Thursday, June 01, 2006

ipar yang over higienis

orang rumah banyak yang 'sakit' nih ...
iparnya juga kayaknya 'penyakitan'.
yang waras dan rasional cuman suami gua.

orangnya over higienis. sama aja, merasa paling bener dan paling tau soal ngebesarin anak.
Jing jing sedang main2 sendok, terus jatuh ke lantai. cuman 1-2 detik, aku pungut dan aku kasih lagi main ke dia. dia langsung komen mesti dicuci dulu (kalo di pemikiran dia, habis cuci, disirem air panas lah...).
reseh banget sih!
perasaan ubin rumah gua bersih2 aja. paling setitik dua titik debu... gak akan napa2 ke anak gua. gak akan bikin diare. dan memang terbukti anakku gak diare setelah itu.

terus gua celetuk aja, terlalu higienis juga gak baik, ntar anak malah jadi rentan. ketemu kotor dikit langsung sakit. gak punya kekebalan tubuh.
tetap aja dia kekeh-merekeh dengan pendapat dia. ya udah gua diem aja.

terus bawel lagi semalam. masalah cuci piring. gua biasa cuci piring pakai sabun pencuci piring.
dia komen, itu gak bagus, dari zat kimia. gak baik buat kesehatan. mending cuci pakai air panas.
gua celetuk lagi, keluarga gua seumur hidup di indo cuci piring selalu pakai sabun pencuci piring, sampai sekarang toh sehat2 aja gak ada penyakit. trus dia bilang, jangka panjang kan belom tentu.
gua bilang, yang penting kan bilas bersih, habis itu, kalo lu mau, pas pakai, siram aja lagi pakai air panas.
suami gua juga nyeletuk, "lu kan paling sering makan di rumah makan/restoran. justru di sono yang paling gak higienis, semua rumah makan cuci piring pakai sabun pencuci piring, udah gitu asal bilas aja, air bilasan pun pasti kotor."

apa sih masalahnya? bener2 bikin bete ... kalo dia mau, dia aja yang cuci piring. reseh bener.
terus bokapnya lap mulut anaknya (Chong-Chong) sehabis makan. dia langsung ngomong, "apa barusan lap mulut Chong-Chong pakai kain lap meja?"
gila kali yaaaa ... !!!! emang bokapnya sendiri gak punya otak apa, lap mulut cucu pakai lap meja ?! gua celetuk lagi, "jangan kan lap mulut, lap pantat Chong-Chong aja bokap mertua mesti pakai tisu muka." (bukan tisu toilet gulungan).

sementara gua termasuk orang yang berpendapat, lap pantat pakai tisu toilet gak napa2 kok. gak usah over act-lah. anak gua bukan anak presiden, apa anak raja. tisu toilet yang gua beli juga yang kualitasnya bagus (bikinan APP lho ... anak perush Sinar Mas, made by indonesian..hahahaha...).

terus kalo dia takut zat-zat kimia, baik2 tuh jaga si Chong-Chong, anaknya semata wayang, jangan dibikin sering batuk, pilek, diare.... yang akibatnya dia tiap kali mesti nelen obat2an yang jelas2 juga bahan kimia.
kemarin si Chong-Chong pilek lagi. jadi siapa yang lebih bisa ngejaga anak sendiri?
cobalah benerin diri dulu, bercermin dulu apa dia udah bener, udah tau, udah bisa... baru komen soal gimana orang lain 'parenting'.


ada lagi tuh...
semalam kata ipar gua itu, papa mama gua kalo Jing-Jing ke sana, bisa memanjakannya (dan merusak) habis2an. ngelakuin apa aja bakal dibiarin dan gak dilarang. kok gua merasa nadanya menyindir yah ! karena gua membiarkan Jing-Jing belajar makan sendiri dengan sendok.

enak aja... dia sendiri yang memanjakan dan over act terhadap anaknya.
kalo gak, napa tiap kali anaknya nangis dan merengek2, dia selalu bilang ntar suami gua akan marah. kenapa gak dia sendiri yang marahin anaknya?
kok lama2 orang2 makin freak... ! atau gua yang freak ?

No comments: