Thursday, February 09, 2006

jagoan pilih kasih

Aku sebel sama bokap mertua!

Mau dibilang pilih kasih, yah… memang jelas2 banget pilih kasih! Dia fans berat banget sama cucu pertamanya, cowok, umurnya skrg 17 bulan. Sejak umur 4 bulan, sampai sekarang, bokap mertua gua super sibuk dan heboh nyiapin makanan ini itu buat dia. Udang... sayur.... telor ...daging... wortel... segala macam. Begitu giliran baby-ku, dia kayaknya gak terlalu pedulian. Menantu pertamanya sama sekali gak pernah musingi anaknya makan apa.Sudah dipikirin dan disiapkan oleh mertua.


Okehlah, wajar .... namanya juga cucu pertama, bolehlah lebih heboh. Tapi keterlaluannya, dia boleh dibilang gak pernah nyiapin makanan untuk putriku. Padahal putriku dah umur 7 bulan sekarang. Dah boleh makanan banyak jenis makanan.
Dari hasil test darah, babyku kurang Fe dan Zn. Gimana enggak, makanannya (selain susu) cuman bubur atau nasi dan telor. Aku sekarang kerja, hanya memungkinkan pulang rumah jam 6.30 sore. Kadang aku sempatin untuk memasak bubur wortel untuk si kecil. Atau kadang diberi makan buah.


Kemaren malam, dia habis ngantarin tamu yang mau pulang ke bawah. Setelah dia balik, di pintu depan ada cucu pertamanya dan aku menggendong putri kecilku. Begitu masuk pintu, dia menyapa dan tertawa pada cucu pertamanya. Sementara putriku, pas melihat kakeknya datang, dia tertawa senang(mungkin hendak menyambut atau dikira bakal diajak main oleh kakeknya) sambil aku ajarkan pada putriku, ”Yeye ... yeye ....” (artinya kakek) tapi kakeknya menoleh pun tidak ke arah putriku. Dan putriku pun berhenti tertawa. Aku yang merasa gondok !!!!

Wah, bisa panjang ceritanya kalo udah mau ngomong soal bokap mertua gua yang pilih kasih. Dia memang lebih sayang ke anak laki pertamanya, daripada ke anak laki keduanya (suamiku). Dengan begitu, kayaknya juga dia lebih gimana gitu... ama menantu pertamanya, dan pada cucu pertamanya.

Pernah sekali, menantu pertama mau cuci piring, Bokap mertua langsung heboh bilang, ”lo jangan cuci piring.. lo jangan cuci piring. Ntar biar gua aja yang nyuci. Lo jaga anak lo aja.“Setelah makan malam usai, bokap mertua kura-kura dalam perahu... nonton tipi.Akhirnya suami gua yang mau turun tangan buat nyuci. Nyokap mertua gua langsung nyahuti dg suara agak dikerasi, ”lo gak usah nyuci, biar bokap lo yang nyuci aja.” nah, kalo si mak mertua lebih sayang ke anak bungsunya.


Selama winter, iparku beserta anak mereka tinggal di rumah kami. Karena mertua yang jaga cucu. kalo pagi malam mesti dibawa pulang, udara luar terlalu dingin. Nah.. di rumah, urutan nyuci piring paling banyak (kalo anggota udah lengkap) pertama adalah suami gua, kedua adalah gua. Dan menantu pertama ada di urutan terakhir tentunya. Sekali si menantu pertama nyuci piring, bokap mertua gua langsung heboh... nyiapin air hangat untuk nyuci piring.

Menantu pertama kayaknya paling gak selera kalo harus pulang kampung. Udah dua kali imlek, aku yang pulang kampung. Dan bokap mertua merasa amat sangat perlu untuk menjelaskan ke sanak famili dan khalayak ramai, bahwa menantu pertama gak bisa datang kali ini karena flu berat. Yah... begitulah 'keluarga baru'-ku di sini.

3 comments:

Zona-Cantik said...

hi!! Salam kenal!!
Wah critamu ttg bpk mertua yg pilih kasih ini samaaa persis dengan yg aq alami skr ini!! hiks...sedih bangettt
Baru kmrn pas pulang kantor, aq nemuin muka anakku uda luka2 en biru2
krn dipukulin sm mainan oleh kokonya (sepupu dia), umur 4 thn, cucu
kesayangan mertua!
Anakku sendiri baru umur 16 bln!
Uda gitu, mertua dua2nya diem2 aja as if nothing's happened!! Gila gak tuh...duh sakitt hati bangett..makanya nemu blogmu, baru tau ada temen senasib hehehe..
Anyway...please share dunk gmn km bersikap menghadapi mertua bgini??
Thanks yaaa....ferah ^^ (at jakarta)

Anonymous said...

Kalo gue punya masalah sama emak mertua gue,wah dia juara bgt deh sama cucu pertamanya, apa2bandingin ama anak gue, mandi di mandiin,makan disuapin,susu dibuatin,lah giliran amak gue, boro2nangis aja dicuekkin,lagi ketawa2malah dibodoin.malah keenakkan tuh anak cewenya ga urus anaknya sama sekali,sedangkan gue,gue harus masak,nyuci,nyapu, urus anak dll.
Asli ya yg palibg gue enek dan benci bgt, tiap kali cucu pertama main krumah mertua pasti isambut, giliran gue ama anak gue abis dr mana aja, trus pulang boro2ga pnh disambut,trus klo ibu cucu prtamanya dtg, dia malessss bgt, krja nya tidur,ga png nyuci piring, semua gue, semua gue,dan parahnya semua hal ini suami gue udah omongin,tapi tetep aja mertua gue ndablek!.rasanya gondok udah pingin keluar dr tenggorokan gue, makanya sekarang gue timbul rasa benci sama mertua, apalagi sama cucu pertamanya.gue sih ga minta banyak cukup berlaku adil.dan jgn salahkan gue sebagaiibu kalo anak gue nanti ga akan bsa deket dgn kel suami gue

Anonymous said...

Kalo gue punya masalah sama emak mertua gue,wah dia juara bgt deh sama cucu pertamanya, apa2bandingin ama anak gue, mandi di mandiin,makan disuapin,susu dibuatin,lah giliran amak gue, boro2nangis aja dicuekkin,lagi ketawa2malah dibodoin.malah keenakkan tuh anak cewenya ga urus anaknya sama sekali,sedangkan gue,gue harus masak,nyuci,nyapu, urus anak dll.
Asli ya yg palibg gue enek dan benci bgt, tiap kali cucu pertama main krumah mertua pasti isambut, giliran gue ama anak gue abis dr mana aja, trus pulang boro2ga pnh disambut,trus klo ibu cucu prtamanya dtg, dia malessss bgt, krja nya tidur,ga png nyuci piring, semua gue, semua gue,dan parahnya semua hal ini suami gue udah omongin,tapi tetep aja mertua gue ndablek!.rasanya gondok udah pingin keluar dr tenggorokan gue, makanya sekarang gue timbul rasa benci sama mertua, apalagi sama cucu pertamanya.gue sih ga minta banyak cukup berlaku adil.dan jgn salahkan gue sebagaiibu kalo anak gue nanti ga akan bsa deket dgn kel suami gue