Wednesday, January 04, 2006

immunization, brave baby girl

Jing-jing dibawa medical check up.
tingginya 72 cm, beratnya sekitar 8.2 kg.
gak bisa persis tau sih beratnya, soalnya sekarang musim dingin, dia pakai baju juga berlapis-lapis. yang jelas si kecil gak masuk kategori ndut. dia cenderung langsing dan panjang.

Mungkin karena ASI-ku gak banyak. Apa boleh buat, memang begitulah adanya. Setelah check up, dia diambil darah di jari manis, nangis ee...ee.. sekitar 5 detik. Tapi setelah diajak main / dialihkan perhatiannya, dia berhenti nangis. Ada baby girl sepantaran dia, umur 6 bulan juga, diambil darah juga, nangisnya lebih kenceng dan lebih lama.

Habis medical check up, dia dibawa untuk suntik imunisasi. Wah, hebat !!!! dia gak nangis sama sekali ! Kuncinya, waktu mau disuntik, diajak maen / ngobrol oleh papanya. Lagi-lagi perhatiannya dialihkan. Dia malah senyum ke papanya. Dan si dokter menancapkan jarumnya memang agak cepat, jadi mungkin rasa sakitnya hanya sekejap, mungkin juga nyaris gak kerasa. Malah dia ngelihatin obat yang sedang dialirkan lewat jarum suntik ke lengan kanannya. Ada ibu-bu yang terheran-heran dan bilang, ”iiih.... bao-bao itu gak nangis, lucunya !!!! lihat, dia malah mandangi jarum suntik.”

Aku dan suami juga sempat takjub dan geli. Waktu dua kali suntik di depan dia juga gak nangis karena diajak maen sama opanya. Tapi suntikan yang sebelum ini, dia nangis hampir setengah menit, gak mempan diajak maen.

Aku dan suami berkesimpulan, memang supaya anak kecil gak nangis waktu disuntik, mesti dialihin perhatiannya. tapi mungkin dengan bertambahnya umur, dia mungkin akan makin takut. ada anak kecil yang belum masuk ke ruang suntik aja, udah nangis-nangis heboh ... gak mau disuntik.

No comments: