Wednesday, May 31, 2006

abon, mertua dan parenting

abon
bete lagi ... bete lagi ...
Biasalah ... sapa lagi kalo bukan karna mak mertu atau pak mertu. Kali ini mak mertu. Masalah sepele tapi ngeselin.
Semalam dia lagi ngasih makan ke si kecil (gua abis pulang dari potong rambut krn udah kepending2 lama banget). Ngasihnya cuman bubur doang, gak ada sayur or lauk apa2. Trus gua ambil daging cincang. Dia pikir gua mau ngasih abon ke anak gua. Terus gua bilang bukan abon, daging cincang.

Terus dia ngomong, “abon jangan kasih makan ke anak kecil, keluarga kami gak makan abon. Orang sini mana ada yang makan abon kayak lu.”
Gua bilang, pasti ada yang makan, kalo gak, mana mungkin dijual di supermarket. Kalo supermarket ada yang jual, pasti ada yg makan. terus dia ngotot lagi, ”keluarga kami gak makan.” gua bete aja dengar kata, ”keluarga kami.” gua pengen bilang, ’itu kan keluarga kalian. Belom tentu orang lain gak makan.” tapi terus gua menahan diri untuk gak nyebut kata ”keluarga kalian”.

Terus dia lanjutin lagi, iparmu dikasih orang pun juga gak dimakan. Ipar gua kan rewel, standarnya tinggi banget. Dalam hati gua, kenapa orang bisa ngasih dia, karena orang mikir dia makan. Kenapa orang bisa mikir dia makan, karna orang lain juga makan. Wong toko roti aja banyak dijual jenis2 roti abon. Habis itu dia masih bret...bet...bet.... soal keluarga mereka gak makan abon.Tapi nada bicaranya gak enakin. Gua langsung bete. Habis makan bubur semangkok, gua langsung kabur pergi shopping ke hero ... (maksudnya supermarket). Dan gua baru pulang jam 9.15. Sampai hari ini gua masih bete.Kenapa dia selalu maksain gua mesti hidup dg living stylenya dia termasuk makan apa yang dia suka, gak makan apa yg dia gak suka.

Bete banget!
Gua kalo dah bete gitu, ingat rumah.
Kalo dah ingat rumah, pengen nangis.
Dan gak ada tempat menangis ... sedih banget.
Sesak rasanya mesti ditahan2... !


bokap mertua dan nyiapin makan
maren, pagi2 sebelum gua berangkat kerja, bokap mertua sibuk banget nyiapin breakfast khusus buat cucu pertamanya (Chong Chong). ada daging cincang, wortel, daun bawang.
kalo chong-chong ada di rumah, emang dia yang super sibuk dan super heboh.
sewaktu minggu lalu, dari Rabu - Sabtu, Chong2 masih ada di rumah neneknya (dari pihak ibu) gak seharipun dia khusus siapin makanan untuk Jing Jing. dia mana ambil pusing!
gua keki aja, kasian yah anakku punya opa yang pilih kasih gitu, sampai gak pedulian dia makan apa. gua sih bukannya gak bisa nyiapin sendiri. gua cuman keki berats aja.


bokap mertua dan mobil2an
dalam rangka hari anak, dia beli mainan kayak mobil2an yang tanpa listrik or batere. tapi kalo setirnya digerak2in, mobil2annya bisa jalan maju atau mundur. walaupun terlihat sederhana, canggih juga si pencipta mobil2an ini.
bilangnya sih, untuk Chong Chong dan Jing Jing dalam rangka hari anak. gua yakin seyakin2nya, itu prioritas untuk Chong Chong, soalnya banyak anak kecil umur 2-4 tahun yang main mobilan2 ini di taman dekat rumah. soalnya Jing Jing belom bisa main.

siangnya, denger dari cerita orang2 rumah, begitu mobil ini dibeli. bokap mertua langsung heboh dan gendong Chong Chong untuk naik bareng. tapi Chong Chong kayaknya takut dan meronta2. akibatnya mereka berdua terjatuh. Chong Chong sih gapapa, jatuh di atas perut bokap mertua. habis dari itu, Chong Chong gak mau lagi naik tuh mobil2an.

yang doyan (dan berani!) malah Jing Jing. dia naik ditemeni gua yang duduk di belakangnya.
udah berhenti, dia masih mau. tangannya pun sambil ikut2an megang setir.
yah, gapapalah... walaupun diprioritaskan untuk Chong Chong, tapi yang ketiban untungnya Jing Jing. soalnya Chong2 gak mau naik dan ketika Jing2 main, dia juga gak mau merebut. biasanya Chong2 paling demen merebut apa saja yang ada di tangan Jing2.

maren sore, gua ajak Jing2 main mobil2an baru di taman. ada anak kecil umur 2.5 tahunan, mau main juga. akhirnya gua pinjemi bentar... eh... keterusan.. hahahahaa.... gak mau lepas pas mau diminta balik. sementara Jing-Jing juga udah meronta2 pengen maen lagi. nyokap mertua gua mukanya mesem... gak seneng mobil2annya dipinjemi ke orang lain. napa sih... dg gitu kan secara gak langsung gua ngajarin anak gua bersosialisasi. toh kadang ada anak lain yg juga minjemi mainannya untuk anakku kalo lagi main2 di taman.
kasian juga pas mobil2an diambil lagi, di anak itu nangis2...habis gimana, anak gua juga pengen main.

sempet waktu gua ninggalin mobil2an baru ini kira2 5 meteran dari tempat kita duduk, ada kakek2 yang pengen ngambil, mungkin dikira ada orang yg ketinggalan. terus langsung gua sahutin, "itu punya kami". mungkin si kakek2 jadi tengsin juga. lagian, bukan milik, kok mau diambil !


soal ngajarin anak dan parenting
dari web nya orang2 western yang gua baca soal parenting, rata2 baby umur 7-8 bulanan dah dikasih main sendiri dg mangkok, sendok dan makanan. jadi gua juga sering biarkan Jing Jing main awal2 dengan sendok dan mangkok kosong. akhir2 ini gua dah mulai isi dengan sedikit makanan. dan Jing Jing dah mulai bisa dikit2 nyendokin makanan dan makan dengan sendok. orang rumah agak2 takjub juga.

gua pikir, emang harus gitu. bukannya gua gak mau nyuapin dan nyuruh makan sendiri, tapi ini adalah proses pembelajaran untuk si kecil. dia belajar mengkoordinasikan gerak tangan dan anggota2 tubuh lainnya. gak macam Chong2, apa2 gak diajarin. dulu susu botol juga gak mau megang sendiri. akhirnya setelah gua ajarin, baru deh Chong2 megang susu botol sendiri. soal megang sendok, masih jagoan Jing2 dibanding Chong2 yang 10 bulan lebih gede.

terus bokap mertua mungkin takut juga kali yah ... kalo si cucu favoritnya kalah dari anak gua, dia juga mencobakan ngasih sendok ke dia. terus dimainin dan berantakan. eh, bokap mertua jadi gak sabaran kayaknya. gua nyeletuk aja, emang musti gitu, biarin main dan berantakan. ntar beresin aja. emang gitulah kalo awal2 belajar, lama2 ntar juga bisa.

emang living style dan cara pandang mereka soal parenting beda ama gua.
juga soal ngajari anak pakai sikat gigi. bokap mertua gak setuju gua ngasih sikat gigi ke Jing Jing.
gua cuekin aja, skrg Jing2 gayanya udah kayak mau sikat gigi beneran.
lihat aja, ntar Jing segala2nya lebih cepat dan lebih jago dari kokonya. dan akan mereka lihat parenting style sapa yang lebih baik. jangan cuman bilang, "keluarga kami tidak begini.. keluarga kami tidak begitu..."
ke laut deh... gua juga punya metode gua sendiri yg gua pelajari dari web2 dan dari pengalaman ortu gua.
bukti yang lain, mereka kalo mandiin Jing2, bisa sampai nangis2/jerit2. tapi pas gua mandiin, dia gak nangis; sempat nangis 4-5 detik, tapi habis itu gak nangis lagi. gua ingat mama juga pernah bilang, saat mandi, basah2in dulu kaki, tangan dan dada, jangan langsung taroh di air, dia bisa kaget (temanku juga mengatakan hal yang sama).

sekarang aja juga udah mulai terbukti. anak gua tahu lebih banyak barang dibanding kokonya, ngomong / mengeluarkan bunyi yang lebih banyak dari kokonya. namanya buat perkembangan anak gua, gua pantang capek, biarpun mesti ngulang 100 kali ...1000 kali pun...!

dan gua gak pelit lho... Chong2 sering gua ajarin bareng2 kalo misal gua lagi ngajarin Jing Jing ngelakuin/main2 sesuatu. soalnya gua suka anak kecil. dan dia kan ponakan sendiri. habis kalo gua lihat, maknya jarang ajarin ini itu. gua akan gak tega kalo ntar dia malah jadi minderan ama anak gua...huahahahaha... yakin bener gua yah kalo anak gua bakal lebih hebat dari kokonya.... gak boleh takabur aah !!!!

bokap mertua juga kalo misal lihat gua ngajarin sesuatu ke anak gua, dia ikut2an ngajarin hal yang sama juga ke cucu favoritnya. biarlah... kan ini hal baik juga.


mak mertu
mak mertua sih sebenarnya orangnya baik. cuman mulutnya ada kadang jahat alias ngomong kadang suka gak dipikir, maunya menang / merasa paling benar sendiri.
udah gitu juga maunya orang mengakui dia hebat. sampe, sering kalo misal aku ide bikin sesuatu, ntar dia yg langsung, "sini aku kerjain."
ntar kalo dah jadi, diclaim, "aku yang bikin" biar dipuji. dan dia gak bakal nyebut2 gua di dalamnya.
misal waktu gua beli baju si kecil, terus gua mulai gambar pola, mau bikin yang sama dg ukuran rada gedean. begitu pola jadi, dia langsung ambil alih. setelah baju dan celananya jadi, udah deh... itu dia yg bikin, "lihat ... gua juga bisa bikin, bagus dan sama. jadi irit dibanding beli." gua gak disebut2.

lain hari, mulai musim panas, kipas angin akan mulai dipakai. aku mengambil kasa plastik mau bikin cover untuk kipas angin, biar anak2 gak masukin jari ke dalam. lagi2 langsung diambil alih. setelah jadi dipamerin ke bokap mertua, anak2nya (dan pasti ke si tante) kalo dia yang kerjain. lagi2 gak nyebut2 ide dari gua. yah...biarlah....!

lepas dari semua, nyokap mertua suka belain anakku. terutama suka 'menuduh' si kakek pilih kasih, memperlakukan kedua cucu tidak sama rata. sehingga, bokap mertua agak2 mendingan.
kadang aku melawan juga, kalo dia ngomel2 gua ngajarin ini itu ke anak gua, ngomel2 bahwa gua bawel ngulang2 (nyanyian, cerita atau apa aja), gua bantah aja dan gua bilang dg nada becanda tentunya ... "kalo bukan gua yg ngajarin, siapa yang ngajarin...kalian toh gak mau ngajarin. kalo gak diajarin, ntar anak gua apa2 gak tau dan gak bisa. buktinya skrg ditanya apa aja dia dah tau" (walaupun belom bisa ngomong). nyokap mertua cuman senyum mesem2.

lepas dari beda living style, beda cara pandang. gua gak pernah jahatin mertua. kalo sakit pinggangnya kumat atau paha/betisnya bebal, gua juga yang mijatin. mijatin dia gak gampang juga lho. dia rada ndut, jadi dagingnya banyak. lingkar pahanya aja mungkin seukuran lingkar pinggangku, atau malah mungkin lebih gede. sementara kalo suamiku, tenaganya suka over, kalo mijatin suka malah jadi sakit. dia juga merasa paling top kalo gua yg mijatin.
kalo dah pulang ke rumah, gua juga gak pernah ngijini dia kerjain apapun, sesiangan dan sesorean udah capek ngasuh anak.

penyakitnya yah itu.... dia suka menguasai alias bossy alias otoriter. maunya orang nurut apa maunya dia dan cara pikirnya dia, maunya ngatur, maunya diakui dia yang paling hebat. sementara gua, mana mau gua diatur2. gua kan punya kehidupan, pemikiran dan gaya gua sendiri.

No comments: