Wednesday, November 30, 2005

mertua yg bikin stress !

sebel banget kalo udah menyangkut soal feeding the baby.
makmertu super bawel. tiap hari mengulang kata2 yang sama.
sampai kupingku makin hari makin tebal.
berkali2 juga kubilangi, aku tau.. aku tau... udah tau... !
capek hati!
ditambah lagi pak mertu komennya bikin sakit ati.
emang gua yg jadi ibu mau nipu babyku dengan air?
lapar gak dikasih makan?! Sudah sinting kali gua?!
sementara bilangnya si kecil panas dalam
kebanyakan minum susu formula (pagi aku ngantor),
harus banyak minum air.

semalam si kecil nuaangis minta ampun.
seisi rumah, 3 orang bersuara bersama-sama... bla..bla…bla…. !
belom lagi ditambah si kecil yang nangis dengan suara kenceng.
aku stress !!!!
akhirnya saking kesal dan saking gak tahannya,
aku bilang ke lin dengan suara lantang, “udah … jangan bicara lagi!”

kupikir juga akhirnya memang dia lapar. tapi pas mau di-breastfeed, dia gak mau.
begitu diberi susu formula, sampe di mulutnya, si kecil minum 2 teguk.
habis itu, gak mau lagi dan nangis lagi …. setelah dimomong2, pelan-pelan matanya pun terpejam.
ternyata rewel pengen tidur! (aku dah sempat curiga hal ini)
sebenarnya juga mungkin gara-gara tadinya dia lagi asik menggerogoti mainan plastik, terus aku singkirin.
habis itu, si kecil langsung ngamuk dan nangis kenceng!
dan pakmertu yang berdiri di sampingku waktu ngasih minum susu,
akhirnya speechless melihat si kecil ternyata bukan lapar, tapi pengen tidur!

aku kesal banget, hal ini bukan terjadi cuma sekali.
kalo mau bombastis.. hal ini udah beratus2 kali (gak bombastis: berkali2)

makmertu lagi .. pake ngomong ke suami,
dia gak percaya dengan breast milk ku,
sekarang dia gak terlalu masalah/peduli kalo misal si kecil gak di-breastfeed,
mungkin secara gak langsung bilang, ”lebih baik diberi formula, daripada kelaparan oleh asi”.
aku merasa ‘dituduh’ menelantarkan si kecil, gimana aku gak tersinggung !!!!
tapi kalo aku lagi ada, berkali-kali dia bilang,
”kasihan si kecil, belom sampai 5 bulan udah gak dapat asi”.
capek ngedengerin statement dia berulang2. aa sih maunya?!

aku sebel banget! sampai pengen bertereak dg suara sekencang2nya:
urusan apa dia! babyku mau dibreastfeed atau mau diberi formula, itu urusanku dan keputusanku sendiri.
gak usah ambil peduli dan gak usah terlalu nyampurin sampai detail gitu.

aku bener2 stress berat!
kalo ada yg bisa dijambak-jambak, rasanya mau menjambak-jambak.

No comments: