Tuesday, July 24, 2007

rebutan kursi goyang .. minta susu

rebutan kursi goyang dengan oma
Oma : nak ... oma duduk yah, mau sandaran. pinggang oma sakit.
Crys : aku yang duduk sandaran punggung.
(oma udah pasti ngalah. akhirnya si kecil manjat ke atas kursi goyang.
namun setelah duduk sesaat, dia turun sendiri)
Crys : Oma, kamu duduk di kursi goyang .. sandaran di sini. aku duduk dan sandaran di kursi yang itu.
(sambil duduk dan nyenderin punggungnya di kursi kayu lain yang bukan kursi goyang. terus mejemi matanya.. gaya orang mau tidur)


minta susu
oma lagi bikin susu untuk Smarty yang baru bangun dari tidur siang. oma-buyut, Smarty dan Crystal lagi main-main di ruang tamu.
Crys : Tai-tai, kamu bikinkan susu untukku.
Tai2 : nak-ku, Tai-tai gak tau mau bikinkan berapa.
Crys : bikin 160 (160cc maksudnya)

yang ada nenek buyut dan oma ketawa jadinya, gara-gara si kecil nyuruh tai-tai bikinkan susu.
Nenek buyutnya emang gak pernah kita minta bikinkan susu untuk si kecil. soalnya udah tua, umurnya udah 79 tahun. dia juga gak tau cara bikin susu, takarannya berapa.



Crystal dah sejak sebulan ini bisa dengan lancar menggunakan kata: aku, kamu, dia, mereka. kalo 'kami' masih jarang dia pakai.
paling kalo ditanya, "ini oma siapa?"
gua ajarin untuk menjawab, "oma-nya kami."
"kami itu siapa?"
"Jing-Jing dan Cong-Cong."


dia juga udah bisa menggunakan kata kepunyaan.
tiap sore kalo udah jamnya pulang kantor, kalo ada yang mencet bel, udah deh, kedua kurcaci ini akan mulai adu mulut atau bahkan sampai berantem :
"itu mak-ku. bukan mak-mu."

sampai2 bisa berujung si Crystal nangis2 dan mesti dipisahin ama oma.
bahkan sampai gua buka pintu depan pun, kadang masih lanjut adu mulutnya, soal mak siapa yang datang. idem misal kalo ada salah satu mak yang nelpon ke rumah siang2.


sore ini juga, gua baru tiba dan lagi ngambil susu dan yoghurt di toko langganan. gua dengar si kecil memanggilku dari lantai 4, "mama", diikutin abangnya memanggilku, "Ni-ni!"
Ternyata kedua monyet kecil ini udah manjat dan bergelantungan di jendela, monyet kecil yang satu di ujung kiri, monyet kecil yang satu lagi di ujung kanan.
terus kedengaran juga, "itu mak-ku. itu mak-ku."
gak berantem sih, soalnya mak yang satu lagi dah pulang duluan dan habis membeli pisang untuk kedua monyet kecil ini. =)


Handuk Kecil Biru
Crystal punya handuk kecil biru yang dijadikan mainan. kadang dipakai buat mandiin boneka-bonekanya. kadang dipakai buat ngelap-ngelap mainannya yang kotor. terus pura-pura dicuci, dibilas dan dijemur. malam ini, dia pakai buat ngelap tikar alas tidur kami dan ngepel lantai.

di sini, pas summer, kita suka naroh tikar di atas tempat tidur, kursi, ataupun di atas sofa, biar lebih adem. bahkan kalo misal naik taksi atau 'bajaj' pun, seringkali yang empunya kendaraan ngalasin tempat duduk dan senderannya dengan tikar.

papanya tiap berapa hari sekali sering menggunakan handuk basah buat ngelap tikar alas tidur. soalnya kadang panas, suka keringatan. terus kedua kurcaci kecil suka main di atas ranjang. jadi semalam Crystal ngelap tikar dengan handuk kecilnya. gayanya kayak beneran aja. sambil lapor ke papanya, "Papa .. aku sedang lap tikar."





sehabis lap tikar, dia bilang dia mau ngepel. terus handuk kecil birunya pura-pura dicuci dan dibilas. terus diinjek di kaki sambil ngepel lantai dengan gaya berdiri (niruin cara omanya kalo lagi ngepel dengan kain lap).







handuk kecil birunya ini kalo direbut sama Smarty (yang memang suka ngerebut kalo Crystal lagi asyik main), Crystal bakal ngambek dan nangis-nangis.
untung gua punya cadangan. jadi kalo Smarty mulai membuat ulah, gua tawarin handuk satu lagi, yang gua sebut handuk-khusus-untuk-Congcong. untung dia mau nurut dan dikasih handuk kecil yang ukurannya rada gedean dikit dibanding handuk kecil biru ini.



note: Smarty kena pilek lagi.

No comments: