Sunday, February 21, 2010

dah gede

cyrstal 4thn 8 bulan.

sudah bisa main mandiri.
kalo main dg Smarty (koko sepupunya) bisa asik seharian non stop, pagi sampai malam! gak bosen, gak ngantuk biarpun kadang gak tidur siang. mereka berdua juga dah jarang berantem, akur banget deh.

ada aja yang dimainkan: catur, catur-jawa (5-zi-qi; siapa yg duluan pasang 5 bulatan, dia yang menang) ; kartu remi besar vs kecil, nonton kartun, menggambar, baca majalah, mobil-mobilan, polisi-polisian ...

kadang melibatkan maknya kalo dah pulang kerja: main cangkulan atau catur, nemeni bikin prakarya tempel2an jadi bentuk 3 dimensi.


latihan guzheng
crystal mulai menikmati atau menyukai latihan guzheng. gak perlu dipaksa. tinggal diingatkan: "jing-jing, sana gih .. latihan guzheng." dia langsung pasang 'kuku' plectrum-nya. kadang bisa latihan sampai 1-1.5 jam kalo gak direcokin Smarty.


ngarang cerita
sekitar setengah tahun terakhir ini, mulai bisa bercerita atau mengarang cerita khayalannya sendiri. cerita2 yang simple. biasanya tokohnya adalah binatang. jadi mirip2 cerita fabel.


persiapan tidur
kata dentist, anak jangan dibiarkan terlalu mandiri untuk urusan sikat gigi, at least seminggu 2-3 kali dibantu disikatkan oleh orang tua. biar gigi gak gampang rusak. jadi maknya tiap hari masih ngulang nyikatin sekali lagi.

saat mau tidur, dia akan melepas pakaian winternya dan dilipat dengan amat-sangat-rapi (!) didikan bu guru TK. kalo maknya pengen cepat, main geletak aja, gak dibolehin. langsung dia lipat dg rapi.

dah mulai tidur pisah dari maknya dan babeh. sering tidur dg oma dan opa. justru maknya yang gak pengen melepas dia tidur pisah. masih pengen peluk2 crystal yg lagi tidur. jadi kadang2, kalo oma lagi asik main kartu remi dg babehnya dan ipar sampai larut malam, maknya buru2 suruh anak2 tidur dg maknya. hehehee...


night-training
berhubung winter, masih rutin menjadwal pipis tengah malam, sekitar jam 2 atau 3 pagi. daripada ngompol, lebih berabeh. kalo misal dia dah kebelet sebelum jamnya, dia dah mulai bisa bangun sendiri dan bilang mau pipis. dah gak pernah ngompol.


makan
urusan satu ini paling refot sedunia !!!
meski bisa makan sendiri sejak kecil, tapi selalu pakai lelet. winter gini, makanan cepat dingin. daripada kudu di-microwave terus2an, maknya cenderung nyuapin biar cepat. atau kadang kudu diingatkan terus-menerus:
"itu yang dimulut jangan dikulum, cepat dikunyah dan ditelan."
"hayoh..cepat makan. jangan bengong."
"hayoh dong, yang cepat makannya. masak lebih lambat dari adek (angie)."

duh.. refot... refot... !!!
anak cewek tuh makannya memang umumnya lebih lelet.

4 comments:

Wulinarian said...

Hahahaha sama deh Crystal sama Samu, kl makan suka lelet! Mana Samu makannya banyak, jd kl ga disuapin/diingetin, pastiiiiii dikulum2. Musti dibilangin 'biteeee, chewww' hehe.

Dian said...

Wah hebat, pelan2 anak2 sudah bisa ngerti apa yang harus di lakukan hehehe tapi kenapa malah mama nya yak ke anak2 an alias belum bisa pisah bobo dari anaknya hehehe

mom4kids said...

Di rumahku kebalikannya Yen , anak cowok lebih lelet .. soal makan anak2ku sampai umur 6 tahun masih aku suapin , ya gitulah alasannya sama : lebih cepat ..hihihi

lisa said...

wah di rumah gw, anak cowok malah yang makannya lamaaaaaa... buanget. sampe nasinya bengkak ! kalo yang cewek hap hap hap abis deh...