Wednesday, April 16, 2008

Crystal masuk daycare

24-Feb 2008 ada 2 bu guru datang ke rumah buat interview. di China cara manggil guru itu dengan menyebut marganya diikuti kata laoshi (=guru). Jadi nyebutnya Cai laoshi dan Li laoshi. Waktu lao-shi datang, Crystal lagi pup di potty. Untungnya dia gak ngumpet dan mau berinteraksi dengan bu guru. Jadi gak malu-maluin hahahhaa..! waktu disuruh nyanyi untuk bu guru juga gak malu.


ini tetangga depan pintu, teman sekelasnya Crystal, yang udah masuk duluan semester sebelumnya. umurnya hanya 15 hari lebih gede dari Crystal.





3 Maret 2008 Hari pertama Cyrstal masuk daycare
Opa dan Papa yang antarin. Mama gak ikut ngantarin karena kantornya agak jauh. Daycare-nya dekat rumah, kira-kira 15 menit jalan kaki. Sementara kantor papa dekat, cuman 10 menit naik sepeda.
* Senangnya di China, masih bisa lihat banyak orang naik sepeda ke kantor atau melihat para siswa naik sepeda ke sekolah. *

Maaf nak, kamu terpaksa dikirim ke daycare karena opa-oma mesti urus adikmu yang masih bayi. Papa dan mama mesti kerja, supaya sanggup memberi pendidikan yang layak untukmu dan adikmu kelak.
Opa dan oma gak mau ambil pembantu, dengan alasan:
1. kurang aman, takut siapa tau nyuri atau pun takut penculikan anak.
2. malah repot mesti urus makan siangnya untuk si pembantu.
3. mendingan duitnya buat Crystal masuk daycare, bisa belajar banyak hal, termasuk belajar bersosialisasi dengan orang-orang selain keluarga sendiri.

Senyum ceria saat perjalanan menuju Day-Care bersama Smarty yang dah duluan masuk TK kecil (kalo gak salah Sep 2007).





Namun begitu papa dan opa sudah harus meninggalkan kelas, mulai nangis. Sorenya saat dijemput, kata bu guru dia nangis sepagian. Namun saat makan siang udah gak nangis lagi.

Hari kedua, ketiga, dah mendingan. Hanya nangis sebentar.
Hari keempat, kelima, kata opa saat dijemput, dia bahkan cuek-cuek aja. Sementara masih banyak anak yang saat dijemput, ngelihat orang rumah, langsung nangis2.
Minggu kedua mulai berontak, dari rumah sudah bilang, "gak mau ke daycare".
Kalo misal dia bangun saat mama belum ngantor, maka dia akan bilang, "Mama kamu jangan ngantor. Aku gak mau ke daycare." Kalo mama dah mau berangkat, mulai menangis dahsyat. Padahal dulu sebelum mama pulang indo, setelah agak gede, kalo mama ngantor, dia gak pernah nangis lagi.
Minggu ketiga, sakit demam, batuk, flu. Jadi seminggu bolos.
Minggu keempat, masih menolak ke daycare. kadang nangis, kadang enggak. Kalo diantar masih berontak. kadang digendong opa. begitu sampai daycare, langsung turun dari gendongan, jalan sendiri ke dalam kelas, gubrak... langsung duduk seolah gak terjadi apa2.
Saban hari, kalo mau tidur, pas lagi ingat suka nanya, "besok hari apa?" maunya tiap hari hari sabtu dan minggu. Jadi mama gak usah ngantor dan dia gak usah ke daycare.
Minggu kelima, keenam, udah mulai normal, maunya oma yang antar. Parahnya, oma pernah nyusul opa saat si kecil Qiqi tidur dan menemukan opa dan kedua cucunya bergandengan tangan membentuk lingkaran sambil beringsut-ingsut pulang. (*geleng-geleng*). Mama sampai ngakak pas denger oma cerita. Hahahaa...! Tapi kalo sama oma atau pernah papa atau mama yang jemput, mereka tidak berkelakuan seperti itu.

Crystal secara umum masih disuapin bu guru kalo makan siang. Kadang2 saja separoh jalan dia makan sendiri. Sebenarnya dah bisa makan sendiri, tapi dasar manja dan pemalas aja!
Kadang oleh bu guru suka diberi tempelan kecil di jidat. Waktu pertama kali dapat stiker, itu karena dia menghabiskan separoh mangkuk nasinya dengan makan sendiri. Kemarin kata Crystal dia mendapat stiker karena melakukan senam dengan baik.

Karena dianggap belum bisa baca, setiap anak ada lambangnya sendiri buat membeda piring, gelas, handuk masing2. (Crystal udah bisa baca lho ... udah mengenal mungkin hampir 200 huruf kanji). Crystal sering bilang sama mama kalo dia itu kucing. Awalnya mama pikir dia cuman asal ngomong aja waktu lagi main. Setelah rapat orang tua murid, baru tau deh mama ternyata kodenya Crystal adalah kucing.


oh ya, sampai saat ini Crystal gak pernah ngompol di celana selama di sekolah.

Di rumah, Crystal sering menyanyikan lagu-lagu yang diajarin di daycare, dengan kata-kata yang cukup jelas dan nada-nada yang gak jelas. Ada beberapa lagu yang dia bisa menyanyi dengan nada yang lumayan betul, dan mama papa juga bisa nemani nyanyi. Misal: Xin Nian Hao (happy new year) dengan nada lagu “Clementine”. Itu lho .. kalo di indo, "sedang apa, sedang apa, sedang apa sekarang ...". Atau lagu Liang Zi Lao Hu (2 tigers) dengan nada “Are you sleeping, brother John.”

Hari senin kemarin, waktu mama ngantor, Cyrstal udah mau bilang dadah dan, "mama hati-hati di jalan." (walaupun masih sambil nangis2 dahsyat).

Seringkali tiap pagi opa duluan ngantarin Smarty. setelah opa pulang, oma yang antar Crystal. pagi ini, berhubung Qiqi gak bobok, mesti diurus, akhirnya dia mau diantar opa. kata oma saat berangkat bareng, keduanya ketawa-ketawa senang.

2 comments:

TotaLuki said...

Crystal tinggi.

Ian's mom said...

pinter banget yah si Crystal, untuk seumuran dia tapi dah ngerti banyak hal...