Wednesday, February 21, 2007

empathy...ribut-ribut

kemarin malam, aku ribut-ribut dg lin. masalah sepele. gara2 sebuah senter.
dan urat air mataku terlalu tipis. menangis kesal dengan Crystal dalam gendongan.

fifth grandaunt-nya si Crystal bilang, "sini, grand-aunt gendong. mama lagi nangis."
sebenarnya gak nangis gimana, cuma mata basah aja saking kesel pada suami.
Crystal memandangku dan langsung menangis dengan kencang.
aduh, cintaku, mama tak sampai hati melihatmu menangis karna melihat mama menangis.
so, aku bilang, "mama gak nangis. mama gak nangis." dan aku pun menghentikan tangisku.
dia pun berhenti menangis juga.

guess what?!
setelah itu, siang ini lin bilang semalam dia menatap lin dengan pandangan mata yang galak. seolah berkata, "jangan bikin mamaku nangis." dan dia gak mau digendong lin.

mungkin karena capek. malam ini pun aku jadi marah2 dan ribut lagi karena kesal oleh hal lain.
gimana gak capek, selama 2 hari menjelang imlek, di mana2 terdengar bunyi mercon. Crystal ketakutan sekali. jadi setiap saat merayapi badanku, minta gendong, gak mau oleh orang lain. jadi selama 5 hari ini sejak libur ngantor, otomatis pagi sampai malam, hampir selalu minta gendong atau gandeng. kadang masih bisa digendong sambil duduk, kadang setelah digendong pun dia bilang, "mama berdiri."

udah gitu, di rumah sodara di kampung, ranjang kecil 1.4m, buat tidur berempat. iparku, aku dan kedua anak kecil. mana si kecil tidurnya gak kalem lagi. sering bolak balik badan. kadang udah muter2. sering mendesak aku ke pinggiran. otomatis 2 malam aku gak terlalu tidur nyenyak.

udah gitu, mak mertuaku lagi di kamar main game di komputer. sehabis aku marah2 pada suami, dia bilang ke suami, "anakku kasian yah. dimarahi dua orang." kali ini, bokap mertua mendukungku saat aku marah2 karena kesal. mungkin aku terlalu sensi, tapi kupikir, kok nadanya menyindir yah? kesal pun jadi bertambah.

aku gak bisa menahan air mata saat menemani si kecil yang sudah mengantuk. si kecil sepertinya ngerti. gak banyak ngomong saat akan tidur. matanya terus2an menatap mataku. tangannya mengelus2 wajahku dan mataku yang berair. lalu dia pun tertidur.

mama sayang sekali padamu .. malaikat kecilku!

1 comment:

sinceyen said...

Doh lengkap sudah penyebab keselnya.
Anak kecil emang peka banget ama perasaan mamanya apalagi kalo emang deket ya.
Hihihi... kerasa deh papanya kena plototan si Crystal :D