tempat time-out, gak mau disetrap. Akhirnya mama kurung di balkon. Sampai dia mau ngaku salah, baru dikasih masuk.Tiap kali dia sudah mau ngaku salah, dia datang memeluk mama terus bilang gak ngulang lagi, terus bilang, "mama jangan marah."

Hoho ... namanya juga anak kecil, kalo buat salah, yah tetap aja sering diulang lagi.

Tapi ada juga sedikit kemajuan.
Suatu masa, dia suka nyuruh mama ambilin ini itu. Satu kali dia suruh mama ambilin sandal, terus mama suruh ambil sendiri .. eh.. ngambek dong! Setengah jam nangisnya! dan mama biarin aja ngangis setengah jam. Akhirnya habis juga kesabaran mama, kok gak berhenti2 nangisnya, mama kurung di balkon, baru dia ngaku salah.

Sejak itu, kalo moodnya lagi baik, dia suka bilang, "mama, kalo aku bisa ambil sendiri, aku akan ambil sendiri." Atau "kalo aku bisa lakukan sendiri, aku akan lakukan sendiri."
Kalo udah lagi ngomong gitu, manis banget deh. Hahahaha!
Kalo dia lagi lupa, nyuruh ngambilin sesuatu, mama ingatin peristiwa sandal, dia langsung sadar dan bilang, "aku ambil sendiri deh."

Kalo mood lagi baik, Crystal memang manis kok. Pernah oma gendong Angie di balkon. Crystal langsung ambil bangku untuk oma, sambil bilang, "oma, kamu duduk aja. Capek kalo berdiri terus sambil gendong Qiqi."
Kalo papa lagi gendong Angie untuk pipis ke pispot, dia juga tanpa disuruh langsung ambil bangku untuk papa, biar papa gak usah jongkok2. soalnya kan Angie gak langsung pipis, kadang masih beberapa saat, kadang malah meronta2 gak mau digendong untuk pipis.


SUKA MUKUL ATAU SAY BAD WORDS
Dulu Smarty yang suka mukul Crystal. Sekarang giliran Crystal yang suka mukul Smarty.
Walaupun Crystal gak pernah mukul dengan keras, tapi judulnya di pikiran Smarty tetap aja mukul. Bahkan nyentuh sedikit aja, langsung dianggap 'mukul.'
Smarty sekarang sedang dalam tahap 'suka ngadu'.

Sedikit2 .. "Tante, Crystal mukul aku... Tante, crystal bilang aku bau pup, kamu nasihatin dia... Oom, Crystal tadi mukul aku... Opa, Crystal bilang aku bau pup. Tante, Crystal gak kasih aku baca bukunya. dstnya..."

Rasanya sudah beratus kali si Crystal diingatin untuk gak mukulin kokonya, gak bilang kokonya bau pup, mesti share barang/mainan/buku dengan kokonya .. tapi tetap aja, dia kalo lagi gak senang, yah mukul atau ngomongi bau pup atau gak mau share. Seringkali juga gara-gara Smarty yang mulai duluan ngusik dia, baru deh dia mukul.

Bau pup itu dia belajar ngomongnya dari Smarty juga. Hahahahaha...!

Kadang capek juga tiap kali mesti dengerin Smarty ngadu. Even, baru pulang kerja dan buka pintu, Smarty dah langsung ngadu. Mungkin dia senang juga, kalo misal ngadu terus kita menasihatin Crystal kalo gak bener mukul Smarty. Jadinya setiap kali Smarty jadi senang ngadu deh.

Aduh pusing juga yah ngajarin anak kecil itu.

8 comments:

lisa said...

Emang anak2 ada tahap2nya ya Yen. Fino tuh lagi demen ngadu dan bilang poop. Susah banget dibilangin. Lah, di sekolahnya temen2nya gitu semua sih... Mukul2 juga ada tahapnya. Emang bingung deh ngajarin anak kecil :)

lisa said...

tambahan: Happy Birthday Crystal :) Semoga jadi anak yang baik ya... Kapan2 mudik bareng Yen, biar Fino ketemuan sama Crystal. hehehe...

yossy hamdan said...

Halo slm kenal dr Indo.. Biasa kek gt ya anak2, klo kita gak nasehatin anak kita, ntar jadi contoh gak baek, dinasehatin mulu, malah bisa2 jadi imun.. Refot!

Jill said...

Happy Birthday to Crystal!! I wish I could read what all of this says, but I'm hoping she had a very wonderful and fun day!!!

azaleafirnindya said...

happy birthday anak cantik.. jangan badung ya sayang, nanti nama kamu diganti sama mama jadi baby boris loh.. :P
PS: mbayen, crystal kok sifatnya ky gemini ya, pdhl kan dia cancer.. ga kebayang deh si crystal nangis kejer di tengah jalan sambil meronta-ronta! ga tegaaaaaa

yendoel said...

hahaha...iya, babor kali ya..! gua juga gak tega. tapi gak boleh dibiarin deh kayaknya. ntar dia jadi berpikir dg begitu, semua kemauannya dpt dituruti.

eliza said...

loh, koq ketinggalan banget Yen. met ultah ya utk Crystal...mudah2an tambah besar tambah cantik :D & gak ngegodain adek aja :D

bebek said...

happy birthday crystal,....cepet gede yah,...