Tuesday, August 18, 2009

tidak ada anak yang bodoh

tulisan saya di bawah ini batasannya adalah anak2 dengan IQ yang normal.

saya percaya .. tidak ada anak yang bodoh matematika. tidak ada anak yang tidak berbakat musik atau tidak berbakat menggambar atau menari. semuanya karena sering dikenalkan atau dibiasakan.

saya pernah kursus bhs prancis di CCF, dan merasa bahwa bahasa prancis lumayan susah dipelajari, tata bahasanya lumayan njlimet.
namun anak-anak yang lahir, besar dan sekolah di prancis, otomatis akan jago bahasa prancis.
anak-anak yang lahir, besar dan sekolah di china, tentu akan jago bahasa china dan menulis huruf kanji yang jumlahnya ada ribuan, yang penulisannya lebih njlimet dibanding negara-negara yang menggunakan abjad abc ..
hanya satu alasan:
karena anak-anak ini memang terekspos di lingkungannya.


para musikus tenar dan jawara, para altet dunia, bukanlah tiba-tiba menjadi jagoan dan jawara, bukanlah tiba2 mengukir rekor dunia. semua diraih dari berlatih, bahkan mungkin ada yang berlatih berjam-jam setiap hari.

demikian pula halnya untuk matematika, menggambar, atau hal lainnya. semua bisa dilatih atau dibiasakan.


mau share apa yang saya lakukan terhadap crystal (dan juga diterapkan ke angie, walaupun gak persis sama karena tiap anak karakternya dan minatnya beda).


kemampuan matematik
untuk anak ukuran 4 tahun memang crystal termasuk "sedikit di atas rata-rata". kata bu guru, kalo di kelas ada pertanyaan matematik, kalo anak-anak lain gak tau jawabannya, crystal yang selalu tahu dan selalu duluan bisa menjawab. bukan karena crystal jenius. tapi memang karena diperkenalkan agak dini. dan logikanya sudah terbiasa dipergunakan.
* umur 1 tahun, mengenal angka 0 sampai 9, gak pernah salah membedakan 6 dan 9.
* umur 1.5 tahun, tahu membedakan bilangan mana yang lebih besar dan lebih kecil.
* umur 2.5 tahun, bisa menghitung 1-100.
* umur 3 tahun, bisa penambahan dan pengurangan sederhana. tahu apa yang dimaksud dengan 1/2, 1/3, 1/4 dstnya. dan ngerti kalo 1/2 lebih besar dari 1/3, 1/4 lebih besar dari 1/7. dstnya.

saat ini, di usia 4 tahun, kemampuan matematik crystal antara lain:
* bisa berhitung 1 - 1000 atau lebih. bisa berhitung 1-100 dlm bhs inggris.
* menghitung 18+19, 22+23, 25-7, 40-15, dstnya.
* perkalian sederhana dan tahu artinya perkalian. tahu 3x2 = 2 + 2 + 2. misal 3x2, 3x3, 3x7, 4x5 .. bukan menghapal..tapi dengan dihitung.
* tahu membedakan bilangan genap dan ganjil. sebut saja bilangan sebesar apapun, dia bisa menentukan apakah genap atau ganjil.


yang "sedikit di atas rata2" ini bukan mejik .. bukan sulap kok! dan bukan dipaksain oleh maknya lho!
semuanya diperkenalkan dengan sambil bermain atau dalam rutinitas sehari2. misal, pada kartu remi, diperlihatkan 3 dan 10. lalu ditanya, banyakan yang mana. saat lagi bagi kue.. diperkenalkan sepotong kue dibagi dua dan dibagi tiga. dari situ dia menemukan logika semakin banyak dibagi, akan semakin kecil potongannya.

kalo bilangan genap dan ganjil, waktu itu ada majalah anak2. crystal nanya ke mamanya, "mama, yang ini disuruh ngapain?" ternyata disuruh mengelompokkan mana yang ganjil mana yang genap. jadi maknya ngejelasin aja, kalo genap itu artinya setelah dipasang dua-dua, semuanya ada temannya. kalo ganjil, setelah dipasang dua-dua, ada sisa satu anak yang gak ada temannya. setelah itu, dia tahu mana yang genap mana yang ganjil. hanya saja, angka 50 sempat dikira ganjil. setelah dikasih tau kalo 50 = 5 buah 10. baru dia ngerti 50, 70, 90, 100, 300 itu genap.


kemampuan musik
sejak dalam kandungan crystal sudah dinyanyikan lagu oleh mama. setelah lahir, juga sering dinyanyikan.
waktu belum umur dua tahun, mama sering ajak crystal menyanyikan do re mi fa sol la si do. dan dibalik.. do si la so fa mi re do. di 'piano' mainannya, tutsnya maknya tempelin notasi angka. 1 2 3 4 5 6 7 1 .. jadi dia mulai ngerti notasi angka.
saat playgroup, dia suka nyanyi, mengubah sendiri kata2 dari sebuah lagu.
waktu tk kecil, dia mulai menyanyi lagunya sendiri dengan kata-katanya sendiri.

saat belajar guzheng, dengan cepat dia bisa membaca not angka. kata bu guru, "sekali pandang, langsung ingat notnya dan langsung bisa main di atas guzheng."
2 minggu lalu, dia mulai mencari sendiri not dari lagu 小兔子乖乖. semalam, crystal mencari not untuk lagu guzheng 沧海一声笑, lalu dia tuliskan di selembar kertas.
hari jumat lalu, dia menulis sendiri 4 buah notasi lagu (walau cuman asal2an) dan diberi judul sendiri.


tugas maknya gampang. tinggal kasih semangat, kasih pujian. dan tentunya sering-sering distimulasi. tapi kuncinya, ciptakan lingkungan yg mendukung, lalu semuanya diperkenalkan dan dilakukan sambil bermain. bukan dalam suasana belajar atau suasana tanya jawab.

memang ada satu kelebihan crystal, dia senang bertanya dan selalu ingin tahu. setelah tau, dia senang mencoba atau melakukan sendiri. seperti halnya menulis angka, boleh dibilang, maknya gak pernah mengajari, dia melihat hasil print atau melihat dari buku, lalu ditulis sendiri. juga menulis huruf2 kanji, tau-tau dia dah nulis sendiri. maknya tinggal ngasih tau, kalo ada goresan yang kurang tepat, dan tinggal percantik cara nulisnya.


kemampuan menggambar
crystal gak ikut kelas menggambar. semuanya boleh dibilang didapat dari playgroup/TK. dan di rumah selalu disediain pinsil warna atau spidol berwarna dan kertas2 bekas print satu sisi, yang boleh dia pergunakan sesuka hati, tanpa dibatasin sedikit pun.

awalnya hanya dibelikan buku2 mewarnai, atau menggunting, menempel dan merangkai benda. lama-lama dia menggambar sendiri.

pernah sekali ikut open house di tk-nya. memang di kelas, ngerjain prakarya, boleh dibilang crystal seringnya selesai duluan. menggambar juga, kata bu guru termasuk yang paling bagus.

kuncinya hanya satu, sejak dulu saya biasakan .. apa-apa dibiarkan dikerjakan sendiri. sehingga kemampuan motorik tangannya berkembang dengan bagus. kata bu guru di kelasnya, kemampuan motorik tangannya luar biasa. nulis, gunting, mewarnai, menempel, semua sangat baik bila dibandingkan dengan teman-teman lainnya.

untuk menggambar, hanya dibiarkan bebas berkreasi. yang butuh bantuan, baru maknya bantu. misalnya, ngajarin gambar bintang, ngasih tau kalo rumah, diberi atap.


hasil2 gambar dan tulisan2an crystal bisa dilihat di sini crystal's wonderful world


sekarang satu lagi tugas maknya, crystal suka dan selalu ingin mengetik tulisan di komputer. lagi cari cara ngajarin yang efektif. soalnya dia belum diajarkan chinese spelling (dengan alphabet, tapi cara bacanya beda dengan alphabet a, b, c.., lebih mirip ba bi bu be bo nya bahasa indonesia) . chinese spelling ini dipergunakan untuk mengetik huruf kanji. agak repot nih ...!

14 comments:

zee said...

Hai Yen,
Bener, tidak ada anak yg bodoh.
Semua itu tergantung bagaimana orangtua dan lingkungannya memberi didikan terhadap dia.
Berat memang menjadi orangtua, tanggungjawabnya besar dalam membesarkan dan mendidik anak.
Mudah2an nanti gw bisa :)

Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

setuju yen, dan setuju juga sama commentnya Zee yang diatas.
Itu tugas orangtua memang yang mendidik, bukan tugas guru, kalau guru kan cuman beberapa jam sama bisa sama mereka itupun sudah share waktu sama anak lain.
Kalau orangtua tuh lebih banyak lagi harusnya yang bisa kita ajarkan.
Aku kadang suka nyesel seharian kok aku nggak ada waktu main sama anak anak yang agak lamaan ya..
cuman ya gimana..badan capek capek kalau ikutin cara mereka bermain, hehehe maksudnya..aku yang kebagian beresin mainan, aku yang harus ngerjar mereka sana sini ..hahha..maklum udah tua ..;(

lisa said...

basically sih emang anak2 itu bisa karena biasa. but, tergantung anaknya juga. ada yang memang diatas rata2, cepet nangkepnya. dan juga tergantung minat. fino itu demeeeeen setengah mati sama yang berbau2 "engineering". jadi, ngajarin dia sesuatu yang berbau2 "engineering" itu lebih gampang daripada ngajarin dia "art".
trus, ya tergantung ortu juga... kalo ortunya telaten macemnya elo Yen.. hmmm ... :)

Y3nn1 said...

Salut ama cara lu ngajarin Crystal, Yen. Anak yang cerdas didukung ibu yang bijak, benar2 pasangan yang sempurna. Kelak musit banyak2 belajar dari lu Yen :)

Veny said...

Yen lo kae Psikolog anak deh .. tapi bener yah anak bisa krn biasa n dilatih lbh dini .
tapi anak lo emang pinter Yen .

lesca said...

setuju!!!
tapi crystal emang keliatannya punya kemampuan bermusik dan matematika di atas anak2 seusianya ya.

di indonesia, anak2 baru dikenalkan sama perkalian di kelas 2, waktu umur mereka sekitar 7 tahunan.

kalau soal baca not angka, aku aja yang udah setua ini masih suka salah2. hihihi..... mungkin karena waktu kecil itu ibuku kurang membiasakan aku baca not angka kali ya.... :-P

moch' said...

Bagus yen, kalo kita telaten memang hasilnya lbh baik dr les2an..

Kek waktu ajarin anak2 baca/kenal huruf tuh,pikir2 drpd beli buku di toko buku, gw cetak aja, kan ada waktu luang dikantor.. beres deh

Ada temen yg nyontek metode gw, tapi dia gak telatenin,jadi kalo baca yg ada 'ny' 'ng' anaknya susah bacanya.. Akhirnya dilesin juga buat baca doang, wasting money ya

Kecuali kek hal yg gak kita kuasain ya,sprti musik, gw nyerah deh.. Paling gw cm bisa support aja

Kalo Naufal tuh motorik halusnya kurang, biasa deh, waktu anak pertama apa2 disediain, ada pembantu juga kan, jadi ketelepasan gw.. Sekarang baru terasa, yg dilatih mandiri sama yg apa2 disediain,lbh bagus yg mana.. Not humiliate you ya Bang!.. Its my fault.. Jadi skrg biar deh berantakan, kalo Diaz mo gunting2 gambar kertas gak kepake gw biarin aja, tetep diwarning bahayanya gunting kalo kena tubuh or buat becanda2..

CichaMamaShaina said...

waaw.. crystal pinter banget.

Mmm.. mungkin bener juga ya, anak2 itu pinter tergantung juga dari stimulasi. Duh, emake Shaina payah nih. Minder liat Crystal yang umur 1.5 tahun, tahu membedakan bilangan mana yang lebih besar dan lebih kecil.

Wah wah, kayaknya harus ngejar pengenalan angka 0-9 dulu nih ke Shaina.

thanks yen, for reminding me. Semoga gw bisa berhasil jadi orang tua yang kelak punya anak pinter kayak anakmu :)

kiss for supersmart Crystal!! MamaShaina fans berat Crystal banget deehh... muuaaahhhh

iStyle Magazine said...

I agree with you your opinion ^^!


please kindly follow our blog...

bunda zikra said...

crystal emang pinter kok ma, menurut aku crystal punya kemampuan diatas rata2 deh:) ditambah lagi mamanya udah ngekondisiin gimana biar crystal sering terstimulasi.

1.5 tahun bisa ngebedain angka yang lbh gede dan kecil? ihh pinternya, aku jadi pengen segera ngajarin zikra 0-9 dulu:)

emang harus pinter2 emaknya gimana biar si anak seneng belajar bukannya terpaksa. thanks for sharing ya mama yen, moga2 ilmunya bisa aku terapin ke zikra:)

mercuryfalling said...

ah kamu memang okeh, yen..

bodoh sih gak ada...yg ada cuma males konsentrasi ama malas mikir. and sdikit slow hehhehe

fandhie said...

wah wahh.. berarti klo ada anak pinter karena org tuanya juga yg pinter yahhhh senengnya

Desy Noer said...

Wah..luar biasa yaa emak yang satu ni. Aku jadi nambah ilmu lagi nich, pengen banget membiasakan anak suka dengan relajar. Ternyata, memang apa pun bisa jadi bahan pembelajaran. Gak harus selalu dalam suasana belajar/tanya jawab. Thanks mom.

Buat crystal, (nyontek kata-katanya alm mbah surip) I lup yu pul

Ninis said...

*two thumbs for Crystal & her mom*

Gak bisa ngasih komen apa2 selain :

HEBAT !!!